Write Without Boundaries

Event Menulis FTS “Kisah Indah di Hari Lebaran”, Deadline: 22 Juli 2012 & Lomba2 Lain

by Penerbit Oase Qalbu on Saturday, June 23, 2012 at 9:52pm ·

Sumber ilustrasi: izziblog.wordpress.com

Lebaran adalah tradisi partikular khas Indonesia. Dimulai dari tradisi mudik yang penuh heroik, menempuh perjalanan jauh, baik darat, laut atau udara, untuk satu tujuan: bertemu dan berkumpul keluarga dan handai tolan. Lalu, dirayakan dengan saling silaturahim antar keluarga, handai tolan, tetangga, teman, dan sahabat. Ada banyak kisah indah yang tertuang dari tradisi lebaran. Terkadang begitu mengesankan dan menggetarkan.

Kalau kamu punya kisah nyata yang indah dan sangat mengesankan, apalagi menggetarkan, seputar kisah lebaran yang kamu alami, baik saat mudik maupun silaturahim lebaran, penerbit Oase Qalbu Publishing House mengundang kamu untuk menuangkannya dalam sebuah tulisan flash true story (FTS) bertema “Kisah Indah di Hari Lebaran”.

Ketentuannya :

1.      Naskah dalam bentuk flash true story (FTS), menyerupai cerpen tapi diangkat dari kisah nyata, baik dialami sendiri maupun orang lain.

2.      Naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun.

3.      Peserta wajib meng-add akun facebook Penerbit Oase Qalbu (http://www.facebook.com/#!/penerbitoase.qalbu).

4.      Posting info lomba ini dan tag pada 25 teman termasuk Penerbit Oase Qalbu.

5.      Naskah ditulis dalam kertas A4, font Times New Roman 12, 1,5 spasi, dengan panjang naskah maksimal 3000 karakter dengan spasi (characters with spaces).

6.      Sertakan biodata dalam bentuk narasi di akhir naskah (bukan dalam file terpisah).

7.      Kirim ke email: penerbitoaseqalbu@gmail.com dalam lampiran (attach file) dengan subjek OASE QALBU_JUDUL FTS_NAMA PENULIS.

8.      DL atau batas akhir pengiriman naskah pada tanggal 22 Juli 2012 pukul 20.00 WIB.

9.      Pengumuman pemenang (insyaalah) pada tanggal 28 Juli 2012.

10.  Pemenang terdiri dari Juara 1, 2, dan 3 masing-masing mendapat paket buku bacaan dari Oase Qalbu senilai Rp 250 ribu, Rp 200 ribu, dan 150 ribu, serta Piagam Penghargaan.

11.  Dewan juri dari penerbit Oase Qalbu dan hsil keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

12.  Peserta lomba tidak dipungut investasi alias GRATIS.

13.  Naskah terbaik akan dibukukan secara indie jadi tidak ada bukti terbit maupun royalti. Namun penulis yang tulisannya masuk dalam buku mendapat diskon 15% bila menghendaki membeli buku.

Ditunggu kisah indahnya…

Selamat berkarya!

Oase Qalbu Publishing House

http://www.penerbitoaseqalbu.com

******

Rumah Buku Pustaka Ilmu created a doc.

EVENT GACAK Alias ‘GALAU KOCAK’

Kamu pasti sering merasa kesal, bête, uring-uringan gak puguh, GALAU abis pokoknya… tetapi setelah dipikir-pikir ternyata ada saja kisah lucu di balik perasaan menyebalkan itu.

 Nah, share kisah kamu itu dalam 200 kata saja. Kisah kocak, lucu, yang bikin kamu cengengesan sendiri saat mengingatnya, dan bikin teman-teman atau siapun yang mendengar cerita kamu terpingkal-pingkal saking konyolnya akan kita jadikan 1 BUKU yang akan menjadi OBAT STRESS semua pembaca.

Akan dipilih 100 GACAK dari 150 naskah yang masuk. Silakan simak dan perhatikan dengan seksama KETENTUANNYA sbb (tidak ada tanya jawab) :

  1. Jumlah Kata Maksimal 200 (tidak dihitung JUDUL dan DATA PENULIS yg terdiri dari nama, profesi/pekerjaan dan kota). Jika lebih dari 200 kata, sudah dapat dipastikan GUGUR
  2. GACAK harus ORISINIL, kejadian nyata dan tidak boleh berisi cerita yang mengandung pornografi serta bertendensi SARA
  3. Posting GACAK kamu di komentar dokumen ini, kemudian post juga di wall. Ajak teman-teman kamu berkomentar bila perlu tanya jawab bagaimana kisah kamu itu bermula dan berakhir. Semakin ramai status kamu semakin besar peluang GACAK kamu masuk ke dalam 100 besar
  4. Hanya 150 GACAK yang diposting di dokumen dan diposting saja yang akan dinilai. GACAK yang dicopas di komentar dokumen info lomba ini TIDAK BOLEH dikomentari apapun. Komentar yg masuk akan langsung dihapus, dan silakan berkomentar di posting GACAK yang bersangkutan
  5. GACAK yang sudah masuk di dokumen akan ditarik oleh panitia setiap hari Minggu jam 17.00, dan dipindahkan ke blog Pustaka Inspirasiku. Jadi jika ada yang ingin merevisi karena merasa kurang lucu atau ada masukan dari orang lain, silakan lakukan sebelum jadwal penarikan GACAK. Setelah mencapai 50 GACAK, akan dbuka lagi dokumen baru untuk menampung 50 GACAK berikutnya. Usahakan untuk membaca GACAK teman kamu sebelumnya supaya cerita kamu menjadi lebih orisinil.
  6.  Setiap peserta boleh menulis GACAK sebanyak-banyaknya, tetapi pastikan sebelum posting komentar di dokumen harus diselingi dulu oleh minimal 1 peserta lain.
  7. Sebagai Apresiasi akan diberikan hadiah pulsa Rp. 10.000,- untuk 5 GACAK terlucu…

Ayo mulai dari SEKARANG karena tidak ada DEAD LINE untuk event GACAK ini.

selamat berkarya

RBPI

KA

*******

LOMBA PUISI ESAI (DL 20 AGUSTUS 2012)

by Bayu Rhamadani W on Friday, June 29, 2012 at 5:37pm ·

LOMBA PUISI ESAI (DL 20 AGUSTUS 2012)

oleh Irwanti ‘Fia’ Hadnus pada 29 Juni 2012 pukul 15:58 ·

Lomba menulis puisi esai

Posted on June 16, 2012

Ketentuan Lomba Menulis Puisi Esai

Hadiah Puisi Esai Denny JA

Terbuka untuk Umum

Berhadiah Total Rp 50.000.000,00

Ketentuan Umum

  • Tema. Tema puisi esai adalah masalah sosial, khususnya masalah sosial yang problematis. Aspek sosial yang dipilih bebas, boleh berupa kisah cinta tak sampai karena perbedaan status sosial ekonomi, agama, ideologi, pandangan politik, dan sebagainya. Puisi esai dianggap berhasil jika temanya menyentuh persoalan masyarakat luas.
  • Penokohan. Tokoh puisi esai adalah sosok di tengah pergulatan sosial maupun sosok yang melibatkan diri dalam situasi sosial yang problematis. Tokoh harus dieksplorasi dan dihadirkan pergulatan psikologis dan gambaran batinnya dan harus menggam-barkan perkembangan psikologis tokohnya. Puisi esai dianggap berhasil jika tokohnya menyentuh pembaca.
  • Alur. Karena puisi esai cenderung panjang, maka pengolahan alur menjadi penting agar unsur dramatik puisi esai dapat dikem-bangkan sebaik-baiknya hingga tidak membosankan.
  • Latar. Latar puisi esai bebas, baik masa kini maupun masa silam, namun harus memiliki dan menghadirkan dimensi sosial yang kritis. Latar puisi esai hendaknya mengacu pada latar sosial yang benar-benar pernah terjadi, baik di masa kini maupun di masa lalu. Acuan pada kenyataan ditunjukkan oleh adanya Catatan Kaki.
  • Catatan Kaki. Catatan Kaki dapat berupa hasil riset/penelitian sosial, makalah, buku ilmiah, maupun pemberitaan di media massa.
  • Bahasa. Puisi esai ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, komunikatif, serta mudah dimengerti. Penggunaan metafora, simbol, rima, metrum, dan berbagai gaya bahasa lainnya, dibolehkan —bahkan dianjurkan— namun harus tetap komunikatif dan mudah dipahami.  Puisi esai dianggap berhasil jika dapat dipahami publik seluas-luasnya.

 Ketentuan Khusus

  • Puisi esai ditulis dengan Ms. Word. Panjang puisi esai minimal 10.000 karakter.
  • Puisi esai di kirim ke alamat Jurnal Sajak: jurnal.sajak@email.com dengan cc kelombapuisi@yahoo.com dan puisiesai2012@yahoo.com dalam bentuk attachment selambat-lambatnya 20 Agustus 2012. dengan nama file menggunakan nama asli Anda (nama lengkap).
  • Tulis identitas di halaman akhir puisi esai yang Anda kirimkan: nama, alamat KTP, alamat email, akun facebook atau twitter (jika ada), dan biodata ringkas.
  • Pemenang lomba menulis puisi esai akan diumumkan di Jurnal Sajak Edisi 4, September 2012 serta di akun twitter @DennyJA_World.
  • Keputusan Dewan Juri tidak dapat digugat. Baik Juri maupun panitia tidak melayani aneka pertanyaan soal mengapa sebuah karya menang atau tidak.
  • Penyelenggara berhak memuat puisi esai yang menang di Jurnal Sajak tanpa memberi honor lagi.
  • Penyelenggara berhak memuat puisi esai yang tidak menang lomba di Jurnal Sajak, dengan honor yang lazim berlaku di Jurnal Sajak

Hadiah

•  Pemenang Pertama Rp 12.500.000,00

•  Pemenang Kedua Rp 10.000.000,00

•  Pemenang Ketiga Rp 7.500.000,00

•  10 Pemenang Hiburan @ Rp  2.000.000,0o

Contoh : http://puisi-esai.com/2012/03/21/sapu-tangan-fang-yin/

*********

Event Cerpen Fiksi 3 Dimensi “Komedi Kuliner” Menyambut Milad Radindra Rahman [Deadline 31 Juli 2012, pukul 23.59 WIB]

by Radindra Rahman on Tuesday, June 26, 2012 at 12:53pm ·

Bismillahirahmanirahim….

Alhamdulillah, tak terasa perjalanan hidup ini begitu cepat. Begitu banyak rahmat, karunia, dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Semoga dalam perjalanan usia ini selalu dituntun ke jalan yang benar. Amin.

14 Agustus 2012 (insyallah) jika Allah masih memberi kesempatan untuk mengibadahkan sisa umur ini, tepat tanggal itu pula, usia ini akan berkurang dan hari milad itu akan (insyallah) menjadi awal perjalanan hidup yang baru (lagi). Semoga bertambahnya umur akan menjadikan diri ini semakin bijak dalam mengarungi hidup. Amin.

Nah, untuk menyambut milad saya yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2012. Saya mengundang teman-teman (warga Indonesia) di manapun berada untuk meramaikan event cerpen fiksi 3 dimensi “Komedi Kuliner”.

Sesuai tema yang diangkat, yaitu KULINER. Jadi, teman-teman harus (wajib) menyertakan kuliner Nusantara (tidak boleh makanan ‘luar negeri’) untuk dijadikan jalinan cerita. Kuliner bisa berupa makanan (soto, sate, sambal, gado-gado, rendang, dsb), minuman (es campur, es degan, es cingcau, dsb), ataupun jajanan (apem, geletuk, dodol, wingko babat, dsb); (boleh ketiga-tiganya dalam satu cerita; bebas). Buat sekreatif dan seunik mungkin. Tentunya bisa membuat pembaca ngakak habis-habisan. Tapi jangan sampai GARING ya ceritanya, apalagi terlalu MAKSA! Pis!

Nah, di Komedi Kuliner ini ada pilihan kategori (3 dimensi) dan cara join event ini. Cekidot!

Ketentuan umum:

1.    Bergabung di Grup Antologi Es Campur, add akun facebook AE Publising Pati, dan Radindra Rahman II / Penulis Alam Maya (tak perlu keduanya)

2.    Wajib tag info ini ke minimal 25 teman FB beserta AE Publising Pati dan Radindra Rahman II / Penulis Alam Maya

3.    Tulisan tidak menyinggung SARA, tidak memicu konflik, tidak berbau pornografi, apalagi membuat citra kuliner tanah air menjadi buruk (sopan-santun)

4.    Naskah harus asli karya sendiri (bukan plagiat), belum pernah dipublikasikan di media manapun, dan tidak sedang diikutkan dalam event serupa

5.    Peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 3 naskah terbaiknya (1 naskah di setiap kategori)

6.    Sertakan biodata narasi 40-50 kata di akhir naskah (jangan dipisah); biodata terdiri dari nama asli, nama pena, e-mail/HP/jejaring sosial, prestasi menulis, dan lain-lain

7.    Update peserta di note AE Publising Pati

8.    Pertanyaan bisa diajukan di Grup Antologi Es Campur / inbok AE Publising Pati dan Radindra Rahman II / Penulis Alam Maya

9.    Jika ketiga kategori tidak memenuhi target, event akan diperpanjang sampai memenuhi target ketiga kategori

10.    KULINER NUSANTARA tidak sekedar tempelan dalam cerita, buatlah sehidup dan sekuat mungkin untuk mendukung karakter si tokoh (hidupkan cerita dengan kuliner)

Ketentuan khusus :

Yuk, pilih komedi yang teman-teman suka!

a.    Kategori romance comedy (percintaan bernuansa komedi):

1.    Tulis naskah cerpenmu dalam bahasa Indonesia 4-5 halaman, dalam Ms. Word 2003/2007, A4, TNR 12 pt, spasi 1,5, margin 3333 (justify)

2.    Jenis naskah ini adalah naskah percintaan (romance) yang jalinan cerita tetap ada kuliner nusantara dan bernuansa komedi

3.    Nama kuliner Nusantara wajib digunakan untuk format judul cerita. Misal: Cintaku Senikmat Es Campur, Hatiku Sepanas Sambal Terong, dsb. Buat sekreatif dan seunik mungkin. Tentunya masih ada nama kuliner Nusantara dalam judul cerita (disukai judul yang sesuai dengan nuansa romance)

4.    Kirim naskahmu ke e-mail: penaradindra@yahoo.com, cc: penulisalammaya@yahoo.com. Subjek: [KR]#judul#nama penulis (dalam bentuk lampiran; jangan di badan e-mail)

5.    10 naskah terbaik kategori ‘Romance Comedy’ akan dibukukan dengan pertimbangan tema, kaidah EYD, isi cerita, dkk

6.    Judul cerita tidak ada nama kuliner akan langsung didiskualifikasi

b. Kategori komedi fantasi (fantasi bernuansa komedi):

1.    Tulis naskah cerpenmu dalam bahasa Indonesia 4-5 halaman, dalam Ms. Word 2003/2007, A4, TNR 12 pt, spasi 1,5, margin 3333 (justify)

2.    Jenis naskah ini adalah naskah fantasi yang tetap ada kuliner nusantara dan bernuansa komedi

3.    Nama kuliner Nusantara wajib digunakan untuk format judul cerita. Misal:  Sihir Gado-Gado, Tongkat Tusuk Sate, dsb. Buat sekreatif dan seunik mungkin. Tentunya masih ada nama kuliner Nusantara dalam judul cerita (disukai judul yang sesuai dengan nuansa fantasi)

4.    Kirim naskahmu ke e-mail: penaradindra@yahoo.com, cc: penulisalammaya@yahoo.com. Subjek: [KF]#judul#nama penulis (dalam bentuk lampiran; jangan di badan e-mail)

5.    10 naskah terbaik kategori ‘Komedi Fantasi’ akan dibukukan dengan pertimbangan tema, kaidah EYD, isi cerita, dkk

6.    Judul cerita tidak ada nama kuliner akan langsung didiskualifikasi

c. Kategori komedi horor (horor bernuansa komedi):

1.    Tulis naskah cerpenmu dalam bahasa Indonesia 4-5 halaman, dalam Ms. Word 2003/2007, A4, TNR 12 pt, spasi 1,5, margin 3333 (justify)

2.    Jenis naskah ini adalah naskah horor yang tetap ada kuliner nusantara dan bernuansa komedi

3.    Nama kuliner Nusantara wajib digunakan untuk format judul cerita. Misal:  Kunti Ngidam Sate, Pocong atau Lontong, dsb. Buat sekreatif dan seunik mungkin. Tentunya masih ada nama kuliner Nusantara dalam judul cerita (disukai judul yang sesuai dengan nuansa horor)

4.    Kirim naskahmu ke e-mail: penaradindra@yahoo.com, cc: penulisalammaya@yahoo.com. Subjek: [KH]#judul#nama penulis (dalam bentuk lampiran; jangan di badan e-mail)

5.    10 naskah terbaik kategori ‘Komedi Horor’ akan dibukukan dengan pertimbangan tema, kaidah EYD, isi cerita, dkk

6.    Judul cerita tidak ada nama kuliner akan langsung didiskualifikasi

Hadiah:

Seluruh kontributor akan mendapatkan diskon penerbitan senilai 100.000 (sudah menjadi [termasuk] Anggota Es Campur: Penerbitan Paket Lengkap)* + diskon pembelian senilai 10%.

*Syarat dan ketentuan mengikat:

1. Diskon hanya untuk proses penerbitan buku, bukan pembelian buku (1 x dan masa berlaku diskon akan dirincikan setelah event selesai)

2. Apabila ada 2 naskah peserta yang lolos seleksi, panitia akan menilai 1 naskah untuk menerima diskon penerbitan (misal: juara 1 dan 4, yang diambil adalah juara 1. Apabila juara 1 dan 2, tetap diambil 1 x diskon penerbitan dengan nominal 100.000; tak ada kelipatan)

3. Paket diskon per peserta tidak bisa digabungkan dengan peserta lain untuk proses penerbitan (satu diskon penerbitan = satu judul buku dari peserta yang menerima diskon [misal: si A dan si B mendapatkan diskon penerbitan senilai 100.000, tidak bisa digabungkan menjadi diskon 200.000 untuk satu judul buku. Ketentuan tetap si A menerbitkan buku solo / kompilasi atas nama yang mendapatkan diskon; nominal diskon sesuai yang didapatkan])

4. Ketebalan buku dan lain-lain menyesuaikan syarat dan ketentuan dari penerbit

5. Prosedur lain akan dirincikan setelah event selesai (jika ada)

Salam Penuh Semanga

Radindra Rahman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s