Write Without Boundaries

Event Di Ramadhan_July 2014

Ini info beberapa event penulisan yang mungkin bisa diikuti, dalam bulan ramdhan yang penuh pintu maaf maka saya mohon maaf kahir dan bathin buat semuanya_salam.

DL 1 July

  1. Event Menulis Cerpen 01 Pustaka Oren Tema: Ramadhan oh Ramadhan – DL 1 Juli 2014 pukul 18.00 WIB

Punya cerita unik, lucu, aneh, dan tak terduga menjelang/saat ramadhan? Misalnya; minum tanpa sengaja saat mandi *eh, tidak berani ke mesjid untuk melaksanakan shalat tarawih karena takut diteror mercon, sahur sendirian *hiii, menahan untuk tidak bertemu sang pujaan hati selama ramadhan *ops, kentut saat shalat tarawih *iihh, atau terpaksa membatalkan puasa karena alasan tertentu. Atau satu lagi, jatuh cinta sama penjaga mesjid yang ganteng plus rajin shalat??*xixixixi. Hmm, dari pada cerita kamu cuma jadi kenangan😀 yuk gabung ke event perdana Pustaka Oren ini!! Deadlinenya singkat loh, jangan sampai ketinggalan ya!

            Oke! Tuangkan ceritaunik/lucu/aneh/tak terdugamu dalam sebuah cerpen, dengan ketentuan:

1.      Berteman/mengikuti Fb Pustaka Oren.

2.      Tema naskah: cerita unik/lucu/aneh/tak terduga menjelang/saat ramadhan. Boleh juga cerita ketika idul fitri.

3.      Naskah maksimal 3 lembar A4 (termasukbiodata berbentuk narasi), margin normal, spasi 1,5 dengan jenis huruf TimesNew Roman. Tulis dengan bahasa menarik dan ringan, kocak/lucu lebih bagus!

4.      Cerpen berupa flash true story (kisahnyata kamu/orang lain), boleh dikemas secara fiksi (sedikit ditambah-tambahi agar terlihat lebih unik/lucu/seru).

5.      Naskah dikirim ke pustakaoren@yahoo.com, dengan judul file dan subjek email: event01_judul naksah_nama penulis. Kirimnya melalui attachment ya (lampiran), jangan di badan email.

2.Event FF tema Kisah Kasih di Sekolah

Pastinya teman-teman semua pernah dong ngrasain gimana rasanya jatuh cinta saat masa-masa bersekolah. Gimana rasanya pacaran diem-diem, nembak cewek pertama kali dll. Daripada dipendam yuk ceritakan semuanya dalam event ini dalam bentuk fiksi!😀

 Syarat Peserta :

-Peserta berteman dengan FB Penerbit Mmjn(https://www.facebook.com/mmjn.publisher)

-Peserta tergabung dalam Grup MUDA MUDI JAGO NULIS. bagi yang belum klik (https://www.facebook.com/groups/269528136515425/)

– Peserta me Like FanPage MMJN Publisher. bagi yang belum klik (https://www.facebook.com/mmjngroup)

 Syarat Naskah:

1. Naskah FF harus karya asli, bukan terjemahan atau saduran.

2.Naskah FF dengan tema Kisah Kasih di Sekolah ditulis antara 300-500 kata tidak termasuk judul.

3. Naskah ditulis dalam format Ms.word margin standar. spasi 1,5. Times New Roman 12pt A4.

4. Isi naskah tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.

5. Naskah belum pernah dipublikasikan di media mana pun, baik cetak, elektronik, maupun online dan tidak sedang diikutkan lomba serupa.

6. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan maks 1 naskah FF terbaiknya.

7. Di akhir naskah sertakan biodata lengkap berupa nama asli, alamat surat-menyurat, alamat email, akun Facebook, akun Twitter, dan juga nomor telepon/HP yang bisa dihubungi. Sertakan juga biodata narasi penulis.(jadikan satu dengan file naskah)

8. Kirim naskah ke groupmmjn@yahoo.com dengan subject KKDS-judul-nama kamu”. Contoh: KKDS-Cinta Putih Abu-abu-Arifin

9. Naskah dikirim dalam bentuk attachment, bukan ditulis di badan email.

Lain-lain:

1. Posting materi lomba di FB masing-masing. Tag 30 orang termasuk FB Penerbit MMJN.

2. Event ini berlangsung sejak naskah ini di publish sampai tanggal 1 Juli 2014.

3. Update peserta bisa dilihat di FanPage dan di http://mmjngroup.wordpress.com/setiap minggunya.

4. Pengumuman pemenang selambat-lambatnya tanggal 7 Juli 2014. Akan kami umumkan di blog dan FanPage kami.

5. Perhatikan baik-baik persyaratan di atas. Bagi peserta yang mengirimkan karya tidak sesuai dengan format maka naskah akan dianggap tidak sah. Pahami syarat dan ketentuannya sebelum mengirim. Jangan lupa jugauntuk memposting materi lomba (akan dicek).

6. Naskah-naskah layak terbit akan kami terbitkan. Bisa dalam satu atau beberapa buku.

7. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Hadiah:

Juara 1: buku terbit+ paket buku + Rp. 150.000,- dan voucher penerbitan senilai 300.000,- di MMJN Publisher + sertifikat cetak dikirim gratis ongkir ke alamat pemenang

Juara 2 : Rp. 50.000,- + paket buku + voucher penerbitan senilai 200.000,- di MMJN Publisher + sertifikat cetak dikirim gratis ongkir ke alamat pemenang

Kontributor buku akan mendapatkan diskon pembelian buku sebesar 3000,- sebagai pengganti royalti. berlaku kelipatan. kontributor yang menginginkan esertifikat akan kami layani setelah pre order bukunya selesai. Akan diberikan esertifikat tanpa nama. Bagi yang mau sertifikat cetak dengan nama bisa juga memesan dikami dengan hanya membayar ongkos cetaknya rp.4000,- dan akan dikirim bersamaan pemesanan buku.

Paket Penerbitan kami, bagi yang berkeinginan untuk menerbitkan bukunya bersama Penerbit MMJN: https://www.facebook.com/notes/penerbit-mmjn/paket-penerbitan-mmjn-publisher/1399226323661890

***

DL 5 July

05 Juli

EVENT MENULIS FTS “PENGALAMAN INSPIRATIFKU” (DEADLINE 5 JULI 2014) ****

Dalam rangka pembukaan grup menulis “The Power of Story”, Muhammad Dede Firman dan Faridah Fauziahaha mengadakan sebuah event menulis flash true story (kisah nyata singkat) yang bertema “Pengalaman Inspiratifku”. ^_^

Simak ketentuan selengkapnya berikut ini:

  1. Peserta bergabung dalam grup The Power of Story (https://www.facebook.com/groups/521803767942357/ ).
  2. Peserta berteman dengan facebook Muhammad Dede Firman (https://www.facebook.com/dedefirman.muhammadii) dan Faridah Fauziahaha (https://www.facebook.com/faridah.fauziahaha).
  3. Peserta mengcopy-paste info ini ke catatan facebook masing-masing dan tag 30 teman termasuk Muhammad Dede Firman dan Faridah Fauziahaha.
  4. Naskah yang dikirim harus asli karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan di media sosial (facebook, twitter, blog, dll) ataupun buku.
  5. Naskah yang dikirim harus berdasarkan pengalaman pribadi penulis/ pengalaman orang terdekat penulis.
  6. Naskah diketik sekitar 200-350 kata, di kertas A4, Times New Roman 12, spasi ½, margin normal/default, perataan tulisan kanan-kiri/ justify.
  7. Di bawah naskah cantumkan foto penulis dan biodata narasi penulis maksimal 50 kata.
  8. Tulis di nama file: EPI_JUDUL NASKAH_NAMA PENULIS.
  9. Naskah dikirim paling lambat 5 Juli 2014 ke email defa24598@gmail.com dalam bentuk lampiran/attachment dengan subjek email: EPI_JUDUL NASKAH_NAMA PENULIS.

Lain-Lain:

1.  Update peserta diadakan setiap sabtu/minggu di grup The Power of Story.

2.  Akan dipilih naskah-naskah terbaik yang akan dibukukan secara indie. Seluruh kontributor mendapatkan diskon pembelian buku terbit dan e-sertifikat.

3.  Reward:

Pemenang 1: Paket skin care senilai Rp. 113.900,- + Sisir ion + Minyak wangi non alkohol + Gantungan kunci keren.

Pemenang 2: Paket skin care senilai Rp. 94.000,- + Sisir ion + Minyak wangi non alkohol + Gantungan kunci keren.

Pemenang 3: Paket skin care ­senilai Rp. 68.900,- + Minyak wangi non alkohol + Gantungan kunci keren.

4.  Pengumuman pemenang pada tanggal 12 Juli  2014 di grup The Power of Story.

5.  Jika ada pertanyaan silakan inbox Muhammad Dede Firman/ Faridah Fauziahaha atau post pertanyaannya di grup The Power of Story.

Ayo, kita bangun buku dan sebarkan manfaat melalui cerita kita! ^_^

Terimakasih,

Panitia Event

Muhammad Dede Firman & Faridah Fauziahaha

***

Event FTS dan Puisi Ramadhan Bersama AE Publishing – DL 5 Juli 2014

June 15, 2014 at 12:56pm

Assalamu’alaikum, Menjelang bulan Ramadhan, AE mengajak kita untuk kembali ke masa-masa Ramadhan lalu. Kalian pasti punya kisah seru di bulan itu, kan? Ada tangis dan tawa pastinya, entah saat kehilangan atau tertukar sandal di masjid, telat saat sahur, tidak mendapat menu buka idaman, atau saat harus kecewa karena tidak bisa menjalankan puasa pada hari tertentu (khusus wanita).   Ada tiga tema yang akan diangkat ;

  1. Sahurku : Pasti buat ibu-ibu banyak sekali yang dilakukan pada saat menjelang sahur. Sibuk sendiri di dapur. Ups, gak sampai gosong kan masakannya? ^^. Nah, saat sahur ini pasti banyak cobaannya, misalnya si kecil yang gak bisa bangun atau hanya sahur dengan mie instans karena lupa besoknya puasa. Xixixi. Seru juga kalo cerita harus kejar-kejaran dengan si Mpus karena ikannya di bawa lari. Bukan hanya ibu, anak kos pasti punya seabrek kisah seru.
  2. Bukaku : Menceritakan kenangan kalian pada saat berbuka, akan berbuka, ataupun setelah berbuka. Masak menu istimewa atau malah jalan-jalan ke pasar ta’jil buat nyari lauk. Setelah berbuka paspasti kenyang dong …. Apalagi kalau berbuka bareng orang tersayang (calon suami, calon mertua, bahkan dengan keluarga). Gak hanya cerita bahagia, sedih pun boleh. Misalnya saja saat berbuka terakhir dengan orang tersayang atau malah kehilangan menu andalan karena dicuri si Mpus.
  3. Tarawihku : Ramadhan tak bisa lepas dari yang namanya sholat tarawih. Buat yang baru melahirkan, sayang ninggal si kecil, akhirnya sholat di rumah. Kalo yang di kosan sholat ramai-ramai dengan teman-teman satu kampus, bagaimana sholat tarawih pertama bareng si kecil (pasti seru), atau harus kehilangan sandal saat mau pulang dari masjid. Banyak kisah seru di sini. Sedih dan senang bisa ditulis semua.

Persyaratan event sekaligus menjadi kriteria dalam penilaian:

1. Lomba terbuka untuk umum.

2. Penerimaan naskah dibuka dari tanggal 15 Juni sampai dengan 5 Juli 2014 (pukul 24:00 WIB).

3. Membagikan info lomba ini ke minimal 25 teman facebook.

4. Klik “suka” pada halaman facebook “AE Publishing” (https://www.facebook.com/ae.publising?fref=ts) dan bergabung menjadi anggota grup facebook “Antologi Es Campur” (https://www.facebook.com/groups/107270029373005/?fref=ts), dengan tujuan mempermudah para peserta untuk mengakses info lebih lanjut seputar lomba ini.

5. Naskah dalam bentukFTS dengan panjang naskah antara 2-3 halaman dan PUISI 1-2 halaman. Di akhir naskah tuliskan biodata narasi maksimal 50 kata (narasi, ya? Bukan seperti KTP. Cantumkan nama FB). Sudut pandang “aku”, ya? Pastinya NO SARA dan  NO CABUL

6. Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik/online, dan tidak sedang diikutsertakan dalam event lain.

7. File naskah dalam format doc. (Ms. Word 2003/2007); kertas A4, font Time New Roman 12 pt, spasi 1.5 cm, dan batas margin normal.

8. Naskah yang telah memenuhi persyaratan di atas, dikirim ke email: ae.anisa@gmail.com (tulis subjek email dan nama file: #(Puisi/FTS) Ramadhan_Tema (sahurku, bukaku, tarawihku)_Judul_Nama Penulis. Jangan menyepelekan masalah subyek nama file karena untuk mempermudah PJ mendata.

9. Kirim tulisanmu dalam bentuk lampiran. Badan email dibiarkan kosong.

10. Peserta diwajibkan follow Twitter @anis_sa_ae dan @AePublishing (gak ada alasan gak punya twitter yaahh).

11. Mention dengan tweet yang isinya “Saya udah kirim event nulis #puisi/ftsramadhan tema … cc @anis_sa_ae dan @AePublishing”.

12. Setiap peserta boleh mengirimkan satu naskah terbaik untuk tiga tema.

13. Baca dengan telilti syarat dan ketentuannya, ya? Jangan sampai menanyakan apa yang sudah tertulis dengan jelas. Insyaallah hasil lomba akan diumumkan secepatnya. Semoga bisa terbit saat bulan puasa ini. ^^ Hadiah untuk pemenang :

  1. Juara pertama : Buku terbit + voucher penerbitan 200 ribu untuk paket lengkap di AEP.
  2. Juara kedua : Buku L.O.V.E? + voucher penerbitan 150 ribu untuk paket lengkap di AEP.
  3. Seluruh naskah terpilih akan dibukukan dan kontributor berhak mendapatkan diskon 10% saat order buku terbit serta voucher penerbitan 100 ribu (bisa untuk paket mandiri) yang berlaku selama 3 bulan.

Akhir kata, maafin semua kesalahan yang telah diperbuat oleh Tim AEP, entah itu yang disengaja ataupun tidak, ya? Kita sucikan hati dan diri di bulan yang suc. Selamat menyambut bulan penuh berkah.🙂

Wassalam

Anisa AE

#NB : Tidak menerima inbox tentang lomba ini. Jika ada pertanyaan, bisa di FP AE, grup ECA, atau wall. Bukan inbox, ya?

***

EVENT MENULIS PENERBIT MAFAZA MEDIA (DL 5JULI)

Hai teman-teman.

Rindu. Pasti nggak asing dengan kata yang satu itu. pasti semua pernah merasakannya, kan?

Langsung aja nih, kali ini Mafaza Media mengadakan Event menulis cerpen dengan tema “RINDU”.

Kalian bisa menceritakan tentang rindu kalian, bisa rindu kepada orangtua, pasangan, sahabat, rindu Sang Pencipta atau rindu kepada almarhum Kakek/Nenek misalnya.

Ini dia syaratnya:

1. Lomba terbuka untuk umum dan tidak dibatasi usia.

2. Penerimaan naskah dibuka dari tanggal 7 Juni sampai dengan 5 Juli 2014 (pukul 23:59WIB). Naskah diterima paling lambat tanggal 5 juli 2014 pukul 23.39. Daftar peserta akan diupdate setiap hari Sabtu-Minggu.

3. Menyukai halaman Penerbit Mafaza Media (https://www.facebook.com/PusatInfoBisnisOnline?fref=ts)

4. Untuk mempermudah para peserta untuk mengakses info lebih lanjut seputar lomba ini. Bergabung dengan grup Antologi Penerbit Mafaza Media ( https://www.facebook.com/groups/901790979866133/?fref=ts ) dan menyukai FP Kim Angella Fortune (https://www.facebook.com/pages/Kim-Angella-Fortune/174196202662947?ref=hl) untuk update peserta.

5. Naskah ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jenis tulisan cerpen, boleh kisah nyata atau pun fiktif.

6. Bagikan info ini kepada 20 orang temanmu. Naskah harus asli bukan jiplakan atau saduran, belum pernah diplublikasikan di media cetak atau elektronik manapun dan tidak sedang diikutkan lomba.

7. Tidak mengandung pornografi dan kekerasan, serta tidak mengandung SARA

8. Panjang naskah maksimal 5 halaman dan jangan lupa cantumkan biodata narasi sebanyak 50 kata.

9. File naskah dalam Ms. Word 2003/2007; kertas A4, font TNR (Times New Roman) 12pt, spasi 1.5 cm, dan batas margin rata-rata 3 cm untuk setiap sisi.

10. Naskah yang telah memenuhi persyaratan di atas, dikirim ke email: angelchristiani777@gmail.com.

11. Tulis subjek email dan nama file: RINDU_Judul_Nama Penulis. Jangan menyepelekan masalah subyek nama file karena untuk mempermudah PJ mendata. Kirim di lampiran/attachman (BUKAN DIBADAN EMAIL)

12. Hasil lomba akan diumumkan insyaa Allah pada tanggal 20 Juli 2014.

REWARD

Akan dipilih 25 naskah yang akan dibukukan dalam antalogi cerpen dan akan dipilih 3 naskah terbaik dari keseluruhan naskah yang dipilih:

Terbaik I: Voucher penerbitan senilai Rp. 200.000.

Terbaik II: Voucher penerbitan senilai Rp. 150.000.

Terabaik III: Voucher penerbitan senilai Rp. 100.000

Voucher penerbitan berlaku hingga 31 Desember 2014.

Akhir kata, selamat menulis

PJ Kim Angella Fortune

***

DL 10 July

EVENT MENULIS PUISI DAN FTS (FLASH TRUE STORY) – DL 10 JULI 2014

Salam kenal untuk teman – teman semua. Kali ini PJ Rita bersama dengan Penerbit Mafaza Media mengadakan event menulis puisi dan FTS dengan tema “Pertemuan Kita”

“Kamu datang ke duniaku, memberikan warna merah jambu. Entah berapa lama rasa ini ada, hingga aku rasa pertemuan kita adalah awal cerita bahagia”

Suatu rasa bermula dari sebuah pertemuan, benarkan hehe🙂

Sebelumnya yuk simak syarat dan ketentuan untuk mengikuti event ini

A.      SYARAT PESERTA

Event ini dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa batasan usia dan jenis kelamin

B.      SYARAT NASKAH

  1. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan merupakan karya asli penulis. Dengan mengikuti event ini, penulis menyatakan bahwa karyanya merupakan murni kasrya aslinya dan jika ada tuntutan pelanggaran hak kekayaan intelektual maka akan menjadi tanggung jawab penulis.
  2. Judul tulisan bebas, dengan tetap sesuai tema “Pertemuan Kita”. Boleh tentang cinta atau persahabatan. Silahkan bersenang – senang dengan imajinasi kalian.
  3. Naskah Puisi diketik rapi Ms. Word 2003/2007, maksimal 1 halaman A-4, Times New Roman 12pt, 1,5 spasi, dengan margin rata-rata 3 cm untuk setiap tepi
  4. Naskah FTS diketik rapi Ms. Word 2003/2007, maksimal 500 kata, format A-4, Times New Roman 12pt, 1,5 spasi, dengan margin rata-rata 3 cm untuk setiap tepi.
  5. Isi naskah tidak mengandung unsur SARA dan pornografi
  6. Naskah belum pernah dipublikasikan dimedia apapun, baik cetak, elektronik, maupun online, dan tidak sedang diikutkan pada lomba manapun
  7. Setiap peseta hanya boleh mengirimkan maks 1 naskah Puisi dan 1 naskah FTS (Boleh ikut keduanya atau salah satunya saja)
  8. Pada akhir naskah harap sertakan biodata lengkap dalam bentuk narasi dalam 50 kata meliputi nama, alamat e-mail, dan nomor telepon yang masih aktif. Boleh juga menyertakan akun social media. (dijadikan dalam satu file).
  9. Kirim naskah ke alamat e-mail astritapuji@gmail.com
  10. Tulis subjek dan nama file naskahmu dengan format:

Untuk Puisi : PUISI_JUDUL_Nama Penulis.

Untuk FTS : FTS_JUDUL_Nama Penulis

Naskah dikirim dalam bentuk attachment, bukan ditulis didalam badan e-mail.

 

 C.      LAIN-LAIN

  1. Menyukai halaman Penerbit Mafaza Media (https://www.facebook.com/groups/901790979866133/)
  2. Posting event ini di NOTE FB masing-masing. Tag 20 orang termasuk Penerbit Mafaza Media
  3. Event ini berlangsung sampai dengan 10 Juli 1014 (pukul 24.00)
  4. Update peserta dapat dilihat di doc grup Penerbit Mafaza setiap hari senin dan kamis
  5. Pengumuman pemenang selambat-lambatnya tanggal 23 Juli 2014
  6. Perhatikan baik-baik persyaratan diatas. Bagi peserta yang mengirimkan naskah tidak sesuai dengan format maka naskah akan dianggap tidak sah. Pahami syarat dan ketentuannya sebelum mengirim. Jangan lupa untuk memposting event ini

D.      Hadiah

Akan dipilih 50 naskah puisi dan 20 naskah FTS dan akan dipilih 4 naskah terbaik dari keseluruhan naskah yang dipilih (2 naskah untuk Puisi dan 2 naskah untuk FTS). Jadi ada 2 pemenang dalam 1 kategori naskah

Juara 1 : Voucher penerbitan 200rb

Juara 2 : Voucher penerbitan 150rb

Naskah FF dan puisi yang layak terbit akan diterbitkan dalam buku dan akan mendapatkan e-sertifikat. Voucher penerbitan berlaku sampai 31 Desember 2014

Salam hangat dan selamat menari dengan kata🙂

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:

PJ Rita (https://www.facebook.com/astritapuji) atau di (https://twitter.com/_Astrita)

***

DL 10 Juli

PENERBITAN BUKU ANTOLOGI KISAH INSPIRATIF: “SUKA DUKA MERAIH IMPIAN”

June 9, 2014 at 9:07pm

Setiap orang pasti memiliki impian (obsesi/cita-cita), sebab impian adalah kekuatan yang akan menuntun seseorang dalam memprioritaskan apa yang akan dilakukannya. Impian adalah semangat menyongsong masa depan dengan penuh rasa optimis. Impian adalah tonggak awal langkah kaki seseorang menuju kemajuan, kesuksesan dan meraih sesuatu yang dianggap mustahil. Berkat impianlah orang memiliki kekuatan untuk bertahan dan berjuang dengan segala risikonya. Oleh karena itu, impian perlu diperjuangkan jika seseorang ingin berhasil meraihnya.

Impian setiap orang pasti berbeda-beda. Setiap orang memiliki catatan harapan tersendiri dengan cara peraihan yang berbeda pula. Proses memperjuangkan impian ini, tentu sangat indah sekali untuk dituliskan. Mungkin Anda pernah dianggap muluk-muluk dengan impian yang sedang dibangun. Atau bahkan dicemooh, dianggap aneh-aneh, dijatuhkan semangat dan berbagai sikap negatif lainnya. Tapi Anda tetap percaya dengan impian itu, terus memperjuangkan dan yakin suatu saat akan teraih. Nah, mari kita tuliskan impian kita serta perjuangan seperti apa dalam meraihnya.

Penerbit FAM Publishing, Divisi Penerbitan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia sebagai wadah kepenulisan nasional tergerak untuk membukukan kisah-kisah inspiratif Anda dengan tema “Suka Duka Meraih Impian.” Silakan kirim naskah Anda yang menceritakan kisah pribadi Anda tentang suka duka meraih impian. Siapa pun boleh menuliskan kisah pribadinya dalam meraih impian dan mengikuti antologi ini, tidak disyaratkan impian yang sudah teraih. Boleh juga menuliskan impian-impian yang sedang diperjuangkan.

Penerimaan naskah dibuka sejak 10 Juni 2014 hingga 10 Juli 2014. Biaya penerbitan buku ini ditanggung sepenuhnya oleh Penerbit FAM Publishing. Setiap penulis yang naskahnya lolos seleksi hanya diharuskan membeli minimal 1 (satu) eksemplar buku seharga Rp75.000 (untuk anggota FAM/sudah termasuk ongkos kirim) dan Rp80.000 (untuk nonanggota FAM/sudah termasuk ongkos kirim).

Adapun ketentuan mengikuti antologi ini, sbb:

1. Peserta umum (untuk anggota FAM maupun nonanggota/baik muslim maupun nonmuslim).

2. Kisah yang ditulis adalah kisah nyata diri sendiri (bukan kisah orang lain).

3. Naskah ditulis di microsof word 2003 atau 2007, ukuran kertas kuarto A4, jenis huruf Time New Roman, ukuran huruf 12.

4. Panjang naskah maksimal 3-4 halaman, 1 spasi.

5. Di bawah naskah mencantumkan profil penulis dalam bentuk narasi (maksimal 10 baris) serta foto diri.

6. Di bawah naskah penulis harap mencantumkan alamat domisili, alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

7. Naskah dikirim melalui email: gudangnaskah@yahoo.com. Naskah yang masuk akan mendapat balasan dari admin FAM.

8. Naskah yang dinyatakan lolos seleksi akan diberikan ucapan selamat melalui email. Nama-nama penulis yang naskahnya lolos akan diumumkan di grup “Forum Aishiteru Menulis” dan fanspage “Penerbit FAM Publishing.”

Jika Anda sudah mantap, jangan menunggu deadline, segera kirimkan naskahnya. Jangan takut bermimpi!

Salam santun, salam karya.

FAM PUBLISHING

Divisi Penerbitan FAM Indonesia

www.fampublishing.net

***

DL 10 July

10 Juli

Lomba Menulis
Cerpen Liris Romantic “Saat Senja Mengukir Cinta”
Raditeens Publisher .
Berbagai kisah romantis sudah banyak bertebaran di
muka bumi. Namun segala manisnya banyak
didominasi oleh asmara masa remaja. Sesuatu yang
menarik dari sepanjang pengamatan, mengajak kita
untuk dapat melihat lebih dekat. Kisah romantis di
kala renta jauh lebih menyuguhkan kelembutan cinta.
Saat Senja Mengukir Cinta, adalah cerita manisnya
bersahabat, toleransi, mencintai,dan pengorbanan
yang dilakukan oleh sepasang insan berusia renta.
Tuliskan ceritamu, dan ajak semua untuk dapat
menyelami kesejatiannya. Sehingga mampu menarik
pembaca ceritamu untuk dapat memimpikan kisah
cintanya terus merona sampai tua.
Syarat dan ketentuan:
Bergabung di Grup Kepenulisan “Write With Love” dan
berteman dengan akun Facebook PJ Event yakni Erlis
Budiarti ( https://www.facebook.com/
orizza.sativvacittaibuhanyaa ) dan penerbit Raditeens
Publisher ( https://www.facebook.com/
raditeens.publisher.5 )
Like Fanspage Raditeens Publisher
Cerpen ditulis dalam format Ms. Word, A4, TNR font
12 spasi 1,5 margin normal, 4-5 halaman, sudut
pandang bebas.
Sertakan biodata singkat yang berisi nama asli/nama
pena, akun Facebook, dsb.
Kirim naskah ke e-mail: sativva.orizza@gmail.com.
dalam bentuk lampiran, bukan di badan email.
Subjek dan Nama File: CLR_judul _nama penulis
(perlu diperhatikan, karena kesalahan banyak terletak
disini)
Deadline: 10 Juli 2014, pukul 23.59 WIB
Naskah merupakan karya asli penulis, tidak
mengandung unsur SARA, dll.
Copas info ini ke note FB peserta dan tag ke minimal
15 teman FB, termasuk PJ Event Erlis Budiarti
Pengumuman peserta yang lolos selambatnya dua
minggu setelah deadline dan diinfokan di Grup
Kepenulisan “Write With Love”
Update peserta bisa dilihat di Grup Kepenulisan “Write
With Love”
10. Naskah terpilih akan dibukukan (menyesuaikan),
jadi akan dilakukan seleksi demi menjaga kualitas
karya.
11. Segala pertanyaan, inbox Pj lomba (Erlis Budiarti)

Dan dari karya terpilih yang lolos untuk dibukukan,
nantinya akan dipilih kembali 2 peserta dengan karya
terbaik yang akan mendapatkan :
Terbaik 1 mendapatkan Voucher Penerbitan senilai
Rp.200.000 (tidak dapat diuangkan) + 1 eksemplar
buku terbitan Raditeens Publisher + e-sertifikat
Terbaik 2 mendapatkan Voucher Penerbitan senilai
Rp.200.000 (tidak dapat diuangkan) + e-sertifikat
Semua kontributor terpilih nantinya akan mendapatkan
e-sertifikat
Peserta terbaik 1 akan berkesempatan untuk menjadi
penulis tamu pada event berikutnya.
Grup Kepenulisan Write With Love,
Keep Silent, Write the Best

***

DL 15 Juli

Lomba Menulis Kisah Inspiratif – Komunitas Penulis Peradaban

Tema: Berbagi Hikmah,

Berbagi Keindahan Ramadhan nan Mulia di Mata Dhuafa

Ramadhan segera tiba, Kaum Muslimin menyambut suka cita

Bagaimana dengan kaum papa, anak yatim, dan dhuafa?

Apakah terpikir dalam diri kita?

Apa yang mereka makan untuk sahur dan berbuka?

Terhenyak aku ketika mendengar sebuah pertanyaan dari saudara kita di Somalia

“Syeikh, apakah puasa kami sah ketika kami tidak memiliki makan untuk berbuka?”

Aaah, rasanya begitu miris, karena di hadapan kita, beraneka makanan berbuka terhidang. Ada kolak pisang, timun suri, es buah, berbagai jenis buah, korma. Belum lagi dengan nasi, sayur, dan lauk pauk yang siap untuk disantap. Duhai, bukankah ini menjadi sebuah nikmat yang tiada terkira? Nikmat yang bisa saja menenggelamkan kita dalam buai terlena.

Komunitas Penulis Peradaban mengajak Sahabat semua untuk berbagi,

Ini bukan tentang kita yang sedang bersusah payah dengan Ramadhan

Karena mungkin ujian kita, masih tak seberapa…

Ini tentang mereka, yang dekat saja dengan kita…

Para dhuafa, fakir-miskin, anak yatim, dan kaum papa.

Bagaimana mereka sahur dan berbuka…?

Apa yang mereka isi dalam bulan Ramadhan nan mulia?

 Syarat-syarat lomba:

–    Naskah merupakan hasil karya pribadi pengirim, bukan contekan/plagiat.

–    Naskah adalah kisah nyata, bisa berdasarkan wawancara, pengamatan atau cerita yang

      didapatkan dari orang ketiga.

–    Panjang naskah 2-5 halaman A4, margin standar, Times New Roman 12.

–    Ditekankan ada ibrah (pelajaran) yang diambil dalam cerita.

–    Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim maksimal 2 (dua) naskah.

–    Naskah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan di media manapun. Baik media

     umum maupun blog pribadi serta media sosial.

–    Naskah tidak sedang diikut sertakan dalam lombakan pada lomba menulis lainnya.

–    Naskah belum pernah diikut sertakan dalam lomba menulis lainnya.

–    Naskah pemenang akan dipublikasikan di website Komunitas Penulis Peradaban

      www.penulisperadaban.org

–    Keputusan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 Waktu pengiriman:

Naskah dikirimkan kepada panitia pada tanggal 23 Juni 2014 s/d 15 Juli 2014 melalui email: penulisperadaban[at]gmail.com dengan memberikan tanda “[Naskah Lomba] dan judul naskah” pada subyek email.

Pengumuman Pemenang:

Pengumuman Pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2014 melalui website Komunitas Penulis Peradaban www.penulisperadaban.org

Juri

–    Erwyn Kurniawan (Trainer Kepenulisan, Motivator, Penulis)

–    Novi Khansa (Editor, Penulis)

Hadiah    :

Juara I       : Rp. 1.000.000 + Sertifikat dari Komunitas Penulis Peradaban

Juara II     : Rp.    750.000 + Sertifikat dari Komunitas Penulis Peradaban

Juara III    : Rp.    500.000 + Sertifikat dari Komunitas Penulis Peradaban

 ***

LOMBA MENULIS FF TEMA “CATATAN HATI SEORANG ISTRI” (DL 15 Juli)

Sebelumnya grup ini pernah mengadakan nulis keroyokan tema “Pahit Manis Pernikahan”, yang di situ temanya luas. Untuk tema kali ini lebih disempitkan lagi yaitu hanya mengisahkan kehidupan seorang istri dalam berumahtangga.

Semua pasangan menginginkan rumah tangganya sakinah, mawaddah dan rahma. Tetapi dunia ini selalu memiliki dua sisi yang berbeda. Jadi pasti rumah tangga ada suka dukanya.

Nah, di sini, kalian para penulis bisa mengaplikasikan bagaimana kehidupan para istri setelah berumahtangga dalam bentuk FF. Bagi yang belum berkeluarga, sah-sah saja mengikuti lomba ini. Bisa cari inspirasi dari kedua orangtuanya atau mengarang bebas.

Syarat dan Ketentuan Lomba:

  1. Lomba terbuka untuk umum.
  2. Menjadi anggota grup Warung Antologi
  3. Isi naskah: berupa FF (Flash Fiction) boleh fiksi ataupun kisah nyata.
  4. Naskah diketik 2-3 hlm pada jenis kertas A4, font cambria ukuran 11, spasi 1,5, dengan batas margin 3 cm (1,18 inci)  untuk setiap sisi. Format naskah .doc
  5. Naskah adalah karya sendiri (bukan saduran) dan belum pernah dipublikasikan lewat media mana pun.
  6. Setiap peserta melampirkan biodata narasi maksimal 50 kata/wajib mencamtumkan akun facebook yang ditulis di bagian akhir naskah (masih dalam satu file tetapi pada halaman terpisah).
  7. Naskah dikirim ke email: novelanian74@gmail.com berupa attachment, bukan di badan email.
  8. Tulis Subjek email dengan format: HATI-Judul Naskah-Nama Penulis dan nama file FF-Judul Naskah-Nama Penulis, misal FF-Kotak Berdebu-Anita Luna. Mohon untuk memperhatikan syarat ini guna mempermudah admin dan juri menilai serta mengelolia naskah.
  9. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya.
  10. Lomba ini dibuka mulai 16 JUNI 2014 hingga 15 JULI 2014 (Jam 23:59 WIB).
  11. Jika tidak ada halangan, Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 31 JULI 2014. Jika ada keterlambatan, akan diumumkan dikemudian hari.
  12. Bagikan info lomba ini kepada minimal 30 orang sahabat FB.
  13. Naskah yang dikirim menjadi hak pelaksana lomba untuk dipublikasikan dalam bentuk buku.
  14. Akan dipilih 30 naskah terbaik untuk dibukukan.
  15. Seluruh juara dan kontributor wajib investasi sebesar 50.000
  16. Keputusan Dewan Juri mengikat.

Hadiah:

Akan dipilih tiga pemenang

  • Pemenang 1: Sebuah buku terbit + Medali Lapis Plastik Warna Emas + Sertifikat + Voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000
  • Pemenang 2: Sebuah buku terbit + Medali Lapis Plastik Warna Perak + Sertifikat + Voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000
  • Pemenang 3: Sebuah buku terbit + Medali Lapis Plastik Warna Perunggu + Sertifikat + Voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000

Seluruh kontributor akan mendapatkan sertifikat, voucher penerbitan Pustaka Jingga 50.000 dan potongan harga khusus untuk setiap pembelian buku.

Selamat berlomba!

***

#CetakRameRame – Part 2 – FTS/Cerpen Pengalaman Menulis yang Menginspirasi

June 24, 2014 at 6:48pm

#CetakRameRame adalah sebuah event baru dari https://www.facebook.com/KaifaPublishing?fref=ts yang bermaksud mengumpulkan penulis-penulis untuk menerbitkan buku secara bersama-sama hingga buku itu dapat dicetak dan dijual di toko buku. Dan otomatis nama kamu akan mejeng di buku yang ada di toko buku.

Setelah #CRR tahap 1 mengambil kategori puisi sebagai subyeknya, maka saat ini subyeknya berupa Flash True Story atau Cerita Pendek berdasarkan pengalaman maupun harapan kamu ketika kamu memilih dunia tulis menulis. Why? Tentunya kamu yakin dengan kita sering share akan pengalaman tentang dunia kepenulisan, maka akan menambah pengetahuan kita, menginspirasi diri sendiri maupun orang lain, hingga akhirnya kita mampu melahirkan penulis tangguh yang berkualitas.Kalau kamu tertarik, kamu tinggal mengikuti langkah berikut:

  1. Mendaftarkan diri ke nomor 089655771290 dengan format Daftar CRR # Nama Asli # Nama FB ,
  2. Me-like halaman facebook https://www.facebook.com/KaifaPublishinghttps://www.facebook.com/KaifaFiksi dan https://www.facebook.com/JejakKartini
  3. Follow twitter http://twitter.com/publishingkaifa/
  4. Membayar biaya pendaftaran Rp. 75.000,-
  5. Mengirimkan 1 karya dengan format:
    1. Diketik dalam file Microsoft Word, Huruf Times New Roman 12, Spasi 1,5, margin 4-3-3-3, perataan justified atau rata kanan kiri, sebanyak 2-4 halaman A4
    2. Dibawah naskah sertakan data diri dalam bentuk narasi maksimal 100 kata dan foto kamu
    3. Kirim file berisi naskah beserta data diri kamu dalam lampiran/attachment ke e-mail kaifaorganizing@ymail.com
    4. Subyek pengiriman e-mail dan nama File adalah CRR_Nama_Judul FTS

Nah dari sana selain karya dan nama kamu terpajang di buku yang di jual di toko buku, kamu juga akan mendapat

  1. 1 buku Jejak Kartini di Negeri Beton atau 1 buku Hidden Love gratis
  2. Piagam penghargaan
  3. Royalti 10% dari harga buku dibagi jumlah penulis yang ada didalam buku
  4. Voucher penerbitan gratis di Kaifa Publishing senilai lebih dari Satu Juta Rupiah

Tertarik??? Buruan daftar!!!! Hanya untuk 30 peserta saja yang akan diikutsertakan dalam buku #CetakRameRame part 2 ini

Biar lebih jelas ini run down waktunya

1. Batas pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran 15 Juli 2014

2. Batas pengiriman naskah 18 Juli 2014

3. Proses pra terbit (editing, layout, propreader, dan pengurusan ISBN serta hal-hal pra terbit lainnya) 26 Juli – 2 Agustus 2014

6. Proses cetak tanggal 3-14 Agustus 2014

7. Terbit 15 Agustus 2014

8. Edar di toko buku mulai 31 Agustus 2014

Buruan tunggu apalagi? Cepetin Daftar sebelum kouta habisDaftar CRR # Nama Asli # Nama FB kirim ke 089655771290

***

DL 17 July

Event Romance Infinite Publisher

Sebagai salam perkenalan kami di dunia literasi, Infinite Publisher ingin mengajak teman-teman untuk berpatisipasi dalam event yang perdana kami ini. Tema yang diusung pada event kali ini adalah ‘Pertemuan di Sekolah’ —karena banyaknya permintaan event bergenre romance.

Ayo, merapat.🙂  Buatlah cerita fiksi dengan tema ‘Pertemuan di Sekolah’, clue penting untuk kalian adalah “pertemuan dengan seseorang yang keberadaannya tidak kita sadari sebelumnya, dan akhirnya membuat mereka terlibat cinta lokasi.” Romance banget,’kan?🙂 Kalau begitu, yuk, lirik syarat dan ketentuan di bawah ini :

  1. Naskah ditulis dikertas A4, margin normal, spasi 1,5, justify, font TNR 12, 3-4 halaman, tidak termasuk judul dan biodata.
  2. Naskah merupakan karya asli, belum pernah dipublish di media mana pun, dan tidak sedang diikutsertakan dilomba lain.
  3. Tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
  4. Tulislah Judul dan nama di halaman paling atas (sebelum isi).
  5. File naskah disimpan dengan format: Nama penulis_Judul naskah.
  6. Gunakan Bahasa Indonesia dengan baik, perhatikan EyD, dan hindari tulisan SMS.
  7. Diakhir naskah buatlah biodata narasi maksial 50 kata.
  8. Naskah yang telah mengikuti syarat dan ketentuan dikirim ke e-mail: eventromance@yahoo.com dengan subject Nama penulis_Judul naskah.
  9. Tiap peserta hanya boleh mengikutsertakan 1 karya terbaiknya.

Lanjutan

  1. Share/tag info event ini minimal ke 25 teman Facebook.
  2. Bagi e-mailnya yang bermasalah, naskah bisa dikirim langsung ke inbox PJ (Yumeina Hanawa).
  3. Berteman dengan facebook  Infinite  Publisher (https://www.facebook.com/penerbitinfinite )
  4. Bergabung di grup Infinite Publisher Publisher (https://www.facebook.com/groups/infinitepublisher/ )
  5. Update peserta 2 kali seminggu.
  6. Naskah dikirim paling lambat 17 Juli 2014, 23:59 WIB.
  7. Naskah-naskah yang lolos seleksi akan dibukukan, bisa dalam 1 atau 2 buku, tergantung dari jumlah peserta.

Hadiah:

Juara 1: Voucher penerbitan sebesar 150ribu (berlalu untuk paket Extraordinary)

Juara 2: Voucher penerbitan sebesar 100ribu (berlaku untuk paket Extraordinary)

Juara 3: Voucher penerbitan sebesar 50ribu (berlaku untuk paket Extraordinary)

Kontributor buku mendapatkan diskon pembelian buku sebesar 10% dari harga buku sebagai pengganti royalti, dan mendapatkan e-sertifikat dari juara 1 sampai 15 besar.

Mari taklukan dunia dengan susunan aksara.

***

DL 20 July

Event Puisi dan FTS Menyambut Bulan Suci Ramadhan oleh ‘Mafaza Media’

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Marhaban Ya Ramadhan ….

Bulan penuh berkah sudah di pelupuk mata. Banyak insan yang tak sabar menyambut datangnya bulan suci ini. Keagungan-Nya tiada tara. Bulan penuh rahmat dan hidayah.

Kali ini, Mafaza Media ingin mengajak para penulis untuk saling berbagi kisah unik dan menariknya tentang bagaimana memaknai bulan Ramadhan. Indahnya bulan Ramadhan, hidayah yang kita peroleh ketika Ramadhan, dan nikmat yang kita dapat saat menghadapi bulan Ramadhan.

Tertarik untuk ikutan? Yuk simak persyaratannya!

 Persyaratan event ini:

1. Lomba terbuka untuk umum.

2. Penerimaan naskah dibuka mulai tanggal 21 Juni  sampai dengan  20 Juli 2014 (pukul 23:59 WIB).

3. Membagikan info lomba ini minimal ke 15 teman facebook.

4. Klik suka/like pada halaman facebook, Penerbit Mafaza Media https://www.facebook.com/PusatInfoBisnisOnline,

5. Bergabung menjadi anggota grup facebook grup ‘Antologi Mafaza Media’  https://www.facebook.com/groups/473972969339090/656295264440192/?ref=notif&notif_t=group_activity, dengan tujuan mempermudah para peserta untuk mengakses info lebih lanjut seputar lomba ini.

6. Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik,maupun online serta tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis.

9. File naskah dalam Ms. Word 2003/2007; kertas A4, font Time New Roman 12pt, spasi 1.5 cm, dan batas margin normal.

8.Naskah terbagi menjadi dua kategori:

a. Puisi, tema: Cahaya Ramadhan

Panjang naskah 1-2 halaman. Sertakan biodata narasi di akhir naskah maksimal 50 kata.

b. FTS, tema: Cerita Unik Saat Ramadhan

Panjang naskah 3-5 halaman. Sertakan biodata narasi di akhir naskah maksimal 50 kata.

10. Naskah yang telah memenuhi persyaratan di atas, dikirim ke email: mafaza_media@yahoo.com berupa lampiran (badan email dibiarkan kosong).

Tulis subjek dan nama file :

CR_Judul Puisi_Nama Penulis (untuk puisi)

CU_Judul FTS_Nama Penulis (untuk FTS)

11. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirim satu naskah terbaiknya untuk setiap kategori.

Akan dipilih 100 naskah puisi dan 25 naskah FTS terbaik

Naskah-naskah pilihan juri (seluruh kontributor pilihan) akan diterbitkan + seluruh kontributor akan mendapatkan e-sertifikat.

Reward untuk  Pemenang:

Juara 1 : Voucher penerbitan Rp 200.000,-

Juara 2 : Voucher penerbitan Rp 150.000,-

Juara 3 : Voucher penerbitan Rp 100.000,-

Tunggu apalagi, segera ambil pena dan segera kirim naskahmu!

 PJ Event,

 Anggi Putri W dan JM Vivi Violina

***

DL 23 July

LOMBA MENULIS KISAH INSPIRATIF MENYAMBUT HARI ANAK NASIONAL OLEH PENERBIT PENA NUSANTARA DAN BUKUTANG

Bahagia, ceria, lincah, penuh semangat identik dengan dunia anak. Setiap dari kita memiliki kenangan dan kisah pada masa kanak-kanak, mulai dari hal-hal menyebalkan hingga paling membanggakan. Dari yang membosankan hingga menjadi sebuah impian.

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, kami mengajak kalian untuk menceritakan kisah inspiratif yang melibatkan pengalaman pribadi kalian saat masih kecil dulu. Bisa juga menceritakan tentang kisah teman kalian saat masih kecil yang sampai sekarang masih selalu diingat karena sangat menginspirasi. Boleh juga kisah yang menyedihkan asal ada nilai positif, penyemangat dan juga mengesankan. Kisah ini harus based on true story yaa…

A. SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA:

1. Peserta terbuka untuk umum.

2. Peserta hanya boleh mengirimkan satu kisah inspiratif.

3. Naskah berupa kisah nyata (Based on True Story). Boleh pengalaman pribadi ataupun pengalaman orang lain.

4. Registrasikan diri dengan cara membagikan/men-tag info lomba ini ke FB Saleha Juliandi

(www.facebook.com/saleha.juliandi), FB Pena Nusantara

(www.facebook.com/redaksipenanusantara), dan 10 teman kamu di Facebook.

5. Peserta mem-follow twitter @salehajuliandi dan @Bukutang

6. Format Naskah: Tebal 10 halaman (Biodata tidak dihitung), Ukuran kertas A4, TNR 12, spasi 1.5, Paragraf rata kanan kiri (Justified), margin 3-3-3-3, Naskah diketik di MS. Word 2007.

7. Naskah merupakan karya asli, bukan saduran/jiplakan, dan belum pernah dipublikasikan lewat media manapun serta tidak sedang diikutkan pada lomba lainnya.

8. Tulisan tidak mengandung pesimisme terhadap Indonesia, tidak mengandung SARA, pornoliterasi, atau melanggar hukum.

9. Sertakan biodata dalam bentuk narasi maksimal 75 kata di akhir naskah. Biodata tersebut minimal memuat informasi tentang Nama Asli, Nama Pena, Nama Facebook dan Twitter, dan Email.

10. Berilah nama file naskah yang kalian ikutsertakan dalam lomba ini dengan :

NAMA FACEBOOK+JUDUL NASKAH. Contoh: DIERA ALAMANDA+DUNIAKU NYATA.

11. Naskah lomba dikirim dalam attachment ke email pnb.kisahkita@gmail.com (bukan dibadan email) dengan subyek email “KISAH INSPIRATIFKU”.

12. Ikuti update dan pengumuman lomba melalui :

– Grup FB Pena Nusantara (Pena Nusantara),

– Grup FB https://www.facebook.com/groups/MenulisBersamaPenaIlusi

– Fanpage Pena Nusantara (www.facebook.com/PENERBITPENANUSANTARA).

13. Deadline pengiriman naskah: 23 Juli 2014 pukul 23:59 WIB.

***

DL 30 July

LOMBA MENULIS KISAH INSPIRATIF MENYAMBUT HARI ANAK NASIONAL OLEH PENERBIT PENA NUSANTARA DAN BUKUTANG

Bahagia, ceria, lincah, penuh semangat identik dengan dunia anak. Setiap dari kita memiliki kenangan dan kisah pada masa kanak-kanak, mulai dari hal-hal menyebalkan hingga paling membanggakan. Dari yang membosankan hingga menjadi sebuah impian.

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, kami mengajak kalian untuk menceritakan kisah inspiratif yang melibatkan pengalaman pribadi kalian saat masih kecil dulu. Bisa juga menceritakan tentang kisah teman kalian saat masih kecil yang sampai sekarang masih selalu diingat karena sangat menginspirasi. Boleh juga kisah yang menyedihkan asal ada nilai positif, penyemangat dan juga mengesankan. Kisah ini harus based on true story yaa…

A. SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA:

1. Peserta terbuka untuk umum.

2. Peserta hanya boleh mengirimkan satu kisah inspiratif.

3. Naskah berupa kisah nyata (Based on True Story). Boleh pengalaman pribadi ataupun pengalaman orang lain.

4. Registrasikan diri dengan cara membagikan/men-tag info lomba ini ke FB Saleha Juliandi

(www.facebook.com/saleha.juliandi), FB Pena Nusantara

(www.facebook.com/redaksipenanusantara), dan 10 teman kamu di Facebook.

5. Peserta mem-follow twitter @salehajuliandi dan @Bukutang

6. Format Naskah: Tebal 10 halaman (Biodata tidak dihitung), Ukuran kertas A4, TNR 12, spasi 1.5, Paragraf rata kanan kiri (Justified), margin 3-3-3-3, Naskah diketik di MS. Word 2007.

7. Naskah merupakan karya asli, bukan saduran/jiplakan, dan belum pernah dipublikasikan lewat media manapun serta tidak sedang diikutkan pada lomba lainnya.

8. Tulisan tidak mengandung pesimisme terhadap Indonesia, tidak mengandung SARA, pornoliterasi, atau melanggar hukum.

9. Sertakan biodata dalam bentuk narasi maksimal 75 kata di akhir naskah. Biodata tersebut minimal memuat informasi tentang Nama Asli, Nama Pena, Nama Facebook dan Twitter, dan Email.

10. Berilah nama file naskah yang kalian ikutsertakan dalam lomba ini dengan :

NAMA FACEBOOK+JUDUL NASKAH. Contoh: DIERA ALAMANDA+DUNIAKU NYATA.

11. Naskah lomba dikirim dalam attachment ke email pnb.kisahkita@gmail.com (bukan dibadan email) dengan subyek email “KISAH INSPIRATIFKU”.

12. Ikuti update dan pengumuman lomba melalui :

– Grup FB Pena Nusantara (Pena Nusantara),

– Grup FB https://www.facebook.com/groups/MenulisBersamaPenaIlusi

– Fanpage Pena Nusantara (www.facebook.com/PENERBITPENANUSANTARA).

13. Deadline pengiriman naskah: 23 Juli 2014 pukul 23:59 WIB.

Tetap semangat dan tetap produktif di bulan ramadhan Dears …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s