Write Without Boundaries

Menulis Bareng Pipiet Senja: Ketika Kita Membincang Guru – DL 30 Des 2011

by Ghara Xie Shellyanti on Friday, December 2, 2011 at 1:31pm

Menulis Bareng Pipiet Senja: Ketika Kita Membincang Guru

Oleh: Winwin Faizah

Salam Semangaat!

Kata orang bijak, guru itu adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Ada juga yang bilang guru itu kependekan dari digugu lan ditiru alias dipatuhi dan ditiru. Tapi apakah selalu begitu? Hmm, pasti jawabannya beda-beda ya.

Mungkin ada yang menganggap guru bukannya pahlawan tanpa tanda jasa tapi Pahlawan Bertopeng, Superman, Batman, Sailormoon, Ultraman  atau Jaka Sembung lagi naik ojek alias  nggak nyambung, Jeeek!. Nah looh, apa-apaan nih?

Oke-oke, sebelum dunia keguruan jadi gonjang-ganjing gara-gara istilah nggak jelas itu, langsung saja ya. Jadi nih kami berdua (bunda Pipiet Senja dan saya Winwin Faizah) lagi menggagas buku Ketika Kita Membicang Guru, demikianlah temanya.

Bakal jadi buku terkeren di dunia untuk semua guru, murid, mantan guru, mantan murid  dan semua orang di mana pun berada. Guru seperti apa yang dimaksud? Tentu saja guru yang spesial, nggak ada di toko, limited edition  dan selalu diingat oleh murid-muridnya entah karena kebaikan atau sebaliknya ‘kejahatan’nya sampai-sampai  nggak bisa tidur 4 hari 7 malam!

Nah, biar guru spesial kalian juga ikut tenar bareng buku ini.  Kami mengajak kalian semua untuk menulis tentang guru-guru yang berkesan, terserah mau guru TK, SD, SMP, SMA atau dosen. Adapun persyaratannya adalah sbb:

1.    Lomba dibuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia di mana pun berada.

2.    Tema lomba ini adalah ‘Unforgetable teacher’ alias guru-guru yang tidak terlupakan. Jadi ceritanya harus tentang guru yang memang luar biasa, entah itu cara mengajarnya, tingkah lakunya, kebiasaan-kebiasaannya dan semua hal yang melekat pada sosok guru tersebut, sehingga kalian tidak bisa melupakannya. Sekali lagi, harus luar biasa!

3.    Tulisan harus bersumber dari pengalaman pribadi penulis/nonfiksi dengan sudut pandang penceritaan orang pertama (Aku).

4.    Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim 1 naskah.

5.    Panjang naskah antara 6-12 halaman kertas ukuran A4 spasi 1,5.

6.    Naskah belum pernah dipublikasikan/diikutsertakan dalam  lomba sejenis.

7.    Naskah dikirim via e-mail ke winwin.faizah@gmail.com di dalam attachment (bukan di badan email) dengan format Ms. Word. Di subject email tuliskan Nama_Judul Naskah (contoh: Winwin Faizah_Guruku Bawel)

8.    Peserta wajib menyebarluaskan info lomba ini kepada minimal 20 teman di FB dan naskah yang diikutkan lomba  dipublikasikan di FB dengan men-tag akun FB Winwin Faizah.

9.    Setiap peserta wajib menyertakan biodata ringkas sebanyak 5 baris di akhir naskah, nomor rekening dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Pastikan nomor rekeningnya bener ya, jangan sampe honorariumnya nyasar.

Audisi  ini dilaksanakan tanggal 1 s.d 30 Desember 2011 (deadline pukul 24.00 WIB). Akan diambil 20 naskah terbaik yang nantinya akan masuk dalam buku Ketika Kita Membincang Guru, dan bagi yang naskahnya terpilih akan mendapatkan honorariumi. Jadi tunggu apa lagi,  it’s time to talk about your teachers!

Selamat menulis!

~ Pipiet Senja & Winwin Faizah ~

NB: Jika ada pertanyaan silakan menghubungi Winwin Faizah via FB/E-mail

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s