Write Without Boundaries

Lomba di Desember 2012

Yukk simak

Event “EPG (Ekspresi Pecinta Gunung)”

oleh : Mawar Rovita Sari. (Semua Naskah Di Bukukan.GRATIS)

by Mawar Rovita Sari II on Monday, December 3, 2012 at 10:27pm ·

GUNUNG. Menurut KBBI (kamus Besar Bahasa Indonesia)  definisi gunung adalah “Bukit yang sangat besar dan tinggi (biasanya tingginya lebih dari 600 m)”. Bagi saya, Gunung adalah sebuah panorama alam yang menyimpan sejuta misteri (yang menakjubkan) dan mempesona. Tidak berlebihan saya mengatakan demikian, siapapun yang pernah mendaki sampai ke puncak tertinggi sebuah Gunung akan merasakan betapa nikmatnya rasa lelah yang telah lenyap ketika di sambut oleh awan-awan yang menggumpal menyelimuti puncak Gunung tersebut. Iya kan ? (yang ngakunya anak pecinta alam, pasti merasakan hal serupa? Hehe)

Oleh karena itu, untuk memperingati Hari Gunung yang Jatuhnya Pada Tanggal 11 Desember, saya (Mawar Rovita Sari), ingin mengadakan Event yang bertema : EPG (Ekspresi Pecinta Gunung).  Saya (Pribadi) berharap dengan adanya event ini, sahabat-sahabat yang mencintai gunung, baik sebagai Pendaki Gunung maupun sebagai penikmat dari jauh, bisa menuangkan perasaanya lewat sebuah PUISI dan CERPEN yang bertemakan GUNUNG.

Nah, ini dia ketentuan dan syarat yang berlaku :

1. Terbuka untuk UMUM (tanpa batasan usia. Siapapun boleh ikut da dari latar pendidikan apapun).

2. Berteman dengan Facebook Mawar Rovita Sari ataupun Mawar Rovita Sari II dan bergabung di Grup Goresan Pena Publishing.

3. Naskah merupakan tulisan sendiri, bukan jiplakan dan belum pernah di publikasikan di media manapun. Peserta bisa mengirimkan maksimal 3 karya (boleh sama semua genre, baik puisi saja ataupun cerpen saja ataupun kedua-duanya).

4. Tema : GUNUNG (keindahan gunung, makna sebuah perjalanan, makna sebuah ujian, dsb yang penting sesuai dengan tema)

5. Panjang PUISI maksimal 25 BARIS (DARI JUDUL SAMPAI AKHIR).

6. Panjang Cerpen : 4-6 halaman

7. Di tulis di kertas A4, Font tulisan; Times New Roman, ukuran huruf 12, spasi 1,5, margin 3333 (cm). 

– Dikirim ke email : azalea_mawar@yahoo.com

– Dengan Subyek : Nama Penulis_Judul

8. Menyertakan biodata narasi diri di akhir naskah maksimal 100 kata , meliputi : nama lengkap, nama fb, no.hp, alamat lengkap, prestasi menulis, dll.  Beserta foto (bebas). Diletakkan dibawah naskah. Jadi,  Naskah, Biodata dan Foto di simpan dalam satu file word.

9. Copy paste INFO LOMBA  ini, simpan di CATATAN Facebook dan tag pada 20 orang teman (termasuk Facebook Mawar Rovita Sari ataupun Mawar Rovita Sari II).

10Deadline (batas akhir) Pengiriman Naskah : 25 Desember 2012

Semua naskah yang masuk akan kami terbitkan dalam bentuk buku. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya kepada saya melalui Pesan di Facebook.

Update peserta dapat dilihat di wall Grup Goresan Pena Publishing

Event ini dibuka dan ditutup : 1 Desember  2012 – 25  Desember  2012

 (Ada hadiah kejutan dari pimpinan GP untuk 3 naskah terbaik)

*) Harap info tersebut dibaca dengan teliti, agar tidak terjadi kesalahan pada saat mengirimkan naskahnya kepada saya. Jangan sungkan untuk bertanya kepada saya karena saya akan melayani setiap pertanyaan dari sahabat-sahabat semuanya.

Pekanbaru , 1 Desember 2012

Penanggung Jawab event

Mawar Rovita Sari

*****

Sahabat Anak Menulis…
Kegiatan tulis menulis ini rupanya semakin asyik saja…
Kami ingatkan lagi masih ada 3 kegiatan menulis yang bisa diikuti:
1. Proyek menulis Anak dengan tema “Petualangan Liburan Ajaib”
2. Proyek menulis para Bapak tema “Pengalaman jadi Bapak”

3. Proyek menulis para ibu/guru/pengasuh anak/atau siapapun yang pernah mengalami BULLYING/BULLYING PADA ANAKKami tunggu naskahnya yaaa….
#semoga suatu saat buku-buku kita bisa masuk dan laku di toko buku…#terus mencari cara, doakan yaaa*****link : http://www.pena-santri.blogspot.com/

Ini Kultumku Edisi 2

Ini Kultumku Edisi 2

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu ‘alaikum Wr Wb

Sahabat KPS. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam menyebarkan kebaikan. Salah satunya dengan kultum (Kuliah Tujuh Menit). Walaupun singkat, jika disampaikan secara menarik, dan materi yang berbobot Kultum bisa mendatangkan manfaat yang banyak. Karena itu kami mengajak Sahabat KPS sekalian untuk membuat materi Kultum (Kuliah Tujuh Menit) dalam event yang kami namai “Ini Kultumku”
Berikut ketentuannya,

1. Karya orisinil, bukan saduran dari buku atau internet
2. Tema : Bebas.
3. Tidak menyinggung SARA
4. Ditulis dalam kertas A4, margin 3,3,3,4 TNR ukuran 12 maksimal 1500 kata. Jangan lupa sertakan biodata narasi maksimal 75 kata di bawah naskah. Jangan lupa sertakan nomor HP dan Alamat rumah.
5. Naskah kultum dikirim via attachment ke pena.kps@gmail.com dengan subjek : Kultumku 2 #Nama# Judul. Contoh : Kultumku 2 #Andi# Muslim Kuat Karena Bersaudara
6. Selain dikirim via email, Naskah Kultum juga wajib diposting di catatan FB masing-masing dan men-tag minimal 31 orang termasuk FanPage Komunitas Pena Santri (Page), jika tidak bisa men-tag FanPage, silakan tautkan link di Grup KPS (Komunitas Pena Santri)
7. Di bawah catatan silakan cantumkan keterangan berikut : Kultum ini diikutkan dalam event “Ini Kultumku (KPS) Komunitas Pena Santri”. Info Lengkap, Klik : www.pena-santri.blogspot.com
8. Naskah paling lambat dikirim tanggal 06 Januari 2012, pukul 23.59
9. Perlu digarisbawahi, hak cipta ada pada penulis, hak muat ada pada KPS, dalam artian KPS berhak memuat naskah kultum di blog atau buku. Kalaupun ada royalti akan digunakan untuk pengembangan KPS
10. Hasil penjurian insyaAllah akan diumumkan pada tanggal 25 November 2012 di www.pena-santri.blogspot.com (Jikapun ada pengunduran kami akan umumkan di sana, insyaAllah). Like dan komen di catatan menjadi salah satu pertimbangan dewan juri, namun tidak mutlak.
11. Setiap Edisi akan ada 2 pemenang yang mendapatkan Voucher pulsa masing-masing Rp. 25.000 dan buku menarik dari Hamasah Komunitas.
12. Kultum-kultum terbaik, insyaAllah, akan kami bukukan menjadi sebuah buku kumpulan kultum yang menarik. Info terkait pembukuan, insyaAllah kami informasikan lebih lanjut kepada yang naskahnya terpilih.
Event ini didukung oleh Hamasah Komunitas www.rumahhamasah.worpress.com
Kita niatkan ini sebagai kebaikan, jikapun tidak berhasil mendapat hadiah dari kami. Yakinlah jika berbuat kebajikan, Allah akan memberikan hadiah terindah, yang besar untuk kita.
Jazakumullah Khoir.
Yang peduli, berkenan menyebarkan merjan kebaikan, silakan sebarkan info event Ini.
Salam Pena.
*****

PERCIKAN “API”

Flyer PERCIKAN API

Wahai para Kamerad,

BOM Cerpen adalah sebuah gerakan sastra, sebuah komunitas terbuka, sebuah semangat yang ingin meledakkan sastra Indonesia, terutama bentuk cerita pendek. Melihat dari animo yang ada di masyarakat, BOM Cerpen terus berjuang untuk meledakkan sastra Indonesia melalui bentuk cerpen. Untuk semakin meningkatkan antusiasme dan membantu menyalurkan kreativitas serta ekspresi sastra para Kamerad, juga dengan meningkatnya kuantitas cerpen-cerpen yang masuk ke BOM Cerpen sekaligus kualitas cerpen yang patut diapresiasi, kami memutuskan untuk menyelenggarakan sebuah program: lomba penulisan cerpen.

Lomba penulisan cerpen ini sepenuhnya digagas dan diselenggarakan oleh para dewan BOM Cerpen. Namun, perlu diingat, kesuksesan dalam menjalankan program ini tidak hanya bergantung pada para dewan, melainkan Anda, para Kamerad BOM Cerpen.

Di lomba perdana yang kami selenggarakan ini, yang kami beri nama PERCIKAN (Perlombaan Cerpen Indonesia Karya Anak Bangsa), kami mengusung tema “API.” Tema ini akan menjadi panduan bagi para Kamerad untuk mengirimkan cerpen-cerpen Anda dengan satu tema yang sama. Penjelasan mengenai tema akan kami jabarkan di bawah.

Dengan semangat yang tak pernah padam, kami berharap program ini akan menjadi program yang rutin di masa mendatang. Maka, kami harap keikutsertaan para Kamerad untuk menyukseskan program ini bersama-sama.

Tanpa panjang lebar lagi, kami mengundang para Kamerad untuk ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Silakan kunjungi halaman PERATURAN DAN MEKANISME PERCIKAN API untuk ikut serta dalam lomba ini.

Mari ledakkan sastra Indonesia!

Salam sastra,

Winaldo Artaraya Swastia

Koordinator Program PERCIKAN API

Dewan BOM Cerpen

LOGO 2

N.B. Jika Anda ingin membaca cerpen-cerpen BOM Cerpen, silakan kunjungi Bom-bom Cerpen.

*****

MILAD DEKA PUBLISHING *1st Anniversary* – DL s/d 10 Januari 2012
by Gluck Fraulein on Monday, December 17, 2012 at 3:45pm ·

Bismlillahirrahmanirrahiim

Asalamu’alaiakum…

Salam semangat untuk kita semua…

INFO DAN PERSYARATAN UMUM (UNTUK SEMUA KATEGORI) :

  1. Event dibagi menjadi 3 (tiga) kategori; 1 Novel – 1 Kumcer – 1 Kumsi, Proyek ‘Naskah [Masih] Yang Terabaikan’, dan We Love deKa Publishing.
  2. Peserta terbuka untuk umum.
  3. WAJIB LIKE/SUKA fanpage CV. Armada Deka: http://www.facebook.com/dekapublishingofficial.
  4. WAJIB LIKE/SUKA di Fanpage Sang Penulis Amatir : http://www.facebook.com/pages/Sang-Penulis-Amatir/228887230457818
  5. WAJIB berteman dengan DeKa Publisher : http://www.facebook.com/deKa.publishing.
  6. Tag info lomba ini ke 30 teman yang memiliki hobi membaca dan menulis, termasuk DeKa Publisher.
  7. Diketik di Ms. Word 2003/2007 dengan font Calibri 11 pt, dengan spasi 1,5.
  8. Panjang naskah menyesuaikan kategori (cek di bawah).
  9. Sertakan juga biodata singkat maksimal 50 kata (Nama asli, nama pena, TTL, akun facebook/twitter/blog, prestasi jika ada) dalam bentuk narasi di akhir naskah.
  10. Semua naskah dikirimkan ke email : deka_publishing@yahoo.co.id dengan subjek sesuai masing-masing kategori di bawah. (Naskah dikirim bukan di badan email, tapi dilampirkan / attachment).
  11. Setiap peserta maksimal mengirimkan 2 naskah.
  12. Semua naskah yang masuk akan diterbitkan di deKa Publishing.
  13. Seluruh royalti akan digunakan untuk pengembangan fanpage Sang Penulis Amatir.

– – – – – – – – – – –

(A.)   1 NOVEL – 1 KUMCER – 1 KUMSI

Ingin menerbitkan naskah novel atau naskah kumpulan cerita (baik solo maupun antologi) atau naskah kumpulan puisi (baik solo maupun antologi)? Masih bingung ingin diterbitkan ke mana? Kali ini adalah waktu yang tepat untuk mengirim naskah tersebut.

Dalam rangka Milad Pertama deKa Publishing, maka dengan ini kami mencari 1 naskah novel, 1 kumcer, 1 kumsi untuk kami terbitkan gratis tanpa dipungut biaya lain-lain.

Syarat & ketentuan :

  • Naskah yang dikirim adalah naskah utuh (artinya: bukan naskah yang setengah selesai atau malah hanya beberapa bab saja).
  • Panjang naskah (untuk novel) 75-150 halaman A4, spasi 1, Calibri 11. Novel ditulis oleh 1 penulis, bukan rame-rame / novelet.
  • Panjang naskah (untuk kumcer) 75-100 halaman A4, spasi 1, Calibri 11. Kumpulan Cerpen boleh ditulis solo (penulis 1 orang) atau ditulis oleh minimal 10 penulis, maksimal tidak ada batas (tapi ingat dengan jumlah halaman).
  • Panjang naskah (untuk kumsi) 75-100 halaman A4, spasi 1, Calibri 11. Kumpulan Puisi boleh ditulis solo (penulis 1 orang) atau ditulis oleh minimal 10 penulis, maksimal tidak ada batas (tapi ingat dengan jumlah halaman).
  • Kirimkan naskah via e-mail (lihat syarat umum) dengan subjek email : MILAD – Jenis naskah.
  • Deadline : 1 JANUARI 2013.

Apresiasi :

  • Untuk 1 naskah novel yang terpilih akan mendapatkan 2 eks buku terbit.
  • Kumcer : 2 eks buku terbit, jika solo. Dan 5 eks jika antologi (dikirim ke alamat PJ)
  • Kumsi : 2 eks buku terbit, jika solo. Dan 5 eks jika antologi (dikirim ke alamat PJ)

(B.)   PROYEK ‘NASKAH [MASIH] YANG TERABAIKAN’

Masih ingat dengan Event “Yang Terabaikan” beberapa waktu lalu? Alhamdulillah, setelah menerbitkan 3 seri buku, kali ini kami hadir kembali dalam rangka Milad Pertama deKa Publishing.

Silakan lihat persyaratannya…

Pernahkah kamu mengikuti sebuah lomba menulis tapi tidak pernah lolos seleksi? Kepikiran nggak naskah itu mau diapain? Direvisi ulang, dibiarkan begitu saja, atau dibuang/dihapus/delete saking bingungnya mau diapain? Sudah diedit tapi tidak cocok untuk event menulis lainnya? Sudah diedit dan mencoba mengirimkannya ke media masa tapi juga tidak tembus redaksi?

Jangan putus asa, kerabat. Saatnya impian lolos dan jadi buku sebentar lagi akan terbuka lebar.

Apa syaratnya? Gampang kok. Langsung saja simak peraturannya, ya…

  1. Naskah adalah hasil dari perlombaan menulis. Bukan naskah dadakan untuk dikirim dalam event ini.
  2. Umur naskah tidak kurang dari 1 bulan. Artinya naskah memang bukan dibuat dadakan. Naskah adalah hasil dari perlombaan menulis yang diadakan sebelum/tepat bulan November 2012 (max deadline lomba s/d tgl 30 Nov).
  3. Jenis tulisan bebas (puisi, prosa, cerpen, flash fiction, dsb).
  4. Panjang naskah maksimal 6 halaman A4. Khusus untuk puisi maksimal 2 halaman A4, dengan spasi 1, font Calibri 11pt.
  5. WAJIB menyertakan nama perlombaan yang pernah diikuti dan siapa penyelenggaranya, beserta link (jika ada) atau hasil pengumuman lomba di akhir naskah. Misal : Naskah di atas pernah diikutsertakan dalam event … yang diselenggarakan oleh …… (link)   atau  Naskah pernah dikirim ke media … pada bulan….
  6. Kirimkan naskah dengan subjek email : Yang Terabaikan – Judul – Nama Penulis.
  7. Deadline : 1 JANUARI 2013, pukul 12.00 WIB.

(C.)    WE LOVE DEKA PUBLISHING

Apresiasi :

  • Foto profil peserta (gambar We Love deKa Publishing) dengan LIKE terbanyak, akan mendapatkan :
  • Terbanyak Pertama : Paket Buku senilai Rp. 150.000,- dan Voucher Penerbitan Paket Standar.
  • Terbanyak Kedua : Paket Buku senilai Rp. 100.000,- dan Voucher Penerbitan Paket Standar.
  • Terbanyak Ketiga : Paket Buku senilai Rp. 50.000,- dan Voucher Penerbitan Paket Standar.

Jika ada pertanyaan silakan layangkan di wall fanpage Sang Penulis Amatir / CV. Armada Deka.

Sekian dan terima kasih.

Fastabiqul khairat

Nuun, wal qolami wama yasturuun

Wasalam.

Di sudut layar,

17 Desember 2012

Salam pena,

HW Prakos0

Sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=207929352677233

*****

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Puisi Bait Kata Suara, sebagai grup yang konsisten pada pergerakan kesusastraan yang diikuti oleh penyair dari berbagai kalangan baik pemula, penyair kenamaan, penikmat, pemerhati dari empat negara yakni, Malaysia, Singapura,  Indonesia dan Brunei Darussalam: semua menyatukan pandangan melalui kekaryaan

: memanusiakan manusia menuju peradaban yang manusiawi.

Adalah tidak berlebihan jika kemudian muncul keinginan untuk mendokumentasikan karya-karya para ahli PBKS dalam sebuah buku yang tidak lain tidak bukan adalah dengan niat untuk turut menghidupi degup kesusastraan Nusantara. Selain itu sebagai bentuk rasa syukur dikarenakan PBKS tetap dapat berjalan dengan baik dan komunikatif saling memberi masukan dan membangun kepercayaan diri masing-masing pengkarya.

Dengan ini, kami dari segenap Admin Puisi Bait Kata Suara (PBKS) mengundang kawan-kawan ahli BPKS untuk mengirimkan karyanya masing-masing maksimal 5 (lima) puisi yang akan dipilih oleh kurator:

1. Mahbub Junaedi_Indonesia

2. Noor Aisya Buang_Singapura

3. Kamelia Kameel_Malaysia

4. Muhammad Rois Rinaldi_Indonesia

Tata cara pengiriman untuk antologi grup Puisi Puisi Bait Kata Suara:

  1. Buatlah dokumen di File BPKS dengan menggunakan Judul seperti contoh
  2. “Kumpulan Puisi Muhammad Romli_PBKS) lengkap dengan nama asli dan biodata singkat.
  3. Data yang masuk diterima paling lambat tanggal 01  Januari  2013
  4. Puisi yang masuk akan diseleksi oleh kurator dan diumumkan pada tanggal 01 Februari 2013.

Demikian, semoga dengan ini BPKS secara langsung mampu memperkaya khazanah kesusastraan Nusantara.

Sebagai gambaran penyeleksian puisi yang masuk, berikut saya buatkan alur penyeleksian beserta aspek-aspek penilaian masing-masing kurator yang ternyata berbeda-beda:

Karya masuk dan didokumentasikan oleh Muhammad Rois Rinaldi, kemudian diseleksi oleh Muhammad Rois Rinaldi (Yang tidak dipilih oleh Muhammad Rois Rinaldi tetap disertakan saat akan diberikan kepada kurator selanjutnya dengan diberi tanda merah untuk dapat dipertimbangkan oleh kurator lainnya begitupun selanjutnya). Proses penyeleksian masuk ke Mahbub Junaedi Setelahnya diseleksi oleh Noor Aisya dan Berakhir di Kameelia Kameel. Setelah masing-masing kurator memilih puisi yang dianggap layak, diselenggarakan rapat bersama seluruh kurator untuk mempertanggungjawabkan setiap pilihannya dan mendiskusikan kemungkinan-kemungkinan lainnya. Setelah keputusan diambil seluruh data masuk ke Muhammad Rois Rinaldi untuk pengecekan EYD (Licentia Poetica tetap berlaku di sini).

Begitulah kira-kira gambaran penyeleksian tim kurator dan berikut aspek penilaian yang dipegang atau diyakini oleh masing-masing kurator:

Mahbub Junaedi

  1. Suara hati yang murni
  2. Keindahan suara batin
  3. Cinta yang dilambangkan alam
  4. Keberanian dalam pengungkapan kata baru yang berbeda dari setiap puisi, yang tidak latah atau pengekor, tetapi sama sekali baru dan mengandung sentuhan estetika yang murni dari penulisnya.

Noor Aisya

  1. Kreativiti
  2. Originaliti
  3. Estetika
  4. Penyampaian Pesan
  5. Bahasa

Kameelia Kameel

  1. Pesan yang terkandung dalam puisi
  2. Rasa yang menghidupi jiwa saat membacanya

Muhammad Rois Rinaldi

  1. Orisinalitas & Kebaruan ungkapan
  2. Kepaduan & Musikalitas
  3. Intensifikasi
  4. Ruang Jelajah Puisi
  5. Eksploratif

*****

LOMBA “3 MACAM KARYA UNTUK INDONESIA” 2012 (TMKUI)

by Samudrawan Kertapati on Tuesday, December 18, 2012 at 3:13pm ·

Berikut ini adalah pengumuman perubahan info “Lomba 3 Macam Karya Untuk Indonesia 2012”.. 

*Terdapat perubahan hadiah, ketentuan, dan akan dipilih juara umum. 

Hai..!

Menurut kalian, Indonesia itu gimana sih? Membanggakan, memalukan, atau dua-duanya?Nah, daripada perasaan dan pendapat kalian tentang Indonesia cuma dipendem dalem2.. Lebih baik kalian buat menjadi sebuah karya indah, dan siap2 dapatkan hadiah untuk nominator juga pemenangnya.. Caranya gampang banget kok, kalian tinggal ikut “LOMBA 3 MACAM KARYA UNTUK INDONESIA 2012”. Berikut ketentuan dan syaratnya:

1. LOMBA STATUS CANTIK

– Tema: Kritik dan Saran Untuk Indonesia

– Status dibuat sebanyak max 1,5 hal HVS A4

– Jumlah halaman sudah termasuk biodata singkat peserta yang mencakup nama lengkap, nama pena bila punya, alamat, nomor HP yang bisa dihubungi, dan alamat jejaring sosial.

– Bahasa harus sopan

– Status dibuat dengan format:

#Lomba Status Cantik: LSC_NAMA PESERTA_JUDUL KARYA

#Tema: Kritik dan Saran Untuk Indonesia

… Isi Statusmu …

#Tag FB Anggita Nurindah Kusuma (https://www.facebook.com/anggitanurindahk)

 Akan dipilih 10 nominator yang berhak mendapatkan e-sertifikat, voucher diskon pembelian buku, dan karyanya dibukukan

– Akan dipilih 1 pemenang yang berhak mendapatkan e-sertifikat, voucher diskon pembelian buku sebagai nominator, voucher diskon pembelian buku senilai 15.000, dan pulsa 500

2. LOMBA MENULIS PUISI

Tema: Puisi Untuk Indonesia

– Karya dibuat sebanyak max 2,5 hal HVS A4, margin 3 cm disemua sisi, spasi 1,5, TNR, Font 12

– Jumlah halaman sudah termasuk biodata singkat peserta yang mencakup nama lengkap, nama pena bila punya, alamat, nomor HP yang bisa dihubungi, dan alamat jejaring sosial

– Kirim via email ke bgf.competition@yahoo.com

– Format dokumen (.doc)

– Subjek email dan judul file: LMP_NAMA PESERTA_JUDUL KARYA

– Karya dibuat seunik, sebagus, dan sekretif mungkin. Intinya berbeda dari yg lain.

– Akan dipilih 10 nominator yang berhak mendapatkan e-sertifikat, voucher diskon pembelian buku, dan karyanya dibukukan

– Akan dipilih 1 pemenang yang berhak mendapatkan e-sertifikat, voucher diskon pembelian buku sebagai nominator, voucher diskon pembelian buku senilai 15.000, dan pulsa 500

3. LOMBA MENULIS CERPEN

– Tema: Cita-citaku Demi Indonesia

Maksudnya, setiap orang pasti memiliki cita-cita. Dan pasti disetiap cita-cita memiliki tujuan demi Indonesia. Contohnya ada kalimat seperti ini, “Aku ingin menjadi seorang dokter, supaya bisa menyembuhkan orang-orang Indonesia, bla…bla…bla…”

Tapi, karya harus dibuat seunik, sebagus, sekretif mungkin, dan berbeda dari yg lain.

Karya dibuat sebanyak 3,5 hal HVS A4 (tdk ada max dan min), margin 3 cm disemua sisi, spasi 1,5, TNR, Font 12

– Jumlah halaman sudah termasuk biodata singkat peserta yang mencakup nama lengkap, nama pena bila punya, alamat, nomor HP yang bisa dihubungi, dan alamat jejaring sosia

– Kirim via email ke bgf.competition@yahoo.co

– Format dokumen (.doc

– Subjek email dan judul file: LMC_NAMA PESERTA_JUDUL KARY

– Karya dibuat seunik, sebagus, dan sekretif mungkin. Intinya berbeda dari yg lain

– Akan dipilih 10 nominator yang berhak mendapatkan e-sertifikat, voucher diskon pembelian buku, dan karyanya dibukukan

– Akan dipilih 1 pemenang yang berhak mendapatkan e-sertifikat, voucher diskon pembelian buku sebagai nominator, voucher diskon pembelian buku senilai 15.000, dan pulsa 500

Ketentuan wajib lainnya:

– Add FB Anggita Nurindah Kusuma (https://www.facebook.com/anggitanurindahk)

– Like Fanpage Boy And Girl Friend (https://www.facebook.com/pages/Boy-and-Girl-Friend/381150065298205)

– Semua boleh ikut (tdk dibatasi umur dan jenis kelamin)

– Tidak dipungut biaya apapun

– Karya asli, bukan saduran, bukan jiplakan, atau yg sejenis

– Belum pernah dipublikasikan di media manapun

– Satu peserta dapat mengikuti 3 macam lomba sekaligus

– Setiap peserta, maximal mengirimkan 3 karya terbaiknya perkategori lomba

– Share info lomba ini ke min 10 temanmu

– Lomba berlangsung sejak tanggal 8 Desember 2012

– Deadline lomba tanggal 27 Desember 2012

– Pengumuman Nominator dilakukan pada tanggal 3 Februari 2013

– Pengumuman Pemenang dilakukan pada tanggal 10 Februari 2013

– Segala pertanyaan dapat ditanyakan melalui inbox fb Anggita dan fanpage BGF

– Segala informasi lomba ada di fanpage BGF

– Naskah insyaallah akan diterbitkan di penerbit mayor, tetapi apabila lolos seleksi di penerbitan mayor. Jika tidak lolos di penyeleksian penerbit mayor, maka hanya akan diterbitkan di penerbit indie.

~JUARA UMUM~

– Dari semua peserta yang ikut berpartisipasi dalam lomba ini, akan dipilih juara umum

– Dipilih berdasarkan jumlah nilai tertinggi dari semua kategori lomba yang diikuti

– Juara Umum akan mendapatkan e-sertifikat, pulsa 5000, dan mendapatkan 1 buku bukti terbit

Selamat berkarya! Semoga karya kalian adalah yang terbaik dalam lomba ini.. Semangat..!!🙂

Salam pena,

Anggita Nurindah Kusuma

(Anggitan K)

by Samudrawan Kertapati on Tuesday, December 18, 2012 at 9:53am

*****

link : http://www.kampungfiksi.com/2012/11/final-syarat-postcardfiction-di.html#more

*****

Lomba Menulis komunitas Ibu-ibu Doyan Nulisbersama Sulostrum

Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) bersama dengan Sulostrum (Susu Kolostrum) mengadakan Lomba Menulis Artikel berdasarkan pengalaman sendiri yang bertemakan :

  1. “SENSASI HIDUP SEHAT DENGAN MINUM SUSU KOLOSTRUM (SULOSTRUM)” atau
  2. “AKU SAYANG IBU DAN SULOSTRUM”

Syarat dan Ketentuan:

    1. Penulis merupakan warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan scan KTP atau kartu pelajar asli. Hasil scan terbaca jelas.
  • Peserta minimal berusia 25 tahun.
  • Artikel harus mengacu pada pedoman EYD meski tidak formal, tidak menggunakan bahasa alay, dan belum pernah dipublikasikan di media apapun.
  • Artikel ditulis dengan menggunakan Ms.Words di kertas A4, font Times New Roman 12, spasi 1,5. Artikel tidak disalin tempel ke badan surel tetapi di-attachment dalam bentuk file terpisah.
  • Artikel harus memiliki 300-500 kata (bukan karakter).
  • Sertakan biodata seperti nama lengkap, alamat rumah, nomor kontak/HP, dan alamat email yang jelas pada file artikel yang dikirimkan tetapi berbeda halaman.
  • Like Fanspage https://www.facebook.com/Sulostrum?fref=ts dan follow @sulostrum
  • Kirimkan artikel ke lombanulis.sulostrum@gmail.com dan yugha.perdhana@sulostrum.com
  • Deadline pengiriman artikel adalah Kamis, 31 Januari 2013, pada pukul 23.59. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2013.
  • Jika terpilih menjadi pemenang, peserta harap mengirimkan alamat yang ada di Indonesia

Hadiah

  1. Uang tunai Rp 1.000.000,- plus paket dari susu kolostrum
  2. Uang tunai Rp  750.000,- plus paket dari susu kolostrum
  3. Uang tunai Rp  300.000,- plus paket dari susu kolostrum
  4. 10 pengirim pertama mendapat paket dari susu kolostrum

Juri :

  1. Lygia Nostalina, Penulis Buku
  1. Ali Muakhir, Peraih Muri sebagai Penulis Buku Anak Terbanyak

Peserta IIDN yang sudah mengirimkan artikelnya:

1. Diah Kusumastuti

2. Erfi Susanti

3. Ayunin

4. Ety Budiharjo

*****

EVENT KECIL-KECILAN DARI FANSPAGE PUNTEN PANTUN (DL 31 DESEMBER 2012)
by Bayu Rhamadani W on Thursday, December 6, 2012 at 8:53am ·

Kata dirangkum menjadi satu buah kalimat utuh

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kak Popo, mainan yoyo

It’s nice inpo, join this yo

☺☺☺

Saya, Bayu Rhamadani W (Kang Bondan), selaku admin Punten Pantun mau iseng bikin event kecil-kecilan dalam rangka mempromosikan dan meramaikan fanspage Punten Pantun.

Syarat dan ketentuan :

  1. Wajib like fanspage Punten Pantun (http://www.facebook.com/pages/Punten-Pantun/390923127590989?ref=ts&fref=ts). Ini dimaksud, agar dapat memudahkan komunikasi jika ada beberapa hal yang perlu diinformasikan.
  2. Terbuka untuk umum dan segala usia dari seluruh Indonesia.
  3. Berlangsung dari tanggal 6 Desember s.d. 31 Desember 2012 pukul 24:00 WIB (lewat dari waktu tersebut naskah tidak akan diterima).
  4. Tema pantun BEBAS yang penting dapat memberikan motivasi positif dan inspiratif. Namun, tidak boleh mengandung SARA dan pornografi.
  5. Posting info lomba ini di catatan kamu dengan men-tag minimal 25 orang teman lainnya.
  6. Pantun ditulis dalam bahasa yang baik, benar, dan literer (indah) dengan memperhatikan EYD.
  7. Naskah yang dikirim harus asli, bukan jiplakan atau saduran serta belum pernah dipublikasikan di media cetak lokal, nasional, atau di media elektronik yang memberikan fee.
  8. Ketentuan Naskah:
    • Ditulis di atas kertas A4, spasi 1,5, font Times New Roman size 12, margin kiri-kanan-atas-bawah 3, justify.
    • Simpan naskah dalam bentuk Microsoft Word 2003/2007. Panjang naskah 1-2 halaman (dapat memuat sekitar 6-12 pantun).
    • Tulis biodata singkat (letakkan bawah naskahmu) dalam bentuk narasi maksimal 100 kata (nama penulis, nama pena, akun facebook, dan nomor HP wajib ada).
    • Kirim naskah dalam bentuk attactment ke email: byyou_3e3@yahoo.co.id, dengan subject: PUNTEN PANTUN-Nama Penulis
    • Sebagai tanda bahwa naskah kiriman kamu telah dikirim, tolong confirm via inbox FB ke Bayu Rhamadani W.

Apresiasi :

  1. Akan diambil 3 orang pemenang yang berhak mendapatkan buku antologi yang dapat kamu pilih sendiri dari koleksi buku antologi yang dimiliki admin. Diskusi lebih lanjut mengenai buku yang dipilih dan ongkos kirim akan dibahas via inbox FB atau HP antara admin dengan para pemenang.

Juara 1: Memperoleh 3 buah buku antologi

Juara 2: Memperoleh 2 buah buku antologi

Juara 3: Memperoleh 1 buah buku antologi

2. Seluruh pantun yang masuk akan diseleksi untuk kemudian dipublish secara berkala di fanspage Punten Pantun.

☺☺☺

Kalau bukan karena adanya tinta

Takkan kugubah sebait simponi

Kalau bukan karena adanya cinta

Takkan di-like Punten Pantun ini

Dua tiga kucing asyik berlari

Larinya kencang tak mau berhenti

Dua tiga Fanspage yang dicari

Punten Pantun yang selalu dinanti

Di malam hari melihat munculnya gerhana

Melihat gerhana bulan dari balik beranda

Terimalah untaian pantun yang sederhana

Moga menghibur dan menginspirasi Anda

Kalau ada jarum patah sebelah

Jangan dibawa ke pandai besi

Kalau ada tutur kata yang salah

Tolong jangan dilaporin ke polisi

Salam Punten Pantun,

Kang Bondan

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

*****

Proyek dari NBCLampung

“Menulis Untuk Amal, Menulis 1.000 Tweet,  10.000 Buku dan Satu Juta Senyuman Untuk Anak Jalanan dan Yatim Piatu”

Pernahkah kita merasa sulit dan menyerah ketika kita dihadapkan pada persoalan hidup? Pasti.

Pernahkah kita merasa sangat memerlukan uang ketika dilanda ketiadaan..?  Tentu.

Lihatlah anak-anak jalanan, anak-anak yatim dan piatu mereka terus melangkah, tersenyum meski tangis dan kejamnya hidup selalu  menghampiri mereka. Pernahkah kita sedikit peduli kepada mereka dan sekitar..? meski Rp.1000 itu sangat berarti bagi mereka, terkadang uang Rp.1.000 justru tak berarti bagi kita, apalagi sering online perhari minimal Rp 1.000-5.000 bahkan lebih bukan?.

Rekan kami sebut saja namanya Tika. ketika bus berhenti disebuah POM Bensin untuk mengisi bahan bakar, ada segerombolan anak-anak jalanan masuk kedalam bus untuk mengamen. Karena pada saat itu kondisi saya sedang mengantuk berat, suara musik terdengar samar ditelingan saya, pada sampai dimana salah satu diantara mereka mengulurkan tangan dengan memegang kantong snack kosong untuk meminta uang sukarela kepada penumpang bus termasuk saya, Tidak seperti biasanya saya yang terbiasa memberi uang kepada anak jalanan atau pengamen justru ketika itu saya menjawab sambil memejamkan mata karena masih mengantuk dan mengatakan, maaf dik. Anak kecil itu kembali bertanya, masa uang 500 perak saja tidak ada mbak untuk kami, Tiba-tiba saja dada saya sesak dan terbangun sambil melihat anak kecil itu, rasa malu menghinggap dalam diri karena suara anak kecil itu terdengar oleh penumpang lain yang menyebabkan menoleh kearah saya, padahal uang 500 perak mungkin tak berarti bagi saya, tapi bagi mereka..? Astagfirulloh, tidak akan saya ulangi untuk kedua kali. ujarnya masih mengingat kejadian beberapa tahun silam.

Kami komunitas penulis NBCLampung kembali mengajak pembaca untuk menyumbangkan tulisan untuk amal, untuk anak-anak jalanan dan yatim, hasil royalti dari penjualan buku nantinya akan disalurkan bagi mereka yang sangat membutuhkan, juga membantu mereka dengan memberi buku-buku yang patut dibaca dan pakaian layak pakai. Pedulikah kalian pada sekitar? Tunjukkan rasa kepedulianmu, buang rasa gengsi, rasa kikir dan tamak dalam diri. Mari ringankan beban mereka untuk tetap tersenyum menghadapi dunia. Sekecil apapun bentuk kepedulian dari kita sangat berarti bagi mereka.

Syarat dan ketentuan tweet.

  • Tema Tweet bebas (cinta, persahabatan, keluarga, lingkungan dsb)
  •  Per tweet maksimal 140 karakter
  • Setiap peserta mengirimkan minimal 5 tweet dan maksimal 10 tweet
  • Sertakan 1 kalimat inspirasi maksimal 250 Karakter
  •  a) Naskah tweet harus asli, bukan saduran atau terjemahan. b) Naskah tweet belum pernah/tidakdiikutkan dalam lomba penulisan lainnya dan belum pernah dipublikasikan di media apapun.
  • Format subject mail adalah (Tweet – Tema mu – Nama Pengirim – Akun Twitter/FB/Blog) 
  • Send to :  peduli_gaza@yahoo.com atau nbclampung@yahoo.co.id
  • Follow kami di twitter : @NBCLampung @WritingForGaza @PeduliGaza
  • Sebarkan dengan Tag Minimal 20 teman melalui Fb mu, mention rekanmu ditwitter, juga pasang di blog mu
  • Deadline hingga tgl 31 Desember 2012

Daftar peserta yang mengikuti kegiatan menulis yang kami adakan akan diupdate di blog dan facebook

Pemenang

a) 3 peserta utama dengan tweet keren mendapatkan masing-masing 2 buku (judul berbeda)

b) 5 peserta favorite masing-masing mendapatkan 1 buku

– Buku akan diterbitkan secara Self Publishing. Hasil dari seluruh penjualan dan dana yang Masuk akan di salurkan langsung berupa Uang, Buku dan Pakaian.

– Buku juga akan diterbitkan secara masal/nasional jika ada penerbit atau rekan-rekan yang bersedia membantu kami.

Untuk melancarkan kegiatan 10.000 buku maka dengan sangat, kami mengharapkan uluran tangan teman-teman dan juga bantuan dari penerbit indie ataupun mayor yang bersedia membantu mencetak secara nasional.

Jangan lupa di sebarkan, bantu retwet, melalui akun-akun jejaring sosialmu. kami tunggu naskah terbaikmu juga uluran donatur dan sponsor dari kalian.

Ikuti juga lomba peduli gaza klik http://duniapenulis.blogspot.com/2012/11/gerakan-menulis-dan-sedekah-untuk-gaza.html

#NBCLampung

2 responses

  1. Muhrodin "AM"

    Untuk para kontributor, mendapatkan E-sertifikat nggak? Untuk kenang-kenangan… Terimakasih….

    December 10, 2012 at 12:34 pm

    • Coba inbox ke PJ nya ya Dhe, Bunda hanya copas dan bantu info saja jadi bukan penyelenggara🙂

      December 11, 2012 at 7:37 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s