Info Kompetisi

Dibuka!!! Dicari! 16 penulis untuk kloter 4 Proyek Buku Gotong-Royong!-DL 07 Oktober 2011

by Suden Basayev on Tuesday, September 27, 2011 at 12:14pm

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam pena!

Proyek Buku Gotong-Royong adalah sebuah wadah bagi penulis pemula untuk mempublikasikan karya berupa cerpen menjadi sebuah buku kumcer dengan biaya penerbitan yang ditanggung rame-rame alias gotong-royong.

Kloter pertama telah terbit (Senandung Rindu yang Karatan, LeutikaPrio), kloter kedua telah berhasil terkumpul dan menunggu karyanya terbit dalam bentuk buku. Kloter ketiga sudah terpenuhi kuotanya. Nah, menimbang banyaknya peminat bergabung dalam proyek ini, maka dengan ini saya buka kloter keempat!

Anda penulis pemula? Ngebet pengen punya buku? Ikut lomba menulis belum juga masuk nominasi? Hampir patah semangat? Heiii!! Kobarkan lagi semangatmu, anak muda! Hehe, nih, sambutlah pembukaan kuota untuk kloter keempat!

Ketentuannya :

  1. Siapa saja boleh ikut, kecuali penulis yang tergabung dalam kloter pertama, kedua, dan ketiga.
  2. Berteman dengan facebook Suden Basayev (http://www.facebook.com/#!/suden.basayev) dan bergabung dalam grup Proyek Buku Gotong-Royong (http://www.facebook.com/#!/groups/111928912225337/).
  3. Punya naskah cerpen yang mau diikutkan, diutamakan yang cerpennya sudah jadi dan siap dikirim. Cerpen harus karya sendiri, bukan hasil plagiat. Tema bebas, yang penting ada pesan moral/manfaatnya. Tidak boleh porno dan menyinggung SARA. Belum pernah diterbitkan atau dimuat di media manapun, juga bukan cerpen yang memenangi lomba.
  4. Harus pesan tempat dulu! Sebelum mengirim naskah, buruan SMS ke 08995374205 berisi KUOTA#NAMA ASLI#NAMA FB#NAMA PENA#DOMISILI. Tersedia 16 kuota. Jika kuota sudah penuh, maka kloter ketiga dinyatakan ditutup. Berarti, siapa paling cepat SMS maka ia yang dapat jatah kuota. Buruan!
  5. Cerpen diketik dalam file .doc MS Word, A4, margin standart, font Times New Roman 12, spasi 1,5. Kirim via email ke buku.gotongroyong@yahoo.co.id dengan subjek : Kloter4-Judul cerpen. Jangan lupa sertakan biodata narasi di bawah cerpen, jangan dipisah file, ya!
  6. Copy-paste pengumuman ini di notes fb, tag Suden Basayev dan 10 teman FB Anda.
  7. Bersedia membeli buku dari proyek ketiga (nanti) jika sudah terbit. Sebagai konsekuensi, setelah buku proyek keempat terbit, maka penulis proyek ketiga akan diwajibkan juga memiliki buku proyek keempat. Bukti kepemilikan dimohon berfoto sambil memegang buku tersebut. Nanti bukti tersebut diminta dikirimkan via email. Jika ketentuan ini dilanggar, maka Anda akan kehilangan hak royalti keanggotaan Anda di kloter ketiga/keempat! Hak royalti adalah keuntungan hasil penjualan buku yang nantinya digunakan untuk subsidi penerbitan buku bersama Anda berikutnya.
  8. Membayar dana gotong-royong sebesar Rp.35.000;. Nomor rekening akan diberitahukan setelah Anda tergabung dalam kloter keempat. Dana yang terkumpul (16 x Rp.35.000;) sejumlah Rp.560.000; digunakan untuk biaya penerbitan, karena pastinya hanya melalui self publishing alias penerbit indie. Sisa dana Rp.60.000; dimanfaatkan untuk mengadakan event terkait promosi buku-buku grup ini.
  9. Batas akhir pengiriman cerpen dan dana gotong-royong adalah 5 hari setelah Anda dinyatakan mendapat jatah kuota lewat SMS. Jika dalam 5 x 24 jam cerpen dan dana tidak dikirim maka dianggap mengundurkan diri.
  10. Penulis tidak mendapat bukti buku terbit, kalau menginginkan bisa membeli secara online nantinya.
  11. Sedikit kompetisi, buatlah judul cerpen sebagus mungkin. Nanti dipilih satu judul cerpen terbaik untuk dijadikan judul cover buku.
  12. Sedikit kompetisi juga, tiga nama penulis terpilih akan dicantumkan di sampul depan.
  13. Cerpen yang diikutkan TIDAK DISELEKSI. Penyelenggara hanya mengecek penggunaan EYD dan tanda baca, sebelum dikirim ke penerbit.
  14. Tidak ada hadiah untuk event ini. Ini proyek murni dari kita untuk kita. Insya Allah memegang buku karya sendiri adalah kepuasan batin tak terhingga bagi kontributor.
  15. Apa lagi, ya? Itu dulu, kalau ada yang masih kurang jelas bisa tanya via inbox fb, SMS, atau komen di notes ini. 🙂 Bagikan info ini ke yang lain, oke!
Advertisements

7 thoughts on “Dibuka!!! Dicari! 16 penulis untuk kloter 4 Proyek Buku Gotong-Royong!-DL 07 Oktober 2011”

  1. wah bagus nih. tapi kalau saya yang masih 14 tahun ikutan lomba ini apa nggak kebanting sama yang lainnya? soalnya kan gaya penceritaannya berbeda dengan yang berumur 17+ 🙂

  2. Oh kalau aku sudah tergabung dalam kloter 4 dan sudah mengirimkan biaya kontribusi (35.000) serta naskah cerpennya, pasti naskah cerpenku itu terbit ya???

    sedikit bingung nih.. 😦
    pengen banget naskah cerpenku itu terbit..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s