Penerbit

CARA GAMPANG TERBITKAN BUKU

by Belajar Nulis Gratis bersama Penerbit ANDI on Wednesday, November 2, 2011 at 9:13am

Banyak orang yang senang menulis, bahkan telah banyak menghasilkan tulisan-tulisan. Tapi sayangnya, karya tulisnya hanya dibiarkan tersimpan dalam harddisk komputer. Tak ada orang yang tahu. Malah penulisnya sendiri seringkali sudah lupa dengan ‘simpanan tulisannya’. Ada juga yang senang menulis, tetapi hanya pada saat memberikan seminar, training, mengajar atau kegiatan lainnya. Padahal potensi pemikiran dan ide mereka bisa jadi brilyan dan pantas untuk diketahui lebih banyak orang.

Ada banyak orang yang memiliki impian bisa menerbitkan buku, tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Padahal sebenarnya menerbitkan buku itu gampang! Bahkan penulis pemulapun bisa dan sangat bisa menerbitkan buku. Saking mudahnya, siapapun bisa menerbitkan buku. Nah, bagaimana caranya?

Anda bisa menerbitkan buku sendiri ataupun lewat penerbit. Pasti ada plus minusnya melalui kedua cara ini. Baiklah, akan kita bahas singkat satu persatu.

Menerbitkan sendiri kelihatannya akan memberikan keuntungan yang besar – karena tidak perlu berbagi dengan orang lain. Masa sih? Pertama kali, jelas Anda harus mengedit naskah, kemudian mensetting naskah. Jika Anda tidak menguasai software layout – mau tidak mau Anda harus membayar jasa setting. Kemudian Anda juga harus mendesain cover. Lagi-lagi jika Anda tidak menguasai software desain, Anda harus membayar jasa desain. Setelah itu, Anda harus mencari ISBN untuk buka Anda. Selesaikah? Belum. Anda perlu jasa cetak, dan itu perlu biaya. Selesai cetak, akan dikemanakan buku tersebut? Buku harus dipasarkan, bukan? Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan jasa distributor. Kabar buruknya, setiap buku akan terkena potongan hingga 60%. Jika keuntungan dikurangi biaya lain-lainnya, otomatis keuntungan bersih sekitar 10-12%.

Nah, ada cara kedua yang lebih praktis: menerbitkan buku melalui penerbit. Sebagai penulis Anda cukup menawarkan naskah kepada Penerbit untuk dinilai kelayakannya. Begitu naskah dianggap layak, Penerbit akan menghubungi Penulis untuk memberikan Surat Perjanjian Penerbitan. Penulis sama sekali tidak mengeluarkan biaya apapun untuk penerbitan bukunya. Semua proses akan dilakukan oleh pihak penerbit, mulai dari editing, setting, cetak, distribusi dan promosi. Penulis tinggal terima bersihnya dalam bentuk royalti sebesar 10 – 12%. Enak, kan? Anda bisa tetap bekerja seperti biasa tetapi menerima “gaji” dalam bentuk royalti.

Tetapi patut diingat bahwa tidak semua penerbit kompeten. Carilah penerbit yang sudah terbukti baik, memiliki reputasi yang bagus, jumlah buku terbitnya sudah banyak dan terbukti komitmennya terhadap penulis.

Anda bisa percayakan karya Anda kepada Penerbit ANDI, yang sudah menasional dengan jaringan distribusi seluruh Indonesia. Jumlah bukunya sudah 4500 judul dengan 800-an penulis yang sudah bergabung.

Tertarik? Anda bisa menghubungi Penerbit ANDI untuk berkonsultasi atau sekedar bertanya. Saat ini kami sedang banyak mencari naskah bertema pertanian, bisnis & investasi, psikologi populer, motivasi, inspirasi, pengembangan diri, parenting (pengasuhan anak, tumbuh kembang anak, psikologi anak), kesehatan populer, hobi dan ketrampilan, kuliner, dan rumah & taman.

Jika Anda sudah punya naskah, bisa langsung dikirim dalam bentuk print out disertai data diri yang lengkap dan jelas ke:

Penerbit ANDI

Jl. Beo no 38-40

Yogyakarta 55281

Telp (0274) 561881 ext 203

Atau, dalam bentuk file pdf (bukan doc), disertai penjelasan singkat tentang naskah dan biodata penulis ke: penerbitan@andipublisher.com atau desi@andipublisher.com

Selamat Berkarya!

salam buku,

Dessy Danarti

Advertisements

6 thoughts on “CARA GAMPANG TERBITKAN BUKU”

    1. Sebenarnya bisa saja bahkan tidak hanya ke penerbit Andi, kalau aku baca penerbit ini sedang butuh naskah :
      Penerbit ANDI untuk berkonsultasi atau sekedar bertanya. Saat ini kami sedang banyak mencari naskah bertema pertanian, bisnis & investasi, psikologi populer, motivasi, inspirasi, pengembangan diri, parenting (pengasuhan anak, tumbuh kembang anak, psikologi anak), kesehatan populer, hobi dan ketrampilan, kuliner, dan rumah & taman.

      Tapi kalau mau coba, bisa add fb dan menanyakan langsung 🙂

      Puisi bisa coba ke penerbit lain juga, coba cek katagori penerbitan di blog ini…mungkin bisa membantu…semangat ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s