Jalan-jalan

Bali Dewata yang Terus Berinovasi, Berkreasi dan Berprestasi

Bali semakin menembus tanpa batas!

Aku memang bukan orang Bali, tapi Bali adalah pulau yang terindah dan mengasikan pernah aku kunjungi. Andai aku orang kaya pasti setiap ada liburan maunya terbang kemari. Tidak heran dengan julukan Pulau Dewata karena tercipta dengan indahnya bahkan di dunia dikenal dengan Paradise Island.

Pulau Bali merupakan sebahagian Kepulauan Sunda Kecil mempunyai keluasan sepanjang 153 km dan lebar 112 km, terletak pada garis lintang 8 derajat menyebabkan beriklim tropika.  mana matahari mencapai titik betul-betul di atas dan betul-betul di bawah permukaan Bumi. Karena beriklim tropika maka sekurang-kurangnya sekali sepanjang setahun matahari sesekali mencapai titik betul-betul di atas dan betul-betul di bawah sedemikian sepanjang tahun.  Iklim tropika ini juga yang menjadi daya tarik orang manca negara untuk menikmati hangatnya matahari untuk berjemur, menghitamkan kulit dengan bersantai menikmati indahnya pemandangan yang menawan.

Sebagai pemuda pemudi Bali pastilah bangga dengan pulau Bali yang telah membius jutaan wisatawan asing. Sangat disayangkan bila pulau yang penuh keindahan, kehangatan, kekayaan budaya, keragaman dan keunikan harus turun pamornya.

Pastilah ini menjadi tantangan dan PR besar bagaimana bias mempertahankan semua di atas. Bali membutuhkan semangat dan perjuangan kaum mudanya untuk terus membuat inovasi atau terobosan-terobosan baru yang segar, yang akan semakin menarik daya tarik tamu-tamu manca negara berkunjung.

Semakin banyak tamu manca negara maka perekonomian ekonomipun akan semakin meningkat seiring pemasukan yang didatangkan oleh tamu-tamu luar negeri. Menyadari ini tentu saja mereka adalah tambang emas yang harus kita service dengan memuaskan. Jadikan kunjungan pertama akan mengantarkan kunjungan di lain waktu bersama teman-teman yang lain.

Semakin nyaman Bali, semakin membangkitkan rasa kepercayaan. Maka sudah semestinya kita ikut menjaga keamanan, kenyaman, keasrian dan naturalnya alam Bali. Jangan terulang lagi peristiwa pengeboman seperti waktu lalu. Buat semua sector aman dengan saling menjaga kerukunan. Aparat keamanan juga bertugas lebih waspada terhadap ancaman-ancaman yang mengganggu kenyamanan.

Beberapa Aspek Pariwisata

Berbabagi hal yang masih bias dikembangkan terbesar tentu saja aspek pariwisata. Aspek pariwisata dari Bali dengan pantai Kintamani yang terletak di kabupaten Bangli, merupakan salah satu tempat wisata favorit pilihan wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Sempatkan juga diri anda untuk mengunjungi desa Trunyan yang terletak di dekat danau

Bali dengan pantai Dreamland Uluwatu Pantai ini begitu indah dan tidak sepadat pantai Kuta pengunjungnya. Tentu dengan situasi ini anda akan lebih nyaman dan bisa menikmati suasana pantai yang terkenal sebagai tempat surfing ini.

Bali denganTulamben merupakan desa yang berkembang menjadi obyek wisata karena memiliki potensi laut yang beraneka ragam. Terletak di desa Tulamben, kecamatan Kubu, di bagian utara Kabupaten Karangasem kitar ±25 km dari Kota Amlapura – ibukota kabupaten – , 37 km dari obyek wisata Candidasa, dan sekitar 82 km dari Kota Denpasar.

Bali dengan Pasar Sukawati Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari Kuta, anda akan sampai di pasar seni ini yang menawarkan berbagai barang seni dengan harga jauh lebih murah dibandingkan tempat lain. Mungkin bisa dibilang sebagai “Malioboro”nya Bali.

Bali dengan  Ubud, yang terletak di kabupaten Gianyar, menawarkan wisata seni dan budaya untuk pengunjungnya. Semenjak wisata di Bali booming, kawasan Ubud pun berkembangan menjadi sentra untuk hasil kerajinan seni di Bali mulai dari ukiran kayu, kerajinan emas dan perak, lukisan dan seni lainnya. Kehidupan budaya lokal Bali pun masih dijaga kuat di sini.

Bali dengan Kawasan wisata Bedugul, yang terletak di kabupaten Tabanan, menawarkan suasana perbukitan yang menyejukkan dan keindahan danau Tamablingan. Pernah ke Kintamani? Tempat ini juga menawarkan suasana perbukitan dengan suhu sekitar 18 derajat celcius plus danau yang begitu indah. Untuk menikmati keindahan danau di sini, cukup dengan menyewa speed boat anda dapat berkeliling danau. Dekat dengan danau ini juga anda dapat menikmati hidangan santap siang di restoran lokal dengan menu masakan Indonesia maupun juga internasional.

Nusa Dua dan Tanjung Benoa, terletak di ujung selatan pulau Bali namun memiliki daya tarik yang berbeda. Permainan yang bisa dinikmati diantaranya :

  1. Parasiling yaitu permainan dimana anda akan memakai payung parasut dan ditarik oleh speed boat mengeliling pantai Tanjung Benoa
  2. Jetski yaitu permainan menggunakan kendaraan di pantai seperti sepeda motor. Jetski disini tidak bisa anda kendarai sendiri, harus didampingi oleh instruktur, mengingat di pantai TB banyak terdapat perahu-perahu dan aktivitas watersport lainnya, sehingga tabrakan bisa dihindari.
  3. Banana boat menggunakan perahu karet tunggal, anda akan ditarik oleh speed boat berkeliling pantai dalam waktu 15 menit. Kapasitas muatan banana boat ini adalah max 4 orang plus 1 orang instruktur sbg pendamping. Anda bisa minta diceburin ke air selama boat berjalan, atau kalau tidak mau basah..minta yg normal2 saja. Kurang seru sih kalau main banana boat tanpa nyebur.
  4.  Flying fish ini permainan paling anyar di Bali. 3 buah banana boat dijadikan satu dengan tambahan rubber boat melintang di depannya dan ada semacam sayap disamping kanan kiri. Flying Fish dimainkan max oleh 3 orang, yaitu 2 orang penumpang disisi kanan kiri dan 1 orang instruktur ditengah-tengah. Posisi anda bisa beridir seperti mengendarai sepeda motor atau tidur terlentang. Flying Fish ini akan ditarik oleh speed boat berkecapatan tinggi dengan jalur melawan arah angin. Dengan demikian, flying fish akan terbang diatas air kira-kira 2 meter atau lebih bergantung pada kecepatan angin. Persis seperti layangan. Bagi yg suka tantangan, jangan melewatkan utk mencoba permainan ini.  (sumber :  WISATA BALI )

Begitu banyak aspek pariwisata yang mendatangkan peluang bagi kita untuk digarap lebih lebih creative dan digali lagi potensi-potensi yang lain.

 Melakukan inovasi. Dalam hal pariwisata kita banyak tugas untuk  meronovasi agar lebih menarik dan memikat dengan konsep pemikiran alam tetap terjaga secara alami. Usahakan semua back to nature dalam melakukan inovasi untuk konsep dasarnya.

Selain konsep dasar semua inovasi dengan alam kita juga harus memaksimalkan tenaga kerja yang ada di pulau Bali. Agar mereka mempunyai pekerjaan yang baik. Sehingga tidak perlu masyarakat bali yang keluar dari asallnya. Pastilah tidak ada putera daerah meninggalkan tanah kelahirannya tanpa sebuah alasan yang kuat karena mendapat pekerjaan di tempat lain. Dengan terciptanya lapangan bagi putera puteri Bali maka semangat untuk semakin memajukan pulau Bali semakin besar. Semakin berkreativitas dan semakin maju maka diharapkan akan meningkatkan kehidupan perekonomian yang dampak panjangnya akan baik.

Pemuda pemudi Bali lebih kreativ juga menciptakan lapangan kerja yang bias lebih menarik wisatawan. Bali yang paling aku suka selain tempat wisata tentunya, keramah tamahan penduduknya, berbagai budaya yang menarik, suasanannya yang penuh romansa dan sebagai kaum hawa suka dengan berbagai pernak-pernik tersaji.

Salah satunya adalah Joger yang menjadi inceran untuk di beli bila ke Bali, saya suka dengan karya-karyanya yang unik dalam desaign kaos, tas, sandal, gantungan kunci dan lain-lain. Ini bias menjadi tantangan pemuda pemudi Bali untuk lebih menciptakan kreasi-kreasi baru yang unik. Bisa mencontoh keberhasilan Joger.

Dan terakhir-terakhir sudah ada Khrisna yang merupai Joger juga dengan kaos-kaos, sandal dan berbagai pernak pernik yang unik juga.

Semakin banyak tantangan untuk berkreativitas dan membuka lapangan kerja bagi masyrakat Bali dengan berbgai aspek bisnis dan pendidikan. Bahasa menjadi pendidikan yang penting. Membuka sekolah-sekolah bahasa akan membuka lapangan kerja dan menghasilkan guide-guide yang handal dan berpendidikan. Penambahan wawasan bagi mereka akan semakin memuaskan para pengunjung luar negeri.

Go Bali ! mengutip tas yang barusan aku dapat dari suami minggu lalu ke “Bali Joger Jelek Bali Bagus” sesuatu kalimat unuk yang penuh dengan kreativitas…tantangan bagi pemuda pemudi untuk mewujudkan semuanya bagus dan menarik. Semakin berkarya, berkreatifitas dan selalu semangat untuk belajar. Bali semakin menembus tanpa batas!

Ilustrasi : koleksi pribadi

Advertisements

8 thoughts on “Bali Dewata yang Terus Berinovasi, Berkreasi dan Berprestasi”

  1. Terima kasih atas partisipasinya mengikuti lomba blog di persma akademika Udayana.. Maaf anda tidak lolos menjadi juara dalam perlombaan yg kami adakan.. Teruslah berkarya dan menulis..
    salam persma akademika..

  2. kemaren dari bali, dan nyesel banged ga jadi beli tas di joger, seperti yang di foto, 😥 pengen ke bali lagi, sumpah bali keren banged, subhanallah :’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s