Write Without Boundaries

Ayoo menulis di Majalah UMMI!

by Ghiyats Ramadhan on Wednesday, March 14, 2012 at 7:48pm ·

Ummi, majalah Keluarga Muslim yang terbit setiap bulan. Ada beberapa rubrik yang membuka peluang bagi penulis -di luar redaksi- untuk mengirimkan tulisan. Rubrik apa sajakah?

DUNIA WANITA

  • 1 halaman dengan panjang tulisan maksimal 3000 karakter. Berisi pengalaman pribadi, atau opini dengan sudut pandang perempuan.
  • Tips agar dimuat: 1) manfaatkan tema yg sedang in di bulan tersebut. namun kirimkan naskah tersebut minimal 2 bulan sebelum momen. Misalnya jika ingin menulis dengan tema ramadhan, kirim naskahnya di bulan-bulan April-Mei. karena proses penggarapan naskah dilakukan 2 bulan sebelum terbit. 2) Usahakan untuk mengambil topik atau pembahasan dengan agle yg unik. Misalnya ajakan utk berbelanja ke warung, saat banyak orang memilih belanja di mal/pasar. tentu dengan didukung argumen yang menguatkan topik tersebut.

CERPEN

  • 2 halaman dengan panjang naskah maksimal 6000 karakter.
  • Tips: 1)ambil tema yang unik. Ummi menerima kira2 10-20 naskah baik online maupun setak setiap bulannya. namun, jarang yang temanya unik. konflik juga kurang tergarap jadi cerpen cenderung datang. 2)cerpen dengan setting suatu daerah yg khas dg dialek lokal, biasanya memiliki satu poin lebih dibanding cerpen yg setingnya tidak jelas 3)batasi jumlah tokoh, namun perkuat karakter tiap tokoh dalam cerpen tersebut

CERPEN ANAK

  • 2 halaman, dengan panjang naskah maksimal 5500 karakter.
  • tips: pembaca cerpen anak, berusia 5-13 tahun. usahakan temanya sederhana, bahasanya mudah dipahami dan berhikmah. boleh cerita biasa, imajinasi (misalnya tokohnya debu/awan/angin/pohon) atau fabel.

PERJALANAN

  • 2 halaman, panjang naskah 5700-an karakter
  • tips: pilih lokasi/daerah/kota/negara yg unik, bisa karena ‘sesuatu’ yang tak biasa di sana. boleh juga mengangkat sisi sejarah yang tak banyak orang mengetahuinya. mungkin ada agle yg berkaitan dengan keislaman, biasanya menjadi poin tambah dari tulisan tersebut. usahakan deskriptif, sehingga pembaca bisa membayangkan bagaimana perjalanan menuju kesana, suasananya bagaimana (panas/dingin/hangat), gambarkan keunikannya misalnya bentuk rumah, sapaan khas penduduk lokal, dll.
  • sertakan foto, minimal 5 buah dengan ukuran file, kira2 500 kb- 1 MB. agar tidak pecah ketika di layout. berikan captoin/keterangan di bawah foto tersebut. foto bisa menguatkan isi artikel, bisa juga hal lain yg menarik namun belum termuat di artikel

Oya, naskah bisa dikirim ke kru_ummi@yahoo.com. atau dikirim ke redaksi Ummi, Jl. Mede No. 42A Utan Kayu, Jakarta Timur

Catatan:

Di Ummi edisi Maret 2012, ada informasi lomba untuk rubrik UFUK DALAM. Jika diizinkan, akan saya share dalam note yang lain

9 responses

  1. jadi max 2 lembar mba buat cerpennya?

    September 4, 2012 at 1:00 pm

  2. Dadang Dedi

    Ass.WrWb, Bolehkan lima halaman dan juga cerpen untuk remaja yang memiliki idiom Religi islami ?, Wassalam Dadangsimeut.

    September 6, 2012 at 11:18 am

    • Sepertinya kalau liat ketentuanya tidak lebih dari 2 halan, mungkin naskah bisa dikirim ke media lain yang bisa terima tulisan cukup panjang. Ayo semangat🙂

      September 6, 2012 at 2:56 pm

  3. mashayat

    gimana caranya kirim gambar/lukisan untuk anak-anak?

    November 7, 2012 at 4:44 am

    • Waduh kalo gambar atau lukisan Bunda juga belum ada pengalman coba nanti ya sama-sama cari tahu🙂 Semangat

      November 7, 2012 at 7:29 am

  4. dadang dedi

    Ass.Wr.Wb, Bunda ini naskah saya tentang kegiatan seorang aritis,

    UCHIE WIBY
    SEBAGAI PENYANYI, GURU OLAH VOCAL DAN TERJUN JUGA DI FILM LAYAR LEBAR
    Pada waktu menghubungi Uchie Wiby melalui No. HPnya, Alhamdulillah tersambung, dalam perbincangan, penulis meminta waktu, kapan bisa bertemu? Untuk mengorek kegiatan Uchie Wiby selama ini.. Saat berbincang, ternyata Uchie Wiby sudah berada di Bandung, di rumah Kakaknya, yaitu di Rumah Teh Lilis Mutiana, tepatnya di Jl. Ciporeat Ujungberung. Dengan tak membuang waktu dan kesempatan, penulis langsung meluncur ke alamat tersebut. Alhamdulillah ahirnya kami bisa berjumpa. Dan inilah hasil percakapan kami.
    “ Setelah Uchie hijrah dari Bandung ke Jakarta, kegiatannya apa saja ?”
    “ Tentu saja yang berhubungan dengan tarik suara, ngajar Olah Vocal, juga ngurusin keluarga, hijrah ke Jakarta juga dengan niat dan maksudnya untuk mengembangkan profesi Uchie “
    “ Bagaimana ada peningkatan ?”
    “ Alhamdulillah, Cukup padat juga jadwalnya. “
    “ belum lagi seandainya ada yang les pripat di Bandung, ya mesti bolak balik Bandung-Jakarta, untuk melatih murid vocal yang ada di Bandung.” Sambungya.
    “ Selain Siswa biasa, apakah ada dari kalangan selebritis ? “
    “ Kalau di Studio Uchie Wiby yang di Jakarta, Alhamdulillah uchie dikasih kepercayaan untuk melatih mereka, seperti yang pernah Uchie tangani Yaitu ; Charli Angle, Riyan D’MASIV, Frincess, Widi Viera, juga girlband & Boysband yang ikut Audisi di SCTV, seperti Hunterboy dan Kirey, juga, Cinta Laura, Cinta Uya Kuya dan mamahnya Astrid ( Istri Uya Kuya ).”
    Kegiatan Uchie Wiby yang belum lama ini, selain sebagai Pelatih Olah Vocal di Studionya, juga pernah main di Film Layar lebar bersama Cherrybelle, yang telah diputar di Bioskop-bioskop pada bulan-bulan yang lalu, dengan judul Cherrybelle Love Is You. Di film ini Uchie berperan sebagai Pelatih Olah Vocal Group Girlband Cherrybelle, sekarang CD/DVD nya juga sudah beredar dipasaran. “ Kalau mau beli jangan yang bajakan yah Kang ! “, Pesan Uchie kepada penulis “ Saya dengar Uchie sekarang lagi bikin Video Klip, untuk albumnya Gelar & Aulia?” “Oh ia , masih dalam penggarapan belum selesai, InsyaAlloh beberapa bulan lagi lah. “ jawabnya mengahiri percakapan. ( penulis : Dadangsimeut)

    INDENTITAS PENULIS
    Nama samaran : dadang simeut
    Nama Asli : DADANG DEDI
    Alamat : Jl. Ciporeat No. 16 RT.01 RW.08
    Kelurahan Pasanggrahan
    Kecamatan Ujungberung –Bandung.
    Tlp. HP. : 08157137094.

    May 18, 2013 at 8:55 pm

  5. dadang dedi

    FHOTO UCHIE WIBY

    May 18, 2013 at 9:01 pm

    • Mas kirim naskahnya ke majalah Umi saja langsung di : Oya, naskah bisa dikirim ke kru_ummi@yahoo.com. atau dikirim ke redaksi Ummi, Jl. Mede No. 42A Utan Kayu, Jakarta Timur

      Catatan:

      May 22, 2013 at 12:21 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s