Info Kompetisi

Yuks Menulis Cerpen Anak

Tanggal 2 Mei adalah Hari Pendidikan Nasional. Ingin rasanya saya memberikan suatu hadiah special untuk negara ini pada tanggal tersebut. Rencananya menyusun buku kumpulan cerpen anak bersama Anda, yang setelah tercetak nanti akan saya bagikan gratis di beberapa SD dan SMP. Keprihatinan akan minimnya minat belajar pada anak-anak di sekitar tempat saya bekerja, Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan, juga merupakan sumber inspirasi saya untuk membuat kumcer anak. Diharapkan setelah membaca karya penuh makna Anda, mereka dapat lebih termotivasi untuk giat belajar dan meraih cita-cita setinggi langit.

Nah, bagi yang berminat ikut serta, baca syarat dan ketentuan dibawah ini, ya:

  1. Kumcer terdiri dari 2 tipe, tema bebas dan ditentukan.

–   Tema bebas, asal bercerita tentang siswa/i SD atau SMP.

–   Tema ditentukan, yakni tentang cita-cita. Rencana judul kumcer adalah ‘Cita-cita Cinta’, dengan tokoh dalam cerpen merupakan siswa/i SD ataupun SMP.

2. Naskah diketik maksimal 3 halaman A4; Times New Roman ukuran 12; 1,5 spasi; margin kanan-kiri-atas-bawah 3 cm. Hanya dipilih 15 cerpen anak terbaik untuk setiap tema.

3. Mentransfer biaya registrasi per naskah, Rp 5.000 + 3 digit terakhir nomor HP. Misal bernomor HP 085646304916, bila mengirim hanya satu naskah maka Rp 5.916. Namun bila dua naskah, satu bertema bebas dan satunya lagi bertema cita-cita, menjadi Rp 11.832.

Transfer ke: BRI Syariah KCP Pasuruan, no rek: 1005885497, atas nama: ARTHA MAULA AMALIA

 Nanti setelah transfer, kirim SMS ke: 085646304916 sebagai konfirmasi. Setelahnya nomor ini juga akan memberitahukan apakah naskah Anda sudah diterima ataukah belum. Jika belum, maka nomor ini akan terus mengingatkan hingga naskah Anda terkirim. Manusia kan tidak lepas dari alpa. ^^

4. Kirim naskah menarik Anda yang telah sesuai tema serta ketentuan ke:

raito_abe1@yahoo.com atau attach langsung di inbox FB saya: Tha Artha

5. Jangan lupa sertakan biodata singkat plus foto diri yang tidak alay. Ingat, berilah contoh berpose yang baik bagi anak-anak J.

6. Copy-paste catatan ini, tag pada minimal 10 teman Anda, termasuk akun saya: Tha Artha. Yang tidak memenuhi persyaratan ini, mohon maaf jika harus didiskualifikasi.

7. Lomba Menulis Cerita Anak ini berakhir pada 5 April 2012, karena kumcer yang telah tercetak akan saya bagikan ke beberapa SD juga SMP di kawasan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan tepat pada Hari Pendidikan Nasional.

8. Nantinya, kumcer ini juga akan dijual bebas. Royalti yang didapat akan saya gunakan untuk membeli buku ini kembali dan dibagikan lagi secara gratis ke sekolah-sekolah.

9. Dua naskah terbaik untuk setiap tema, akan mendapatkan sebuah bukti terbit yang akan dikirim ke alamat yang bersangkutan gratis tanpa ongkir.

10. Naskah yang tidak lolos, akan kembali menjadi hak penulis.

11. Untuk up-date peserta dan laporan penyebaran bukti terbit, akan saya lampirkan pada catatan ini di kemudian hari secara bertahap. ^^

Bagaimana? Berminatkah Anda menyuguhkan suatu cerpen anak bermakna bagi mereka? Let’s join! Bila ada pertanyaan, jangan sungkan. Ketik saja pada komentar di bawah ini.

Salam Hangat,

^_^

Tha Artha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s