Edukasi

Just Share : Menulis Novel Best Seller

BAGAIMANA CARA MENULIS NOVEL YANG BAGUS, MENARIK, DAN BEST SELLER?Banyak orang menanyakan “Bagaimana Cara Menulis Novel yang Bagus, Menarik, dan Best Seller?”Saya pernah ditanyain begini sama peserta training Penulisan beberapa waktu yang lalu, “Saya kurang bisa merangkai kata untuk membuat novel, bagaimana sih caranya?” Juga ada yang nanyain bagini, “Novelku baru selesai setengah, bagaimana sih cara menyelesaikannya? Adakah cara membuat novel yang bagus?”

Saya yakin, banyak orang lain yang memiliki pertanyaan sama, mungkin termasuk Anda.

Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara meningkatkan kemampuan Anda dalam menulis Novel?

Baiklah, menurut pendapat saya begini:

SATU

Latih terus kemampuan menulis novel Anda. Jangan pernah berhenti menulis novel. Sebab menulis itu seperti berenang. Semakin tinggi “jam terbang Anda”, maka keahlian Anda akan semakin baik. Pepatah mengatakan, “Ala bisa karena biasa.”

Ya, Anda harus biasa dulu untuk bisa menulis novel yang bagus dan menarik. Anda harus biasa dulu untuk tahu cara cepat membuat novel. Anda harus biasa dulu untuk tahu cara mudah membuat novel yang bagus dan menarik.

DUA

Banyak-banyaklah membaca novel-novel berkualitas. Tubuh Anda ini seperti mesin produksi, bahan mentahnya adalah bacaan Anda, dan produk yang dihasilkan adalah tulisan. Artinya, kegiatan membaca bagi seorang penulis novel sangatlah penting. Tulisan Anda akan diwarnai oleh bacaan yang Anda lahap. Bila Anda rajin membaca novel cinta maka Anda akan mudah dan tahu cara menulis novel cinta.

Bila Anda sering membaca novel misteri, maka Anda akan mudah dan tahu cara menulis novel misteri. Bila Anda sering membaca novel horor. maka Anda akan mudah dan tahu cara membuat novel horor. Bila Anda sering membaca novel anak. maka Anda akan mudah dan tahu cara membuat novel anak. Bila Anda sering membaca novel islami. maka Anda akan mudah dan tahu cara menulis novel islami.

Demikian seterusnya dan seterusnya….

Bila Anda ingin membuat novel yang bagus dan menarik seperti “Laskar Pelangi” misalnya, maka sering-seringlah membaca novel yang kualitasnya seperti itu. Bila Anda rajin membaca novel best seller dan menarik, Maka Anda akan ketularan! Anda akan tahu bagaimana cara menulis novel best seller dan menarik.

Tips yang saya sampaikan di atas mungkin terkesan sangat sederhana bagi Anda. Mungkin Anda berkata dalam hati, “Ah, kalau tips menulis novel seperti ini mah, saya sering dengar. Apa tidak ada tips menulis novel yang lain?”

Anda mungkin tidak percaya?

Saya ingin kasih tahu, tips menulis novel di atas memang terkesan sangat sederhana, tapi untuk tahu cara membuat novel yang bagus, menarik dan bahkan best seller, tipsnya hanya sesederhana itu. Titik, tidak pake koma.

Tips yang pertama, memang terkesan sangat sederhana. Namun bila tips menulis novel itu Anda praktikkan sungguh-sungguh, Anda akan menemukan teknik menulis novel best seller yang baik dan benar. Sebab setiap kebiasaan baik, selalu menghasilkan kualitas yang baik pula.

Betul, gak?

Tips yang kedua juga terkesan sangat sederhana. Namun bila tips menulis novel itu Anda praktekkan sungguh-sungguh, Anda akan menemukan teknik membuat novel best seller yang menarik. Sebab setiap yang baik itu selalu menular.

Apakah Anda Sepakat?

Penulis novel best seller lain juga melakukan itu, termasuk Andrea Hirata. Dia sangat suka membaca novel yang baik dan menarik. Ia memiliki banyak koleksi bacaan berkualitas sehingga ia jadi ketularan.

Praktikkan saja kedua tips membuat novel yang bagus di atas. Saya yakin, suatu saat nanti Anda akan sehebat Andrea Hirata, bahkan lebih hebat lagi!

Sumber: http://caramenulisnovel.com/

Silakan mengunjungi  http://caramenulisnovel.com

Enjoy Writing!

Advertisements

8 thoughts on “Just Share : Menulis Novel Best Seller”

  1. suatu pembelajaran yang menarik, karena membaca membuat orang lebih banyak memahami bahasa sehingga bisa meningkatkan kualitas tulisannya

  2. ibu yang terhormat… saya staf pengelola caramenulisnovel.com… senang bisa kenalan. Oya, bisa minta tolong ga…? Tolong kasih sumbar berupa link alias tautan ke situs http://caramenulisnovel.com artikelnya ya…. karena tulisan ini persis banget sama tulisan bu Agusmita…. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s