Write Without Boundaries

Proyek Gotong Royong KCCI di buka lagi!

by Kumpulan Cerpen Cerbung Indie on Sunday, January 22, 2012 at 10:49am

Setelah berhasil meluncurkan Buku Antologi Cerpen Cerita Kita, yang ditulis Anggota Proyek Gotong Royong angkatan pertama. Alhamdulilah mendapat sambutan yang meriah dari Sahabat KCCI. Buku Antologi Cerpen ini sudah dikenal oleh orang banyak. Terlihat dari antusias sahabat KCCI yang ikut Event FF Cerita Kita. Ada 94 Naskah yang masuk. Benar-benar apresiasi yang sangat membuat kami bahagia.

Kami juga tengah mempersiapkan untuk melaunching Buku Antologi Cerpen Tentang Bulan (Anggota Proyek Gotong Royong Angkatan kedua). Di mana bulan lah menjadi sosok penting bagi latar cerpen ini, ada yang bergenre Surrealis, di mana bulan mampu berbicara pada cerpennya Arista Devi, horror suspense dari Aiva Lathief, lalu ada juga Fantasy Fiksi dari Ganang Sutawijaya, dan beberapa penulis lainnya. Insyaallah segera terbit di bulan depan.

Kini kita akan membuka lagi Proyek Gotong Royong. Dengan Tema Besar yang akan kita pakai adalah “Dongeng Suka-Suka”. Anehkan? Ya, karena kita akan mengumpulkan cerpen dengan tema unik yang berbeda dari yang lain.

Pasti pernah dengar berbagai Dongeng, di Negeri 1001 dongeng pasti mengenal aladin, ali baba, dan sebagainya. Di sini, kita perlu menggali karakter dari tokoh-tokoh tersebut dengan cerita baru yang kita luangkan sendiri. Mungkin ketika Aladin menggosok lampu wasiat dan bukan jin yang ke luar, malah Iblis jahat yang terkurung selama ribuan tahun. Atau Ali baba yang mencari yang menjadi kaya karena mendapat harta dari perampok dan menang, lalu membagi-bagikannya kepada fakir miskin.

Di negeri eropa pun banyak dongeng-dongeng yang bisa kita gali. Seperti snow white, fairy, kurcaci, dan yang lainnya. Tentu saja di Indonesia pun begitu banyak dongeng-dongeng yang bisa kita gunakan sebagai latar cerita kita. Sebutlah Sangkuriang, Malin Kundang, ande-ande lumut. Dan bisa kita gali budaya kita.

Karena Cerpen yang akan kita tulis temanya dongeng suka-suka, maka teman-teman bisa mengabungkan beberapa dongeng menjadi sebuah cerpen. Seperti Sangkuriang yang bertemu malin kundang, atau sebagainya. Yang penting kita akan berimajinasi secara liar namun tetap kita harus mempertanggungjawabkannya. Karena seperti kata pepatah, Sastra itu bukan hanya sebagai seni belaka, tetapi juga nilai moral untuk pembaca dan Tuhan.

Intinya, kita tidak akan menerima naskah yang berhubungan dengan mengejek SARA, atau bersifat pornografi dan vulgar.

Karena ini bernama Proyek Gotong Royong, maka di sini para penulis dan KCCI bersama-sama bergotong royong untuk mewujudkan sebuah buku antologi. Dimulai dari dana untuk membukukan dan sebagainya.

Karena itulah, kami menampung apresiasi sahabat KCCI untuk ikut dalam Proyek Gotong Royong ini. Tentu saja yang kami terima adalah Cerita Pendek untuk dibukukan bersama para admin (pengelola).

 Kita akan upayakan untuk mengirimkannya ke penerbit indie. Karena itulah, dana yang dikeluarkan milik independent (pribadi). Tenang saja, karena ini proyek Gotong Royong, maka kita tak akan mengeluarkan uang yang banyak. Kita bareng-bareng nutupin biaya produksi.

 Dananya sekitar Rp.60.000 per orang, sudah termasuk mendapatkan buku terbit. (sedangkan harga buku ini nantinya sekitar 40.000-an). Dan kita hanya ngebuka 20 tempat untuk pendaftar pertama. Ongkos kirimnya 20.000.

Khusus bagi yang berada di Bandung atau daerah Bogor Barat bisa bertenmu langsung dengan admin. Sehingga tidak memerlukan ongkos kirim, sekalian nanti kita bisa Kopdar bareng.

 Mohon diingat ya, tujuan utama proyek gotong royong ini bukanlah keuntungan materil yang diperoleh dari penulis dan pengelola. Karena itu, royalty akan dimasukkan ke tabungan KCCI, ini bertujuan untuk mengadakan event kembali. Setidaknya membeli berbagai buku untuk keperluan hadiah. Agar penjualan buku di KCCI ini lebih mengalir.

 Kriteria Naskah dan hal-hal yang berkenaan itu dengan itu, akan dibicarakan kemudian setelah pendaftar lengkap. Sedikit berkompetisi, kita akan menyediakan 2 tempat di cover depan buku nanti dengan nama Sahabat KCCI ketentuannya seperti apa, akan dibahas di grup.

Deadline penyerahan Naskah adalah tanggal 20 Februari 2012. Sehingga Sahabat KCCI bisa berimajinasi terlebih dahulu. Karena yang kita butuhkan saat ini bukanlah naskah, tetapi keikutsertaan kawan-kawan.

 Setelah buku terbit nanti, Kami tidak akan meminta Kontributor untuk membeli beberapa jumlah buku ini. Tetapi kami hanya meminta untuk ikut memasarkannya dalam bentuk Online. Seperti status atau note di facebook-nya masing-masing.

 Bagi yang tertarik silakan konfirmasi via sms dengan format : KCCI_Nama fb_Nama panggilan_alamat.

Kirim ke 08997011089

Mohon dipikirkan terlebih dahulu sebelum memberi pesan singkat. Karena banyak yang sudah mengirim tetapi tidak ikut. Dan itu membuat pembuatan buku ini molor dan membuat biaya penerbitan jadi kurang!

(Sekali lagi, yang sudah mengirim sms tetapi hendak keluar, semoga Tuhan memberi maaf kepadanya, dan semoga dia ditunjukkan ke dalam jalan yang lurus.)

 Kita akan terbuka, bagi yang bertanya akan kami layani dengan senang hati. Kecuali jika jawaban dari pertanyaan sahabat KCCI sudah terpampang jelas di note ini.

 Untuk para pelajar, bisa diobrolkan terlebih dahulu dengan orang tua masing-masing.

 Dan terakhir, mohon berhati-hati dengan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan KCCI.

 Sebagai tambahan, ada beberapa ungkapan dari Sahabat KCCI yang sudah membukukan bukunya bersama KCCI.

  1. Sahabat KCCI yang termasuk ke dalam Proyek Gotong Royong Angkatan Pertama.

Senang, bisa berbagi karya dan menyatukan dalam satu buku. (Hw. Prakoso)

Saya jadi tambah semangat nulis, setidaknya waktu bikin biodata ada satu karya yang dilampirkan. (Cha Chanliers)

Pastinya seneng karena itu antologi buku pertama. He he. Dan saya puas dengan kualitas bukunya heu… Plus plus buat desain sampulnya juga. Top Abis. (Ca Ya)

Seneng. Bisa punya karya yang bisa dibaca banyak orang. Jadi kepikiran pengen punya karya yang bisa dapet royalti. He he he. (Tweeky Embil Suprapto)

Bukunya bagus, kalau bisa untuk event selanjutnya tidak ditentukan tokohnya, lebih baik ditentukan tema. Ada baiknya juga diadakan bimbingan bagi kawan-kawan KCCI. (Tant Oke)

Enjoy, bisa menyatukan karya dari banyak penulis yang punya motivasi menulis walaupun belum saling kenal. (Silvia Diah Puspitasari)

Perasaannya senang dengan hasilnya dan kebersamaan yang telah berlanjut. Secara pribadi berharap kita bersama-sama menerbitkan karya lagi. (Eri Triatmoko)

Wuah,, Sueneng buanget deh rasanya. Apalagi ini buku pertamaku.rasanya tuh… hmm,, gak bisa diungkapin dengan kata-kata #Lebey… he he. Waktu bukunya dateng.. wah, jingkrak-jingkrak dan jerit-jerit kayak orang gila deh akunya. He he… Moga aja bukunya banyak yang ngelirik , tertarik, pada beli, dan dapet terjual abis. He he. Aminnnn. (Lestari Fajrin)

Baik, asik kok. Setelah bulan aku join lagi. (Nenny Makmun)

KCCI itu selalu ngasih bentuk apresiasi tersendiri kepada karya-karya teman-teman. Secara tidak disadari, itu semua adalah motivasi buat para penulis untuk lebih berkarya lebih baik lagi. So, tingkatkan apresiasinya itu dengan cara yang lebih baik lagi ya. He he he. J (J’Fieyna)

2. Kontributor Antologi Cerpen Ababil, Kumpulan Cerpen yang diambil dari pemenang Event Ababil.

Manteb, my first antology book. (Fauziah Harsyah)

Seneng banget, berhubung bisa nerbitin pertama kali juga. Seneng juga bisa nemu penulis-penulis yang bagus lainnya. Nambah temen dan kenalan juga saling belajar sesama penulis. (Dwi Sartikasari)

Wah seneng banget Bang Oms, bangga, terharu, gak nyangka, masih gak percaya, jadi banyak temen baru. (Aini Nur Latifah)

Perasaan saya sangat senang bisa memiliki buku bersama Keluarga besar KCCI. (Anisa Sholihat)

Pastinya seneng banget J. Soalnya ini antologi pertamaku. Setelah berkali-kali berusaha, akhirnya keinginan untuk bisa menerbitkan buku tercapai juga.😀 (Fhirzy Fatmalia)

Seneng bangeeettt. Nambah pengalaman sekaligus menambah semangat tulis menulis. (HC Luthfi)

Seneng Kak Oms. Antologi pertamaku. Makasih buat KCCI  yang udah kasih aku kesempatan, itu jadi semangat buat aku kak. Serius. J (Putri Eka Pertiwi Hirawling)

Seneng… J (Rizgian Nursyahbani)

Tentu senang, karena masih ada yang ngelirik cerpen saya. Sehingga bisa membuat saya lebih termotivasi lagi untuk terus berkarya. (Annisa’ Nurul Aini)

Bagus kok. ^^

Sarannya cuma edit sebelum dicetak ya. Ha ha ha (Sistha Revitasari)

Perasaannya seneng, Bang. Dapat banyak pengalaman baru. Apalagi ini buku pertamaku. Juga tambah kakak-kakak, adik-adik, dan teman-teman baru. J (Vicki yang lain)

Perasaannya seneng, karena punya temen baru dan buku ababil itu debut aku. J (Dwilight Marshal)

Seneng, soalnya dibikinin grup sama penulis yang seumuran. Tapi sayangnya gak dapet bukunya. Jadi belum liat karya yang lain. (Kardiana Izza ell milla)

Perasaan saya sungguh senang dan bangga. Tulisan saya ada dalam sekumpulan penulis-penulis muda yang mempunyai feel remaja. J (Vindy Putri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s