Write Without Boundaries

Proyek KCCI ke-6

by Dedul Faithful on Wednesday, July 4, 2012 at 10:58am ·

Alhamdulilah,  menginjak di tahun yang pertama ini KCCI sudah mampu menerbitkan 5 buah buku antologi cerpen. Antologi Cerpen Ababil, Cerita Kita, Mitologi Negeri Fantasi, Tentang Bulan, dan dongeng suka-suka. Kelimanya buku ini sudah terbit dan bisa dibeli via online di leutikaprio.com

Untuk membuat buku yang ke-enam, tema yang akan kita ambil adalah black indigo. Secara harfiah, Indigo diambil dari bahasa Spanyol yang berarti warna nila (warna setelah biru dalam pelangi). Memang jauh dari pengertian yang kita berikan. Karena indigo yang menjadi tema kita kali ini adalah sebuah keadaan seseorang yang memiliki kelebihan tanpa diminta.

Mungkin sahabat KCCI ada yang suka dengan Final Destination. Sebuah Film yang menceritakan kematian-kematian tragis secara beruntun, di mana ada seseorang yang mampu menatap proses meregang nyawa temannya yang lain sebelum kejadian. Di dunia nyata, kejadian itu pun tidak bisa dimungkiri kalau memang itu bisa saja terjadi.

Pernah mendengar Inggrid Banette? Dia adalah seseorang yang mampu mengetahui masa-masa kejayaan Negeri Atlantis. Ia menceritakan kehidupan yang terjadi di sana. Unicorn yang menjadi alat transportasi sehari-hari. Pakaian sutera tembus pandang merupakan pakaian adat di sana. Sampai kejadian menghilangnya Atlantis dia tahu. Inggrid Banette mengaku mampu mengenang kehidupan masa lalunya ketika reinkarnasi menjadi warga Atlantis.

Atau mungkin Sahabat KCCI sendiri pernah mengalami kejadian bertemu dengan Jin. Bukan hantu menyeramkan layaknya film-film bioskop yang memadukannya dengan tontonan seks ya! Pertemuan dengan Jin adalah sesuatu yang langka terjadi. Apalagi mampu berkomunilkasi dengannya. Tapi tetap, hati-hati ya berkomunikasi dengan makhluk halus tersebut. Kata Ustad juga manusia adalah makhluk terbaik yang diturunkan di bumi, jadilah mereka khalifah. Nah, pertemuan dan komunikasi dengan jin itu bisa diakibatkan oleh anak indigo.

Ada juga kemampuan anak indigo yang mampu membaca pikiran orang lain. Tidak seperti Dedy Corbuzier, karena aku sendiri lebih suka Dedy yang menjadi presenter daripada seorang mentalis. Ckckck. Namun ada orang yang mampu membaca pikiran tanpa harus berguru, karena itu adalah anugerah yang diturunkan Tuhan.

Mungkin seperti itu seseorang yang memiliki kelebihan dalam sebauah Indigo. Meski tidak harus memiliki kelebihan, seorang yang indigo memiliki karakteristik sebagai pemikir ulung dan biasanya kelakuannya lain dari yang lain. Untuk lebih jelasnya tinggal searching di Mbah google atau Tante Wikipedia.

Yang pasti, contoh di atas hanya sebagai pengantar untuk mengetahui kemampuan anak indigo. Di mana ia mampu menerawang masa depan, menatap masa lalu, berhubungan dengan jin, atau bahkan membaca pikiran manusia. Tetapi ada juga anak indigo yang memiliki 4 kelebihan tersebut. Namun tetap saja ada anak indigo yang tidak memiliki kemampuan-kemampuan di atas.

Nah, tetapi karena kriteria naskah yang kita cari adalah “Black Indigo”, maka temen-temen bisa membuat cerpen yang bertema Black. Berlatar belakang hitam, kegelapan, horror. Tapi horornya tidak harus horror sundel bolong dan kawan-kawannya. Karena horror dibagi lagi, ada yang Horror psikologi, yaitu ketegangan pada diri seseorang seperti film Final Destination. Ada juga Suspense, bentuk horror yang menegangkan dan berhubungan dengan pembunuhan. Seperti film Stubs, Scream, dll.

Tetapi tidak horror pun  tidak masalah. Karena yang ditekankan adalah “Indigo”-nya.

Ini adalah proyek nulis Gotong Royong KCCI.

——————————————————————————————————

Sekilas tentang Proyek Gotong Royong KCCI

Proyek Gotong Royong adalah Sebuah kegiatan tulis menulis cerpen yang bersama KCCI. Di mana hasilnya akan diterbitkan menjadi sebuah buku kumpulan cerpen yang akan dijual secara nasional via online.

Kita akan upayakan untuk mengirimkannya ke penerbit indie. Karena itulah, dana yang dikeluarkan milik independent (pribadi). Tenang saja, karena ini proyek Gotong Royong, maka kita tak akan mengeluarkan uang yang banyak. Kita bareng-bareng nutupin biaya produksi.

Dananya cukup 70.000 sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk daerah bandung 50 ribu aja, nanti kita ketemuan. Buat ngebagiin bukunya.

Khusus bagi yang berada di Bandung atau daerah Bogor Barat bisa bertemu langsung dengan admin. Sehingga tidak memerlukan ongkos kirim, sekalian nanti kita bisa Kopdar bareng.

Mohon diingat ya, tujuan utama proyek gotong royong ini bukanlah keuntungan materil yang diperoleh dari penulis dan pengelola. Karena itu, royalty akan dimasukkan ke tabungan KCCI, ini bertujuan untuk mengadakan event kembali. Setidaknya membeli berbagai buku untuk keperluan hadiah. Agar penjualan buku di KCCI ini lebih mengalir.

Deadline penyerahan Naskah adalah tanggal 1 Juni 2012. Sehingga Sahabat KCCI bisa berimajinasi terlebih dahulu. Karena yang kita butuhkan saat ini bukanlah naskah, tetapi keikutsertaan kawan-kawan.

Setelah buku terbit nanti, Kami tidak akan meminta Kontributor untuk membeli beberapa jumlah buku ini. Tetapi kami hanya meminta untuk ikut memasarkannya dalam bentuk Online.Seperti status atau note di facebook-nya masing-masing.

Bagi yang tertarik silakan konfirmasi via sms dengan format : KCCI_Black Indigo_Nama fb_Nama panggilan_alamat.

Kirim ke 08997011089

Mohon dipikirkan terlebih dahulu sebelum memberi pesan singkat. Karena banyak yang sudah mengirim tetapi tidak ikut. Dan itu membuat pembuatan buku ini molor dan membuat biaya penerbitan jadi berkurang!

(Sekali lagi, yang sudah mengirim sms tetapi hendak keluar, semoga Tuhan memberi maaf kepadanya, dan semoga dia ditunjukkan ke dalam jalan yang lurus.)

Setelah itu, tolong kopi paste info ini di catatan masing-masing.

Kriteria naskah sama seperti halnya untuk lomba-lomba yang banyak kita temukan di FB.

Jml halaman maksimal 7, A4, Margin masing-masing 3cm, bentuk tulisan rata kiri-kanan (Justify), TNR 12, spasi satu setengah.

Naskahnya dikirim via email, yang akan kita kasih tahu khusus bagi yang udah daftar. Sama seperti No rek yang sengaja tidak kita publikasikan di sini. :)

 Kita akan terbuka, bagi yang bertanya akan kami layani dengan senang hati. Kecuali jika jawaban dari pertanyaan sahabat KCCI sudah terpampang jelas di note ini.

Untuk para pelajar, bisa diobrolkan terlebih dahulu dengan orang tua masing-masing.

Dan terakhir, mohon berhati-hati dengan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan KCCI

Cp: 08997011089

(Oms Mukodas, Owner KCCI)

———————————————————————————————————-

 Sebagai tambahan, ada beberapa ungkapan dari Sahabat KCCI yang sudah membukukan bukunya bersama KCCI.

  1. Sahabat KCCI yang termasuk ke dalam Proyek Gotong Royong Angkatan Pertama.

Senang, bisa berbagi karya dan menyatukan dalam satu buku. (Hw. Prakoso)

Saya jadi tambah semangat nulis, setidaknya waktu bikin biodata ada satu karya yang dilampirkan.(Cha Chanliers)

Pastinya seneng karena itu antologi buku pertama. He he. Dan saya puas dengan kualitas bukunya heu… Plus plus buat desain sampulnya juga. Top Abis. (Ca Ya)

Seneng. Bisa punya karya yang bisa dibaca banyak orang. Jadi kepikiran pengen punya karya yang bisa dapet royalti. He he he. (Tweeky Embil Suprapto)

Bukunya bagus, kalau bisa untuk event selanjutnya tidak ditentukan tokohnya, lebih baik ditentukan tema. Ada baiknya juga diadakan bimbingan bagi kawan-kawan KCCI. (Tant Oke)

Enjoy, bisa menyatukan karya dari banyak penulis yang punya motivasi menulis walaupun belum saling kenal. (Silvia Diah Puspitasari)

Perasaannya senang dengan hasilnya dan kebersamaan yang telah berlanjut. Secara pribadi berharap kita bersama-sama menerbitkan karya lagi. (Eri Triatmoko)

Wuah,, Sueneng buanget deh rasanya. Apalagi ini buku pertamaku.rasanya tuh… hmm,, gak bisa diungkapin dengan kata-kata #Lebey… he he. Waktu bukunya dateng.. wah, jingkrak-jingkrak dan jerit-jerit kayak orang gila deh akunya. He he… Moga aja bukunya banyak yang ngelirik , tertarik, pada beli, dan dapet terjual abis. He he. Aminnnn. (Lestari Fajrin)

Baik, asik kok. Setelah bulan aku join lagi. (Nenny Makmun)

KCCI itu selalu ngasih bentuk apresiasi tersendiri kepada karya-karya teman-teman. Secara tidak disadari, itu semua adalah motivasi buat para penulis untuk lebih berkarya lebih baik lagi. So, tingkatkan apresiasinya itu dengan cara yang lebih baik lagi ya. He he he. (J’Fieyna)

  1. Kontributor Antologi Cerpen Ababil, Kumpulan Cerpen yang diambil dari pemenang Event Ababil.

Manteb, my first antology book. (Fauziah Harsyah)

Seneng banget, berhubung bisa nerbitin pertama kali juga. Seneng juga bisa nemu penulis-penulis yang bagus lainnya. Nambah temen dan kenalan juga saling belajar sesama penulis. (Dwi Sartikasari)

Wah seneng banget Bang Oms, bangga, terharu, gak nyangka, masih gak percaya, jadi banyak temen baru. (Aini Nur Latifah)

Perasaan saya sangat senang bisa memiliki buku bersama Keluarga besar KCCI. (Anisa Sholihat)

Pastinya seneng banget J. Soalnya ini antologi pertamaku. Setelah berkali-kali berusaha, akhirnya keinginan untuk bisa menerbitkan buku tercapai juga. :D (Fhirzy Fatmalia)

Seneng bangeeettt. Nambah pengalaman sekaligus menambah semangat tulis menulis. (HC Luthfi)

Seneng Kak Oms. Antologi pertamaku. Makasih buat KCCI  yang udah kasih aku kesempatan, itu jadi semangat buat aku kak. Serius. (Putri Eka Pertiwi Hirawling)

Seneng… (Rizgian Nursyahbani)

Tentu senang, karena masih ada yang ngelirik cerpen saya. Sehingga bisa membuat saya lebih termotivasi lagi untuk terus berkarya. (Annisa’ Nurul Aini)

Bagus kok. ^^

Sarannya cuma edit sebelum dicetak ya. Ha ha ha (Sistha Revitasari)

Perasaannya seneng, Bang. Dapat banyak pengalaman baru. Apalagi ini buku pertamaku. Juga tambah kakak-kakak, adik-adik, dan teman-teman baru. (Vicki yang lain)

Perasaannya seneng, karena punya temen baru dan buku ababil itu debut aku. (Dwilight Marshal)

Seneng, soalnya dibikinin grup sama penulis yang seumuran. Tapi sayangnya gak dapet bukunya. Jadi belum liat karya yang lain. (Kardiana Izza ell milla)

Perasaan saya sungguh senang dan bangga. Tulisan saya ada dalam sekumpulan penulis-penulis muda yang mempunyai feel remaja. (Vindy Putri)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s