Write Without Boundaries

Info Lomba Maret 2014

Karena ada beberapa kesibukan urusan keluarga telat posting lomba-lomba bulan Maret Semangat.

Meskipun sudah tgl 8 belum terlambat ada lomba-lomba bulan Maret menarik untuk diikuti.

DL 9 Maret

Lomba Menulis Puisi | Kampanye Sastra ITB 2014

Lingkar Sastra bekerja sama dengan Keluarga Mahasiswa ITB mengadakan LMP (Lomba Menulis Puisi) tingkat Nasional dalam rangka Kampanye Sastra 2014: mengkampanyekan kata-kata sebagai medan juang pemikiran.

Gratis, tidak memungut biaya apa pun.

Syarat dan Ketentuan Lomba Menulis Puisi:

1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia

2. Tergabung dalam grup facebook Kampanye Sastra ITB 2014 atau klik link https://www.facebook.com/groups/821064137919731/

3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

4. Naskah original ’bukan jiplakan atau saduran’ dan belum pernah dipublikasikan di media cetak maupun elektronik serta tidak sedang diikutkan pada lomba lain.

5. Puisi bertemakan Pena Bicara Soal Pemimpin.

6. Tidak mengandung unsur SARA.

7. Ketentuan Naskah

a. Naskah diketik dengan komputer di atas kertas A4 dengan jarak spasi 1,5. Font TNR (Times New Roman) 12pt. Margin normal. Panjang naskah bebas.

b. Terdapat satu halaman yang berisi poin-poin biodata berisikan nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap beserta kode pos, nomor kontak aktif, akun facebook, alamat email, dan narasi singkat.

c. Kirim naskah anda ke email: kampanyesastra2014@gmail.com, dengan dilampirkan (attachment), tidak ditulis di badan email.

d. Format pengiriman naskah untuk judul file dan judul email adalah PUISI[underscore]Judul Naskah[underscore]Nama Pengarang

Contoh: PUISI_Presidenku_ Faizah Nurma

NB: Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya.

8. Naskah dikumpulkan dalam bentuk soft file bertipe dokumen (.docx) atau (.doc)

9. Batas akhir pengumpulan naskah 9 Maret 2014 pukul 23.59 WIB.

10. Memiliki akun facebook dan memposting info lomba ini di catatan facebook masing-masing dengan tag minimal 25 orang teman.

11. Peserta WAJIB tergabung dalam grup yang telah dijelaskan di syarat nomor dua.

12. Peserta berhak bertanya seputar perlombaan di dalam grup facebook.

13. Lima belas karya terbaik akan ditampilkan di karsamaya.tumblr.com (Lingkar Sastra di dunia maya).

14. Pengumuman Pemenang dan Penganugerahan Hadiah akan diselenggarakan di puncak acara Kampanye Sastra ITB 2014 pada tanggal 12 April 2014 pukul 09.00 s.d. selesai.

15. Reward untuk pemenang:

Juara 1 : Literature Campaign Award + Piagam Penghargaan + Uang senilai Rp 500.000,-

Juara 2 : Piagam Penghargaan + Uang senilai Rp 300. 000, –

Juara 3 : Piagam Penghargaan + Uang senilai Rp 200. 000, –

Keputusan juri dengan persetujuan panitia bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Contact Person: Kartini (087820333408)

Kami tunggu karya sahabat.

Terimakasih.

9 MARET LOMBA TETRALOGI CINTA (SEASON PERTAMA)

OLEH : RISTY ARVEL DAN OCHA THALIB

Jumpa lagi di tahun 2014. Ini event pertama dari Meta Kata di tahun ini. Kali ini kami ingin membuat tetralogi cinta atau 4 buku tentang serangkaian cinta yang akan dipandu oleh saya, Risty Arvel dan Bunda Ocha Thalib.

Event ini akan dibagi menjadi 2 sesi, yang pertama ini mengangkat 2 tema event yaitu : First Love (First) yang akan dipegang oleh saya dan True Love (True) yang akan dipegang oleh Bunda Ocha Thalib. Oke tak perlu berpanjang-panjang, ya, simak aja persyaratannya sebagai berikut :

  1. Lomba terbuka untuk umum.
  2. Lomba dibuka dari tanggal 11 Februari sampai dengan 9 Maret 2014 (pukul 23:59 WIB).
  3. Membagikan info lomba ke minimal 20 teman facebook, twitter, atau posting di blog pribadi (pilih salah satu).
  4. Like FansPage “Penerbit Meta Kata” dan bergabung dalam grup “Pena Meta Kata”.
  5. Naskah dalam bentuk  : 1. Flash True Story : panjang naskah maksimal 700 kata, ditambah biodata narasi maksimal 50 kata (lengkapi dengan akun facebook dan alamat email). Naskah dan biodata narasi tidak boleh dipisahkan. 2. Puisi : panjang naskah 16 baris (boleh ditulis dalam 4 bait boleh lebih) dan ditambahkan biodata narasi maksimal 50 kata (lengkapi dengan akun facebook dan alamat e-mail) Biodata narasi tidak boleh dipisah dengan naskah.
  6. File naskah menggunakan format Ms. Word 2003/2007, A4, Time New Roman 12pt, spasi 1.5cm, batas margin rata-rata 3 cm (1,18 inci) untuk setiap sisi.
  7. Tulis subjek email dan nama file: Puisi/fts_judul_nama penulis jika dikirim untuk event “First Love” maka kirim ke arvelristy13@gmail.com sedangkan bila dikirim untuk event “True Love” maka kirim ke pena.metakata@gmail.com
  8. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya dalam satu event, tidak boleh mengirim dalam bentuk puisi sekaligus fts untuk satu event. Misal : “First love” mengirimkan fts sedangkan di “True Love” mengirimkan puisi. Atau di “First Love” mengirimkan puisi dan di “True Love” mengirimkan puisi juga, dstYang mengirim fts dan puisi dalam satu event maka akan didiskualifikasi.
  9. Update peserta bisa dilihat di dokumen grup “pena meta kata” dengan nama “Update Peserta event First Love” untuk event “First Love” dan “Update Peserta Event True Love” untuk event “True Love”. Update akan dilakukan oleh masing-masing PJ.

10.  Akan dipilih 2 (dua) naskah pemenang masing-masing event yang akan mendapatkan hadiah berikut:

FTS terbaik : Pulsa Rp 25.000 + Voucher Penerbitan Senilai Rp 100.000 + E-sertifikat

Puisi terbaik : Pulsa Rp 15.000 + Voucher Penerbitan Senilai Rp 100.000 + E-sertifikat

#Catatan: Hadiah dalam bentuk VOUCHER PENERBITAN, hanya berlaku selama 6 bulan setelah pengumuman pemenang dan tidak dapat diuangkan juga tidak dapat digabungkan dengan voucher lainnya.

11.  Selain naskah pemenang, juga akan dipilih puluhan naskah nominator yang akan dibukukan bersamaan dengan naskah pemenang dan setiap nominator akan mendapatkan diskon 10% s.d. 20% dalam pembelian buku terbit.

12.  Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 18 Maret 2014

Oke, Selamat berkarya….

Salam,

a.n.

Penanggungjawab

Risty Arvel dan Bunda Ocha Thalib

 DL 15 Maret

PENERBITAN ANTOLOGI KISAH INSPIRATIF: “AKU BAHAGIA MENJADI MUSLIMAH”

Saudariku para muslimah yang berada di tanah air maupun mancanegara, yang saat ini telah memutuskan mengenakan hijab sebagai penutup aurat, pasti Anda memiliki kisah di balik proses berhijab tersebut. Apa yang melatarbelakangi keputusan itu? Bagaimana pergulatan batin Anda saat itu? Seperti apa tanggapan dari keluarga, kerabat, teman atau orang-orang yang sebelumnya menyaksikan Anda tidak berhijab? Bahkan, mungkin saja, di balik keputusan berhijab tersebut, Anda mengalami kejadian yang membuat sedih, kecewa, marah dan merasa tertekan. Sebagian muslimah pernah mengalami perlakuan yang tidak semestinya, merasa diintimidasi hingga ada yang diusir dari keluarganya. Namun justru sebagian muslimah merasa lebih diterima di keluarga dan lingkungannya setelah mengenakan hijab sesuai syariat.

Nah, seperti apa pun kisah Anda, di balik proses berhijab itu, mari bersama-sama kita tuliskan kisah tak terlupakan tersebut agar menjadi motivasi bagi saudara-saudara kita para muslimah lainnya yang belum mengenakan hijab; apakah karena alasan ragu-ragu, takut, belum siap, atau niat yang belum kuat. Dari kisah yang Anda tulis, semoga saja bernilai kebaikan. Melalui berbagi pengalaman itulah, selain memberikan motivasi bagi orang lain, insya Allah akan menguatkan Anda dalam mengenakan hijab.

FAM Indonesia sebagai wadah kepenulisan nasional yang memiliki misi “dakwah bil qalam” merasa perlu untuk membukukan kisah-kisah inspiratif para muslimah tersebut. Naskah yang akan dibukukan hanya untuk 30 naskah terpilih, yang dianggap terbaik dari semua naskah yang masuk setelah melalui tahapan seleksi. Tiga (3) naskah terbaik akan mendapat hadiah jilbab dari sponsor. Buku ini akan diterbitkan secara gratis oleh FAM Publishing, Divisi Penerbitan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. Penulis-penulis yang kisahnya terpilih masuk dalam buku ini hanya diminta untuk membeli buku ini sebagai dokumentasi, minimal 2 (dua) eksemplar seharga Rp110.000,- (sudah termasuk harga buku dan ongkos kirim ke alamat penulis). Untuk anggota FAM seharga Rp105.000,-.

Jika kisah Anda memenuhi persyaratan di atas, jangan tunggu lama, karena program ini terbatas. Penerimaan naskah dibuka mulai tanggal 13 Pebruari 2014 hingga tanggal 15 Maret 2014.

Kisah dalam buku ini juga akan dilengkapi kisah nyata Sekjen FAM Indonesia, Aliya Nurlela saat memutuskan mengenakan hijab. Seperti apa pergulatan batinnya saat hidayah itu datang di kala masih bergelut di dunia seni yang mengharuskannya tidak berjilbab? Seperti apa lika-liku perjuangannya mempertahankan prinsip? Aliya Nurlela akan menuliskannya secara gamblang di buku ini.

Adapun ketentuan mengikuti penerbitan antologi ini, sbb:

1. Peserta adalah seorang muslimah yang sudah konsisten/proses/mulai berhijab (untuk anggota FAM maupun nonanggota).

2. Kisah yang ditulis adalah kisah nyata diri sendiri (bukan kisah orang lain).

3. Naskah ditulis di microsof word 2003 atau 2007, ukuran kertas kuarto A4, jenis huruf Time New Roman, ukuran huruf 12.

4. Panjang naskah maksimal 3-4 halaman, 1 spasi.

5. Di bawah naskah mencantumkan profil penulis dalam narasi (maksimal 10 baris) serta foto diri penulis yang memakai jilbab.

6. Di bawah naskah penulis harap mencantumkan alamat domisili, alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

7. Naskah dikirim melalui email lombafamindonesia@yahoo.com. Naskah yang masuk, akan mendapat balasan dari admin FAM.

8. Naskah yang dinyatakan lolos seleksi akan diberikan ucapan selamat melalui email. Nama-nama penulis yang naskahnya lolos akan diumumkan di grup “Forum Aishiteru Menulis” dan “Penerbit FAM Publishing.”

Jika Anda sudah mantap ingin berbagi kisah nyata suka duka memakai jilbab, jangan menunggu deadline, segera kirimkan naskahnya. Kami doakan semoga Anda istiqamah.

Salam santun, salam karya.

FAM INDONESIA

Lomba Menulis FF Tema AKU DAN SAKITKU 15 Mar

Semakin canggih alat-alat jaman sekarang, semakin banyak pula penyakit kronis yang diderita manusia. Seperti: Leukimia, Alzhaimer, Paru-paru dan masih banyak lagi. Nah, grup Warung Antologi mengajak penulis Indonesia untuk membuat karya tulis dengan tema aku dan sakitku.

Syarat dan Ketentuan Lomba:

  1. Lomba terbuka untuk umum.
  2. Menjadi anggota grup Warung Antologi
  3. Isi naskah: berupa FF (Flash Fiction) boleh fiksi ataupun kisah nyata.
  4. Naskah diketik 2-3 hlm pada jenis kertas A4, font cambria ukuran 11, spasi 1,5, dengan batas margin 3 cm (1,18 inci)  untuk setiap sisi. Format naskah .doc
  5. Naskah adalah karya sendiri (bukan saduran) dan belum pernah dipublikasikan lewat media mana pun.
  6. Setiap peserta melampirkan biodata narasi maksimal 50 kata/wajib mencamtumkan akun facebook yang ditulis di bagian akhir naskah (masih dalam satu file tetapi pada halaman terpisah).
  7. Naskah dikirim ke email: novelanian74@gmail.com berupa attachment, bukan di badan email.
  8. Tulis Subjek email dengan format: SAKIT-Judul Naskah-Nama Penulis dan nama file SAKIT-Judul Naskah-Nama Penulis, misal PJ-Kotak Berdebu-Anita Luna. Mohon untuk memperhatikan syarat ini guna mempermudah admin dan juri menilai serta mengelolia naskah.
  9. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya.
  10. Lomba ini dibuka mulai 15 Februari 2014 hingga 15 F Maret 2014 (Jam 23:59 WIB).
  11. Jika tidak ada halangan, Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 31 Maret 2014. Jika ada keterlambatan, akan diumumkan dikemudian hari.
  12. Bagikan info lomba ini kepada minimal 30 orang sahabat FB.
  13. Naskah yang dikirim menjadi hak pelaksana lomba untuk dipublikasikan dalam bentuk buku.
  14. Akan dipilih 30 naskah terbaik untuk dibukukan.
  15. Seluruh juara dan kontributor wajib investasi sebesar 50.000
  16. Keputusan Dewan Juri mengikat.

Hadiah:

Akan dipilih tiga pemenang

  • Pemenang 1: Sebuah buku terbit + Medali Lapis Plastik Warna Emas + Sertifikat + Voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000
  • Pemenang 2: Sebuah buku terbit + Medali Lapis Plastik Warna Perak + Sertifikat + Voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000
  • Pemenang 3: Sebuah buku terbit + Medali Lapis Plastik Warna Perunggu + Sertifikat + Voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000

Seluruh kontributor akan mendapatkan sertifikat, voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000 dan potongan harga khusus untuk setiap pembelian buku.

Selamat berlomba!

Leader Grup

Novela Nian

DL 16 MARET

Event Menulis FF “Hiqh Quality Jomblo” Kerjasama Rahma As Syahidah dan Penerbit Soega DL 16 Maret 2014

Assalamu’alaikum wr.wb

Sobat,apa yang kalian pikirkan ketika mendengar istilah “JOMBLO???”Eitss..tapi Jomblo yang bakal kita bahas kali ini bukan sembarang Jomblo!Tapi jomblo yang Hiqh Quality,gitu lho!

Benarkah gelar JOMBLO adalah gelar yang “memalukan”??Buktinya,Perasaan galau binti melow,karena merasa “nggak laku”,membuat remaja saat ini me-make over dirinya habis-habisan demi mendapatkan pacar.Hmm,memprihatinkan sekali,ya?Padahal,tidak diragukan lagi bahwa pacaran adalah jalan menuju kemaksiatan.Adalah lebih baik jika kita gunakan waktu yang sangat berharga ini dengan mengeksplorasi semaksimal mungkin kemampuan-kemapuan yang kita punya. Saatnya muda berkarya tanpa harus diintimidasi oleh rasa cinta yang seharusnya tiada, hingga saatnya tiba kita akan menemukan sosok yang luar biasa di ujung jalan sana dan menyambut kita dengan senyum hangatnya yang istimewa.

Sudah tergambar event kita kali ini??

Nah,langsung aja dehh..tuangkan uneg-unegmu,bikin naskah semenarik mungkin!Yakinkan bahwa gelar Jomblo adalah gelar yang mulia karena merupakan bukti ketaatan seorang hamba kepadaNya dan cintanya hanya akan diberikan pada dia yang sudah halal!

Ketentuan Peserta:

Peserta terbuka untuk umum

Berteman dengan Penerbit Soega(https://www.facebook.com/penerbit.soega?fref=ts) dan Rahma As Syahidah(https://www.facebook.com/sangpejuang1924)

Copy-paste info ini ke catatan fb dan tag ke minimal 25 orang(termasuk fb Rahma As Syahidah)

Syarat dan Ketentuan naskah:

Naskah berupa FF dengan tema “High Quality Jomblo”

Naskah harus karya asli, bukan jiplakan atau saduran, belum pernah dipublikasikan di media cetak maupun elektronik dan tidak sedang diikutkan lomba

Tidak mengandung pornografi dan kekerasan, serta tidak menyinggung SARA.

Naskah ditulis dalam Microsoft Word

Maksimal 500 kata,A4,TNR 12,spasi 1,5, margin normal

Sertakan biodata Narasi di bawah naskah maksimal 50 kata

Tulis dalam bentuk Lampiran dengan format file: FF_Nama Pena_Judul Naskah

Misal: FF_Rahma A.Sy_Gue Jomblo,Masalah Buat Lo?

Kirim Naskah ke INBOX FB Rahma As Syahidah(https://www.facebook.com/sangpejuang1924)

Reward:

Juara 1: 1 buah buku terbit + voucher penerbitan senilai 200rb di Penerbit Soega

Juara 2: diskon penerbitan senilai 150rb di Penerbit Soega

Juara 3: diskon penerbitan senilai 100rb di Penerbit Soega

Seluruh kontributor akan mendapatkan potongan harga sebesar 20% untuk pembelian buku terbit.

Catatan:

– DL 16 Maret 2014

– Pengumuman kontributor terpilih insyaAllah dua minggu setelah DL(jika tidak ada halangan)

– Update peserta bisa dilihat di FB Rahma As Syahidah

– Segala pertanyaan bisa ditanyakan melalui inbox FB Rahma As Syahidah

dan janganlah kamu mendekati zina. Sesungguhnya zina adalah perbuatan keji dan jalan yang teramat buruk” (Q.S. Al-Isra’ : 32)

Salam Literasi,

Mari Menulis.Menebar Inspirasi🙂

PJ Event

Rahma As Syahidah

DL 22 MARET

LOMBA MENULIS “SURAT UNTUK CALON PRESIDENKU” (Penerbit Meta Kata, Maret 2014)

Syarat dan ketentuan lomba:

  1. Lomba terbuka untuk umum.
  2. Calon peserta wajib bergabung ke grup Pena Meta Kata (https://www.facebook.com/groups/152970934881025/) dan like fanspage Penerbit Meta Kata (https://www.facebook.com/PenerbitMetaKata), untuk mendapatkan info lebih lanjut seputar lomba.
  3. Bagikan/tags info lomba ke minimal 22 teman facebook, twitter, atau posting di blog pribadi (pilih salah satu).
  4. Naskah dalam bentuk SURAT yang ditujukan kepada CALON PRESIDEN RI (berisi harapan untuk Indonesia yang lebih baik).
  5. File naskah dalam format Ms. Word 2003/2007—kertas A4—margin 3 cm setiap sisi—spasi 1,5—font Time New Roman.
  6. Panjang naskah maksimal 250 kata (lengkapi dengan biodata narasi penulis, maksimal 50 kata—ditulis di bawah naskah/jangan dipisah). 
  7. Setiap peserta lomba hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya.
  8. Naskah yang sudah memenuhi persyaratan di atas, dikirim ke e-mail: mk.event2014@gmail.com (dalam bentuk lampiran, bukan di badan e-mail—tulis subyek e-mail dan nama file naskah sesuai dengan nama penulis).
  9. Penerimaan naskah dibuka mulai tanggal 02 Maret 2014 sampai dengan 22 Maret 2014 (pukul 23:59 WIB).

10.  Update peserta lomba akan di-posting setiap Malam Minggu (selama lomba berlangsung).

11.  Pengumuman naskah terpilih akan di-posting pada tanggal 30 Maret 2014.

12.  Tim Juri akan memilih 3 naskah terbaik dan 47 naskah favorit, yang masing-masing mendapatkan penghargaan:

#Terbaik I: 2 Eksamplar Buku Terlaris Terbitan Meta Kata (dengan judul berbeda) + E-sertifikat + Voucher Penerbitan Rp 100.000 + Diskon 20% Dalam Pembelian Buku Terbit

#Terbaik II: 1 Eksamplar Buku Terlaris Terbitan Meta Kata + E-sertifikat + Voucher Penerbitan Rp 100.000 + Diskon 20% Dalam Pembelian Buku Terbit

#Terbaik III: E-sertifikat + Voucher Penerbitan Rp 100.000 + Diskon 20% Dalam Pembelian Buku Terbit

#47 Naskah Favorit: Dibukukan Bersama Naskah Terbaik + Diskon 20% Dalam Pembelian Buku Terbit

Catatan:  

  • Penghargaan Dalam Bentuk Voucher Penerbitan, hanya berlaku selama 6 bulan setelah pengumuman naskah terpilih dan tidak dapat diuangkan, juga tidak dapat digabungkan dengan voucher lainnya.
  • Penghargaan Tambahan Untuk Kontributor Buku Terbit: untuk yang membeli buku terbit sebanyak 1 eksamplar, akan diberikan penghargaan berupa e-sertifikat dan untuk yang membeli buku terbit minimal 2 eksamplar, akan diberikan penghargaan berupa e-sertifikat dan sertifikat (print out).

Malang, 02 Maret 2014 

Tim Kreatif

Penerbit Meta Kata

DL 29 MARET

Lomba Nulis “Rumah Surga Bersama Mertua” (Kerja Sama Penerbit Soega dan Bianglala Hijrah”)

Assalamu’alaikum. Apa kabar sahabat literasi? Semoga tetap semangat untuk berkarya ya! Beberapa waktu lalu saya berniat untuk mengadakan event kepenulisan lagi di 2014 ini. Tentu saja ini bukan event pertama yang saya adakan, sebelumnya sudah dua lomba menulis yang terselenggara pada 2012 lalu. Nah untuk kali ini saya sengaja memilih tema yang menurut saya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari pasangan suami-istri yang seatap dengan mertua.

Ide ini muncul saat saya menghadiri sebuah acara dan tertarik dengan topic yang tengah dibahas oleh moderator beserta peserta yang hadir kala itu. Tema yang mereka angkat ialah “Rumah Surga Bersama Mertua”, ternyata ada banyak dari mereka yang mengeluh dan merasa keberatan saat harus tinggal seatap bersama mertua dikarenakan beberapa sebab atau masalah tertentu. Berbagai kisah, konflik, dan intrik-intrik lainnya mewarnai diskusi sore itu. Memang, seorang menantu seringkali merasa tertekan ketika harus tinggal bersama mertua.

Nah sekarang saatnya kalian mengungkapkan apapun mengenai pengalaman kalian saat harus seatap dengan mertua. Bagaimana menciptakan kedamaian dalam satu atap tanpa harus meratap. Perasaan terjajah, terintimidasi, atau justru termuliakan kah? Masalah atau anugerah apa yang hadir ketika serumah dengan mertua. Yukk berbagi pengalaman yang inspiratif. Dan, tulisan-tulisan sahabat nantinya akan dikumpulkan dalam sebuah antologi berjudul #RumahSurgaBersamaMertua

Tulisan yang berpeluang besar untuk lolos ialah yang sarat makna, inspiratif, dapat memberikan pencerahan, juga bermanfaat bagi pembaca.

Cara ikutan:

1. Para peserta tidak dibatasi usia dan juga latar belakang apa pun(diutamakan yang sudah menikah, bagi yang belum tapi mau ikutan juga diperbolehkan…)

2. Silakan buat 1 tulisan curhat dengan gaya penulisan sebebas mungkin. Temanya tentang pengalaman kalian saat harus tinggal seatap bersama mertua(based on your true story)

3. Gunakan bahasa yang ringan

4. Lomba ini dibuka mulai tanggal 20 Februari 2014 dan ditutup pada 29 Maret 2014, pukul 21.00 WIB

5. Pastikan ada unsur inspiratif, menggugah, menguras air mata, ada nilai moral yang bermanfaat bagi yang membacanya, dan hal-hal positif lainnya.

6. Format naskah: ketebalan 1-2 halaman ukuran A4, Times New Roman size 12, spasi 2 (ganda), justified (rata kanan kiri)

7. Ketik judul dan nama kamu(boleh menggunakan nama pena) di halaman pertama sebelum isi tulisan. Jangan lupa sertakan biodata singkat kamu setelah isi tulisan. Body email biarkan kosong.

8. Judul file naskah: (Nama kamu)_(judul tulisan). Contoh: Bianglala Hijrah_ Pondok Mertua Indah

9. Judul email: #RumahSurgaBersamaMertua

10. Kirim tulisan kamu dalam bentuk attachment/sisipan file ke : yusniaagussaputri@ymail.com

11. Peserta boleh mem-follow Twitter @bianglalahijrah dan diwajibkan berteman dengan akun facebook Penerbit Soega (Tidak diwajibkan berteman dengan saya, karena akun pertemanan saya sudah penuh. Atau sahabat bisa klik ‘ikuti’ saya di facebook agar sahabat bisa tetap menandai saya di info lomba yang telah dicopas.)

12. Untuk yang sudah mengirim naskahnya bisa langsung konfirmasi ke dinding facebook saya atau melalui inbox fb : Putri An-Nissa Nailathul Izzah bisa juga via twitter @bianglalahijrah. Cukup tulis “Saya sudah ikutan lomba nulis RSBM”

13. Untuk update peserta lomba bisa dilihat di blog Bianglala Hijrah (http://yusniaagussaputri.blogspot.com/)

14. Peserta diwajibkan untuk mencopas info lomba ini ke note facebook masing-masing, kemudian tag/tandai minimal 21 teman dan maksimal 25 teman fb termasuk akun fb saya dan Penerbit Soega. (Lebih banyak menandai akan menjadi poin tambahan penilaian bagi juri.)

15. Satu peserta hanya boleh mengirim 1 tulisan.

Penjurian:

1. Penjurian dilakukan 1 April sampai 20 April. Pengumuman hasil lomba pada 22 April.

2. Akan dipilih 50 tulisan inspiratif untuk diterbitkan dalam antologi  #RumahSurgaBersamaMertua

3. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

REWARD :

1. Naskah Terbaik Satu ; Mendapatkan 1 sampel antologi #RumahSurgaBersamaMertua beserta 1 eks buku        Berkisah Pada Angin (Karya Saya)

2. Naskah Terbaik Dua ; Mendapatkan 1 sampel antologi #RumahSurgaBersamaMertua beserta 1 eks buku Berkisah Pada Angin (Karya Saya)

3. Naskah Terbaik Tiga ; Mendapatkan 1 sampel antologi #RumahSurgaBersamaMertua beserta 1 eks buku Berkisah Pada Angin (Karya Saya)

4. SERTIFIKAT/PIAGAM untuk seluruh peserta tanda bukti keikutsertaan akan dikirim bersama pesanan buku

5. Sewaktu-waktu hadiah untuk para pemenang/peserta bisa bertambah. Doakan rezeki saya lancar dan bertambah juga. Aamiin…

Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa melalui inbox fb. Yukk persiapkan naskahmu dari sekarang

DL 31 MARET

Lomba Menulis “Home Sweet Home” Berhadiah Umrah

Untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, terkadang kita dihadapkan pada pilihan untuk melangkah dan meninggalkan apa yang selama ini kita miliki. Kita memang tidak pernah tahu apa yang akan kita hadapi nanti, tapi jika tetap bertahan, maka hidup akan selalu sama entah sampai kapan.

Merantau dan traveling adalah pilihan yang sudah sangat lazim untuk menemukan sesuatu yang berbeda. Kita tidak pernah tahu seberapa lama kita akan merantau atau sejauh apa kita akan menghabiskan waktu untuk traveling.

Setelah pergi begitu lama dan begitu jauh, akan ada saat kita merindukan rumah. And it’s time to come back home. Bertemu kembali dengan orang-orang yang kita rindukan, melihat rumah tempat kita dibesarkan, menghirup udara yang tidak lagi sama seperti sekian waktu lalu.

Nah, tema “kembali” inilah yang akan diangkat dalam lomba novel Home Sweet Home. Silakan menonjolkan 2 poin di sini, yaitu kehidupan saat berada di tempat yang baru selama sekian waktu hingga proses hingga mengambil keputusan untuk menengok atau bahkan kembali ke kampung halaman. Apa hal-hal yang menarik yang dicari di kampung halaman dan tidak ditemui di tempat yang baru. Silakan ditampilkan dalam konflik yang kuat. Penceritaannya boleh menggunakan metode flash back. Kisah ini boleh berdasarkan kisah nyata atau sepenuhnya fiktif.

Lomba akan dibuka mulai 1 Oktober 2013 dan ditutup 31 Maret 2014, pukul 14.00 WIB.

Ketentuan peserta:

  • Peserta berusia minimal 18 tahun dan sudah mendapatkan izin orang tua untuk melaksanakan ibadah umrah, berangkat dari Yogyakarta. (info tanggal dan bulan pemberangkatan menyusul).

Ketentuan naskah:

  1. Ketebalan naskah 200-250 hlm MS Word, font Times New Roman, size 12,  spasi 2, justified/rata kiri dan kanan, margin 4cm (atas/kiri) 3cm (kanan/bawah), ukuran kertas A4
  2. Segmen remaja dan dewasa
  3. Naskah adalah karya perseorangan
  4. Gunakan gaya bahasa yang ringan
  5. Menonjolkan detail karakter/penokohan dengan spesifik, misalnya karakter seseorang dari daerah tertentu, atau ciri yang dikreasikan sendiri hingga pembaca bisa membayangkan tokohnya seperti apa.
  6. Setting cerita bebas dan tidak lepas dari detail yang unik
  7. Memberikan pesan moral (boleh tersirat/tersurat)
  8. Silakan mengirimkan naskah via email: hshdivapress@gmail.com dengan format judul/subject: Nama penulis (judul naskah)
  9. Format nama file: Nama penulis (judul naskah)
  10. Bodi email dibiarkan kosong saja.
  11. Lengkapi dengan biodata narasi, no. HP, twitter, facebook, blog, dan sinopsis lengkap keseluruhan cerita (terpisah dari naskah novel)
  12. Setiap peserta silakan LIKE fanpage: Penerbit DIVA Press & de TEENS atau follow @divapress01 & @de_teens
  13. Hadiah

Juara 1:

  1. 1 paket umrah (Hadiah ini bisa diwakilkan kepada kerabat dekat dan tidak bisa diuangkan. Paspor dan uang saku ditanggung penerbit)
  2. 2 kontrak penerbitan (1 karya yang diikutkan lomba ini dan 1 karya layak terbit lainnya)
  3. Sertifikat keikutsertaan
  4. Sampel buku

5 nominator masing-masing akan mendapatkan:

  1. 2 kontrak penerbitan (1 karya yang diikutkan lomba ini dan 1 karya layak terbit lainnya)
  2. Sertifikat keikutsertaan
  3. Sampel buku

Lomba ini dipersembahkan oleh DIVA Press Group

sumber : https://www.facebook.com/notes/penerbit-diva-press/lomba-menulis-home-sweet-home-berhadiah-umrah/600153853359736

DL 31 Maret

Audisi Penulis Buku Kumpulan Puisi “Sajak untuk Pemimpin Negeri”

Audisi Penulis Buku Kumpulan Puisi

“Sajak untuk Pemimpin Negeri”

Assalamu’alaikum, Sobat El Nisa

Kita kembali berjumpa dan bersilaturrahim dalam suatu lingkaran yang sama dengan lingkaran-lingkaran sebelumnya, yakni seputar dunia lomba kepenulisan.

Kali ini, kami mengajak Sobat semua menulis puisi untuk menggambarkan harapan-harapan kita yang kita amanahkan kepada para pemimpin negeri kita dimasa mendatang. Negeri kita tercinta (Indonesia) ini adalah negeri yang kaya akan kelestarian alamnya, dan sudah sepatutnya seluruh rakyatnya mendapatkan jaminan dari kekayaan alamnya.

Sehubungan dengan itu semua, sebagai rakyat kita tentu memiliki berbagai harapan-harapan yang ingin kita sampaikan kepada calon pemimpin negeri kita yang terpilih ditahun 2014 ini. Baik harapan-harapan yang didasari pada kekayaan alamnya, potensi para penduduknya, gaya hidup ketimurannya, harapan agar pejabat negeri bertanggung jawab dan tidak korupsi, dsb. Penyampaian puisi boleh juga dengan gaya semacam sindiran (memberikan kritik yang membangun melalui gaya bahasa/majas). Jadi, sudah paham kan, Sob?

Puisi adalah cara yang tepat untuk menyampaikan segala rasa yang ada dalam hati. Dengan permainan gaya bahasa/majas semua orang mampu berpuisi dan mampu menjelma diri tak ubahnya seorang penyair. Yuk, kita berpuisi untuk negeri dan pemimpin negeri.

Ketentuan audisi:

  1. Ingat Sob, audisi penulis buku puisi ini tentang negeri (Indonesia)
  2. Puisi diketik di Microsoft Word 2003/2007/2010 dengan format; Arial, 12, spasi 1,5
  3. Sebelum menyimpan file puisi, jangan lupa diformat dengan rtf (rich text format)
  4. Puisi adalah karya asli, bukan plagiat/copy paste dari karya orang lain
  5. Naskah puisi belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik dan tidak sedang diikut-sertakan dalam perlombaan lain
  6. Peserta diperbolehkan mengirim puisi maksimal 3 puisi (3 judul)
  7. Sertakan biodata singkat di akhir naskah, maksimal 200 kata, boleh menggunakan nama pena
  8. Kirim naskah puisimu ke email elnisa_publisher@yahoo.com dengan subjek email; AUDISI MENULIS BUKU PUISI-(judul naskah)-(nama penulis)
  9. Posting info audisi ini di catatan facebook kamu. Tag minimal 25 temanmu (termasuk FB El Nisa Publisher)

Audisi ini diselenggarakan mulai tanggal 23 Februari – 31 Maret 2014, pukul 23.59 Wib.

El Nisa Publisher akan menyeleksi 30 penulis puisi terbaik, dan akan menerbitkannya menjadi sebuah buku kumpulan puisi. Buku akan dijual secara online via (facebook, twitter, dan blog/website). Satu orang penulis terbaik mendapatkan paket penerbitan GRATIS (berlaku untuk satu kali penerbitan buku dan ditahun 2014) dan setiap pemenang mendapatkan piagam penghargaan dikirim ke alamat email penulis. 100% royalti dari penjualan buku kita sumbangkan ke Panti Sosial Yayasan Marhamah Jakarta.

NB: Bagi yang belum menjadi teman El Nisa Publisher, silakan add FB El Nisa Publisher.

Sob, lomba ini GRATIS dan TERBUKA UNTUK UMUM. Wassalam.

EVENT TERBARU Goresan Pena (DL 31 Maret 2014)

Halo, GP Lovers.Setelah sekian lama GP nggak ngadain event. Kali ini GP kembali menggelar eventt erbaru.
Tanggal 21 April,itu hari Ibu Kartini. Maka dari itu GP mengusung event tentang wanita. Temanyaadalah “Wanita karier atau ibu rumah tangga”
Nah, bagi kalianyang wanita kalian bisa menceritakan tentang memilih jadi wanita karier atauibu rumah tangga?
Bagi cowok jugaboleh ikut. Ceritakan kalian ingin punya istri yang wanita karier atau iburumah tangga.
Ada bayangan kanmau bikin naskah seperti apa?

Yuk, simak syaratdan ketentuannya:

1. Naskah haruskarya asli, belum pernah dipublikasikan di media apapun dan naskah tidakdiikutkan dalam event apapun.
2. Bergabung digrup Goresan Pena Publishing.
3. Copas info inike note fbmu, lalu tag info tersebut ke 25 teman fbmu.
4. Naskah harusberbentuk flash true story.
5. Panjang naskah500-750 kata.
6. Naskah diketikrapi di ms.word 2003/2007. Formatnya jenis huruf Arial 12, spasi 1,5 dan Naskahjuga harus memakai justify dan tabulasi.
7. Sertakan biodatanarasi 50 kata di akhir naskah.
8. Naskah dikirimke email event.goresan.pena@gmail.com cc arinynurulhaq91@gmail.com dengansubject WANITA-NAMAMU-JUDUL
9. DL tanggal 31maret 2014 jam 00.00 WITA

Semua naskah yangmasuk akan dibukukan.
Reward:
1 naskah terbaikakan mendapatkan 1 eks buku terbitnya+e-sertifikat+Vocher penerbitan senilai100 ribu rupiah.
seluruh kontributormendapatkan e-sertifikat, vocher penerbitan senilai 50 ribu dan potongan harga10% jika membeli buku terbitnya.

salam pena.

 Undangan Menulis “Rahasia” DL. 31 Maret 2014

Halo Para penulis sejati…

Kali ini GP akan sedikit berbeda… bagi kamu yang suka atau sering menulis tentu ingin berbagi tapi merasa kurang tepat… kamu pasti punya RAHASIA ketika kamu menulis… inilah saatnya kamu membagi “rahasia” menulis kamu kepada semua orang agar menjadi motivasi… mau ikut ??

Ini dia ketentuannya :

  1. Kamu pernah dan suka menulis
  2. Rahasia kamu berupa tips menulis, beda dari yang lain dan menjadi andalan kamu dalam menulis.
  3. Tips menulis kamu tidak pernah dipublikasikan kepada siapapun.
  4. Kamu Hanya boleh mengirim 1 rahasia saja.
  5. Copas info ini ke note fbmu, lalu tag info tersebut ke semua teman fbmu yang suka menulis.
  6. Gabung di Group Goresan Pena Publishing
  7. Format tulisanmu,,  Judul :    Nama : Isi :
  8. Isi hanya 1 paragraf yang terdiri dari 50-150 kata saja.
  9. Di tulis dalam Ms. Office Word, file word di save dengan nama kamu.
  10. Tulisanmu di kirim ke email : event.goresan.pena@gmail.com dengan subjek RM_nama kamu cc ke iwanwungkul1992@gmail.com
  11. Rahasia paling unik, akan mendapatkan pulsa.
  12. Untuk semua peserta akan mendapatkan voucher penerbitan sebesar Rp. 25.000
  13. DL undangan ini, 31 Maret 2014.

Mari berbagi ilmu, karena berbagi itu indah. Inilah saatnya kamu menunjukan bahwa kamu peduli dengan dunia literasi.

Salam,

Capten Iwan Wungkul

 

One response

  1. izin copas yha.. mba neni

    March 8, 2014 at 11:16 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s