Write Without Boundaries

Petikan Mengenai Hijrah

Essensi Hijrah

Prof Dr Ahmad Satori Ismail

Undangan via SMS : Ganti tahun bukannya hanya perkara mengganti kalender. Yuk ikut pengajian akbar. Insya Allah dengan Prof Dr Ahmad Satori Ismail MA (Ketua Ikatan dai Indonesia) Ahad, 9 Januari 2011 Bada Isya. Dengan bintang tamu Insya Allah Hafiz, pemeran Salim dlm sinetron Si Entong dalam Pengajian Akbar tersebut.

Memenuhi undangan dari Masjid Kompleks semalam saya dan Bunda Eka ikut pengajian Akbar ini, meski di mulai agak larut 20.45 pembicara Prof Dr Ahmad Satori Ismail memulai pengajian dengan tema Esssensi Hijrah dan pagi ini saya juga membaca tulisan beliau di Republika on line.

Sedikit share dari apa yang sempat saya catat dalam agenda kecil semalam : Momentum Hijrah secara riil perpindahan Rasulullah SAW dan para sahabat dari Mekkah ke Madinah. Peristiwa maha penting dalam sirah Rasulullah itulah yang menjadi dasar pijakan di balik pemilihan nama kalender Islam tersebut. Ini di sebut dengan Hijrah Hassiyah (Hijrah fisik dengan berpindah tempat). Sedangkan Hijrah Ma’nawiyyah (Hijrah Nilai) yakni meninggalkan nilai-nilai jahiliyah untuk berubah menuju nilai-nilai atau kondisi-kondisi Islami, seperti dalam aspek akidah, ibadah, akhlak, pemikiran dan pola pikir, muamalah, pergaulan, cara hidup, kehidupan berkeluarga, etos kerja, manajemen diri, manajemen waktu, manajemen dakwah, perjuangan, pengorbanan, serta aspek-aspek diri dan kehidupan lainnya sesuai dengan tuntutan keimanan dan konsekuensi keislaman. Dalam rangka menyambut tahun 2011 Hijrah Ma’nawiyah inilah yang penting menjadi tombak segala perubahan menuju nilai pribadi yang lebih baik. Akhir kata dari beliau Marilah kita jadikan momentum pergantian tahun Hijriah ini sebagai faktor pemotivasi semangat dan pembaru tekad untuk senantiasa menghijrahkan diri dan kehidupan menuju totalitas Islam sebagai syarat dan dasar dalam mengemban amanah dakwah dan menegakkan kewajiban jihad fi sabilillah untuk memenangkan dinullah dan menggapai surga serta ridha Allah. Juga di tekan kan berjuanglah dengan harta dan jiwa untuk menaikan derajad keimanan kita.

Cimanggis Jan 09, 2011 – Masjid Jabal An-Nur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s