Write Without Boundaries

Dari Antologi Saleb : Dewi Lestari Wanita Penuh Pesona

DEWI LESTARI  WANITA PENUH PESONA

Berbicara mengenai Dewi Lestari perjalanan karir menulis dan menyanyi dan rumah tangganya, adalah hal yang menarik untuk disimak. Dewi Lestari Simangunsong akrab dipanggi Dee,penyanyi sekaligus penulis kelahiran Bandung 20 Januari 1976.

Orang lebih mengenal dirinya dimulai dengan penampilan trio vocal Rita, Sita, Dewi. Sebelum bergabung dalam group RSD, Dee pernah menjadi backing vocal untuk Iwa K, Java Jive dan almarhum Chrisye. Baru sekitar Mei 1994, bersama dengan dua sahabatnya Rida Farida dan Indah Sita Nursanti bergabung membentuk Trio Rida Sita Dewi (RSD) dengan diprakasai Ajie Soetama di Adrian. Beberapa lagu andalan yang sempat menjadi hits seperti Antara Kita sebagai  Album Perdana, – 1995, Bertiga – 1997, Satu – 1999 dan terakhir mengemas lagu terbaik mereka dalam album The Best Of Rita Sita Dewi dengan 2 penambahan lagu Ketika Kau Jauh ciptaan Stephan Santoso /Inno Daon dan Terlambat Bertemu ciptaan Yovie Widianto pentolan Kahitna.

Didunia menulis Dee mulai dikenal dengan terbitnya Supernova, sebelum novel ini terbit tidak banyak orang tahu kalau Dee adalah sebenarnya seorang penulis yang sudah lama bergelut dengan dunia penulisan. Tulisa Dee yang beberapa kali dimuat di media seperti cerpennya berjudul Sikat Gigi dimuat di buletin seni terbitan Bandung.

Novel Pertama yang sangat sensasional Supernova satu : Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh, dirilis 16 Februari 2001 terjual kurang lebih 75.000 eksemplar banyak menggunakan istilah saints dan cerita cinta. Novel ini masuk dalam nominasi Katulistiwa Literary Award (KLA) yang digelar QB World Books.

Supernova Dua berjudul Akar  16 Oktober 2002, yang sempat mengundang kontroversi karena sampulnya dianggap melecehkan umat Hindu. Umat Hindu menolak lambang Omkara atau Aum yang merupakan aksara susi Brahman Tuhan Yang Maha Esa dalam Hindu sebagai cover dalam buku, yang akhirnya disepakati tidak akan lagi ditampilkan pada cetakan ke 2 dan seterusnya.

Dee boleh berbanga apalagi buku Supernovanya juga masuk ke dalam Modern Library of Indonesia bersama 9 buku lain Never the Twain (Salah Asuhan), Shackles (Belenggu), The Fall and the Heart (Kejatuhan dan Hati), Mirah of Banda (Mirah dari Banda), Family Room, And the War is Over (Dan Perang pun Usai), The Pilgrim (Ziarah), Siti Nurbaya, Telegram.

Supernov akan diterjemahkan dalam bahasa Inggris sehingga akan dinikmati pembaca seluruh dunia.

Buku ketiga setelah Supernova, Akar adalah Petir yang di launching Januari 2005 Kisah di novel ini masih terkait dengan dua novel sebelumnya. Hanya saja, ia memasukkan 4 tokoh baru dalam PETIR. Salah satunya adalah Elektra, tokoh sentral yang ada di novel tersebut.

Lama tidak menghasilkan karya, pada bulan Agustus 2008, Dee merilis novel terbarunya yaitu RECTOVERSO yang merupakan paduan fiksi dan musik. Tema yang diusung adalah Sentuh Hati dari Dua Sisi. Recto Verso-pengistilahan untuk dua citra yang seolah terpisah tapi sesungguhnya satu kesatuan. Saling melengkapi. Buku RECTOVERSO terdiri dari 11 fiksi dan 11 lagu yang saling berhubungan

“Menulis itu hobi yang saya lakukan diam-diam. Itu hobi yang jauh sebelum jadi penyanyi saya sudah suka menulis. Saya rela menghabiskan honor dulu untuk beli laptop saat yang lain belum ada yang beli. Itu demi supaya saya bisa menulis kemanapun saya pergi,” kata Dee saat ditanya kapan mulai suka menulis.

“Cinta saya terhadap sastra itu awalnya di sekolah secara formal. Dan nama-nama sastrawan itu jauh sekali dari imajinasinya seperti apa. Tapi ketika Ayu Utami menulis Saman itu semangat saya jadi menggebu untuk menulis Supernova,” ungkapnya.

Tak mau hanya bertumpu saja pada penulisan buku, Dee mencoba menulis skenario untuk film adaptasi dari bukunya Perahu Kertas.

Perahu Kertas juga ada rencana difilmkan. Saya menulis skenarionya. Saya deg-degan apakah berhasil, karena proses adaptasi buku menjadi film jelas berbeda dengan proses penulisan buku pada awalnya. Saya takut hasilnya tidak sesuai dengan apa yang ada dalam bayangan saya. Makanya selesai menulis skenario saya serahkan kepada produser dan sutradara bagaimana nanti karya saya jadi film,” jelas Lulusan jurusan Hubungan Internasional Universitas Parahyangan Bandung

Dari perkawinannya dengan Marcellius Siahaan, penganut vegetarian ini memiliki buah hati bernama Keenan Sidharta

Selain itu, Dee juga telah meluncurkan sebuah album solo berbahasa Inggris, berjudul Out Of Shell. Album ini menjadikan dirinya sebagai MTV Exclusive Artist.

Dee kembali membuat kejutan di bulan November 2008 ketika dalam blog pribadinya dia mengindikasikan telah menikah lagi. Walau sempat membantah tapi akhirnya Dee mengakui telah menikah dengan pria bernama Reza Gunawan ini di Sidney, Australia, pada 11 November 2008. Reza, yang seorang ahli terapi holistic, telah bertahun-tahun berteman dengan Dee. Jumat, 23 OKtober 2009, Dee melahirkan anak keduanya dengan berat 2,95 kg dan panjang 50 cm. Bayi berjenis kelamin perempuan ini diberi nama Atisha Prajna Tiara.

Baru-baru ini, oleh sebuah survey di internet, blog milik Dewi tercatat sebagai satu dari “100 Blog Terbaik di Indonesia”. Lebih dari 500 orang menjadi pembaca tetap dee-idea dan setiap tulisan di Blog selalu dibanjiri komentar. “Ini di luar ekspektasi saya. Tadinya saya hanya berfikir untuk menyalurkan ide saja, ternyata responsnya luar biasa,”

Di awal tahun 2006, Dewi mulai mengumpulkan seluruh artikelnya dalam sebuah blog. Lembaran blog milik Dewi berisi buah pemikiran dan perenungannya dalam format artikel. Sesekali, bait-bait puisi dan cerita tertulis juga di situ.

Dewi Lestari sosok wanita yang mempesona dengan kecantikannya dipadu dengan kecerdasan dalam menguraikan berbagai aliran hidup dan suara emasnya yang menambah sempurnanya dia dalam sosok wanita Indonesia yang sangat mempesona.

Dewi Lestari putra Indonesia yang mengharumkan nama bangsa ini dengan segala prestasi di atas yang diraih dengan kerja keras, tangis, tawa, berbagai gosip melanda. Tetapi Dewi Lestari tetap tenang, pembawaan yang sangat halus. Ah Dewi Lestari Pesonamu tidak hanya  membius kaum pria tetapi aku kaum wanita pun jatuh hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s