Write Without Boundaries

Dari Medinah Hingga Indonesia

Judul Resensi : Mencermati Perjalanan Peradaban Islam

Judul               :  dari Madinah hingga Indonesia

Penulis             : Sopaat Rahmat Selamet

ISBN                : 978-602-8981-64-4

Ukuran            : A5 ( 14,8 x 21 cm)

Tebal                : 246+xii hal

Penarbit               : Dee Publish

Apa yang menarik dari buku yang berjudul “ dari Medinah hingga Indonesia ? ”

Dari segi fisiknya buku ini terlihat rapi, cover glossy dengan tebal buku yang cukup padat 246 halaman.  Buat saya yang keseharian punya aktivitas kantor membaca buku ini harus pelan-pelan ditambah pemahaman yang harus dalam dianalisa. Secara fisik buku ini sangat rapi walau saya bawa kesana kemari tapi tetap terlihat bersih.

Judul dari Medinah hingga Indonesia mengingatkan seperti judul film, walau ternyata dalamnya adalah gambaran perjalanan peradaban sejarah perkembangan Islam, yang diawali dengan bagian pendahuluan menjelaskan falsafah sejarah, kemudian disajikan tema Arab pra-Islam, dilanjutkan Islam pada jaman nabi Muhammad SAW, dinamika sejarah peradaban umat Islam masa khulafaurrasyidin, dan para pengganti setelahnya hingga perkembangan umat Islam di tanah air Indonesia.

Buat saya pribadi sebagai seorang muslim yang berlatar belakang muslim modern dari keluarga, tidak terlalu dalam pemahaman tentang seluk beluk agama, kehadiran buku ini menjadi salah satu pegangan yang menambah wawasan saya akan pemahaman perkembangan agama Islam dari beberapa zaman.

Tersaji dalam 13 bab yang diawali Bab I Pengenalan Sejarah Peradaban Islam – hakikat manfaat mempelajari Sejarah Peradaban Islam seperti tersurat dalam firman Allah (QS Al-Hasyr : 18), “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah. Dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok!”

Penulis berpendapat dalam belajar sejarah tidaklah selalu runut mengikuti alur maju (kronologis). Boleh saja memakai pendekatan alur melebar atau menyamping agar tidak membosankan. Saya pribadi pemula suka dengan buku ini karena sistematis. Dimana pemahaman per-bab menggunakan alur maju dengan kronologis aspek dimensi waktu, ini mempermudahkan mempelajari per waktu sejarahnya.

Bab II Arab Pra Islam, disini terpapar maju dari geografi sejarah – system sosial – silsilah bangsa Arab-Adaniyah hingga kondisi kehidupan agama. Ada yang menarik di bab ini  mengupas jaman jahiliyah di sub Sosial Kultural, sebelum Allah mengutus Muhammad Shallahu Alaihi wa Sallam.

Diantara kebiasaan yang sudah dikenal akrab pada masa ini adalah poligami yang tanpa ada batasan maksimal berapun banyak isteri yang dikehendaki. Sebuah jaman kegelapan yang sangat mengerikan dimana wanita seperti tidak ada nilainya. Jujur sempat miris dengan perjalanan agama kita tercinta. Hingga adanya Beliau nabi junjungan kita semua diperbaiki. Hal ini akan diperjelas dengan sub bab selanjutnya mengenai ahlak.

Bab per bab tidak ubahnya slide time seperti judulnya dari Medinah ke Indonesia melangkah bab selanjutnya akan tersaji tahap demi tahap sejarahnya dan perlahan kita akan mulai memahaminya.

Bab III mulai mengupas Muhammad (SAW) Pra Nubuwah – Bab IV Sang Nabi dan Risalah Islam. Melangkah Bab V Masa Kepemimpinan Keluarga Nabi (Khulafaurrasyidin), yakni para pemimpin pengganti rasulullah yang terdiri dari empat (4) orang sahabat yang sangat popular yaitu Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar Bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Menarik disimak berbagai cara kepemimpinan yang mereka gunakan dalam memipin. Bagaiama watak dan kebijaksanaan beliau-beliau.

      Perkembangan tidak selesai sampai ke-4 Khulafaurrasyidin, di Bab VI melangkah pada Periode Dinasti Umayyah (Damaskus) hingga keruntuhannya. Hingga berlanjut Bab VII Periode Dinasti Abbasiyyah.

      Hingga pada bab selanjutnya akan dibahas perjalanan agama Islam menuju pada nusantara kita.

Nusantara, Islam dan Kolonialisasi Barat. Masuknya Islam ke nusantara secara bergelombang dengan beberapa teori Gujarat, teori Persia dan teori Makkah.

Sampai saatnya Indonesia dan kemerdekaan dan bab XIII sebagai pamungkas menceritakan perkembangan pendidikan Islam di nusantara Indonesia.

Buku yang bisa jadi panduan bagi siapapun yang ingin belajar untuk mengetahui dinamika peradaban umta Islam dari zaman ke zaman. Menarik untuk dimiliki bagaimanapun kita tidak akan pernah lepas dari sejarah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s