Write Without Boundaries

Lomba Fiksi Fantasi 2012 9Lights Production

The Gmynastik Little Girl

            Sepasang mata cerpelai mengamati pria berumur tampan berambut emas dari kejauhan. Sepasang cerepelai yang telah bertahun-tahun mengikuti rombongan sirkus yang telah ber-nomaden bertahun-tahun.

            Sepasang cerpelai yang masih ingat sosok lelaki yang menua tapi tetap masih menyisakan ketampanan dan kegagahan dari raut wajahnya. Persis saat dia menitipkan bayi perempuannya yang berambut emas bergelombang, bermata biru dan satu keistimewaan gadis kecil yang biasa di panggil Shine sangat lentur.

            “Hanya saja dimanakah seorang wanita yang dulu bersamnya? Kenapa di datang sendiri? Apakah dia akan mengambil yang menjadi miliknya?” Berbagai pertanyaan berkecamuk dalam hati hati sepasang cerpelai.

            “Aku yakin Dudu Polkadot tidak akan mengijinkan Shine kembali pada orang tuanya, apalagi Shine menjadi primadona di Silent Gold!” kata si Cila cerpelai betina.

            “Ya, apalagi Shine sudah dirawat dan dipelihara Dupol singkatan dari Dudu Polkadot pimpinan rombongan sirkus dari bayi dan sekarang dia jadi asset yang sangat berharga di komunitas kita! Aku yakin Dupol tidak mau begitu saja menyerahkannya!” Cilo cerpelai laki-laki berkata serius.

            “Aku takut akan terjadi pertempuran di sini, apalagi pasar malam sedang ramai karena sirkus ini menjadi daya tarik utama setelah Shine semakin bersinar dengan performance kelenturan badannya. Walau Dupol gemuk dan lucu tapi dia sangat kuat! Dia mempunyai kekuatan gelombang magic yang membuat orang tidak bisa bergerak dan tidak berdaya untuk menggerakan ototnya. Sekuat apapun orang itu!”  Cilo teringat peristiwa tiga tahun lalu ketika Dago si ahli bermain api yang kuat karena Dago masih keturunan King Fire melakukan perlawanan terhadap Dupol yang hanya mengekploitasi keahlian anak-anak buahnya yang memang dari berbagai ras berketurunan istimewa demi kekayaan dan kesenangan pribadi.

            Dago mencoba melawan tetapi Dupol yang menyukai berbagai jenis gula-gula dan paling tahan dengan musim salju hanya diam memandang tajam ternyata Dago langsung terkulai lemas, bahkan api yang ada di tangannya yang siap dicambukan ke Dupol badut gendut dengan senyum licik hanya tekekeh, “Dago…Dago…jangan pernah coba menentangku!” Dupol tertawa nyaring menggelegar, membuat penghuni sirkus lain diam tercekam ketakutan. Dupol memang sesuka hati bersikap, tetapi semua penghuni tidak ada pilihan selain bersatu dalam komunitas sirkus Silent Gold. Mereka tidak berani mencoba untuk hidup bersama manusia-manusia normal yang mungkin tidak bisa menerima kelainan gen-gen mereka.

            “Aku yakin Dupol tidak akan melepaskan Shine untuk kembali! Aku yakin sekali watak jahat Dupol yang mengekspos para pemain sirkus juga binatang-bintang lain sementara dia bersembunyi di balik topengn badutnya!” Cila menggerutu kesal.

            “Shine menjadi asset utama rombongan sirkus Silent Gold, dia menjadi hak milik sepenuhnya Dupol!” Cilo.

            “Kita harus member tahu Shine kalau ayah kandungnya telah datang dan menjemputnya, ayo Cilo kita segera temui Shine!” Cila menarik Cilo, berdua menuju ke caravan tempat Shine beristirahat.

            “Shine…Shine…,” Cilo dan Cila memang sangat dekat dengan Shine sedari kecil mereka sudah bersahabat, Shine pun paham bahasa dua cerpelai yang selalu menjaganya. Apabila Dupol sedang marah mereka berdua yang mencarikan tempat persembunyian buat Shine.

            “Shine ayahmu kemari! Aku ingat perjanjian yang pernah dikatakan pada Dupol saatnya muncul rasi bintang baru yang sebelumnya tidak pernah nampak maka waktu itulah ayahmu akan menjemputmu. Konstelasi atau rasi bintang dengan nama ophiuchus muncul maka Dupol harus membebaskan dirimu untuk hidup di alam angkasa bersama ayahmu.

            “Benarkah, aku masih bisa bertemu dengan ayahku ?” mata biru Shnine bersinar terang.

            “Tapi Shine, kamu harus sadar Dupollah yang membesarkanmu, dia tidak akan mudah melepaskanmu! Apalagi kamu gadis lentur yang mempesona…kamu sudah menjadi primadona dalam pertunjukan Silent Gold. Semua manusia mengidolakanmu dibandingkan Tiger Gold, Sniker juga kami sepasang cerpelai tua yang hanya bisa membadut bersama Dupol,” Cilo menerangkan kepada Shine berbagai kemungkinan kesulitan akan dia temui untuk kembali pada orang tuanya.

“Jadi apa yang harus aku lakukan ?”

            “Tenanglah ini hanya kemungkinan, kita intip saja nanti apa yang akan terjadi antara Dupol dan ayahmu…ayahmu…e..e..e…Fizura…ya…Fizura nama ayahmu!” Cilo girang karena otak tuanya masih bisa memori semua kenangan 10 tahun lalu. Seakan baru terjadi kemarin-kemarin dan tanpa sadar Shine sudah berumur sepuluh tahun.

            Tumbuh menjadi gadis kecil yang mempesona. Liuk tubuhnya saat berayun diangkasa sangat ringan, juga kelenturan tubuhnya saat beraksi membuat penonton berteriak-teriak histeris karena takut aksi dia meremukan tulang-tulangnya, tetapi Shine dengan senyum pesonanya menekuk-neku kaki, tangan, perut, kepala dalam beragam bentuk. Selalu applause meriah setelah penampilan Shine selesai, Dupol akan menyambutnya dengan gaya badut berpolkadot warna-warni membopongnya.

            Sebenarnya Dupol sayang terhadap Shine sayang dia terlalu keras, Shine hanya mengenal bekerja-bekerja tanpa ada dunia untuk bermain dengan anak-anak seusianya. Bermain untuk mengenal dunia manusia secara dekat. Dupol takut Shine akan seperti ibunya yang manusia biasa dan menikah dengan Fizura manusia langit. Hingga akhirnya Fizura harus dianggap melanggar hukum langit, saat Rossa ibu Shine melahirkan mereka tidak ada pilihan. Shine yang masih merah dititipkan pada Dupol yang saat itu sedang stay satu bulan di kota Fickis dengan Silent Gold-nya

            “Dupol, aku datang menepati janjiku. Saat konstelasi ophiuchus muncul maka aku bebas dari hukuman dan aku sudah berjanji menjemput puteriku. Aku akan membawanya ke istana Izura, karena ini adalah janjiku saat isteriku menghilang!” Fizura berkata pada Dupol di area belakang yang sunyi.

            Sementara dari balik drum-drum Shine dan dua cerpelai mengamati seorang badut sakti dan pria keturunan langit yang terikat perjanjian berdiskusi.

            “Fizura…Fizura, kau anggap aku apa! Aku penitipan anak yang setelah sekian tahu aku didik menjadi pintar dan terkenal bisa kamu ambil sesukamu!” Dupol menolak menyerahkan Shine pada Fizura.

            “Dupol bukankah kita sudah sepakat, aku sudah berikan kekuatan aku saat aku menyerahkan diri untuk dipenjara di istana langit dan isteriku juga sudah menyerahkan nyawanya demi menukar tubuhmu yang akan mati! Tapi setelah bebas aku bisa membesarkan keturunan kami…tolong kembalikan Shine padaku!” Fizura setengah memohon dan mengingatkan sebuah perjanjian yang telah mereka buat saat menyerahkan Shine.

            “Itu sepuluh tahun yang lalu Fizura! Sekarang aku juga membutuhkan Shine untuk terus memperkaya Silent Gold…karena Shine gymnastik girl yang cantik, banyak pengunjung dan sirkus kelilingku menjadi terkenal! Kamu hadapi aku dulu kalau mau mengambil dia dari tanganku!” Dupol tidak kalah lantang dan mentap tajam.

            “Shine…Shine…ini Ayah, kemarilah Shine!” Fizura memanggil puterinya.

            “Ayaaah, ini Shine…..” Shine menongolkan kepalanya dan berlari mengejar ayahnya, tetapi belum teraih dalam pelukan ayahnya Shine terjatuh. Ternyata Dupol telah mengeluarkan gelombang magic-nya, sebuah gelombang yang melumpuhkan. Shine dan ayahnya tersungkur tak berdaya.

            “Fizura kamu harusnya sadar! Gelombang ini bisa mematikan dirimu juga anakmu jadi jangan macam-macam. Atau aku harus berbuat kejam!” Dupol gerang karena Shine ternyata sudah mengetahui kedatangan ayahnya.

            “Cukup Dupol, aku tidak akan mengambil puteriku.Tolong jangan sakiti Shine…” Fizura sadar kekuatan dia memang sudah banyak hilang semenjak menjalani hukuman di istana Langit. Fizura sadar dia tidak mungkin memaksakan kehendaknya untuk bisa membawa Shine pergi dari dunia sirkusnya, karena Dupol akan menjaga mati-matian.

            “Shine bersabarlah, ayah janji akan menjemputmu…tidak sekarang karena kamu lihat Dupol sangat kuat. Bersabarlah gadis gmynastik ku…,” tiba-tiba Fizura sudah menghilang dari pandangan.

            “Dupol kenapa kamu begitu kejam ?”Shine berteriak marah dan air matanya mulai menangis, pupus sudah harapan untuk bisa bertemu dengan ayahnya.

*****

            Shine tengah melayang-layang, tepuk tangan riuh rendah juga jeritan yang ngeri melihat aksi kelincahannya menggelantung, berayun dengan tetap senyum tersungging. Shine tidak berani melanggar aturan yang telah Dupol tetapkan walau hati sesedih apapun dia harus bisa tampil prima, tidak boleh ada kesedihan di mukannya.

            Hanya satu kerinduan yang masih Shine simpan, betapa dia merindukan ayahnya yang sebulan lalu belum sempat dipeluknya.

            Tiba-tiba,” Shine…..”

            “Ayaah…,”

            Tenyata Fizura berhasil menyusup dan menyamar sesaat, ikut bermain dan Shine tersadar ayahnya telah menagkap tubuhnya yang tengah melayang. Dalam sekejap dengan ilmu kecepatan lintasan waktu, saat orang terbengong-bengong menatap dua tubuh bergelantung di angkasa dan “Huuup blazzzz” mereka hilang dari pandangan.

            Diantara teriakan, bengong orang-orang bertepuk tangan, mereka tidak sadar bahwa itulah terakhir kali mereka menyaksikan penampilan the gymanstik little girl, hanya Dupol yang sadar dan sangat geram karena dia telah kecurian anak kesayangannya.

            Shine bahagia bisa bertemu ayahnya yang berahun-tahun dirindukannya, walau dalam hati kecilnya Dupoll yang kejam mengekspos dirinya demi kepentingannya tetap tersimpan dalam hatinya. Karena bagaimanapun Dupol tetaplah ayah angkat yang membesarkannya sampai berumur sepuluh tahun.

            Sepasang cerpelai Cila dan Cilo berpelukan karena Shine yang mereka jaga akhirnya bisa bertemu dengan orang yang dirindukannya.

Bursa Efek Jakarta, 21 Febuari 2012.

Ilustrasi : shutterstock.com dan clourbox.com

Berbgai Info tentang Lomba Fantastik 2012 9Lights ada di sini : http://9lightsproduction.multiply.com/journal/item/12/Lomba%20Fiksi%20Fantasi%202012

2 responses

  1. bagus ceritanya mbak,🙂 Good Luck, semoga menang yah

    February 22, 2012 at 12:50 pm

    • Terima Kasih, berharap bngt bisa menjadi salah satu nominasi biar jadi buku🙂 tapi saingannya juga berat dan bagus-bagus…semoga acara 9Lights sukses🙂 Semangat

      February 22, 2012 at 2:47 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s