Write Without Boundaries

Info Lomba (Lagi)

DL 11 November – Kompetisi Cerpen Rumpun Nektar

Untuk berjuang dalam hidup, tak cukup hanya dengan mengarahkan pandangan seseorang, kesabaran serta jerih payahnya, penting juga untuk mulai memanggil dan menemukan pandangan-pandangan lain, yang pada waktunya nanti, akan mulai memanggil dan menemukan pandangan-pandangan yang lain lagi. Karena dengan melihat pandangan orang lain, banyak pandangan akan dilahirkan. Dan dunia melihat bahwa hal itu lebih baik sebab ada cukup ruang bagi pandangan setiap orang. Dan ia yang meski berbeda dan berlainan pandangan, bisa melihat berbagai pandangan dan pandangannya sendiri menjalani sejarah yang masih terlewatkan.”

Belakangan sulit untuk dielakkan bahwa perkembangan cerpen Indonesia saat ini masih bergantung pada publikasi di media cetak. Ruang budaya yang tersedia di hari Minggu tak urung menjadikan hari Minggu (meminjam istilah Seno Gumira Ajidarma dalam bukunya Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Berbicara) menjadi ‘hari cerpen’. Hal seperti ini terus terjadi karena majalah-majalah sastra, jurnal serta penerbitan lainnya di luar koran yang beredar tak cukup sebagai publikasi cerpen.

Sayang, tak banyak yang menyadari kondisi semacam ini justru tidak sehat. Para cerpenis pun calon sastrawan akhirnya berlomba-lomba menulis cerpen sebanyak lima-delapan halaman sesuai ruang yang tersedia di koran. Akibatnya kemampuan estetis mau tak mau harus rela berkompromi atau kasarnya terbelenggu oleh penulisnya sendiri demi memenuhi syarat pemuatan. Akibat lainnya lagi perkembangan cerpen Indonesia surut dari gaya bertutur panjang yang mau tak mau harus kita akui telah dialami hampir semua cerpenis kita.

Dunia cerpen Indonesia memang berkembang karena banyak didukung ruang budaya yang tersedia di koran. Kendati berkembang demikian pesat sayangnya tak lagi menyisakan ‘kegilaan-kegilaan indah’. Cerpen macam Seribu Kunang-Kunang di Manhattannya Umar Kayam atau Dilarang Mencintai Bunga-Bunganya Kuntowijoyo mungkin menjadi kenangan manis saja bahwa perkembangan cerpen Indonesia pernah melakukan ‘kegilaan-kegilaan indah’ semacam itu. Hal ini masih diperparah dengan pelan-pelan ditinggalkannya intensitas menulis panjang karena koran sebagai satu-satunya media publikasi tak mampu menyediakan ruang yang luas.

Menulis cerpen di koran memang tidak salah. Tapi hal inilah yang tanpa disadari adalah salah satu akibat dari ditinggalnya intensitas menulis panjang. Menulis cerpen sendiri pun seperti sudah disinggung di awal tulisan ini akhirnya membelenggu kreativitas penulisnya sendiri karena keterbatasan ruang di koran. Memang tak dapat dipungkiri menulis cerpen yang baik dengan panjang sebanyak lima-delapan halaman saja adalah tantangan kreatif berkarya. Tapi apakah para penulis kita harus terus menerus berkutat dengan tantangan semacam itu? Tentu tidak bukan? Bukankah masih banyak hal-hal lain yang perlu digali?

Nektarity, sebuah komunitas penulis yang tergabung dalam RUMPUN NEKTAR mencoba memberikan ruang dan kebebasan sebebas-bebasnya dalam menuangkan kreativitas para penulis (atau calon penulis) untuk menciptakan karya yang tidak terbatas ini dalam bentuk sebuah kompetisi.

Kirimkan Cerpen anda dengan jumlah halaman bebas namun tetap memperhatikan teori dari apa yang disebut dengan  “cerpen”. Kami tidak meletakkan tema sebagai posisi yang paling penting dalam hal ini. Tema adalah proyeksi dari narasi-narasi yang bisa diciptakan dari mana saja. Namun demi mempermudah dalam menemukan pola-pola sintaksis, mengefektifkan kata-kata, melakukan pembauran diksi, kami memberikan sebuah kalimat untuk acuan yang mungkin bisa dijadikan tema, yaitu: “AKU BERBEDA”

Bagi siapapun yang mungkin ingin berpartisipasi dalam kompetisi ini, silahkan kirimkan cerpen anda dalam format MS. Word dengan spasi 1,5 font Times New roman ukuran 12pt. Sertakan juga biodata anda dalam bentuk narasi di akhir naskah (karya dan biodata dalam 1 file) dan di beri nama : nama facebook-nama pena-judul naskah. Kirimkan ke email nektarity@gmail.com dengan subjek : RUMPUN NEKTAR-nama facebook.

Akan diambil 13 cerpen yang kami anggap mampu menunjukkan bahwa “AKU BERBEDA” untuk dibukukan dalam sebuah buku perdana Grup RUMPUN NEKTAR. Dalam kompetisi ini kami tidak mengambil pemenang satu, dua, maupun tiga, melainkan kami anggap ketiga belas itulah pemenangnya, sehingga ketiga belas penulis yang karyanya lolos akan kami berikan:

–           E-sertifikat

–          Satu eksemplar buku bukti terbit dan bebas ongkos kirim yang akan dialamatkan ke alamat masing-masing.

–          Souvenir dari Grup RUMPUN NEKTAR

Sebagai catatan, meskipun seluruh peserta yang akan mengikuti kompetisi ini memang tidak harus menjadi anggota Grup RUMPUN NEKTAR (hanya diwajibkan ketika karyanya lolos) dan tidak harus meng-add Penyelenggara. Namun kami berharap kesediaannya untuk menyebarluaskan informasi ini melalui catatan akun FB-nya masing-masing jika sekiranya bermanfaat untuk diketahui rekan-rekan anda yang lain.

Kami tunggu karya anda sampai tanggal 11 November 2012.

Fore more information, please contact :

– @alisakit on twitter,

http://alisakit.blogspot.com

– Facebook Group RUMPUN NEKTAR (https://www.facebook.com/groups/nektarity)

*****

DIBUKA PENDAFTARAN PROYEK WARUNG ANTOLOGI YANG KE-9

PESERTA SEMENTARA WA 9:

1. Deanitha Rizky/hemat

2. Erlidayanti/hemat

3. Rosanthy sari/hemat

4. Bayu Rhamdani W/sekalian

5. Sarviany Tiacoly/hemat

Menerbitkan buku tanpa seleksi? Siapa takut! Jangan khawatir karyamu tak berkualitas, karena sebelum dibukukan, karyamu akan dibedah terlebih dahulu. Yuk ikutan!

Jangan cuma bermimpi. Mari buktikan kalau kita bisa!

Gampang kok. Ikuti syaratnya…

  1. Menjadi anggota grup Warung Antologi.
  2. Ada 2 paket registrasi:

Paket Hemat biaya 65.000 mendapat 1 buku

Paket Sekalian biaya 100.000 mendapat 2 buku

Transfer ke BRI, norek 6298 01 021155 53 0 a.n Novem Berti Nian. Segera konfirmasi ke 0856 4545 9192  jika dana sudah ditransfer dan wajib mengirim bukti tranfer ke email nian_novela@yahoo.com. (Bukti transfer bisa difoto).

Ketentuannya…

  1. Tema “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa (Ayah)”.
  2. Karya berupa cerpen yang belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun.
  3. Naskah diketik di kertas A5, font CAMBRIA 11, margin 2222, spasi 1,15, 4-5 halaman.
  4. Naskah dikirim ke inbox FB Novela Nian dan Risty Arvel untuk dibedah terlebih dahulu. Jika sudah dinyatakan fix, maka naskah bisa dikirim ke nian_novela@yahoo.com dan arvel.risty@yahoo.com.
  5. Sertakan biodata narasi maksimal 100 kata di akhir naskah. Biodata harus berisi foto, nama, nama pena, tempat tgl. Lahir, dan prestasi menulis jika ada.
  6. Naskah dan dana dikirim paling lambat 15 Oktober 2012.
  7. Bagi yang berminat, silahkan sms ke no 082140550009 pada pukul, cukup ketik nama paket/nama asli/nama FB/alamat rumah lengkap.
  8. Hanya untuk 25 penulis.

Keuntungannya…

  1. Mendapat buku terbit dan dikirim ke alamat masing-masing.
  2. Penulis dengan cerpen terbaik pertama akan mendapatkan paket hemat di keroyokan selanjutnya dan nama tercantum di cover depan.
  3. Royalti secara langsung diberikan, artinya semua nominator adalah agen buku. Semua nominator wajib mempromosikan bukunya. Jika ada yang pesan buku melalui dirinya, dia akan langsung mendapat fee 5.000/buku.
  4. Penentuan judul Buku Antologi akan dibicarakan setelah semua cerpen terkumpul bersama dengan para penulis agar bisa lebih objektif.

Tunggu apa lagi? Daftarkan dirimu sekarang juga!!!

Ayo berlatih menjadi penulis profesional. Jangan sampai ada salah ejaan, eyd, dsb.

Jangan anggap remeh karya kalian kerena tiadanya seleksi. Karena ini kesempatanmu, maka buatlah karyamu sebaik mungkin. Belajar selektif adalah kunci semangat kita untuk tetap menulis.

Salam karya,

Novela Nian dan Risty Arvel

17 September 2012

*****

EVENT MENULIS FLASH FICTION & CERPEN REMAJA TEMA CLBK

(Seluruh Naskah Dibukukan. DL 17 Oktober 2012)

Assalamu’alaikum Wr, Wb…

Hai Boliners… ketemu lagi sama event-ku! Alhamdulillah… buku kumpulan antologi cerpen remaja yang merupakan hasil dari event perdanaku yang berjudul “KATAKAN CINTA” telah terbit. Buku kumpulan cerpen solo perdanaku, “RUMPUT LIAR”, juga telah memasuki cetakan kedua.

Setelah sebelumnya sempat mengadakan event menulis puisi bertema Senja” guna promo buku “Rumput Liar”, yang kini buku kumpulan puisinya sudah terbit dengan judul “Parade Senja”, kali ini aku mau mengadakan event menulis lagi dalam rangka promo kedua buku kumcerku di atas.

Jenis Event     :

  1. Flash fiction (Kisah fiksi yang lebih sedikit dari cerpen) yang terinspirasi dari salah satu cerita dalam cerpen-cerpen di buku “RUMPUT LIAR”. Panjang naskah antara 500-800 kata, 1,5 spasi, TNR 12, A4.
  2. Cerpen remaja (Usia tokoh utama 16-20 tahun) bertema CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali). Sekuel dari buku kumcer “KATAKAN CINTA”. Nama tokoh utama cewek “Lily”, tokoh utama cowok “Awan”. Panjang naskah antara 3-5 Halaman, 1,5 spasi, TNR 12, A4.

Seluruh naskah yang masuk akan dibukukan, asal sesuai tema dan memenuhi semua persyaratan di bawah ini.

SYARAT & KETENTUAN            :

  • Harus memiliki buku kumcer “Rumput Liar” untuk mengikuti event FF, dan “Katakan Cinta” untuk mengikuti event cerpen remaja CLBK. Jika membeli kedua buku tersebut untuk mengikuti 2 event sekaligus, GRATIS ongkos kirim ke seluruh Indonesia.
  • Berteman dengan FB Penerbit Harfeey (https://www.facebook.com/pharfeey) & Like FP Boneka Lilin (https://www.facebook.com/BonekaLilin).
  • Menyebar luaskan event lomba ini dengan cara meng-copast-nya di note facebook masing-masing beserta gambar cover buku “Rumput Liar” & “Katakan Cinta”, dan tag FB Penerbit Harfeey & FP Boneka Lilin serta minimal 25 teman lainnya yang menggiati dunia literasi.
  • ·         Merupakan karya asli penulis. Bukan jiplakan dan/atau saduran. Tidak sedang diikutkan dalam event lain. Tidak menimbulkan konflik SARA & pornografi.
  • Tulis biodata narasi maksimal 60 kata di bawah naskah (bukan dalam file terpisah).
  • Sertakan foto diri seunik dan sekreatif mungkin bersama buku “Rumput Liar” dan/atau “Katakan Cinta”. Upload di wall FB Penerbit Harfeey.
  • Kirim naskah dan biodata dalam 1 file berupa lampiran (bukan di badan email) ke : bolin_cihuy@y7mail.com (ada angka 7-nya). Dengan subjek      :

Event FF : FF-Judul Naskah-Nama Penulis. Contoh       : FF-Anai-anai-Boneka Lilin.

Event CLBK : CLBK- Judul Naskah-Nama Penulis. Contoh      : CLBK-Kembali Rekat-Boneka Lilin.

  • Deadline 17 Oktober 2012 (Panitia berhak melakukan perpanjangan deadline jika naskah yang masuk belum mencapai kuota yang mencukupi).
  • Pengumuman pemenang utama insyaAllah 1 minggu setelah deadline.

REWARD

ü  Seluruh naskah dari masing-masing event yang sesuai ketentuan, akan dibukukan secara indie di Penerbit Harfeey bersama naskah panitia.

ü  Seleruh kontributor dari masing-masing event mendapatkan :

  1. 1.      Voucher penerbitan buku lengkap senilai Rp150.000,- di Penerbit Harfeey (kecuali 3 pemenang utama). Voucher tidak bisa diuangkan dan/atau diakumulasikan (satu voucher hanya berlaku untuk satu judul naskah buku).
  2. 2.      E-sertifikat yang akan dikirim ke email masing-masing.
  3. 3.      Potongan harga senilai 20% setiap pembelian bukunya jika sudah terbit (Bukan hanya sekali, tapi seterusnya). Semakin banyak buku yang kamu jual, sebanyak itu juga royalty yang akan kamu dapatkan (Fair, ya. Kita sama-sama menulis cerita dan mempromosikan bukunya dengan keuntungan yang juga setimpal, sesuai kerja keras).

ü  1 foto terfavorite dari masing-masing event (FF/cerpen) mendapatkan hadiah 1 buku bukti terbit yang dikirim gratis ke alamat Indonesia.

ü  3 pemenang utama dari masing-masing event, masing-masing mendapatkan    :

“VOUCHER GRATIS MENERBITKAN BUKU DI PENERBIT HARFEEY” + 1 buku bukti terbit yang dikirim gratis ke alamat pemenang. Tanpa membayar tarif apa pun lagi, kamu langsung berhak mendapatkan layanan paket penerbitan lengkap yang keterangannya bisa dicek di note FB Penerbit Harfeey.

Sekian Boliners sekalian, semoga berkenan untuk mengikuti event ini. Event ini bersifat GRATIS dan boleh diikuti oleh semua kalangan. Adapun ketentuan memiliki 2 buku kumcer di atas adalah sebagai bentuk promo buku dengan cara mengadakan event lomba, dan ini bukan merupakan suatu tindak kriminal, ya!😀 So, nggak ada yang semestinya merasa dirugikan. Mau ikut, silahkan. Nggak pun, bukan masalah. Intinya, event ini dibuat hanya untuk yang berminat saja, dan tidak ada unsur paksaan. : )

Berikut keterangan buku kumcer “RUMPUT LIAR” & “KATAKAN CINTA” (Gratis ongkir seluruh Indonesia untuk pembelian 2 buku sekaligus) :

RUMPUT LIAR

-Kumpulan cerpen based on true story

Penulis : Boneka Lilin

Desain sampul : Ary Hansamu Harfeey

Penerbit : Penerbit Harfeey

Genre : Kumpulan Cerpen

ISBN : 978-602-18698-0-2

Tebal : 120 Hlm ; 14,8 x 21 cm (A5)

Harga : Rp29.900,-

SINOPSIS

“Ketika ada orang yang membenciku, kupikir dia belum mengenalku lebih jauh.”

Lelah menjamu hariku.

Duka menyambar duniaku.

Meski keluh berpeluh,

namun kakiku masih mampu menyangga tubuh.

Aku, Rumput Liar,

hidup dengan cara dan dalam kedamaian dunia yang kuciptakan sendiri.

Bersama derap letih tertatih,

ragaku meretas getas dalam pencarian.

Hingga langkahku bisa terhenti pada satu sosok,

yang mampu memantapkan hatiku untuk berbisik…

“Kamu milikku, kamu memilikiku. Aku mencintaimu, lebih dari yang seharusnya.”

***

Aku Rumput Liar. Hidup dengan cara dan dalam kedamaian dunia yang kuciptakan sendiri. Telunjukku tetap menjadi titah tertinggi dalam menentukkan arah hidup bagi diriku. Aku percaya, Tuhan masih akan merangkulku di jalan-Nya, meski dengan segala beda yang kumiliki.

Order 081904162092

—————————————————————————————————————-

KATAKAN CINTA

-Kisah cinta seputih awan & bunga lily-

Genre : Kumpulan cerpen remaja

Penulis : Boneka Lilin et Boliners

Editor : Boneka Lilin

Layout : Boneka Lilin

Cover Design : Ary Hansamu Harfeey

Penerbit : Penerbit Harfeey

ISBN : 978-602-18698-7-1

Tebal : 165 Hlm ; size 14,8 x 21 cm (A5)

Harga : Rp40.000,- (Untuk kontributor, diskon 20% setiap pembelian bukunya)

***

Ketika luapan emosi perasaan menuntut untuk dimuntahkan, apa yang bisa dilakukan selain menguapkannya ke permukaan?

Hal itu jugalah yang memberi daya dorong pada hati 2 insan remaja, Awan dan Lily, yang terbalut dalam serangkaian gerbong kisah berlatarkan tema serupa ; Katakan Cinta.

***

Mari berpetualang bersama 20 kisah cinta remaja yang menampilkan Awan dan Lily dalam beragam karakter unik dan menarik.

***

Nama-nama kontributor :

Boneka Lilin, Aulia Nooraya, Baim, Lamia Melodi, Inka Vinalya, Fiona Rossi, Benedikta Sekar Arum Setyorini, Rohmatikal Maskur, Diaz Alfi, Hadi Kurniawan, Asri Cahyani, Rizka Kurniasari, Fulki Ilmi, Arsyika Dewi Anggita, Preccilia Leonita, Umm Ji I-el, Maharanie, Eri Siti Sarah.

Buku ini sudah bisa dipesan melalui inbox fb Penerbit Harfeey, para kontributor, atau sms ke 081904162092. Thank you.🙂

*****

dengan sangat disayangkan, event FF “Terimakasih Tuhan” harus diperpanjang karena belum memenuhi target peserta. Event ini akan diperpanjang sampai tanggal 30 September 2012.

(Deadline, 30 September)

Semua hal baik dalam hidup ini tanpa atau telah kita sadari datangnya adalah dari Tuhan. Tetapi, sudahkah kita menyampaikan suatu bentuk ucapan “Terima kasih” atas segala rahmat, rezeki, kejadian, dan kebaikan-Nya yang dilimpahkan kepada kita selama ini? Bahkan untuk hal sekecil apa pun, seringkali kita lupa mensyukuri segala nikmat dari-Nya dan lupa mengatakan hamdalah/puji syukur/terima kasih kepada Sang Pencipta.

Nah, untuk itu, yuk kemas ucapan terima kasih kita kepada Sang Pencipta sebagai wujud syukur kita kepada-Nya.

Ketentuan:

  1. Bergabung di Grup Antologi Es Campur, berteman dengan Dini Andriani dan Hady Kristian
  2. Tulis FF-mu dalam bahasa Indonesia di Ms. Word 2003/2007, 200-500 kata (sudah termasuk judul, isi, dan biodata narasi), format kertas A4, Times New Roman 12 pt, spasi 1,5, margin 3333 cm [justify]. Ditunggu s/d 30 September pukul 23.59 WIB
  3. Sertakan biodata narasi 30-40 kata di akhir naskah (nama asli, nama pena, alamat, jejaring sosial/e-mail/HP, dll)
  4. Tulisan dikirim dalam bentuk lampiran ke e-mail: christianhady26@gmail.com   cc: diniandriani1527@yahoo.com. Subjek: [FF]#judul#nama penulis.
  5. Wajib tag info ini ke minimal 20 teman FB beserta akun Dini Andriani dan Hady Kristian
  6. Naskah merupakan karya asli, belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun
  7. Satu peserta = satu naskah terbaiknya
  8. Akan dipilih 5 FF terbaik yang akan dibukukan bersama PJ dan dikompilasikan dengan naskah dari event PJ E-Ca yang lain
  9. Hadiah: kontributor akan mendapatkan diskon paket penerbitan senilai Rp100.000,00 dan diskon pembelian senilai 10%

10.  Update peserta dan pengumuman di Grup Antologi Es Campur

11.  Segala pertanyaan bisa diajukan di Grup Antologi Es Campur dan inbok PJ

Salam semangat,

PJ (Dini dan Kristian)

****

Lomba September Ceria

Nay’s Party…

Nay Riskara (anggota JPIN Sidoarjo, Jawa Timur)

Dalam rangka ulang tahunku ke 20 (hhh… sudah tua) yang bertepatan tanggal 29 September 2012, aku mengundang teman-teman sekalian dalam event kecil-kecilan dengan tema, “September Ceria”.  Silahkan bercerita tentang kejadian apa saja dalam bulan September. Tapi harus yang ceria ya.. :D

Ikuti ketentuan di bawah ini :

  1. Lomba ini terbuka untuk semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa, maupun umum yang berdomisili di Indonesia.
  2. Naskah berupa cerpen yang diangkat dari kisah/pengalaman nyata, baik dialami sendiri maupun orang lain.
  3. Tema “September Ceria” boleh tentang cinta, persahabatan, keluarga dsb.
  4. Naskah ditulis dalam kertas A4, font Times New Roman 12, 1,5  spasi, 4-6 halaman.
  5. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia literer (indah, menarik, mengalir) dan komunikatif. Bahasa gaul dan bahasa daerah/asing  boleh digunakan untuk segmen dialog para tokohnya – jika itu diperlukan dan sesuai dengan tema.
  6. Setiap peserta boleh mengirimkan hanya SATU naskah
  7. Naskah yang dilombakan harus asli (bukan jiplakan) dan belum pernah dipublikasi.
  8. Di bawah naskah, sertakan biodata singkat kamu berupa nama pena, nama asli, tempat tinggal, akun facebook, twitter, dan prestasi (jika ada) maksimal 50 kata dalam bentuk narasi.
  9. Kirimkan naskah berupa lampiran ke email nailul_azizah@yahoo.com dengan subject email: SC-Nama Penulis-Judul Naskah.

10.  Batas akhir pengiriman naskah pada tanggal  27 Oktober 2012 Pukul 21.00 WIB.

11.  Peserta wajib meng-add akun facebook : Nay Riskara (http://www.facebook.com/nay.riskara) dan tergabung dalam group Jaringan Pena Ilma Nafia (http://www.facebook.com/groups/jp.ilna/).

12.  Peserta wajib mentag info ini ke 20 orang teman dan Nay Riskara

13.  Update peserta dan pengumuman pemenang bisa dilihat di FB penyelenggara atau Grup Jaringan Pena Ilma Nafia

Reward :

  • Pemenang I – Pulsa 50.000 + Paket buku bacaan senilai Rp 100.000,-
  • Pemenang II – Pulsa 20.000  + Paket buku bacaan senilai Rp 75.000,-
  • Pemenang III – Pulsa 10.000 + Paket buku bacaan senilai Rp 50.000,-
  • 20 cerpen terbaik akan dibukukan
  • Naskah terpilih akan diterbitkan secara indie (selfpublishing) dan penulis tidak mendapat royalti maupun bukti terbit. Tetapi kontributor mendapatkan potongan 10% (non-member JPIN) atau 15% (member JPIN) jika membeli buku.
  • Juri lomba dari Tim JPIN.

Selamat Berkarya!

Nay Riskara (anggota JPIN Sidoarjo, Jatim)

*****

Semangat Hidup Masyarakat Bawah (Fakir miskin, anak yatim

AssalamualaikumTeman-teman, masih ingatkan bagaimana kita begitu ikhlas berbagi selama bulan Ramadhan kemarin? Apakah Cuma di bulan Ramadhan saja kita mau saling berbagi?Kami mengadakan sebuah event (Lomba cerpen) dengan tujuan untuk berbagi bersama. So, siapkan tulisanmu untuk mengikuti event ini. Jangan Pernah Berhenti Untuk Selalu Berbagi!

DL: 31 Oktober 2012 *25

Cerpen Nominator Dibukukan (Mayor/Indie).

TEMA: Semangat Hidup Masyarakat Bawah (Fakir miskin, anak yatim, dll)

TUJUAN : Untuk Berbagi Sesama

(Semua Royalti Dari Penjualan Buku disumbangkan sepenuhnya kepada orang-orang yang layak, dan semua kontributor + penulis tamu mendapat laporan Royalti)Panitia bisa langsung menganulir naskah peserta yang berisikan tindakan asusila, cabul, sadisme, kekerasan yang berlebihan terhadap anak dan wanita, merendahkan atau menghina keyakinan/agama/suku/daerah tertentu, dan yang tidak melengkapi persyaratannya (baca poin selanjutnya).

PESERTA:

Pelajar, mahasiswa, guru, dosen, penulis pemula, penulis senior, dan siapa saja boleh ikutan, tapi dengan ketentuan khusus (baca poin selanjutnya).

SYARAT PENULISAN:

  1. Jumlah 4-6 halaman, spasi ganda (2), jenis huruf Times New Roman font 12, ukuran kerta A4.
  2. Margin (garis): atas, bawah, samping kiri dan kanan (semua sisi 3 cm atau 1,18 inci), beri nomor halaman.
  3. Kesesuaian dengan tema lomba dan tidak mengandung ponografi dan kekerasan, serta tidak menyinggung SARA.
  4. Biodata narasi sekitar 100-200 kata plus foto diri dalam biodata (jika tidak ada, cerpennya dinyatakan GUGUR), yang ditulis pada halaman akhir naskah cerpen. (Untuk Biodata tidak dihitung Halaman)
  5. Nama File cerpen sama dengan Judul Cerpen
  6. Kirim naskah cerpen (dengan format .doc atau docx) ke alamat email: lomba_indahnya_berbagi@ymail.com (dengan menulis di judul/subjek email: Peserta Berbagi – Nama Penulis – Judul Cerpen)
  7. Setiap peserta hanya boleh mengirim 1 cerpen terbaiknya.

KRITERIA PENILAIAN

1. Orisinalitas.

2. Kreativitas pengolahan ide.

3. Kedalaman pesan.

4. Keindahan bahasa, kaidah penulisan dan kelengkapan naskah.

PENGUMUMAN PEMENANG:

Pengumuman 25 Nominator 31 November 2012, Pengumuman Pemenang 15 Desember 2012.

HADIAH:

Juara I : Juara II : Juara III : Mendapatkan Paket Buku dari Para Donatur dan Penulis Tamu dengan Total ± 1 Juta Rupiah (Hadiah bisa bertambah jika ada tambahan dari donator lain)

Ke-25 Nominator Mendapatkan e-sertifikat dari Panitian

KETENTUAN KHUSUS:

Peserta WAJIB Mengkopi event ini ke note fb-nya masing-masing (bisa juga ke blognya) dengan Men tag fb-nya Rik Sjp (info lebih lanjut klik di sini (www.sokjadipahlawan2.blogspot.com)

KETENTUAN MENGIKAT

  1. Keputusan DEWAN JURI tidak bisa diganggu gugat.
  2. Panitia tidak MELAYANI SURAT-MENYURAT.
  3. DEWAN JURI berhak membatalkan keputusannya, jika di kemudian hari diketahui karya pemenang lomba melanggar karya cipta orang lain (plagiat)atau mengikuti lomba sejenis atau telah dimuat di koran/majalah.
  4. HAK CIPTA tetap ada pada penulis, sedangkan PANITIA memiliki HAK untuk MEMPUBLIKASIKANNYA (membukukkannya).

Para Penulis Tamu :

  1.  Tha Artha
  2.  Repita Hadi
  3.  Nenny Makmun
  4.  Dian Sukma Kuswardhani
  5.  Rahmi Oktariza
  6.  Rini Asmara
  7.  Eva Riyanty Lubis
  8. Ica Bdp
  9. Monica Perta Full
  10. Rofikoh ZraMagiztrian Mujahidah

Info Lengkap klik: www.sokjadipahlawan2.blogspot.com Bagi yang ingin jadi donator bisa kontak di : 085766502837 atau e-mail : sokjadipahlawan@ymail.com(DENGAN SEMANGAT BERBAGI, KITA IKUT MENIKMATI KEBAHAGIAN)  Semangat Hidup Masyarakat Bawah

*****

Event Ekspresi Musik

We proudly present our first event:

 Expressing You With Music!

Bicara tentang musik memang tidak akan ada habisnya. Seni yang indah ini sudah jadi bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup kita. Bagi pelakonnya, musik menjadi ekspresi rasa indah manusia dalam bentuk suatu konsep pemikiran yang bulat, dalam wujud nada-nada atau bunyi lainnya yang mengandung ritme dan harmoni. Bagi penikmatnya, musik menjadi ruang apresiasi seni sekaligus sahabat yang mengiringi banyak suasana dan peristiwa penting dalam periode kehidupan. Musik ada saat kita beraktivitas, bahkan tidur. Musik yang buat kita tersenyum dan bergoyang saat mendengarkannya. Musik yang selalu ada saat kita bahagia, atau sedih. Dan yang terhebat, musik bisa jadi inspirasi untuk mewujudkan mimpi kita dan berbuat sesuatu yang positif bagi dunia.

Share yuk! Cerita kamu tentang musik atau pengalaman bermusikmu yang berhasil mengubah hidupmu atau dunia sekitarmu jadi lebih baik.

Ketentuan:

1. Tema: Expressing You With Music!

2. Untuk umum, bisa diikuti seluruh warga negara Indonesia.

3. Bergabung dalam grup SastraMoeda di alamat kami : http://www.facebook.com/groups/278654472239285/ atau ketik di search SastraMoeda

4. Merupakan Flash True Story

5. Tidak mengandung unsur pornografi dan SARA

6. Diketik dalam kertas A4; spasi 1,5; size 12; Times New Roman; 200-550 kata

7. Sertakan narasi biodata maksimal 60 kata

8. Naskah dikirim via email ke: redaksililin@gmail.com

dengan subjek: Expressing You With Music_JUDUL_NAMA PENULIS

9. Naskah dilampirkan (attachment), tidak ditulis di badan email

10. Naskah diterima paling lambat 20 September 2012 pukul 24.00 WIB

11. Mengetag pengumuman ini kepada 20 orang teman di facebook

12. 35 cerita terbaik dan inspiratif akan dibukukan dan mendapat e-sertifikat

13. Update peserta dan pemenang akan diumumkan di grup SastraMoeda

14. Kriteria Penilaian: (1) Kesesuaian Isi dengan Tema, (2) Ide cerita, (3) Pesan moral, (4) EYD

Sebagai apresiasi, kami akan memberikan hadiah kepada 3 pemenang dengan cerita paling inspiratif

Pemenang 1 : fresh money Rp 250.000 + 1 buku cetak + e-sertifikat

Pemenang 2 : fresh money Rp. 150.000 +1 buku cetak + e-sertifikat

Pemenang 3 : fresh money Rp.100.000 + 1 buku cetak + e-sertifikat

Bagi kontributor non-pemenang, akan mendapatkan diskon 20% untuk pembelian buku cetak dan e-sertifikat.

*****

Event Smart Writing

DL: 30 Desember 2012

Bagi Sobat yang doyan nulis dan pengen tulisannya dibukukan, nah… sekarang inilah saat yang tepat untuk mewujudkan impianmu punya buku sendiri. Kami dari Smart Writing, penerbit lini indie dari Penerbit Writing Revolution, ingin membantu mewujudkan impian teman-teman punya buku sendiri.

Nah, bagi teman-teman yang berminat silakan baca syarat dan ketentuan LOMBA AMAZING BOOK WITH SMART WRITING, berikut ini:

Syarat dan Ketentuan:

  1. Terbuka untuk umum dan anggota Writing Revolution, dan gratis.
  2. Minimal ditulis oleh 2 penulis dan maksimal 10 penulis.
  3. Tema lomba bebas, selagi tidak mengandung unsur SARA, asusila, fitnah dan yang pastinya bukan karya plagiat/jiplakan.
  4. Panjang tulisan 60-120 halaman, kertas A4, spasi 2, jenis huruf Camria, Calibri atau Times New Roman, ukuran huruf 12, dengan margin halaman 3 cm semua sisi.
  5. Jenis tulisan bisa berupa kumpulan puisi, cerpen, esai, artikel, buku motivasi, agama, cerita anak, novel remaja, novel islami atau sastra, parenting, traveling, masakan, humor, cerita horor, funfiction juga boleh, dan lain-lain.
  6. Jumlah naskah buku yang dikirim tidak dibatasi, jadi boleh mengirim lebih dari satu naskah buku.
  7. Kelengkapan naskah yang dikirim: sinopsis (maksimal 2 halaman), halaman judul, daftar isi, naskah utuh buku (kami tidak menerima hanya beberapa bab saja), biodata penulis yang ditulis secara deskripsi/narasi.
  8. Naskah bukunya dikirim dalam LAMPIRAN FILE/ (Attach File) ke email: antologi_wr@yahoo.co.id (tulis: AMAZING BOOK#JUDUL#NAMA PENULIS)
  9. Harus membagikan informasi ini di note FB-nya minimal tag 30 teman, atau posting di Blognya.

SELEKSI NASKAH:

Seleksi Pertama:

  • Kami akan menyeleksi naskah berdasarkan syarat dan ketentuan seperti yang diatur dalam poin-poin di atas.

Seleksi Kedua:

  • Kami hanya akan menilai naskah buku yang sesuai dengan syarat dan ketentuan lomba ini.
  • Kemudian naskah tersebut dinilai oleh Dewan Juri untuk menentukan naskah yang layak sebagai pemenang.

HADIAH:

Satu Pemenang Utama

  • Naskah pemenang diterbitkan indie di Smart Writing sebanyak 100 eksemplar (total senilai Rp 1.850.000,- untuk biaya produksi dan cetak buku).
  • Penulis mendapat royalti 10% untuk buku sebanyak 100 eksemplar tersebut.
  • Jika penjualannya bagus, kami akan mempertimbangkan untuk cetak nasional oleh WritingRevo Publishing.

Tiga Juara Favorit:

  • Mendapat gratis biaya produksi senilai Rp 350 ribu.
  • Diskon 10% untuk biaya cetak buku di Smart Writing minimal 100 eksemplar.
  • Jika penjualannya bagus, kami akan mempertimbangkan untuk cetak nasional oleh WritingRevo Publishing.

Lima Pemenang Hiburan:

  • Mendapatkan paket buku dari Penerbit Smart Writing senilai @Rp 100.000,-

Sponsor Utama:

Informasi:

  • Hotline. 087766657623/085857593878
  • Telp. 0274-8593096
  • E-Mail: antologi_wr@yahoo.co.id
  • FB: Penerbit Smart-Writing
  • Website: http://www.penerbitwr.com
  • Blog: http://www.penerbitsmartwriting.blogspot.com
  • *****
  • syarat nerbitin naskahmu :
    1. Buat dalam file ms.word (halaman bebas, font bebas, ukuran nya disesuaikan, spasi 1,5 cm)
    2. Kirim naskah dalam lampiran ke e-mail sertakan biodata dan foto terbaikmu untuk menjadi database kami. E-mailnya : kaifaorganizing@ymail.com
    3. Terakhir pilih paket penerbit yang diinginkan
    Gampang kan? So, tunggu apalagi,. Let’s publish your book nowSalam hangat,
    Kaifa Publishing
    Member of Kaifa Organizinghttp://kaifaorganizing.blogspot.com/

    Have Question? Please send a message to 089655771290

    *****

    Audisi ke Penerbit Mayor : Muslimah Tampil Seksi? Why not?

     AUDISI ANTOLOGI “MUSLIMAH TAMPIL SEKSI, WHY NOT”

    oleh Faradina Izdhihary Dua pada 17 September 2012 pukul 8:34.

    Setelah jungkir balik dan berhasil  dengan antologi “Rumahku Rumahmu Juga, Sayang”, disusul “Memoar Guru”  sedang dalam persiapan penerbitan) yang berhasil nembus penerbit mayor, saya tergoda lagi untuk mengadakan audisi penerbitan antologi bareng.

    Kali ini temanya adalah “Muslimah Tampil Seksi, Why Not”. Wait, jangan langsung negatif thinking dengan kata seksi. Benar sich, makna kata seksi secara kamus (makna leksikal) berhubungan dengan keindahan yang mampu membangkitkan gairah seks. Tetapi, bukankah dalam bahasa  ada yang namanya “makna konotatif”, “perluasan makna”? So, jangan paranoid dulu, ya…

    Sejatinya, DL audiisi ini harusnya tanggal 30 Agustus 2012. pas jam 24 00. Namun, dalam minggu ini saya banyak terima inboks yang berisi permohonan teman-teman agar DL nya ditunda mengingat habis puasa dan libur lebara.OK. Gak papa. Demi mendapatkan banyak naskah yang bagus, DL ditunda sampai 1 OKTOBER 2012.

    Skedar info, untuk judul ini sudah ditawar oleh sebuah penerbitan mayor. Keren, kan?

    Nah…. inilah outline proyek kita:

    1. Judul Buku    : MUSLIMAH Tampil SEKSI, WHY NOT?
    2. Ketentuan naskah:

    a) Mengupas masalah kecantikan perempuan mulai dari wajah, tubuh, organ intim, sampai bahsa dan hati nurani yang dikaitkan dengan ajaran Islam.

    b) Menggunakan bahasa keseharian.

    c) Disajikan dalam bentuk cerita  sehingga terkesan nyata dan tidak menggurui.

    d) Digali dari pengalaman nyata penulis dan orang-orang terdekat yang sudah teruji kebenarannya.

    e) Di bagian akhir disertai resep-resep sederhana untuk menjaga kecantikan yang bisa dilakukan sendiri.

    3. Kontributor yang naskahnya lolos akan mendapatkan 1 bukti terbit dan 1 bonus buku (judul menyusul).

    4.  Karena outline naskah ini sudah di acc penerbit mayor, dengan sistem royalti , pembagian royalti atas buku ditentukan kemudian berdasarkan musyawarah para kontributor yang naskahnya terpilih. Insyaallah gak hanya dapat bukti terbit.

    5. Diketik pada kertas A4, 1.5 spasi, Times New Roman 12. antara 6-12 halaman.

    6. Naskah dikirim ke isti.alma@gmail.com paling lambat 1 Oktober 2012 pas jam 24.00 WIB di attachment.

    Deskrispsi:

    Seorang muslimah tampil seksi? Bolehkah?

    Rencananya buku ini berisi tulisan-tulisan inspiratif bagi perempuan (gadis maupun ibu-ibu) untuk lebih peduli memperhatikan penampilan dirinya.  Allah menyukai keindahan dan selayaknya muslimah pun menjaga dan merawat kecantikannya sebagai bentuk syukur pada Allah. Bahkan, Islam mengajarkan bahwa salah satu di antara 4 alasan yang digunakan untuk memilih calon istri adalah karena kecantikan wajahnya. Artinya, dalam Islam sesungguhnya juga diajarkan agar seorang muslimah memperhatikan kecantikannya. Sayangnya, masih banyak muslimah yang tidak peduli pada penampilannya. Tak hanya tidak peduli dengan kecantikan wajah, mereka juga banyak yang tidak peduli pada bagaimana cara berbusana yang menarik namun tetap sesuai syariah, bahkan banyak pula yang tidak memedulikan bentuk tubuhnya.

    Dalam buku ini akan kita sampaikan ide bahwa seorang muslimah harus selalu tampil seksi. Seksi dengan pengertian bahwa mereka harus tampil menarik, membuat orang yang melihatnya senang, dan nyaman.Kita tolak penampilan muslimah yang awut-awutan sehingga malah menimbulkan kesan buruk bahwa muslimah itu kotor dan kumuh. Dengan demikian, penampilan yang menarik juga akan menjadi “daya jual” Islam pada orang-orang nonmuslim. Apalagi bila muslimah tersebut sudah menikah, maka tampil menarik dan cantik di hadapan suami sudah pasti menjadi “wajib”.

    Tentu saja, Penampilan yang dimaksud tentu bukan hanya penampilan fisik. Muslimah sejati wajib membekali dirinya dengan kecantikan hati dan otak. Selain itu, ia juga harus menjaga kebugaran tubuhnya sehingga kecantikan fisik, otak, dan hatinya akan memancar.

    Contoh-contoh tema yang bisa diangkat: (Aku ambil yang nomor dua dan nomor 8).

    Tapi boleh juga mengembangkan topik dan judul sendiri, asal sesuai dengan tema.  Ingat konotasi seksi, bukan makna leksikal (makna kamus).

    Teman-teman bisa pilih di antara judul2 itu atau bisa cari ide lain. Bila naskah yang bagus banyak, kita buat berseri.

    1)       Allah Itu Indah dan Menyukai Keindahan

    2)       Muslimah Tampil Seksi, Why Not?

    3)       Pakai Make Up, Siapa takut?

    4)       Setiap Perempuan Pasti cantik

    5)       Bukan Hanya Wajah

    6)       Disiplin Diri, Rahasia selalu tampil Berseri

    7)       Puasa sebagai Detoksifikasi

    8)       Big is Beautiful? Wake Up!

    9)       Tak Ada Istilah gagal dalam Diet

    10)    Puasa Mata, Yuk!

    11)    Olah Raga, Yuk!

    12)    BB? No Way!

    13)    Hamil Tetap Cantik dan Seksi

    14)    Tetap Seksi Selepas Kehadiran Si Kecil

    15)    Merawat Organ Intim

    16)    Healthy and Comfortable Lingerie

    17)    Bening Hati, Blink-Blik di wajah

    18)    Black also Beauty

    19)    Keep Smile, Please!

    20)    Busanamu Tunjukkan Pribadimu

    21)    Pertajam Aura Cantikmu dengan Jilbab!

    22)    Trendy Berbusana

    23)    Berdandan Tak kenal usia

    24)    Manjakan Pasangan dengan Penampilan Kita

    25)    Percantik Diri dengan Bahasa

    26)    Up Grade Terus Cantikmu

    27)    Bahasamu, Lipstik Bibirmu

    (Silakan ambil topik lain bila ada ide)

    Pengumuman lomba juga bisa dilihat di FB Bunda yaitu Faradina Izdhihary atau faradina Izdhihary Dua.

    Alamat pengiriman:

    isti.alma@gmail.com (yang sudah telanjur mengirim diistiqomahalmaky@yahoo.co.id gak papa. (sertakan juga CV, foto, dan no rekening.)

    *****

    Proyek Buku Antologi Bertema Petualangan DL 29 SEPTEMBER 2012
    by Wahidin Sinaga on Monday, September 3, 2012 at 9:11pm ·

    Ini adalah proyek pertama saya , bagi para penulis silahkan dipertimbangkan. Antologi yang saya maksud disini adalah kumpulan cerpen yang bertemakan “Petualangan “, silahkan diinterpretasikan sendiri menurut pemahaman masing-masing penulis dan disesuaikan dengan penjelasan diatas atau sesuai dengan judul bukunya nanti “Petualangan Gokil”.

    Dana yang dibutuhkan dari setiap penulis yang berpartisipasi dalam proyek ini adalah Rp 100.000/Judul, silahkan daftarkan diri Anda melalui inbox Wahidin Sinaga. Proyek ini berlaku bagi umum . Antologi ini akan diterbitkan . Semua penulis akan mendapat 1 eks buku tanda terbit , biaya yang dikirimkan sudah termasuk ongkos kirim buku ke alamat masing-masing penulis.Silahkan Kirim  Naskah dulu, setelah penutupan baru dana di transfer da

    Berikut ketentuan naskahnya :

    1. Tema “Petualangan”

    2. Format justify , TNR 12 , margin 3cm tiap sisi, spasi 1,5 dan panjang naskah 4-7 halaman A4.

    3. Maksimal mengirim 2 naskah.

    4. Naskah dikirimkan via email dalam bentuk lampiran ke : ffsoles@yahoo.co.id  , dengan subject : KUMCER-Nama Penulis, dan nama file nya : Nama penulis.

    5. Sertakan juga biodata narasi mak. 100 kata beserta foto di lembar bawah naskah.

    Bagi 2 penulis naskah terbaik , namanya akan dicantumkan di cover depan Kumcer bersama dengan nama saya.

    Untuk ketentuan lebih lanjut silahkan bertanya di inbox Wahidin Sinaga  atau melalui line sms di 6289658303579

    Terima kasih

    PJ Antologi

    Wahidin Sinaga

    *****

    Buku Award ? 2012 (Pencarian Nominasi 21 Sep – 31 DEC 2012
    by Wahidin Sinaga on Friday, September 21, 2012 at 5:32pm ·

     Pastikan tahun ini anda memiliki buku solo atau Buku yang ada karyamu, baik novel, novelet, kumcer, atau kumpulan puisi. Pada akhir tahun 2012, SOLES akan mengadakan event BUKU PILIHAN SOLES 2012. Pesertanya adalah buku-buku sastra yang terbit di tahun 2012 (penerbit bebas). Akan dipilih pemenang dari dua kategori yaitu kategori novel/kumcer, dan kategori kumpulan puisi. Masing-masing pemenang akan menerima hadiah uang tunai dan Hadiah Menarik dari kami . Event ini diselenggarakan dalam menyambut ulang tahun CAA,SOLES,KPS ke-3. Pengiriman buku kepada crew SOLES dimulai 21 September 2012 Hingga 31 Januari 2012. Jadi terbitkan buku solo-mu sekarang, jadilah pemenang BUKU PILIHAN SOLES 2012.

    Pendaftaran

    1. Pendaftaran 21 Sep-31 Des 2012

    2. Nama#Kota Kalian#No Telepon

    Syarat :

    1. Terdaftar di Database
    2. Kirimkan Buku Solo/Grup (Yang Ada Nama Anda)
    3.  Buku Merupakan Terbitan Jan 2012 – Des 2012
    4.  Tema Bebas (Bukan Pornografi)
    5.  Masuk Menjadi Anggota Soles Atau Berteman Dengan Wahidin Sinaga
    6.  Buku Dimasukan Ke dalam Amplop Coklat (Ukuran Disesuaikan)
    7.  Buku Dibagian depan Ditanda Tangan
    8.  Selipkan Tulisan “Buku Saya Di Award Book 2012
    9. Masukan Juga Pengalan Kisah, Sinopsis, Bentuk Fisik Buku, Dan Mengapa Buku Anda Harus Jadi Award.
    10. Pada Depan Amplop di Tuliskan Kode Misalnya (PR) = Jenis Paragraf atau (PU) = Jenis Puisi.
    11. Pengiriman Buku 21 September 2012 – 31 Desember 2012.
    12. Jumlah Pengiriman Nominasi Buku Tidak Dibatasi

    Penilaian

    1. Syarat (30%)
    2. Voting (20%)
    3. Penilaian Juri (50%).

    Babak

    1.  Pengumpulan Nominasi
    2. Babak Eliminasi administrasi
    3. Babak Eliminasi Buku
    4. Lima Besar
    5. Pengumuman Award Buku 2012

    SEMUA BUKU YANG MASUK DAN SUDAH DINILAI AKAN DISUMBANGKAN KEMBALI KE CAA THE KPS

    Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional se-Indonesia untuk Mahasiswa, Santri dan Umum

    Pesantren Mahasiswa (Pesma) An-Najah (Purwokerto) menyelenggarakan Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional untuk mahasiswa, Santri dan umum se-Indonesia. Lomba ini merupakan rangkaian acara yang diadakan oleh Pesantren ini, dengan tema besarnya “Pesantren Menulis: Dinamika Budaya Pesantren untuk Membangun Karakter Bangsa”.

    Adapun syaratnya sebagai berikut:
    Tema dengan latar belakang budaya atau kehidupan pesantren
    Cerpen wajib karya asli dari si penulis, tidak karya terjemahan atau jiplakan, dan belum pernah dikirim untuk dipublikasikan kepada media massa atau lomba
    Panjang cerpen 5-10 halaman kuarto, hurup times new roman size 12
    Pengiriman dilampiri: riwayat singkat maksimal 1 halaman
    Jika cerpen menggunakan kutipan, maka gunakanlah “foot note”, atau “End Note”
    Hanya diperbolehkan kirim 1 judul cerpen terbaiknya ke email= pesmaannajahpress@gmail.com
    Pengiriman naskah cerpen diterima selambatnya pada Jumat 30 SEPTEMBER 2012 jam 00,00 WIB
    Pengiriman naskah cerpen disertai dengan SCAN BUKTI TRANSFER UANG PENDAFTARAN LOMBA CIPTA CERPEN Rp.10.000,- ke rekening Pesma An-Najah BRI Purwokerto 0077-01-042963-50-2.

    Dari lomba ini akan dipilih 27 nominator dan 3 pemenang, yang kemudian akan diterbitkan menjadi sebuah kumpulan cerpen oleh Penerbit Pesma An-Najah Press. Peluncuran buku kumpulan cerpen ini menandai dimulainya serangkaian kegiatan “Pesantren Menulis: Dinamika Budaya Pesantren untuk Membangun Karakter Bangsa”, akan dihadiri oleh Menteri Agama RI, Bapak Surya Darma Ali.

    Para Nominator dan Pemenang akan mendapatkan imbalan:
    Juara ke-1 mendapatkan trophy dan sertifikat pemenang, uang tunai Rp 1.500.000, dan 3 eksemplar buku cerpen hasil lomba;
    Juara ke-2 mendapatkan trophy dan sertifikat pemenang, uang tunai Rp 1.250.000, dan 3 eksemplar buku cerpen hasil lomba;
    Juara ke-3 mendapatkan trophy dan sertifikat pemenang, uang tunai Rp 1.000.000, dan 3 eksemplar buku cerpen hasil lomba.

    Juri Lomba Cipta Cerpen:
    Dr. Aprinus Salam, M.Hum. (Sastrawan, Dosen Ilmu Sastra UGM/Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM);
    Abdul Wachid B.S., S.S., M.Hum. (Sastrawan, Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di STAIN Purwokerto);
    Arif Hidayat, S.Pd., M.Hum. (Sastrawan, Dosen di Sekolah Kepenulisan STAIN Purwokerto).

    Contact Person:
    Dimas Indianto S. (085 741 060 425)
    Eka Safitri (085725437427) — with Heru Kurniawan, Miel Cumalcumil, Ayyu Rien, Heru Aufklaquera, Badruddin Emce, Muhammad Imron, Acep Zamzam Noor, Hestyara El Hazza, Menning Alamsyah, Teater Mata Banda Aceh, Zuma Sa’adah, Muhamad Baedowi El Wahdary, Ary Hansamu Harfeey, Remmy Novaris DM, Sarwan Kelana, M Djoko Yuwono, Chun ChUnef, Djito El Fateh, Flp Cab Oku, Muhammad Yusup, Aulia Maulana Azkiya, Dwiyana Hesty Fatmala, Syarif Hidayatullah, Putra Djunaedi, Syarifuddin Arifin Dua, Abdul Aziz Rasjid, Arif Hidayat, Nanot Jrs, Umi Fadhilah, Niduparas Erlang, Wahyu Budi Antoro, Runy Ginevla, Elaine Firdausza, Angga Aryo Wiwaha, Sariak Layung, Aulia Nur Inayah, Latifatul Kahasanah Cut, A’yat Khalili, Amayta Rahma Nuriza, Arinda Risa Kamal, Rizki A. Abdullah, Ila Rizky Nidiana, Azizy Cinung, Inten Mustika, Exaf Dieery, Abdul Wachid Bs and Dimaz IndiaNa SEnja at Pesma An Najah Kutasari, Baturaaden.

    *****

    FF Reguler Pedas

    Sobat Pedas, benarkan Flash Fiction bermanafaat? Lalau apa manfaat Flash Fiction (Cerpen)? Ya, benar, Flash Fiction memang bermanfaat. Selain mengembangkan kemampuan panca indra dan intelektual seseorang, FF mampu memperkaya batin seseorang. Tidak percaya? Tuliskan dan buktikan.

      

    Ketentuan:

    01. Anggota Grup PEDAS-Penulis Dan Sastra.

    02. Jadwal posting jam 00.00-23.00 Rabu 26 September 2012 di wall group.

    Dengan format:

    (FF-Rabu 26 September 2012).

    Judul:

    Nama asli/pena (Bukan nama fb).

    03. Tema FF sesuai gambardi atas bergenre bebas.

    04. Naskah asli dan belum pernah dipublikasikan/disertakanlomba.

    05. Dituliskan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. (Tidak boleh pakai bahasa alay)

    06. Dituliskan 200-500 kata, TIDAK BOLEH KURANG TIDAK BOLEH LEBIH.

    07. Dipilih 4 naskah terbaik yang akan dikumpulkan sampai 40 naskah untuk dibukukan dan diterbitkan.

    Ayo asah terus kemampuanmu berimajinasimu , go spirit.

    Salam Literasi

    KP Group PEDAS-Penulis dan Sastra

    (Chilix’s Chilik’s & Meirima Asayo)

    ****

    Sobat Muslim memiliki hobi dalam fotografi? Yuk ikutan kompetisi foto LazuardiBirru, syarat dan ketentuannya lihat disini http://bit.ly/PfAAYz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s