Write Without Boundaries

Ikutilah KCCI Anugrah!!!

by Sariak Layung on Sunday, April 1, 2012 at 5:10pm ·

KCCI Augerah.

oleh Oms Mukodas Sinatryamayapada pada 30 Maret 2012 pukul 4:35 ·

KCCI Augerah.

Menjelang 1 tahun hadir di dunia penulisan, KCCI (Kumpulan Cerpen Cerbung Indie) sudah mampu menerbitkan 4 buah buku antologi cerpen, sedangkan 1 masih dalam proses terbit. Meski semuanya diterbitkan melalui jasa indie, tetapi karya yang dihasilkan tidak mengecewakan. Bahkan menakjubkan.

Karena itulah, kami akan mengadakan sebuah Anugerah yang akan diberikan kepada beberapa orang. Diantaranya:

  1. 15 kontributor antologi cerpen Black Indigo.
  2. 3 Poto ternarsis bersama buku.
  3. 2 Penulis KCCI terfavorit.
  4. 3 pereview terkeren.
  5. 1 Info ini yang mendapat jumlah like terbanyak.

Black Indigo

Kita tengah mencari 15 cerpen bertema horor dengan tokoh seorang indiggo. Mungkin sahabat KCCI ada yang suka dengan Final Destination. Sebuah Film yang menceritakan kematian-kematian tragis secara beruntun, di mana ada seseorang yang mampu menatap proses meregang nyawa temannya yang lain sebelum kejadian. Di dunia nyata, kejadian itu pun tidak bisa dimungkiri kalau memang itu bisa saja terjadi.

Pernah mendengar Inggrid Banette? Dia adalah seseorang yang mampu mengetahui masa-masa kejayaan Negeri Atlantis. Ia menceritakan kehidupan yang terjadi di sana. Unicorn yang menjadi alat transportasi sehari-hari. Pakaian sutera tembus pandang merupakan pakaian adat di sana. Sampai kejadian menghilangnya Atlantis dia tahu. Inggrid Banette mengaku mampu mengenang kehidupan masa lalunya ketika reinkarnasi menjadi warga Atlantis.

Atau mungkin Sahabat KCCI sendiri pernah mengalami kejadian bertemu dengan Jin. Bukan hantu menyeramkan layaknya film-film bioskop yang memadukannya dengan tontonan seks ya! Pertemuan dengan Jin adalah sesuatu yang langka terjadi. Apalagi mampu berkomunilkasi dengannya. Tapi tetap, hati-hati ya berkomunikasi dengan makhluk halus tersebut. Kata Ustad juga manusia adalah makhluk terbaik yang diturunkan di bumi, jadilah mereka khalifah. Nah, pertemuan dan komunikasi dengan jin itu bisa diakibatkan oleh anak indigo.

Ada juga kemampuan anak indigo yang mampu membaca pikiran orang lain. Tidak seperti Dedy Corbuzier, karena aku sendiri lebih suka Dedy yang menjadi presenter daripada seorang mentalis. Ckckck. Namun ada orang yang mampu membaca pikiran tanpa harus berguru, karena itu adalah anugerah yang diturunkan Tuhan.

Mungkin seperti itu seseorang yang memiliki kelebihan dalam sebauah Indigo. Meski tidak harus memiliki kelebihan, seorang yang indigo memiliki karakteristik sebagai pemikir ulung dan biasanya kelakuannya lain dari yang lain. Untuk lebih jelasnya tinggal searching di Mbah google atau Tante Wikipedia.

Yang pasti, contoh di atas hanya sebagai pengantar untuk mengetahui kemampuan anak indigo. Di mana ia mampu menerawang masa depan, menatap masa lalu, berhubungan dengan jin, atau bahkan membaca pikiran manusia. Tetapi ada juga anak indigo yang memiliki 4 kelebihan tersebut. Namun tetap saja ada anak indigo yang tidak memiliki kemampuan-kemampuan di atas.

Nah, tetapi karena kriteria naskah yang kita cari adalah “Black Indigo”, maka temen-temen bisa membuat cerpen yang bertema Black. Berlatar belakang hitam, kegelapan, horror. Tapi horornya tidak harus horror sundel bolong dan kawan-kawannya. Karena horror dibagi lagi, ada yang Horror psikologi, yaitu ketegangan pada diri seseorang seperti film Final Destination. Ada juga Suspense, bentuk horror yang menegangkan dan berhubungan dengan pembunuhan. Seperti film Stubs, Scream, dll.

Syarat naskah:

  1. Terbuka untuk semua orang.
  2. Naskah belum dipublikasikan dalam media apapun.
  3. 4-8 hal A4, Times New Rowman 12, Page set up 3 3 3 3 (dalam cm)
  4. Lembar terakhir diberi biodata narasi penulis maksimal 75 kata.
  5. Memiliki buku terbitan KCCI yang dibuktikan dengan mempoto diri bersama buku.
  6. Dikirim ke kumpulancerpen.cebungindie@gmail.com dengan subjek : KCCI Anugerah _ Nama penulis _ Judul Cerpen

Poto Ternarsis.

Silakan poto ternarsis kalian ketika bersama buku ini. 3 poto yang paling gokil menurut kami berhak mendapat hadiah.

Berteman dengan Kumpulan Cerpen Cerbung Indie atau Kumpulan Cerpen Cerbung Indie II di situs jejaring sosial facebook. Lalu unggah poto narsis kalian dengan menandai KCCI dan minimal 10 teman lain.

Penulis KCCI terfavorit dan Pereview terkeren.

Setelah kalian membaca buku KCCI (Antologi Cerpen Ababil, Cerita Kita, Tentang Bulan, Mitologi Negeri Fantasi atau Dongeng Suka Suka), silakan pilih cerpen mana yang kalian sukai. Reviewlah menurut kalian. Di sana, ceritakanlah mengapa kalian memilih cerpen tersebut menjadi yang paling bagus.

Review dipasang di note FB sembari menge-tag KCCI dan Oms mukodas Sinatryamayapada bersama minimal 10 orang teman lain.

Terakhir,

Setiap penulis yang ikut wajib menyalin tempel (Copy paste) info lomba ini di note fb masing-masing. Bagi yang mendapat jumlah like terbanyak pada postingan ini. Berhak mendapat hadiah.

DL untuk semua kategori adalah tanggal 31 Mei 2012.

Pengumuman Pemenang tanggal 15 Juni 2012.

Setiap orang berhak mengikuti semua Kategori. Maksimal 1 untuk tiap kategori, kecuali Poto Narsis boleh sebanyak-banyaknya.

Inilah buku yang telah kami hasilkan:

1. Antologi cerpen Ababil.

Ababil merupakan akronim dari ABG Labil. Alasan kami memilih tema ini adalah karena “sesuatu”. Tentu saja disebabkan oleh banyak pertimbangan. Salah satunya bahwa masa ABG adalah masa transisi seseorang menjadi dewasa. Di masa inilah mereka akan mencari jati diri mereka sebenarnya. Dalam mewujudkan karya terbaiknya, semua kontributor menuliskan sesuatu yang berbeda dalam menyajikan cerpen yang dihasilkan. Meski semuanya terangkum pada sebuah kondisi, di mana pemeran utamanya adalah seorang ABG Labil yang menjadi tema.

2. Cerita Kita.

Aku dan kamu, sehingga menjadikan kita. Kita pun takkan pernah lengkap tanpa adanya kehadiran Anda! Antologi cerpen “Cerita Kita” ini, tidak hanya meminta Anda untuk menyelami dunia imajinasi yang para penulis buat. Tetapi juga mengajak Anda masuk ke berbagai kolase romansa yang disajikan.

Enam tokoh telah tersedia, begitupun sifatnya. Ewild (protagonis), Steven (antagonis),  Yasul, Anna, Nadya, dan Asih. Tokoh-tokoh tersebut murni rekayasa. Jika nama Anda mirip dengan keenam tokoh, kami tak pernah tahu. Kami pun tidak bertanggung jawab jika cerita tersebut adalah kisah yang akan menjadi nyata di masa depan. Seperti novel “The Titans” yang menginspirasi terjadinya peristiwa Titanic. Cerita ini hanyalah fiktif belaka. Jika ada kesamaan tempat atau nama tokoh, itu murni ketidaksengajaan.

3. Tentang Bulan.

Mendengar kata bulan, pikiran kita akan terpaut kepada satelit alami satu-satunya yang dimiliki bulan. Ia menjadi metafora dalam keindahan. Seperti menjadikannya “Dewi Malam”. Atau, ungkapan “wajahnya yang berpendar seperti rembulan’.

Sepertinya bulan juga akan berubah-ubah sesuai keinginannya. Ia akan berbentuk sabit saat kesepian. Karena itulah, tak urung para bintang kemudian mendekatinya untuk sekadar menerangi malam. Bulan pun bisa saja bersemi menjadi purnama. Itu di kala ia berada dalam puncak keegoisannya. Sampai-sampai wolfrine, sundel bolong, vampire, pocong, dan segala jenis makhluk fantasi lainnya hadir membenci purnama.

4. Mitologi Negeri Fantasi.

Mitologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Berangkat dari sanalah kami mengupayakan sebuah kumpulan cerpen yang berpokok pada Mitologi.

Begitu pula halnya dengan Negeri Fantasi. Sebab Mitologi tak lepas dari dunia yang penuh imajinasi. Bagaimana halnya seekor Naga mampu terbang bebas di udara jika bentuknya miirip kadal dan tak memiliki sayap (mitologi Cina), bagaimana pula seekor Phoenix mampu hidup kembali setelah menjadi abu (Mitologi Mesir), di luar nalar jika kita meminum darah Unicorn dapat membuat kita hidup abadi (Mitologi Yunani), dan sebagainya. Semua itu bisa imajinasi liar kita membuat itu percaya. Dan sungguh hanya kejadian di Negeri Fantasi

5. Dongeng Suka Suka

Kenapa hanya aku yang harus menjalani api penyucian? Apa karena Rama laki-laki, sehingga ia tak perlu membuktikan apa-apa. Huh! Ketidakadilan selalu  saja ditimpakan kepada perempuan. (Sinta Obong, Hylla Shane Gerhana)

Sesaat, badan Malin terdiam. Kemudian tiba-tiba jatuh ke sawah. Menggeletar hebat. Seperti menggeletarnya ayam yang disembelih Malin. Melompat-lompat. Baju Malin sudah dipenuhi lumpur sawah. Keong-keong telah menggerogoti tubuh Malin. Melingkarkan api. Membakarnya. Meledakkannya. (Keong-Keong Malin Kundang, Lail Khair EL Rasyid)

Apakah cerpen-cerpen yang ada dalam buku antoligi ini akan merusak esensi sebuah dongeng yang sudah ada berabad-abad lamanya? Tentunya tidak sama sekali. Dongeng merupakan daya imajinasi para penuturnya. Di sini, para penulis juga menggunakan imajinasinya dalam membentuk sebuah karya baru. Dan kalau memang pembaca ingin mengetahui kebenaran dongeng, bukan di sini tempatnya. Toh judulnya juga bukan Dongeng Masa Lalu, tetapi “Dongeng Suka Suka

Antologi cerpen Ababol, Cerita Kita, Tentang Bulan dan Mitologi Negeri Fantasi sudah terbit di leutikaprio. Sedangkan Dongeng Suka Suka masih dalam proses naik cetak. Bagi yang ingin membeli silakan hubungi http://www.leutikaprio.com atau dengan menghubungi no 082138388988 dengan format : Beli Buku (spasi) Judul (spasi) Jumlah buku.

Catatan.

Semua Kategori Pemenang akan mendapat 1 buku terbit “Black Indigo”.

Tambahan, ada beberapa buku lagi yang akan diberi secara Cuma-Cuma. Masih ada gantungan kunci yang akan kita kasih keorang-orang terpilih, yang akan dikirimkan bersama buku Black Indigo nanti.

Ongkos kirim masih menjadi pertimbangan. Jika Royalti pada penjualan buku KCCI mencukupi, maka akan ditanggung oleh kita. Namun jika Royalti yang didapat sedikit, ongkos kirim akan kami bebankan kepada para pemenang.

Bagi yang ingin ditanyakan inbox aja KCCI atau Oms Mukodas dengan melayangkan via sms ke 08997011089.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s