Info Kompetisi

KOMPETISI ‘SEUNTAI HAIKU TERINDAH’-DL 15 Nov 2011

by Nyi Penengah Dewanti on Tuesday, October 25, 2011 at 5:33pm

Assalamu’alaikum sahabat di mana pun berada. Haiku adalah sastra asli Jepang yang mengajarkan kita untuk bisa mengungkapkan perasaan lewat kata-kata singkat penuh makna dan tidak bertele-tele. Satu haiku dibentuk dari tiga larik yang terdiri dari 17 suku kata. Larik pertama berisi 5 suku kata, larik kedua berisi 7 suku kata dan larik ketiga terdiri dari 5 suku kata. Dua larik pertama biasanya menceritakan tentang alam dan larik terakhir menyampaikan pesan yang terkadang tidak berhubungan dengan dua larik sebelumnya. Keunikan dan kesederhanaan haiku membuat sastra ini terkenal bukan hanya di negara asalnya saja. Jutaan orang di duniapun mulai menggeluti haiku dalam bahasa mereka masing-masing. Setiap orang pasti bisa membuat haiku, karena setiap orang sudah terbiasa menulis SMS indah. Karena itulah pada bulan Oktober kali ini, fanspage Fickiss mengadakan sebuah kompetisi yang diberi nama Kompetisi “Seuntai Haiku Terindah”.

Syarat peserta  :

1.      Berteman dengan FB Ficky Felary.

2.      Menglike fanspage Fickiss.

3.      Mengshare FP Fickiss. Caranya buka FP Fickiss, cari tulisan share di sisi kiri bawah, dan klik.

4.      Memposting info kompetisi ini di note FB Anda dan mentag 30 teman Anda. Tidak perlu mentagFicky Felary dan Fickiss. Ingat, hanya info lomba ini, bukan haiku Anda.

Syarat Tulisan   :

1.      Tema haiku bebas.

2.      Tulis haikumu dengan font Monotype Corsiva 12, spasi 1.5, maksimal 1 halaman A4.

3.      Di dalam salah satu haiku Anda, wajib terdapat satu frase Ficky Felary.

4.      Haiku yang mengandung frase Ficky Felary dimuat di status Anda dan ditautkan kepada yang bersangkutan dengan cara menekan @ kemudian diikuti nama Ficky Felary, agar yang bersangkutan bisa membacanya. Ingat, hanya satu haiku yang mengandung frase Ficky Felary bukan keseluruhan haiku!

5.      Di akhir haiku yang dimuat di status Anda tambahkan tautan ke fanspage Fickiss, dengan cara menekan kemudian diikuti kata Fickiss, agar admin Fickiss bisa membaca status kamu.

6.      Haiku ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, bukan bahasa daerah/asing.

7.      Sertakan biodata singkat berbentuk narasi di bawah haiku Anda.

8.      Beri judul file Anda : SHT_namapeserta

9.      Kirim haiku dan biodata Anda ke email fickiss.felary@gmail.com pada lampiran, bukan pada badan email.

10.  Subject email : SHT_namapeserta

11.  Setelah memuat haiku di status Anda harap cek kembali di FB Ficky Felary dan FP Fickiss, apakah haiku itu muncul atau tidak. Jika tidak muncul harap memposting ulang haiku tersebut langsung di wall FB Ficky Felary dan FP Fickiss.

Lain-lain           :

1.      Peserta yang tidak memenuhi persyaratan di atas dianggap gugur.

2.      Haiku ditunggu paling lambat tanggal 13 November 2011 pukul 23.59.

3.      Pengumuman insya Allah tanggal 15 November 2011.

4.      Dicari tiga pemenang yang akan menerima souvenir menarik dalam kompetisi kali ini.

Contoh Haiku :

Lelap rembulan (5 suku kata, le-lap rem-bu-lan)

Menyeruak angkasa (7 suku kata, me-nye-ru-ak ang-ka-sa)

Aku meminta (5 suku kata, a-ku me-min-ta)

Pendar pelangi

Hiasi malam sunyi

Hati merona

Awan bergantung

Rindu, Ficky Felary

 Inikah mimpi?

Mudah banget kan?

Kamu pasti bisa dong?

Ayo ikut ya!

Udah paham kan semuanya? Kalau belum paham silahkan tanyakan di fanspage Fickiss. Ayo semuanya buruan ikutan kompetisi seuntai haiku terindah ini! Ditunggu haikunya ya! Admin-2 FickissSEMANGAT TO THE MAX!!!!! 

Advertisements

1 thought on “KOMPETISI ‘SEUNTAI HAIKU TERINDAH’-DL 15 Nov 2011”

  1. masih ga ngeh sama haiku, mba.
    tapi tadi liat punya kak granito di FPK ada yang pake haiku,
    jadi tau tipe2 tulisannya kayak apa.
    coba dulu deh, kali aja bisa ikutan.. hehe,
    makasih infonya, mba nenny… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s