Write Without Boundaries

Beranikan Dirimu Nak …

Dari Outbound Sabilina

Icha_outbound feb 2015

Outbound training adalah  kegiatan pelatihan di luar ruangan atau di alam terbuka (outdoor) yang menyenangkan dan penuh tantangan. Bentuk kegiatannya berupa simulasi kehidupan melalui permainan-permainan (games) yang kreatif, rekreatif, dan edukatif, baik secara individual maupun kelompok, dengan tujuan untuk pengembangan diri (personal development) maupun kelompok (team development).

Melalui pelatihan outbound, diharapkan lahir “pribadi-pribadi baru” yang penuh motivasi, berani, percaya diri, berfikir kreatif, memiliki rasa kebersamaan, tanggung jawab, kooperatif, rasa saling percaya, dan lain-lain.

Tujuan utama kegiatan outbound ini disamping untuk mengisi waktu liburan, outbound juga bermanfaat sebagai sarana yang dapat meningkatkan kebersamaan dan kekompakan team (Team Building).

Outbound buat sekolah SD selain buat wisata alam juga merupakan proses pembelajaran tentang alam dan manusia. Ini adalah hal yang baru buat para siswa dan pelajar sekolah SD  tentang outbound dan tentunya akan menarik minat mereka dengan keingintahuan buat untuk ikut dalam program outbound.

Outbound  tak kalah menariknya buat para pelajar sekolah SD, membawa para siswa untuk melakukan kegiatan outbound dengan materi game permainan yang mempunyai unsur nilai-nilai pendidikan dan pelatihan. Para pelajar sekolah SD bukan hanya sekedar melakukan game permaianan tapi di ajak untuk berfikir dan ketelitian dalam bermain.

Bermain di alam terbuka, terutama dengan teman-temannya ini ternyata banyak mendatangkan manfaat  bagi anak. US Department of Health and Human Services melaporkan perkembangan yang membuktikan hubungan positif antara permainan di alam terbuka dan aktivitas serta kesehatan anak. Anak-anak akan berkembang lebih optimal secara fisik, sosial, dan emosional.Bermain di alam terbuka kini tidak identik dengan berkemah saja. Ada banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan anak, outbound salah satunya.

Outbound yang pada dasarnya adalah bermain di alam terbuka ini, menurut Dr. Anna Britt dari Lost Angeles Children’s Hospital, akan menguatkan kemampuan sosial anak dan membangun rasa percaya diri. “Anak-anak memeroleh rasa percaya diri sekaligus menguasai kemampuan fisik dan juga harus belajar bekerjasama dalam berbagai situasi. Mereka belajar pentingnya berkomunikasi dan bekerjasama,” jelas Britt.

Beranikan Dirimu, Nak!

Kendati tampaknya menyenangkan dan seru, tapi masih banyak anak-anak yang enggan bergabung dalam asiknya outbound karena takut atau tidak percaya diri. Alzena yang juga penasihat Parents Indonesia berbagi kiatnya agar Anda mudah mengajak anak mengikuti outbound.

1.Pastikan anak merasa nyaman dan senang. Tidak usah berlebihan ketika kita sendiri cemas melihat tantangan yang ada.

2.Tanyakan kesiapan anak. Jika dia ingin mengamati terlebih dahulu, dampingi saja sambil berdiskusi mengenai perasaan anak dan juga strategi agar dia bisa lancar melakukannya.

3.Dukungan orang tua dan guru sangat penting bagi anak, terutama untuk meyakinkan bahwa dia mampu melakukannya.

4.Tidak usah memberikan instruksi ketika anak sedang melakukan kegiatan. biarkan dia memaknai kegiatannya.

5.Setelah berhasil melalui rintangan, beri penghargaan pada anak bahwa dia sudah berhasil mengatasi rintangan atau kesulitan. Perasaan mampu dan berhasil adalah tujuan dari kegiatan ini.

6.Bahas juga dengan anak apa yang dia rasakan ketika menjalani aktivitas. Ini bagian dari kemampuan intrapersonal.

Sekolah Dasar Sabilina juga menjadikan outbound sebagai acara tahunan, dan Alhamdullilah tanggal 19 Febuari 2015 telah dilaksanakan acara outbound di agro Cilangkap yang berlangsung dengan lancar.

Anak-anak sangat menikmati pemandangan, lingkungan dan pastinya permaian yang berbeda. Yang jelas sejenak lupakan permianan gadget tetapi bermain bebas yang tetap dalam pengawasan bapak dan ibu guru pendamping.

Ditulis juga di : https://mefornasabilina.wordpress.com/2015/03/02/beranikan-dirimu-nak/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s