A Sia Na

Lebih Nyaman Menikmati Pro Dan Kontra (2)

Dalam keseharian hidup kita sebagai kaum hawa yang banyak melakukan interaksi dalam dunia nyata bahkan dunia maya yang menjadi trend kebutuhan wanita-wanita modern, tentulah akan banyak menimbulkan friksi-friksi yang membuat hidup menjadi berwarna.

Keseharian aku sebagai seorang karyawati dan ibu 2 puteri yang banyak berinterkasi dengan berbagai orang.  Dalam dunia kerja kerap menuntut untuk lebih banyak bersikap profesional dan sabar karena kita tidak bisa mendikte mereka untuk menurut kemauan kita.

Juga dalam bertetangga, berteman kita juga tidak bisa memaksakan aturan main yang dianggap nyaman buat pribadi.

Menyoal dengan kolaborasi A Sia Na juga tidak bisa kita memaksakan orang untuk suka, pasti pro dan kontra datang, secara face to face menyatakan ketidaksukaan, secara tidak langsung .

Sebenarnya hal yang sangat normal bila pro dan kontra datang, karena memang inilah 2 sifat manusiawi akan hal yang baru. Sebeneranya dari pro dan kontra inilah kita akan banyak belajar dan waspada dalam melangkah. Kita dihadapkan sebuah kenyataan manis dan pahit, itulah kehidupan ada pahit dan ada manis. Kepandaian kita meramu rasa pahit menjadi sesuatu yang manis kemudian.

Jelas yang pro adalah madu yang seyogyanya memacu kita untuk belajar dan menghasilkan segala sesuatu yang bersifat inovatif dan original. Jangan kita mengecewakan dari dukungan yang telah mereka berikan.

Untuk yang kontra, disinilah kita bersifat waspada bahwa sebenarnya dibalik rasa tidak mendukung bisa kita ambil sisi positifnya mereka sayang! Ya mereka ‘Care’ walau disajikan dengan sadis. Kontra bukan hanya menjatuhkan tetapi mengingatkan kita untuk melangkah hati-hati bahwa apa yang mereka tentang bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan selama kita berbuat baik dan tidak merugikan. Berharap dengan waspada dan pembuktian kinerja yang baik apa yang di awal ditentang akan sebaliknya di support balik.

Menyadari pro dan kontra akan selalu hadir setiap langkah hidup kita tanpa kita bisa menghindar, beberapa tips teman-teman A Sia Na yang bisa di share :

1. Pro Kontra dalam forum, sebaiknya jangan dibalas dengan amarah terbuka, ini hanya akan memicu semakin panas. Alangkah baiknya pendekatan emosional dengan itikad baik kita kirim via message pribadi menunjukan bahwa kita menaggapi ‘ketidaksukaan’ dengan mempertanyakan alasan, mungkin saja mereka salah persepsi.

2.Bisa juga mengomentari langsung dengan tetap positif thinking, biasanya juga akan mendatangkan aura positif.

3.Mendiamkan sesaat, kadang ada yang penasaran bila kita diamkan. Dan menindak lanjuti lagi merasa tidak diperhatikan ternyata bila dia merespon tidak baik, bisa dengan 2 pendekatan di atas. 

Nah paling susah bila sudah menentang kita habis-habisan tanpa alasan yang kuat akan ketidaksukaan mereka, pendekatan emosional itikad baik mental malah dengan sengaja mengajak kontroversial face to face padahal kita sudah bersifat  kekeluargaan, rasanya tips terakhir adalah mendiamkan.

Apa yang salah? Mendiamkan lebih bijaksana bila hal yang terbaikpun dia tolak. Kadang diam adalah emas dan pepatah ‘biarkan angin berhembus bagai badai dan guntur menggelegar tetapi sang kafilah tetap berlalu (peribahasa yang dimodif)’ terasa membentengin.

Jadi nikmatilah pro dan kontra yang akan selalu hadir dalam setiap kehidupan sekitar kita, tidak hanya dalam tulisan tetapi dalam perilaku kehidupan kita.

Have A Great Day 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s