Write Without Boundaries

LOMBA CERPEN HUBSCHE MAEDCHEN WRITERS GROUP 2012 Bersama AGUS NOOR

by Kamiluddin Azis on Saturday, July 28, 2012 at 12:45am

Barangkali aku akan menjadi kunang-kunang terakhir di kota ini. Segalanya terasa sebagai kesenduan di kota ini. Gedung-gedung tua dan kelabu, jalanan yang nyaris lengang seharian, deretan warung kelontong dan kafe-kafe sunyi dengan cahaya matahari muram yang mirip kesedihan yang ditumpahkan. Kota ini seperti dosa yang pelan-pelan ingin dihapuskan.

Bila suatu kali kau berkunjung ke kota yang terletak di lekuk teluk yang bagai mata yang mengantuk ini, kau sesekali hanya akan bertemu dengan satu dua orang tua yang berjalan malas atau pemabuk yang meringkuk mendengkur di bangku-bangku taman. Bila kau perhatikan dengan cermat, setiap perempuan yang kau temui di kota ini selalu berjubah dan kerudung hitam, seolah-olah mereka terus berkabung sepanjang hidupnya, seolah-olah mereka semua adalah rahib kesedihan. Dan bila kau memperhatikan lebih cermat lagi, lebih teliti, maka kau akan segera tahu: hampir dari mereka semua, buta!

Ada banyak kisah–setidaknya yang pernah aku dengar–kenapa semua penduduk di kota ini buta. Jagat raya semula hanyalah gugusan cahaya. Cahaya yang kuning keemasan. Lalu ruh sepasang manusia pertama tercipta dari cahaya itu. Berbentuk percik cahaya. Kekuningan. Serupa kunang-kunang. Sepasang ruh yang serupa kunang-kunang itu kemudian turun ke dunia, begitu kisah leluhur, lalu berdiam di tubuh manusia, yang semula, hanyalah serupa batang-batang pohon. Tinggi menjulang, diam bagai pertapa. Ruh yang serupa kunang-kunang itu hinggap di tubuh manusia, sebagai sepasang mata, hingga manusia hidup dan bisa melihat dunia. Ketika manusia mati, ruh itu kembali terbang, menjelma kunang-kunang. Dan manusia kembali buta.

Kisah lain datang dari muasal teluk yang terletak di Utara kota ini. Teluk Duka Cita, begitu orang-orang di kota ini menyebutnya. Pangeran Ketiga dan Putri Kelima, mereka sekandung anak Raja Pertama, saling jatuh cinta, dan waktu, juga maut dan mampu menghentikannya. Karena tak tahu lagi bagaimana cara menghentikan cinta terlarang dua saudara sekandung itu, Permaisuri, sembari terisak meminta syarat yang menurutnya muskil dipenuhi: dalam semalam mereka harus menyediakan kunang-kunang, yang bila dihamparkan dengan rapi, sanggup menutup seluruh permukaan teluk. Cinta yang buta memberi mereka akal, juga kekejaman. Dengan menggabungkan sihir yang dimilikinya, Pangeran Ketiga dan Putri Kelima, memanggil semua kunang-kunang yang ada, bahkan mereka diam-diam menambahi kunang-kunang itu dengan mata para penduduk yang telah mereka congkel, dan mereka sihir menjadi kunang-kunang. Melihat itu, Raja segera menyuruh para prajurit menebah kunang-kunang yang telah berhasil dikumpulkan itu agar kembali terbang. Maka, meski telah ratusan mata dicongkel untuk menggenapi kunang-kunang agar bisa menutupi seluruh permukaan teluk, hingga pagi tiba, masih ada sebagian teluk yang tak tertutup kunang-kunang. Pangeran Ketiga dan Putri Kelima mengeram marah, ketika mengetahui cara licik Raja menggagalkan cinta mereka. Di hadapan Raja dan Permaisuri, mereka langsung saling menusuk jantung masing-masing, sambil mengutuk: mereka akan mengambil semua mata seluruh penduduk dan keturunan yang hidup di kota ini, hingga siapa pun yang tak harus menanggung dosa menjadi buta. Kemudian mayat keduanya jatuh ke dalam teluk.

Tak ada muda-mudi kota ini yang berani berpacaran di teluk itu. Bila nekat, sepulang dari sana, mata mereka buta. (Petikan cerpen Requiem Kunang-kunang, Agus Noor)

Dalam rangka meningkatkan minat menulis anggota HUBSCHE MAEDCHEN WRITERS GRUP maka administrator grup menyelenggarakan lomba menulis cepen dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Peserta adalah warga negara Indonesia dan memiliki kartu identitas (KTP/KTM/SIM/Kartu Pelajar atau Pasport Indonesia). Peserta adalah anggota grup HM.
  2. Peserta merupakan anggota HUBSCHE MAEDCHEN WRITERS GRUP (http://www.facebook.com/groups/218579964868293/) dan  menyebarluaskan informasi lomba ini kepada minimal 25 teman facebook/twitter atau jejaring social lainnya.
  3.  Tema: BEBAS (tanpa tema khusus).
  4. Peserta hanya boleh mengirimkan satu karya cerpen dengan ketentuan.
  • Peserta mengirim email dengan subyek LOMBA CERPEN HM2 ke antologi_hm@yahoo.com dengan dilampiri dua file. Satu file berisi cerpen yang dilombakan (tanpa mencantumkan nama penulis dalam tulisan cerpen) dan satu file berisi biodata penulis secukupnya dan rekening bank serta dilampiri hasil scan kartu identitas.
  • Batas akhir pengiriman naskah adalah tanggal 30 Juli 2012 pukul 12.00 siang WIB.
  • Cerpen yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, baik sebagian maupun seluruhnya, baik di media cetak maupun portal dan blog pribadi. Cerpen tidak sedang diikutkan dalam perlombaan serupa.
  • Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa Indonesia. Contoh cerpen bisa dilihat pada bagian atas catatan ini.
  • Cerpen adalah karya asli, bukan saduran, bukan jiplakan sebagian atau seluruhnya.
  • Cerpen diketik dengan menggunakan huruf Times New Roman, font 12, pada kertas A4 dengan spasi 1,5 margin 4 cm dari atas, 4 cm dari kiri, 3 cm dari bawah, 3 cm dari kanan, maksimal halaman 4-10 halaman.

6. Teknis Lomba dan Tim Penilai a. Teknis Lomba

Pengumpulan naskah               : 20 Mei 2012 – 30 Juli 2012

Penilaian tahap 1                     : 30 Juli 2012 – 5 Agustus 2012

Penilaian tahap 2                     : 6 Agustus – 12 Agustus Juli 2012

Pengumuman hasil lomba       : 17 Agustus 2012

b. Tim Penilai:

Tahap 1           : Penilaian ketepatan format naskah dan ketepatan waktu pengumpulan oleh Panitia Lomba.

Tahap 2           : Penilaian mengenai teknik penulisan, esensi tulisan, dan lain-lain oleh Agus Noor (Penulis Cerpen Kompas)

c. Hadiah:

  • Juara I    : Rp 300.000,00 + 1 buku terbit hasil lomba ini
  • Juara II  : Rp 200.000,00 + 1 buku terbit hasil lomba ini
  • Juara III : Rp 100.000,00 + 1 buku terbit hasil lomba ini
  • Juara IV : Rp. 75.000,00 + 1 buku terbit hasil lomba ini
  • Juara V  : 1 buku terbit hasil lomba ini
  • Semua pendaftar mendapatkan buku kumpulan puisi “IBU”

7. Ketentuan lain:

  • Lima belas cerpen terbaik akan dibukukan.
  • Keputusan juri atas lomba ini tidak dapat diganggu gugat.
  • Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran atas ketentuan lomba ini, maka tanggung jawab sepenuhnya ada pada penulis dan dikenai sanksi pencabutan penghargaan sebagai pemenang lomba, serta mengganti kerugian yang ditimbulkan.
  • Keuntungan dari penjualan buku lima belas cerpen terbaik sebesar 10%  akan digunakan untuk sosial (panti asuhan dan anak jalanan).
  • Ketentuan lain yang mungkin perlu ditambahkan dan hal-hal yang belum jelas akan disampaikan lewat email dan grup. Demikian juga dengan pertanyaan.

Selamat Berkarya!

Panitia Lomba

Dianna Firefly

****

PEDAS EVENT II: LOMBA FF/FTS, BERHADIAH MODEM. Tema: PERMATA JIWA DL: 31 Juli 2012,

Oleh Penulis Dan Sastra di PEDAS-Penulis dan Sastra.

Permata Jiwa hanyalah sebuah kata kiasan yang mengandung makna sangat dalam. Setiap orang akan memberi makna yang berbeda-beda pada istilah “PERMATA JIWA”. Silahkan artikan sendiri-sendiri berdasarkan pengalaman atau pengertian masing-masing. Boleh romantis / mellow /drama. Kumpulan tulisan ini akan dterbitkan bersama tulisan Penulis Dan Sastra.

  1. Terbuka untuk umum.
  2. Naskah boleh fiktif boleh kisah nyata. Tapi harus dituliskan di akhir tulisan FF/FTS.
  3. Berteman Fb dengan Penulis Dan sastra,   menjadi anggota grup PEDAS-Penulis Dan Sastra Simpan di note masing-masing lengkap dengan gambar/ baner dan tag 30 teman termasuk Penulis Dan Sastra.
  4. Setiap peserta  diperbolehkan mengirimkan hanya satu naskah terbaiknya.
  5.  Maksimal 4 halaman A4  , dengan keseluruhan margin = 3 cm.  Dengan font Times New Roman 12 pt, spasi 1,5.  File Ms.  Word
  6. Kirimkan naskah berupa lampiran ke email  pedas11@rocketmail.com  cc: elisa201165@gmail.com  , dengan subject email:  PEDAS EVENT II: Nama Penulis – Judul Naskah
  7. Di bawah naskah, sertakan biodata singkat kamu berupa nama samaran, nama asli, tempat tinggal, akun facebook, twitter, dan hasil karya (jika ada) maksimal 80 kata dalam bentuk narasi.

Tulisan adalah karya sendiri bukan plagiat!  dan belum pernah dipublikasikan di media mana pun dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.

Lomba ini ditutup pada tanggal  31  Juli 2012  (Jam 21:00 WIB).

Pengumuman pemenang adan diumumkan pada tanggal 1 September 2012.

Di cari naskah terbaik untuk dibukukan.

Naskah terbaik 1. Modem 1 bh + 1 Buku Novel Ning + 1 Buku bukti terbit

Naskah terbaik 2.  Tupperware 1 set + 1 Buku Novel Ning + 1 Buku Bukti terbit

Naskah terbaik 3. Boneka Khansa Toys 1 + 1 Buku Novel Ning + 1 Buku Bukti terbit

Naskah terbaik 4. Buku novel Ning 1bh + 1 Buku Bukti terbit

Naskah terbaik 5. Boneka Khansa Toys 1 bh + 1 Buku bukti terbit

Naskah terbak 6 sd 10 mendapat 1 buku bukti terbit.

Semua Hadiah di kirim bebas ongkos kirim (Khusus di Indonesia)

Semua peserta (10 Pemenang + 33 kontributor naskah lolos terbit) mendapat sertifikat.

Tidak ada royalty karena akan diterbitkan secara inide. Jika penerbit Mayor tertarik, royalty akan digunakan untuk audisi selanjutnya

Kontributor yang lolos terbit tidak mendapat bukti terbit. Jika  ingin mendapatkan buku bukti terbit, silahkan beli dan bebas ongkos kirim. Jika membeli 2 buku diskount 30 % dari harga buku)

Tidak ada royalty karena akan diterbitkan secara inide. Jika penerbit Mayor tertarik, royalty akan digunakan untuk audisi selanjutnya.

Mari kita pastikan langkah-langkah kita di dunia kepenulisan. Tinggalkan jejak tak terlupakan. Dan buku adalah salah satu buktinya!

****

REPUBLIKA – Lomba Menulis Traveling

Eksplorasi Indonesia, Eksplorasi Dunia

Buat penyuka dan penggila traveling, ini momentum kamu semua! Republika menggelar Lomba Nulis Traveling, terbuka untuk umum. Tema tidak dibatasi, di manapun dan ke manapun kamu traveling, tulis aja!

Ketentuan teknis:
Periode lomba: Juni – Desember 2012

Ada dua kategori:

1. Lomba Tulis jalan-jalan dalam negeri
2. Lomba tulis jalan-jalan luar negeri

Syarat:

1. Tulisan original, tidak pernah dimuat di media massa dan media internal perusahaan atau lembaga

2. Tulisan harus dilengkapi foto-foto terkait yang original hasil foto sendiri

3. Tulisan harus memenuhi kriteria penulisan traveling yang ditetapkan

4. Tulisan harus memiliki keunikan, kekhasan dan menyampaikan nilai-nilai/ cerita-cerita menarik

5. Tulisan harus dilengkapi dengan guideline tentang:

a. tempat-tempat menarik

b. makanan/ kuliner

c. biaya perjalanan

d. biaya akomodasi

e. biaya selama di tempat wisata

f. total biaya yang diperlukan dengan hitungan hari perjalanan

g. souvenir dan oleh2 khas

h. how to get there

6. Tulisan jalan-jalan mencakup semua jenis perjalanan wisata, umum dan religi

7. Lomba ini tidak berlaku bagi seluruh karyawan Republika dan keluarga

8. Panjang tulisan minimal 15.000 karakter, maksimal 25.000 karakter

9. Jumlah foto minimal 10 foto original dengan gambar berbeda

10. Penulis boleh mengirimkan lebih dari satu tulisan traveling

11. Keputusan juri tetap dan tidak dapat diganggu gugat

Pemuatan di Leisure
Tulisan peserta lomba yang dianggap memenuhi kriteria, akan terlebih dahulu dimuat di rubrik jalan-jalan Leisure setiap Selasa

Buku
Hasil tulisan akan dibukukan yang bersifat tematik

Kirim tulisan plus foto original kamu ke:

Panitia Lomba Nulis Traveling Republika

Jalan Warung Buncit 37 Jakarta Selatan
email: leisure@rol.republika.co.id

Facebook: Republika Koran

Rebut hadiah puluhan juta rupiah dan hadiah hiburan :)

*****

Nerbitin Novel

Yang mau mau nerbitin novel di penerbit major. ne aku punya info menarik!

Kaki kami terbatas, tak mampu menjelajahi ribuan pulau. Tangan kami tak leluasa, tak sanggup menyapa Anda di 33 propinsi. Oleh karena itu, hingga hari ini kami baru mampu menyelenggarakan GradienWritingClass di kota Yogyakarta dan Surabaya. Senyampang kerinduan kami, melebihi dua kota ini; sementara suara-suara yang memanggil kami datang dari berbagai daerah. Oleh karena itu, akan menyelenggarakan pelatihan jarak jauh melaluiplatform email. Dan kami akan memulainya dengan mengadakan GradienWriterAuditionsebagai babak seleksi.

GradienWriterAudition bukanlah wadah pelatihan menulis, melainkan sarana seleksi untuk memilih 5-10 orang berbakat untuk dilatih secara pribadi melalui email agar menjadi penulis novel populer yang andal, agar karyanya dapat diterbitkan oleh penerbit Gradien Mediatama.

GradienWriterAudition Angkatan Pertama dibuka untuk calon penulis novel genre Romance yang BELUM pernah menerbitkan novel di penerbit major (diziinkan bagi penulis novel indie). Kegiatan seleksi dilakukan melalui melalui email, berlangsung selama 3-4 bulan, menggunakan sistem gugur pada setiap level. Setiap minggu Anda akan menerima satu atau beberapa tugas sekaligus untuk dikerjakan, berlangsung secara simultan. Lamaran dilakukan dengan cara mengajukan alamat email Anda ke gradienaudisi[at]gmail[dot]com Hanya itu.

Batas akhir penerimaan email lamaran adalah 17 Agustus 2012. Audisi akan dimulai pada Selasa, 4 September 2012. Demikian selanjutnya, tugas-tugas akan dikirim mingguan setiap hari Selasa dan pengumpulan tugas deadline-nya pada hari Senin berikutnya.

Anda punya kemauan? Anda punya tekad? Kami tunggu lamaran Anda!

TANYA dan JAWAB

TANYA: Jadi di mana pun saya berada, bisa ikut #GradienWriterAudition ?JAWAB: Yap, asalkan punya email

TANYA: Bener nih gak pake bayar gocap sekalipun? JAWAB: Suwer, Bro! Gak usahpake suap juga

TANYA: Apply-nya cuma ngasih alamat email doang? Segitu doang? JAWAH: Ho-oh.Ho-oh.

TANYA: Kirim email-nya pake biodata gitu? JAWAB: Gak diharuskan apa pun.Kami hanya butuh alamat email-mu. Saja. Doang.

TANYA: Ntar dimentoring secara pribadi gitu? JAWAB: Iyup. Benar. Orang perorang. Privat. Personal.

TANYA: Lamaran itu maksudnya gimana? JAWAB: Maksudnya kirimkan email Anda(kosong pun oke), maka Anda langsung tercatat untuk ikut audisi.

TANYA: Privat gitu kami gak pake bayar? Bo’ong ahh! JAWAB: Ehh, benerlagiii. Emang bukan gratisan sih, karena Gradien yang bayarin semua.

TANYA: Kalau gak bikin tugas, apa konsekuensinya? JAWAB: Ya gugurlah kau,dek. Hiks, tak tertolong oleh belas kasihan.

TANYA: Maap, kaka. Email-nya yang mana? JAWAB: Catet ya dek: gradienaudisi[at]gmail[dot]com

TANYA: Napa sih yg udah pernah nulis novel di penerbit major gak boleh ikut?JAWAB: Karena Gradien tak ingin merebut pengarang penerbit lain

TANYA: Ada batasan umur gak ya? JAWAB: Gak ada. Umur gak penting, yangpenting semangka, ehh semangat gitu..

TANYA: Maksudnya gugur di setiap level kayak mana? JAWAB: Kayak anak sekolahgak naik kelas klo raport-nya merah.

TANYA: Min, apa lagi yang perlu aku tanyain? JAWAB: Yeee :p. Ya emang se-simple itu untuk ikutan audisi. — with Aldy Istanzia Wiguna and http://www.facebook.com/browse/participants/?q=AeKotEv2LEl3iUDmiHKnE_CVoy2LTCmTbwcbL3OBHfPCGb_5ivcmlQgyRgb6_2RwibQ2oYxxtV3zyURPoxYltb4KjE8TeAf9G-EDaUG-zqun6ZuDZiPFGYHimlfozkfIgsMB9XZt7SLAjnP16KDZZERLBmjgkeCjBLgNf6C1MhnJsoudp2xThoBngIVN1r7yvGWQ3AojL0yk-bdI2zBy9Syx_MTB_VLqLDrqGNmPy_rsHCD9gcpDf_WpTIMV16mLO-fzwQfpznlUtiF6D19NB_Fo” rel=”dialog”>4 others.

*****

Proyek Penerbitan Buku Antologi Cerpen “Cinta Bernilai Dakwah”
Bismillahirrahmanirrahim…

Forum Aktif Me
nulis (FAM) Indonesia akan menerbitkan buku antologi cerpen perdana karya anggotanya. Namun proyek antologi ini juga terbuka untuk umum yang bukan anggota FAM Indonesia.
 
Adapun tema yang diangkat dalam proyek antologi cerpen ini adalah “Cinta Bernilai Dakwah”, cinta yang maha luas, bukan cinta picisan, apalagi cinta monyet. Cinta dimaksud adalah cinta kepada sesama muslim, cinta kepada orangtua, cinta kepada guru, cinta kepada saudara yang berkekurangan, cinta kepada lingkungan dan tentu saja cinta kepada Allah, Tuhan Maha Pemilik Cinta.
 
Kenapa antologi cerpen ini bertema cinta? Mengutip untaian syair Buya Hamka, sastrawan yang juga ulama itu, beliau berkata: “Seni tidak ada kalau cinta tidak ada. Apa sebabnya ada keindahan? Sebabnya ialah karena ada cinta. Dengan cinta alam diciptakan. Tiap awal surat Quran dimulai dengan “Bismillahirrahmanirrahim”. Di atas nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Itulah kunci rahasia cinta di alam ini. Timbulnya perasaan halus ialah karena cinta. Segala seni yang tinggi, syair, musik, lukisan, adalah laksana rumus untuk membuktikan adanya Yang Rahman dan Yang Rahim. Sumber Segala Cinta.”
 
Demikianlah penerbitan antologi ini digagas. Harapannya dari cerpen-cerpen bertema cinta itu ada hikmah dan pesan-pesan agama yang dapat dipetik dan bermanfaat bagi pembacanya.
 
Lalu, apa syarat mengikuti proyek antologi cerpen ini? Adapun ketentuan/kriteria naskah yang diterima adalah sebagai berikut:
 
1. Penulis adalah anggota Forum Aktif Menulis  (FAM) Indonesia yang mengantongi Nomor Id keanggotan FAM Indonesia, maupun non-anggota.
 
2. Naskah cerpen harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan pada event lomba menulis dimanapun.
 
3. Cerpen bertema: “Cinta Bernilai Dakwah”.
 
4. Bentuk cerpen bebas, minimal 4 halaman dan maksimal 7 halaman.
 
5. Cerpen ditulis/diketik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
 
Syarat Pengiriman Naskah:
 
1. Tulisan diketik rapi di kertas HVS A4/kuarto.
 
2. Menuliskan Biodata (ditulis dalam bentuk narasi) disertai foto diri di lembar terakhir cerpen.
 
3. Cerpen yang diikutsertakan maksimal 2 (dua) judul (yang diterbitkan dalam antologi hanya 1 judul).
 
4. Naskah cerpen sesuai tema.
 
5. Naskah dikirim via email: forumaishiterumenulis@yahoo.com (selambat-lambatnya tanggal 30 Agustus 2012).
 
6. Naskah cerpen yang diikutsertakan dalam antologi ini menjadi milik panitia (hak cipta tetap pada penulis).
 
7. Buku terbit pada pertengahan/akhir bulan September 2012.
 
Keterangan tambahan:
 
1. Biaya penerbitan buku antologi cerpen ini ditanggung bersama-sama, masing-masing penulis menginfakkan biaya Rp. 100 ribu (khusus anggota FAM Indonesia) atau Rp. 150 ribu (non-anggota FAM Indonesia).
 
2. Biaya tersebut akan digunakan untuk proses cetak buku, meliputi pembuatan kover, layout halaman isi, pengurusan ISBN, dan biaya kirim buku ke alamat masing-masing penulis.
 
3. Masing-masing penulis akan mendapat 1 (satu) buku antologi sebagai tanda penerbitan. Bila penulis ingin memiliki buku dalam jumlah lebih, maka dapat membelinya kepada FAM Indonesia.
 
4. Buku dicetak dalam jumlah terbatas yang diniatkan untuk memotivasi anggota FAM Indonesia aktif menulis dan berkarya.
 
Demikian informasi ini kami sampaikan, hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia penerbitan lewat email: forumaishiterumenulis@yahoo.com.
 
Salam aishiteru!
FAM INDONESIA
link :
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s