Write Without Boundaries

Info_June 2014 Write Event

PENERBITAN MENULIS BUKU ANTOLOGI CERPEN DL 1 Juni

Assalamu’alaikum Wr.Wb All CN TRO

Family

“Di tempat ini, aku menata hati. Menata

pena dan diksi. Dalam sehari, aku

meluangkan emberi masukan yang berguna

untuk penulis muda yang tergabung dalam

grup sederhana ini. Aku pun menata

mimpi-mimpi mereka. Memotivasi tanpa

letih dan pamrih. Aku puas jika tiap kelas

menulis di sini ramai, berisik, penuh

komentar meskipun candaan basa-basi.

Banyak tanda-tanda kehidupan di tempat

ini. Tempat ini bagai cafe dan apotik.

Selalu nyaman di mana pun aku berada,

mengikuti kelas atau sekedar beristirahat

sambil melirik kelas yang berlangsung. Jika

tulisan-tulisanku jatuh sakit, tak berjiwa

dan kurang memuaskan. Aku meminta obat

penawar berupa kritik dan saran yang

santun di sini. Ya, tempat ini mirip seperti

rumahku. Banyak argumentasi, tapi tak

kasat mata.”

Dalam rangka berdirinya 7 Bulan CN TRO

grup (angka favorit saya) dengan ini saya

buka lomba menulis terbaru yaitu cerpen

“DRAMATIS” setiap tempat punya cerita.

Kategori Latar Ceritamu, bisa pilih :

1. Kamar Tidur Pribadi (Bukan Hotel)

2. Kampus/Tempat Kursus.

3. Komunitas/Grup Kepenulisan

(Komunitas bebas kecuali Grup nulis,

WAJIB CN TRO)

4. Tempat Kerja.

5. Negara Mana pun. Jika di luar

Indonesia selipkan lagu Indonesia Tanah

Air Beta.

Syarat dan Format :

1. Bagikan Info ini, ke teman Facebook

anda. -Terbuka untuk Umum. Namun

harus bergabung dengan CN TRO Group.

link : https://www.facebook.com/

groups/606879139359860/?fref=ts

2. Like Fans Page CN TRO : https://

www.facebook.com/CNTROFANSPAGE?

skip_nax_wizard=true

3. Panjang Naskah 3-5 halaman. TNR 12.

Spasi 1,5. Margin Normal. Justify. Biodata

Narasi Penulis di akhir naskah.

4. Kirim ke email :

muhammadwahyu_afriansyah@yahoo.com |

Subjek dan Nama file : STPC – Nama

Penulis – Judul Naskah

5. Tulis Di wall CN TRO jika sudah

mengirim dan mention Muhammad Wahyu

Afriansyah. contoh : “Saya sudah kirim,

pak kepsek. Untuk lomba STPC.

#Muhamad_Wahyu_Afriansyah

6. DL 1 Juni 2014, Naskah lolos pasti

diterbitkan. Pengumuman Kontributor dan

Pemenang : 15 Juni 2014.

7. Hadiah berupa Vocher penerbitan Rp.

100,000. E-sertifikat. Proyek nulis bareng

admin CN TRO dan berkesempatan

menjadi bagian dari keluarga admin.

SELURUH PESERTA DAPAT E-

Setiap Tempat, Punya Cerita tak

terlupakan..

Abadikan ceritamu, dengan menulis.

Ttd,

Kepsek dan Wakepsek Muhamad Wahyu

Afriansyah dan Karina Fitri I.H

13/5/14 – 14.14 https://www. facebook.com/groups/CNTRO/

***

 “CERITA DI BALIK KOTAKU (MEDAN)”  DL: 3 Juni 2014

FAMili, dalam rangka peresmian FAM Wilayah Medan, Sumatera Utara, FAM Medan menggagas penerbitan buku antologi cerpen bertema “Cerita di Balik Kotaku (Medan)” karya anggotanya. Namun, penerbitan antologi ini juga terbuka untuk umum baik anggota FAM/nonanggota FAM Indonesia.

Tema ini menjadi pilihan karena Medan adalah kota metropolitan dan heterogen dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Medan adalah kota menarik dengan segala potensi yang dimilikinya serta meninggalkan kesan mendalam bagi yang pernah mengunjunginya. Kami berharap pengalaman para penulis ini dapat memberikan kontribusi dalam penulisan cerpen yang berlatar belakang tempat/ budaya Medan, Sumatera Utara.

Demikianlah penggagasan penerbitan antologi ini. Harapannya dari karya tulis ini dapat memberikan inspirasi dan gambaran aktual tentang kondisi Medan khususnya atau Sumatera Utara umumnya.

Adapun syarat/ketentuan mengikuti penerbitan antologi ini adalah sebagai berikut:

1. Peserta adalah anggota Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia yang mengantongi nomor ID keanggotaan FAM Indonesia, maupun nonanggota.

2. Naskah cerpen harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan tidak sedang  diikutsertakan pada event lomba menulis di mana pun.

3. Cerpen bertema: “Cerita di Balik Kotaku (Medan)”

4. Cerpen diketik rapi dalam Microsoft Word 2007 menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar atau sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Ukuran kertas A4, font Times New Roman, size 12, spasi 1,5. Margin normal.

5. Panjang naskah maksimal 5 (lima) halaman.

6. Cantumkan juga biodata (ditulis dalam bentuk narasi) disertai foto diri di akhir naskah.

7. Masing-masing calon peserta hanya boleh mengirim maksimal 1 judul naskah.

8. Naskah cerpen dikirim ke email : fam_medan@yahoo.com berupa lampiran (attacthment) bukan di badan email. Kirim dengan subjek : CERDAN-Judul Cerpen-Nama Penulis-No. HP. Contoh: CERDAN-Cerita di Balik Kotaku-Shafa Vhierani-085761976768.

9. Di badan email tuliskan pesan singkat/surat pernyataan yang menyebutkan bahwa naskah tersebut asli karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan. Tuliskan nama lengkap dan alamat lengkap (untuk pengiriman buku jika naskah lolos seleksi).

10. Cerpen dikirim paling lambat 3 Juni 2014.

11. Naskah cerpen yang diikutsertakan dalam antologi ini menjadi milik panitia (hak cipta tetap pada penulis). Semua penulis yang naskahnya lolos seleksi akan mendapatkan piagam penghargaan yang dikirim via email (setelah buku terbit).

Keterangan tambahan: 

1.Biaya penerbitan buku antologi cerpen ini ditanggung bersama-sama. Apabila cerpen  yang dikirim dinyatakan lolos, maka masing-masing penulis menginfakkan biaya Rp90.000,- (khusus anggota FAM Indonesia) atau Rp100.000,-(nonanggota FAM Indonesia). Nomor rekening untuk pengiriman biaya penerbitan bagi yang lolos seleksi akan dikirim via email.

2. Biaya tersebut akan digunakan untuk proses cetak buku, meliputi pembuatan cover, layout halaman isi, pengurusan ISBN, dan biaya kirim buku ke alamat masing-masing penulis.

3. Masing-masing penulis akan mendapat 1 (satu) buku antologi sebagai tanda bukti terbit. Bila penulis ingin memiliki buku dalam jumlah lebih, maka dapat membelinya kepada FAM Indonesia.

4. Buku dicetak dalam jumlah terbatas yang diniatkan memotivasi anggota FAM Indonesia dan peserta untuk aktif menulis dan berkarya.

Ditunggu partisipasi dari FAMili sekalian.

Mari menjadikan tulisan sebagai napas kita dan mari mengabadikan diri dalam tulisan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia penerbitan lewat email: fam_medan@yahoo.com atau hubungi Koordinator FAM Medan, Rahimah Ib melalui nomor HP 0853 7206 7534.

 Salam santun, salam karya

FAM Cabang Medan dan Sekitarnya.

***

DL 5 Juni Even Menulis dalam rangka ulang tahun grup kepenulisan Remaja Pencinta Dunia Tulis Menulis (Akan diajukan kepenerbit mayor untu

 Even Menulis dalam rangka ulang tahun grup kepenulisanRemaja Pencinta Dunia Tulis Menulis

(Akan diajukan kepenerbit mayor untuk melewati prosesseleksi)

TEMA : Colour of Love ( Cerita harus mengandung warna dancinta, dan cerita untuk umum dan bukan religi)

1.    Cerita Romance teenlit.2.    Naskah tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.3.    Naskah harus ASLI, bukan saduran dan belum pernahditerbitkan dalam bentuk apapun dan pada penerbit manapun.4.    Format naskah: ditulis dalam format doc./docx. di ataskertas A4 dengan fonts Times New Roman size 12, spasi 1,5 dan margin 3cm disetiap sisinya.5.    Panjang naskah 6-10 halaman, hanya mengirimkan satu naskahterbaiknya6.    Di bawah isi naskah, bubuhkan data identitas dalam bentuk narasisebanyak kurang lebih 100 kata saja.

7. Gunakan gaya bahasa yang romantis, ringan dan mudahdimengerti seperti gaya bahasa dalam buku “Andai Bisa Kuusap Dukamu”8.    Bergabung di group Remaja Pencinta Dunia Tulis-Menulis https://www.facebook.com/groups/595231350510532/

9.    Berteman dengan  Arief Mulya Nto https://www.facebook.com/riefyan.prudence?fref=ts  follow twitter @Patrich_Specla dan @riefprudence untuk menanyakan info event ini10.    Salin dan share info ini kepada 25 temanmu dalam notesfacebook atau blog.11.    Judul dan file naskah ditulis dengan subyek: HUT-NamaPenulis-Judul

Misal: HUT-Melgy Setya – Penantian di Ujung Senja.Kirim naskah (attachment) ke e-mail: remaja_penulis@yahoo.comNaskah diterima paling lambat tanggal 5 Juni 2014  pukul 23.59 WIB dan update peserta akandilakukan sebanyak minimal dua kali.Pengumuman selambat-lambatnya akan dilaksanakan satu bulan setelah tanggalberakhir event ini.Ada beberapa naskah yang akan terpilih untuk dibukukan ke dalam sebuah bukuantologi. Buku tersebut akan diajukan kepenerbit mayor dan akan melalui proses seleksi.

Apabila naskah diterima di penerbit mayor maka royaltipenjualan akan juga diberikan kepada para penulis terpilih tetapi jika tidak diterimadi mayor maka naskah akan diterbitkan melalui penerbit indie.

Adapun hadiah yang akan diterima apabila naskahnya lolos:

Juara I: Pulsa 50.000 + 1 eks buku terbit + sertifikat cetak.Juara II: Pulsa 20.000 + 1 eks buku terbit + sertifikat cetak.Juara III: Pulsa 20.000 + 1 eks buku terbit  + sertifikat cetak.

Salam Pena

Segenap crew RPDTM

***

Mukadimah:

Lomba Nulis “Curhat Akhwat Jlbabers” by Bianglala Hijrah, DL 7 Juni 2014

Assalamu’alaikum… Masih semangat menulis teman-teman? Ada lomba menulis lagi ni. Tema kali ini terkhusus untuk semua akhwat yang ada di seantero Nusantara. Curhat akhwat jilbabers, apa yang terlintas di benak kalian saat membaca judul ini? Hemm, saya juga tidak tahu. Ckckck. Oke! Jadi lomba menulis ini bertujuan untuk mengupas seluruh sisi kehidupan seorang akhwat yang tidak biasa. Apa saja itu? Nah saya akan memberi beberapa pilihan untuk tema curhat kalian. Mau tahu? Yukk langsung saja..🙂 (^_^)

  • Ketika Hati Rindu Menikah (Curhat kalian saat kerinduan untuk menikah kian menyiksa, ditambah omongan orang-orang dan juga keluarga yang menuntut kamu agar lekas menikah)
  • Allah, Aku Jatuh Cinta (Tentu saja curhat kalian mengenai pengalaman saat jatuh cinta. Cinta itu juga anugerah lohh.. Siapa saja bisa merasakannya.)
  • Apa Boleh Aku Pacaran? (Kalian bisa menceritakan tentang kegalauan kalian saat harus berhadapan dengan pilihan ini, sedang kamu tidak ingin pacaran sebelum halal.)
  • JombloSampai Halal! (Mengenai perjuangan kalian untuk mempertahankan predikat jomblo sebelum ijab qabul resmi mengubah status kalian.)
  • Debar-Debar Masa Ta’arruf (Pengalaman kalian saat menjalani masa ta’arruf. #Catet! Ta’arruf itu perkenalan. Tidak menjurus ke Pe-De-Ka-Te apalagi pacaran! Melainkan tahap perkenalan dua belah pihak sebelum memutuskan untuk lanjut ke jenjang yang lebih serius; menikah)
  • Aku dan Dunia Dakwah (Perjuangan kalian saat tengah berdakwah. Kendala apa saja yang pernah kalian hadapi.)
  • Akhwat Aktivis Kampus (Pengalaman kalian saat menjadi seorang aktivis kampus dengan seabrek rutinitas maupun organisasi-organisasi yang kalian ikuti.)
  • Allah, Ikhwan itu Melamarku (Huwaa, ini ni yang begimana gitu.. Buat kalian yang pernah dilamar dan saat ini tengah menikmati hari-hari nan indah bersama kekasih halal, tentu saja punya pengalaman dan kesan yang menarik mengenai tema ini. Langsung saja ditulis yukk..)
  • Diary Akhwat, dll.(Catatan diarymu, apapun yang masih menyangkut dunia akhwat dan pernak-pernik di dalamnya. Silahkan ditambah sendiri.) ^_^

Tulisan yang berpeluang besar untuk lolos tentunya yang sarat makna, inspiratif, dapat memberikan pencerahan, juga bermanfaat bagi pembaca. Untuk ikut event ini yang tidak kalah keren dari event-event sebelumnya, langsung saja baca ketentuan yang ada di bawah ini ya…Cekidooootttttt!!!!!!!!! \(^_^)9

Cara ikutan:

     1. Para peserta tidak dibatasi usia dan juga latar belakang apapun

2. Silakan buat 1 tulisan curhat dengan gaya penulisan sebebas mungkin. Pilih salah satu point di atas sebagai tema dari curhat kalian (based on your true story), boleh juga berdasarkan kisah orang lain.

3. Gunakan bahasa yang ringan, ekspresif, enak dibaca dan tidak ALAY!!

 4. Lomba ini dibuka mulai tanggal 07 Mei 2014 dan ditutup pada 07 Juni 2014, pukul 24.00 WIB

 5. Pastikan ada unsur inspiratif, menggugah, menguras air mata, bisa membuat pembaca tersenyum bahagia, menangis haru, tertawa senang, dan ada nilai moral yang bermanfaat bagi yang membacanya, beserta hal-hal positif lainnya.

 6. Format naskah: ketebalan 1-2 halaman ukuran A4, Times New Roman size 12, spasi 2, justified (rata kanan kiri)

 7. Ketik judul dan nama kamu (boleh menggunakan nama pena) di halaman pertama sebelum isi tulisan. Jangan lupa sertakan biodata singkat kamu setelah isi tulisan (di halaman ketiga).

 8. Judul file naskah: (Nama kamu)_(Judul Tulisan). Contoh: Bianglala Hijrah_Saat Ia Datang Melamar!

 9. Judul email: #CurhatAkhwatJilbabers

 10. Kirim tulisan kamu dalam bentuk attachment/sisipan file ke :yusniaagussaputri@ymail.com Body email biarkan kosong.

 11. Peserta boleh mem-follow Twitter @bianglalahijrah dan berteman dengan akun facebook Penerbit Soega (Tidak diwajibkan berteman dengan saya, karena akun pertemanan saya sudah penuh. Atau sahabat bisa klik ‘ikuti’ saya di facebook agar sahabat bisa tetap menandai saya di info lomba yang telah dicopas.)

 12. Untuk yang sudah mengirim naskahnya boleh mengkonfirmasi melalui inbox fb :Putri An-Nissa Nailathul Izzah bisa juga via twitter @bianglalahijrah. Cukup tulis “Saya sudah ikutan lomba nulis CAJ”

13. Untuk update peserta lomba bisa lihat di blog Bianglala Hijrah (http://yusniaagussaputri.blogspot.com/)

 14. Peserta diwajibkan untuk mencopas info lomba ini ke note facebook masing-masing, kemudian tag/tandai minimal 21 teman dan maksimal 25 teman fb termasuk akun fb saya dan Penerbit Soega. (Lebih banyak menandai akan menjadi poin tambahan penilaian.)

 15. Satu peserta hanya boleh mengirim 1 tulisan.

Penjurian:

     1. Penjurian dilakukan pada 8 Juni sampai 28 Juni. Pengumuman hasil lomba pada tanggal 29 Juni selambat-lambatnya tanggal 6 Juli 2014.

     2. Akan dipilih 40 tulisan inspiratif untuk diterbitkan dalam antologi #CurhatAkhwat Jilbabers (Jika naskah yang masuk melebihi target, maka akan diterbitkan dalam beberapa jilid buku.)

 

     3. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

 REWARD :

 1. Juara 1 ; Mendapatkan 1 buku bukti terbit antologi #CurhatAkhwatJilbabers + voucher penerbitan senilai 200 ribu dari Penerbit Soega

 2. Juara 2 ; Mendapatkan 1 buku bukti terbit antologi #CurhatAkhwatJilbabers + voucher penerbitan senilai 150 ribu dari Penerbit Soega

 3. Juara 3 ; Mendapatkan 1 buku bukti terbit antologi #CurhatAkhwatJilbabers + voucher penerbitan senilai 100 ribu dari Penerbit Soega

 4. SERTIFIKAT/PIAGAM untuk seluruh peserta tanda bukti keikutsertaan akan dikirim bersama pesanan buku

 5. Sewaktu-waktu hadiah untuk para pemenang/peserta bisa bertambah. Doakan rezeki saya lancar dan bertambah juga. Aamiin…

 6. Seluruh kontributor akan mendapatkan potongan harga sebesar 20% untuk setiap pembelian buku.

 Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa melalui inbox fb. Yukk persiapkan naskahmu dari sekarang.

***

DL 8 Juni

Lomba Cerpen #Ta’arufTrueStory

Assalamu’alaykum shalihat, apa kabar imanmu hari ini? Keep istiqomah upgrrade iman ya ^^

Alhamdulillah ada kabar baik nih. Setelah hadir buku perdana #SalehaIsMe tim mt on progress menulis buku kedua nih, mohon do’anya ya dear ^^

Dalam otw buku kedua ini, mt mengundang shalihat smua untuk berpartisipasi dalam pembuatan buku kedua kami. Mau mau mau?

Bagaimana caranya berpartisipasi dalam buku kedua dan gimana sih supaya tulisan kamu dimuat dalam buku kami? Penasaran?

Dirimu pernah taaruf? Punya kisah inspiratif dalam proses taaruf? Suka menulis cerpen? Yuk ikutan lomba #Ta’arufTrueStory

Gimana ketentuan ikutan #Ta’arufTrueStory min? Yuk pantengin TL ukhmin ^^

1. Kisah ta’aruf kamu atau teman kamu, baik prosesnya gagal atau berhasil dengan based on true story and inspiring #Ta’arufTrueStory

2. Tulisan diketik dalam format kertas A4, spasi 1, TimesNewRoman, size 12pt, page set up 4-3-4-3 & maks 7 halaman #Ta’arufTrueStory

3. Gunakan gaya bahasa yang easy reading, penyajian ringan and inspiring #Ta’arufTrueStory

4. Kirim tulisan kamu ke officialmuslimahtalk@gmail.com dengan format tulis di badan email #Ta’arufTrueStory_NamaLengkap_JudulCerpen_NamaTwitter

5. Pastikan kamu sudah follow @Muslimah_Talk & setelah kirim tulisan, sila mention “MT gemesin, jadi aku berani kirim tulisan #Ta’arufTrueStory “

6. Tulisan ditunggu paling lambat/deadlinenya 8 juni 2014 ya dear #Ta’rufTrueStory

7. Dari tulisan yang masuk akan dipilih 10 naskah terbaik yang akan dimuat didalam buku kedua tim MT #Ta’arufTrueStory

8. 10 naskah pemenang akan menjadi hak muslimah talk & pemenang mendapat hadiah menarik dari @qultummedia dan sample buku kedua mt

9. Pemenang #Ta’arufTrueStory akan diumumkan pada 15 juni 2014

So, tunggu apa lagi, ini tulisanku, mana tulisanmu? Yuk apresiasikan tulisanmu, ditunggu tulisan menarikmu ya dear

***

DL 10 JUNI

Lomba Menulis Cerpen Religi bertema “Hijaber Kok Pacaran?” RaditeensPublisher

Hijaber kok Pacaran?

Pertanyaan fenomenal yang pasti banyak mengoyakperhatian, khususnya para muslim muslimah di seluruh nusantara. Pertanyaantersebut bisa saja menjadi pertanyaan murni yang memang membutuhkan jawaban,namun bisa jadi itu merupakan pertanyaan retoris dengan tujuan untuk memberikansindiran.

Perbedaan pemahaman menjadikan pertanyaan inibanyak menimbulkan kontroversi (ops, jadi ingat vikinisasi he he), nah, lewatEvent Kepenulisan ini kami mengajak kalian semua untuk menuangkan alasan kesetujuan,atau ketidaksetujuan terhadap fenomena tersebut dalam sebuah cerpen.

Kesetujuankalian terhadap hijaber yang menjalani hubungan pacaran, dan ketidaksetujuankalian terhadap hijaber yang pacaran. Berikan contoh positif atau negatifnyaseorang hijaber berpacaran.

Syarat dan ketentuan:

1.      Bergabungdi Grup Kepenulisan “Write With Love” dan berteman dengan akun Facebook PJEvent yakni Risky Fitria Harini http://www.facebook.com/kiekie.buangeetatau Raditeens Publisher https://www.facebook.com/raditeens.publisher.5?fref=ts

2.      LikeFanspage Raditeens Publisher https://www.facebook.com/raditeenspublisher?fref=ts

3.      Cerpenditulis dalam format Ms. Word, A4, TNR font 12 spasi 1,5 margin normal,   4-5halaman, genre Religi, sudut pandang orang pertama.

4.      Sertakanbiodata singkat yang berisi nama asli/nama pena, akun Facebook, dan tempattinggal.

5.      1peserta maksimal mengirim 2 cerpen.

6.       Kirimnaskah ke e-mail: raditeenspublisher@gmail.comdalam bentuk lampiran, bukan di badan email.

Subjek dan NamaFile: Hijaber_judul _nama penulis

(perludiperhatikan, karena kesalahan banyak terletak disini)

Deadline: 10 Juni 2014, pukul23.59 WIB

7.      Naskahmerupakan karya asli penulis, tidak mengandung unsur SARA, dll.

8.      Copasinfo ini ke note FB peserta dan tag ke minimal 15 teman FB, termasuk RiskyFitria Harini

9.      Pengumumanpeserta yang lolos selambatnya dua minggu setelah deadline dan diinfokan diGrup Kepenulisan “Write With Love”

10.  Updatepeserta bisa dilihat di Grup Kepenulisan “Write With Love”

11.  Naskahterpilih akan dibukukan (menyesuaikan), jadi akan dilakukan seleksi demimenjaga kualitas karya.

12.  Segalapertanyaan, inbox Risky Fitria Harini

Dan dari karya terpilih yang lolos untuk dibukukan,nantinya akan dipilih kembali 2 peserta dengan karya terbaik yang akanmendapatkan :

1.      Terbaik1 mendapatkan Voucher Penerbitan senilai Rp.200.000 (tidak dapat diuangkan) + BukuUstadz Felix Siaw “Udah Putusin Aja” + sertifikat yang akan dikirim bersamaandengan buku terbitan

2.      Terbaik2 mendapatkan Voucher Penerbitan senilai Rp.100.000 (tidak dapatdiuangkan)  + Buku Ustadz Felix Siaw “YukBerhijab” + sertifikat yang akan dikirim bersamaan dengan buku terbitan

3.      Semuakontributor terpilih nantinya akan mendapatkan e-sertifikat

Okhay, kami tunggu karya-karya gokil kalian. Jangannunggu deket-deket deadline yah, segera kirimkan karyamu. Kalau bisa sekarang,kenapa harus nanti. ^_^

Grup Kepenulisan Write With Love,

Keep Silent, Write the Best

***

15 Juni

LOMBA MENULIS FF TEMA “RAMALAN CINTA” DL: 15 JUNI 2014

Kamu pernah diramal atau pernah baca ramalan bintang lalu kamu percaya? Asmara, keuangan, kesehatan memang sudah ditentukan oleh Yang Kuasa. Tetapi di sini, bersama grup Warung Antologi, –hanya sebagai hiburan semata– kalian diundang untuk menulis berbagai kisah ramalan cinta. Misal, zodiak kamu di minggu ini diramal akan mendapat kekasih setelah melakukan tiga kebaikan. Nah, rupanya kamu menuruti ramalan itu.

Yuk gali ide lainnya dengan kisah yang lebih seru ala kamu!

 Syarat dan Ketentuan Lomba:

  1. Lomba terbuka untuk umum.
  2. Menjadi anggota grup Warung Antologi
  3. Isi naskah: berupa FF (Flash Fiction) boleh fiksi ataupun kisah nyata.
  4. Naskah diketik 2-3 hlm pada jenis kertas A4, font cambria ukuran 11, spasi 1,5, dengan batas margin 3 cm (1,18 inci)  untuk setiap sisi. Format naskah .doc
  5. Naskah adalah karya sendiri (bukan saduran) dan belum pernah dipublikasikan lewat media mana pun.
  6. Setiap peserta melampirkan biodata narasi maksimal 50 kata/wajib mencamtumkan akun facebook yang ditulis di bagian akhir naskah (masih dalam satu file tetapi pada halaman terpisah).
  7. Naskah dikirim ke email: novelanian74@gmail.com berupa attachment, bukan di badan email.
  8. Tulis Subjek email dengan format: RAMALAN-Judul Naskah-Nama Penulis dan nama file FF-Judul Naskah-Nama Penulis, misal FF-Kotak Berdebu-Anita Luna. Mohon untuk memperhatikan syarat ini guna mempermudah admin dan juri menilai serta mengelolia naskah.
  9. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya.
  10. Lomba ini dibuka mulai 17 MEI 2014 hingga 15 JUNI 2014 (Jam 23:59 WIB).
  11. Jika tidak ada halangan, Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 30 JUNI 2014. Jika ada keterlambatan, akan diumumkan dikemudian hari.
  12. Bagikan info lomba ini kepada minimal 30 orang sahabat FB.
  13. Naskah yang dikirim menjadi hak pelaksana lomba untuk dipublikasikan dalam bentuk buku.
  14. Akan dipilih 30 naskah terbaik untuk dibukukan.
  15. Seluruh juara dan kontributor wajib investasi sebesar 50.000
  16. Keputusan Dewan Juri mengikat.

Hadiah:

Akan dipilih tiga pemenang

  • Pemenang 1: Sebuah buku terbit + Medali Lapis Plastik Warna Emas + Sertifikat + Voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000
  • Pemenang 2: Sebuah buku terbit + Medali Lapis Plastik Warna Perak + Sertifikat + Voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000
  • Pemenang 3: Sebuah buku terbit + Medali Lapis Plastik Warna Perunggu + Sertifikat + Voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000

Seluruh kontributor akan mendapatkan sertifikat, voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000 dan potongan harga khusus untuk setiap pembelian buku.

 Selamat berlomba!

***

15 Juni

Marina Novianti

Salam pagi, saudaraku Sonny H. Sayangbati dan rekan penyair di Info For Us,
mohon izin share info… terima kasih

ANTOLOGI PUISI JADILAH TERANG EDISI KEDUA

Perjuangan belum usai. Perjalanan masih panjang.
Setelah edisi perdana,antologi puisi JADILAH TERANG EDISI KEDUA siap kita lahirkan!

Syarat dan ketentuan sebagai berikut :

1. Terbuka bagi semua penyair yang berminat berpartisipasi

2. Setiap penyair akan mengisi tiga halaman dalam buku, dengan materi dua halaman adalah puisi (satu puisi tiap halaman, masing-masing maksimal 35 – 40 baris ), dan satu halaman untuk biodata, foto diri serta proses kreatif penulisan salah satu puisi (total penulisan bio data dan proses kreatif adalah 35 – 40 baris juga).

3. Tema yang diangkat pada antologi ini adalah “Jadilah Terang”, dalam berbagai aspek kehidupan.

4. Kirimkan 3 (tiga) puisi ke email ariefsetiawan_upi@yahoo.com dan noviantimarina@yahoo.com. Dua puisi yang lulus seleksi akan dimuat dalam antologi, bersama foto diri, bio data dan proses kreatif penulisan salah satu puisi.

5. Tenggat waktu pengiriman adalah pertengahan JUNI 2014. Antologi akan diterbitkan akhir JULI 2014.

6. Biaya cetak antologi ditanggung bersama.

7. Setiap penyair yang karyanya dimuat akan mendapatkan 10 (sepuluh) buku gratis dengan mengganti ongkos kirim via pos.Untuk pembelian berikutnya, akan mendapatkan diskon 30% dari harga buku.

8. Puisi karya terbaru, belum pernah dipublikasikan di media apapun.

9. Silahkan menginformasikan kepada rekan penyair lain yang serius berminat untuk berpartisipasi. Lalu mohon informasikan nama penyair tersebut kepada salah satu Admin : Arief Setiawan dan Marina Novianti. Admin akan mengundang untuk menjadi anggota grup Antologi Puisi JADILAH TERANG.

Salam Puisi.

***

Lomba Menulis Novel, Kegiatan Rose Marry St/ Penerbit Sembilan Mutiara 2014. (DL 18 Juni 2014).

Salam Literasi.

Sobat penggerak literasi dan para penulis di penjuru tanah-air. Setelah beberapa kali mengadakan kegiatan menulis baik puisi maupun cerita pendek. Kali ini Sembilan Mutiara, untuk semakin meningkatkan budaya literasi, menggelar Lomba Menulis Novel. Yang diselenggarakan mulai 19 Januari 2014 Sampai 18 Juni 2014.

Berikut persyaratan dan ketentuan mengikuti lomba;

1. Lomba tidak dipungut biaya, berlaku bagi seluruh warga negara Indonesia dimana pun berada, tanpa batas maksimal usia.

2. Naskah novel bertema bebas, sekurangnya 150 halaman A4 spasi 1, 5. Dengan ukuran font isi Times New Roman 12. Margins, Top: 4, left: 4, right 3, bottom; 3.

3. Naskah merupakan karya asli penulis, bukan plagiasi, bukan saduran. Dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun baik sebagian atau keseluruhan. Serta tidak sedang diikutkan dalam kegiatan lain/ tidak sedang dikirim ke penerbit lain.

4. Naskah dikirim ke e-mail: rosemarryst727@gmail.com, cc tosapoetra@gmail.com, di lampiran e-mail, dengan disertai sinopsis serta data diri penulis sesuai kartu identitas yang masih berlaku (Sekurangnya mencakup: Nama FB, Nama Asli, Alamat, Tempat Tanggal Lahir, alamat email, Nomor HP, Syukur disertai foto diri.). Selambatnya naskah diterima panitia pada tanggal 18 Juni 2014, pukul 23.00 WIB.

5. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu (1) karya. dengan format judul e-mail: LN9M14 + (Judul Novel) + Nama Penulis.

6. Peserta wajib menjadi anggota grup Sembilan Mutiara Publishing, sebab update peserta dilakukan di grup. (https://www.facebook.com/groups/322577997826178/).

7. Peserta wajib meng-add akun Rose Marry St, selaku manajer program Sembilan Mutiara yang menangani pelaksanaan lomba ini. Agar dapat meng-inbok Rose Marry St untuk memberikan konfirmasi pengiriman naskah. Berikut tautan akun Rose Marry St (https://www.facebook.com/roset2013

8. Akan diambil tiga (3) Novel terbaik pilihan Tim Sembilan Mutiara, untuk diterbitkan. Untuk tiga (3) penulis novel terbaik diberikan uang pembinanan sebagai berikut: Novel terbaik ke-satu (1) Rp. 500.000, terbaik ke-dua (2) Rp. 300.000, dan terbaik ke-tiga (3) Rp. 200.000.

9. Pengumuman pemenang selambatnya disampaikan 18 September 2014, di grup Sembilan Mutiara dan diblog: www.sembilanmutiara.com

10. Apabila sampai tanggal 18 Juni 2014, jumlah peserta belum memenuhi kuota minimum, maka panitia akan memperpanjang waktu kegiatan.

11. Diharapkan peserta turut menyebar luaskan informasi kegiatan ini, dengan mengkopi info lomba ini di catatan, dan menandai sekurangnya 25 kawan yang aktif di kegiatan literasi, termasuk menandai akun Rose Marry St.

12. Bagi pemenang nantinya akan dihubungi panitia, untuk dapat menunjukkan scan/ foto kartu identitas sesuai yang ditulis pada pendaftaran peserta. Serta dimintai nomor rekening untuk ditransfer uang pembinaan yang ditentukan.

13. Kriteria penilaian meliputi: kerapian naskah, pengetikan benar sesuai ejaan yang disempurnakan, tema, alur, konflik, karakteristik tokoh, kekuatan detail, logika cerita, setting, ending, dll.

14. Proses penerbitan karya terbaik 1, 2, 3 akan dibicarakan kemudian hari setelah diumumkan pemenang, soal peraturan dan kesepakatannya antara pihak Sembilan Mutiara dengan pihak Penulis.

15. Naskah yang tidak terpilih menjadi 3 terbaik, sepenuhnya menjadi hak penulis kembali setelah pemenang lomba diumumkan.

16. Peraturan ini bersifat mutlak, dan keputusan Tim Sembilan Mutiara, tidak dapat diganggu gugat.

17. Info dan pertanyaan/ hal yang belum dimengerti dapat menghubungi Rose Marry St.

Demikian informasi kegiatan ini kami sampaikan, atas kepedulian dan partisipasinya disampaikan terimakasih.

 Trenggalek, 11 Januari 2014

Pimpinan Sembilan Mutiara

Tosa Poetra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s