Write Without Boundaries

Resensi My Novel : Pupus

ASAM-MANIS DALAM CINTA

Cover pupus by NR

Judul novel              : PUPUS

Pengarang               : Nenny Makmun

Penerbit                    : Rumah Orange

Tebal halaman           : 200 halaman

Sadar dengan keterbatasan waktu, Nenny Makmun sang novelis mencoba do the best untuk menyelesaikan novel kesembilannya ini dengan resign dari sebuah perusahaan dan kembali ke hobby menulis sebagai pekerjaan di rumah. Lewat Novel Pupus, Nenny Makmun ingin menyadarkan para pembaca tentang asam-manis dalam cinta yang selama ini banyak orang menganggap dan menjunjung tinggi cinta di atas segalanya akan diperlihathkan sisi lain dari kehidupan percintaan itu sendiri. Selain trik ada juga intrik pasangan yang dapat kita jumpai dalam novel ini.

Novel ini menceritakan tentang kisah perjalanan cinta Kinanti yang awalnya begitu manis, namun selalu berakhir dengan kesedihan. Berawal dari cinta pertamanya kepada Fauzi. Fauzi merupakan pria dewasa yang bisa memahami Kinanti dengan sikapnya yang melindungi sekaligus mencintainya. Kinanti hidup dengan kakaknya, Melati dan kedua orang tuanya yang selalu bertengkar. Sosok Fauzi bagaikan oasis yang datang dikala Kinanti terjebak di antara pertengkaran kedua orang tuanya tersebut.

Saat lulus SMU, Kinanti yang bertempat tinggal di Jakarta memutuskan untuk meneruskan kuliah di Yogyakarta. Hubungan jaraj jauh antara Kinanti dan Fauzi lama kelamaan mengalami kerenggangan dikarenakan Fauzi yang berada di Jakarta menjalin hubungan lagi dengan perempuan lain bernama Nia. Fauzi sempat merahasiakan hubungan ini pada Kinanti, tetapi berkat teman Kinanti yang memberitahukan hubungan Fauzi dan Nia pada Kinanti, Kinanti memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Fauzi.

Ketika KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang diadakan universitas, KInanti menemukan lagi cinta keduanya dengan teman KKN-nya bernama Bagus. Awalnya semua berjalan lancer, tetapi masalah datang ketika Kinanti yang mulai sibuk mengerjakan skripsi dan jarang bertemu dengan Bagus karena Bagus sendiri masih harus mengulang dua mata kuliah wajib. Puncak dari konflik hubungan Kinanti dengan Bagus adalah saat Kinanti lulus dan bekerja pada perusahaan yang sama dengan Jaka yang dulu menjadi teman KKN. Jakalah yang merekomendasikan Kinanti untuk bekerja di perusahaan yang sama dengannya di Jakarta. Mengetahui hal tersebut memicu kecemburuan Bagus yang telah mengetahui kalau Jaka menyimpan perasaan pada Kinanti. Hingga pada suatu hari, bagus datang ke Jakarta untuk menemui KInanti dan melampiaskan kekesalannya dengan menganiaya Kinanti. Melihat hal tersebut Kinanti akhirnya harus merelakan kembali kandasnya hubungannya dengan Bagas.

Novel ini dikemas dengan bahasa dan alur cerita yang menarik untuk dinikmati pembaca, walau terdapat kesaahan spasi dan cerita cinta jarak jauh yang begitu umum. Novel ini juga mengajarkan pembaca untuk lebih menjaga perasaan pasangannya dan tidak selingkuh di belakang pasangan kita. Pentingnya kejujuran dalam hubungan memang harus dijunjung agar tidak menimbulkan kekecewaan dan kesedihan di akhirnya. Kegagalan cinta itu sudah biasa dalam hal percintaan dan hampir semua orang pernah mengalaminya, janganlah berputus asa akan hal tersebut. Penting bagi kita untuk menggunakan rasio dalam menjalankan kehidupan percintaan dan tidak terlalu mengutamakan emosi atau perasaan saja. Kita juga harus bangkit dari keterpurukan karena gagal dalam percintaan atau apa pun dan jangan sampai terlalu lama tenggelam dalam kesedihan.

sumber :http://immaass.blogspot.co.id/2015/01/resensi-buku-nurlaela-2e113050143.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s