Penerbit

Info Kirim Naskah

Jangan ragu untuk mengirimkan naskahmu ke Grasindo. Siapa pun yang mempunyai minat menulis akan didukung! Sebelum mengirimkan naskah ke Grasindo, baca dulu persyaratannya.

Berikut adalah dua kategori naskah yang bisa dikirimkan.

1. Fiksi
Syarat umum:
– Panjang naskah 70-150 halaman A4, spasi 1, Times News Roman 12
– Kirimkan dalam bentuk print out (yang sudah dijilid rapi), sertakan sinopsis lengkap, ke:

REDAKSI GRASINDO
Gd. Kompas Gramedia, Unit I Lt.3
Jl. Palmerah Barat No. 33-37, Jakarta 10270

– Setiap naskah akan diproses langsung oleh redaksi. Waktu yang diperlukan sekitar 4 bulan, mengingat banyaknya naskah masuk setiap harinya. Harap maklum.

 2. Non Fiksi
Syarat umum:
– Panjang naskah 70-150 halaman A4, spasi 1, Times News Roman 12. Kirimkan dalam bentuk print out (dijilid rapi) ke:

REDAKSI GRASINDO
Gd. Kompas Gramedia, Unit I Lt.3
Jl. Palmerah Barat No. 33-37, Jakarta 10270

– Atau, kirimkan proposal naskah via e-mail. Bila naskahmu menarik, redaksi akan menghubungimu untuk pembahasan lebih lanjut.
– Setiap naskah akan diproses langsung oleh redaksi. Waktu yang diperlukan sekitar 4 bulan, mengingat banyaknya naskah masuk setiap harinya. Harap maklum.
Kategori nonfiksi yang dicari:
-Teknologi Informasi
– Pengembangan diri
– How to
– Cerita inspiratif
– Lifestyle
– Traveling
– Pengetahuan populer

Kategori naskah khusus:

1. Tentang kesehatan, perawatan bayi, tips-tips menjaga kebugaran, tips menhindari penyakit dsb
2. Tentang komputer, mengenai mengajar komputer untuk anak-anak.
3. Tentang pertanian, cara praktis bertanam buah, dsb.
4. Tentang informasi menarik, misalnya membongkar kasus malpraktik kedokteran,  cerita investigasi suatu kasus  besar, dsb.
5. Tentang peluang bisnis, misalnya peluang usaha yang didasarkan success story.

Nah, jika kamu akan mengirimkan naskah, jangan lupa untuk konfirmasi!
Telp: 021-53650110, ext. 3301, 3303

Advertisements

8 thoughts on “Info Kirim Naskah”

  1. Waah..info segar nih mb neny. Terima kasih… Sekalian curhat ni mbak. Sudah lama pengen banget menerbitkan buku tentang pendidikan untuk anak, but masih banyak keraguan dan halangan. Aku juga seperti mb neny, ibu muda dengan satu anak plus mengajar di salah satu sekolah di tegal. Kok, rasanya waktu ini sempit sekali ya… Kadang, keinginan yang menggebu-gebu itu harus padam oleh kepesimisan. Mohon masukan dan semangatnya…

    1. Mbak Oky jangan patah semangat, motivasi harus dijaga dalam diri….bila mbak ingin mewujudkan dalam nyata! harus dikejar jadikan resolusi dan prioritas, bahkan aku sampe catat di agenda dan aku buka setipa hari apa yang harus aku realisasikan salah satunya membukukan tulisan-tulisan yang sebelumnya berserakan kemana-mana, mbak coba saja masukan naskah ke penerbit-penerbit biasanya 3-4 bulan atau kalau mau pro aktif tanya via phone status naskah, jika memang tidak lolos banyak penerbit indie seperti leutikaprio, mbak bisa baca-baca di postingan aku di catagori penerbit, leutika sendiri … semangat mbak monggo kalau mau bertanya feel free 🙂

  2. Terimakasih Mbak Neny atas jawaban yang sangat memuaskan ini… Oya, mbak…aku sudah hampir empat kali ngirim tulisan ke sebuah media jateng tapi semua tidak ada yang lolos, mungkin kurang kali ya harus lebih banyak ngirim lagi hehehe…mungkin juga tulisan aku kurang good ‘n up to date. Dari pengalaman itulah aku kadang pesimis ‘n bertanya-tanya “bisa ga ya aku bisa nerbitin buku ato tulisanku nngol di media kaya mba neny?”
    Kira-kira tulisan yang diminati penerbit itu seperti apa mbak? Apa harus ada persyaratan dalam hal teknik kepenulisan?
    Trims

  3. Mbak Oky kita sama-sama belajar 🙂 kalau buku dari 12 buku aku (bisa liat di My Book) 4 buku terbitan dari leutikaprio (indie), 1 itu lewat nulisbuku.com (gratis) kumpulan puisi anak hanya disarankan kita beli untuk penerbitan pertama semua di jual on line. Sedangkan sisanya adalah hasil audisi (buku-buku kroyokan) diterbitkan Hasfa publisher ini tersedia di gramedia bukunya.
    Kalau mbak tertarik menembus media, kita harus pelajari dari tulisan-tulisan yang sudah dimuat di media tersebut. Untuk contoh saya suka menulis tentang dongeng kebetulan media yang saya tuju adalah Kompas Minggu Anak, saya pelajari beberapa tulisan yang dimuat di kompas anak dan saya coba kirim beberapa cerita anak ternyata lolos. Pelajari apa yang menjadi pasar media tersebut. Untuk tulisan pastinya EYD mbak harus diperhatikan (sangat penting).
    Kembali ke minat juga dan kesukaan jenis menulis, mbak misalnya suka tulis puisi banyak media yang menyediakan kolom puisi coba saja kirim tulisannya. Begitu terus kalau sudah lolos satu biasanya kita akan dapat feelnya. Semangat mbak aku tunggu karyanya….

  4. Terima kasih Mbak Neny…insya Allah, amin. Maaf, mbak boleh nanya satu lagi? Untuk leutikaprio menerima naskah dengan tema pendidikan? Misal, bunga ramai artikel ilmiah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s