Write Without Boundaries

Tentang Bulan – DL 10 Des 2011

            Mendengar kata bulan, pikiran kita akan terpaut kepada satelit alami satu-satunya yang dimiliki bulan. Ia menjadi metafora dalam keindahan. Seperti menjadikannya “Dewi Malam”. Atau, ungkapan “wajahnya yang berpendar seperti rembulan’.
Sepertinya bulan juga akan berubah-ubah sesuai keinginannya. Ia akan berbentuk sabit saat kesepian. Karena itulah, tak urung para bintang kemudian mendekatinya untuk sekadar menerangi malam. Bulan pun bisa saja bersemi menjadi purnama. Itu di kala ia berada dalam puncak keegoisannya. Sampai-sampai wolfrine, sundel bolong, vampire, pocong, dan segala jenis makhluk fantasi lainnya hadir membenci purnama.
Dalam arti lain, bulan juga merupakan jangka waktu yang terjadi. Ada Januari, Februari, dst pada penanggalan masehi. Atau dalam Tahun hijriah dikenal Muharam, Ramadhan, syawal, dsb. Pembagiannya pun beragam. Sehingga bagi sebagian orang mengenal adanya zodiac yang melambangkan sifat seseorang, jika terlahir pada bulan-bulan tertentu.
Kita mengenal Libra yang penyimbolannya menggunakan timbangan. Orang-orang mengartikannya sebagai watak yang penuh pertimbangan. Sehingga tak jarang ia tak melakukan perubahan hanya karena bimbang dalam menentukan pilihan. Scorpion, Sang Kalajengking. Ia memiliki racun di ekornya. Bisanya sangat berbahaya. Pada saat tertekan ia akan menyerang mati-matian. Namun ada satu sifat yang sangat istimewa darinya. Ia kadangkala menggunakan bisanya untuk menyengat diri sendiri. Ia lebih memilih mati daripada melihat pasangannya menderita.
Di sisi lain, Bulan juga merupakan sebuah peristiwa. Kita bisa mengambil bulan bahasa sebagai contoh. Diperingati setahun sekali pada bulan Oktober. Atau juga Bulan Madu, yang tak akan pernah dapat dilupakan oeh pasutri. Atau datang bulan. Fenomena yang hanya terjadi oleh makhluk istimewa bernama wanita.
Berangkat dari sanalah, kami tertarik untuk menjadikannya sebagai tema pada proyek kali ini. Tema yang diusung adalah Tentang bulan. Genre kami kembalikan kembali ke setiap penulis. Namun satu yang terpenting, bisa menarik perhatian para pembaca. Dan kita semua berkarya! Meski tulisan yang dikirim akan dibukukan, tetapi kita sebagai penulis tidak boleh menulis asal-asalan.
Format penulisannya sebagai berikut:
3-7 halaman A4, font Times New Rowman 12. spasi 1,5. Di akhir naskah (hal 8) diberi biodata narasi bersama foto penulis, dan juga bukti transfer. Untuk biodata narasi Maksimal 100 kata. (gunakan word count untuk mempermudah penghitungan). margin naskah masing-masing 3cm. disimpan dengan file “.doc” dengan judulnya masing-masing. Dikirim ke kumpulancerpen.cerbungindie@gmail.com dengan subjek KCCI_Tentang Bulan_Nama penulis_Judul cerpen. Via attachment, dilarang di badan email. DL tanggal 10 Desember, naskah yang masuk akan diposting di grup tanggal 13. setiap penulis mengelike naskah 3-5. 2 cerpen dengan jumlah like terbanyak, nama penulisnya akan dipajang di cover buku depan. jika ada yang ingin ditanyakan, silakan komen di sini.

ms Mukodas Sinatryamayapada edited a doc.

Teman-teman, silakan baca terlebih dahulu kriteria Cerpen yang akan kita bukukan.Untuk pengiriman Uang transfer, silakan dikirim
Ke Rek :Bank BNI cabang UPI Bandung,No rek : 0153779217
Atas nama:Mukodas.dengan jumlah 80.000 + 3 digit no hp kalian terakhir kalian.
Misal no hp 08997011089, maka yang ditransfer ke rek adalah Rp. 80.089

Hal ini disebabkan agar teman-teman tidak perlu mengirim bukti transferannya.karena no hp kalian adalah unik, gk ada yang sama.Jadi setelah kalian ngirim, langsung konfirmasi aja ke no hp Oms Mukodas: 08997011089

harga tsb sudah terasuk ongkos kirim.
jika memungkinkan untuk bertemu (bandung, Bogor barat) maka dikurangi aja dengan ongkirnya.
jadi transernya sejumlah Rp. 60.xxx

Untuk pengiriman naskah dan transeran bisa dimulai dari hari ini, dengan batas akhir tgl 10 Desember.jika lebih dari DL, maka buku kita akan terbit lebih lambat lagi!terimakasih atas perhatiannya.Admin Oms

2 responses

  1. Ibuuuuu… mau tanya, apakah ada info lomba Puisi…??? (yang gratis tanpa bayar ya Bu)
    Mohon informasinya ya Bu… Terimakasih… *^_^*

    December 6, 2011 at 10:59 am

  2. Hmm lomba puisi belum ada info terbaru yang ada di Aku Ingin Menulis grup ini lagi ada acara juga cuma kelanjutan untuk buat bukunya juga belum ngerti ada aku posting acaranya…semangat…

    December 7, 2011 at 7:00 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s