Write Without Boundaries

Teacher Day…

Guruku Tercinta …Terima Kasih …

guruku(1)

“ Terimakasihku kuucapkan … pada guruku yang tulus … ilmu yang berguna selalu dilimpahkan … untuk bekalku nanti … Setiap hariku dibimbingnya … agar tumbuhlah bakatku … kan kuingat selalu nasehat guruku … Terima kasihku guruku … “

Ada banyak cara untuk berjuang mencapai dan mengisi kemerdekaan. Pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang dengan mengangkat senjata saja, namun juga mereka, para guru yang mengobarkan semangat pendidikan di bumi pertiwi. Mereka bertekad untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebab, dunia memandang kehormatan dan kedudukan suatu negara berdasar peradaban masyarakatnya. Merekalah para pahlawan tanpa tanda jasa bangsa Indonesia.

Sejak sebelum masa kemerdekaan Indonesia, pegiat pendidikan di nusantara telah mendirikan organisasi guru bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Anggotanya berasal dari kalangan Kepala Sekolah, Guru Desa, Guru Bantu dan Penilik Sekolah yang bekerja di sekolah-sekolah yang ada di Tanah Air.

Dilandasi semangat nasionalisme bangsa Indonesia, PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada 1932. Pemerintah Belanda amat terkejut dan tidak senang dengan perubahan nama ini. Kata “Indonesia” mencerminkan semangat kebangsaan dan nasionalisme bangsa Indonesia. Belanda menganggap hal tersebut dapat membahayakan kedudukannya di Indonesia.

Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Setelah Soekarno dan Mohammad Hatta mempoklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, semangat kemerdekaan turut menjalar dan menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Melalui kongres ini segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas berbagai macam perbedaan, bertekad untuk bersatu demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kongres tersebut, nama PGI diubah menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). PGRI secara resmi berdiri pada tanggal 25 November 1945.

Untuk menghargai jasa, perjuangan dan jerih payah para guru di Indonesia, kita memperingati Hari Guru Nasional sekaligus ulang tahun PGRi pada tanggal 25 November setiap tahunnya. Peringatan ini tertuang di dalam Keputusan Presiden No 78 Tahun 1994 yang dikuatkan Undang-undang No 14 Tahun 2005.

***

Dan di SD tercinta kita Sabilina juga sebagai apresiasi terhadap bapak ibu guru yang telah membimbing putera-puteri kita bekerjasama dengan komite, anak-anak dan tentu saja dukungan pihak sekolah terselenggara acara sederhana tapi syahdu mengungkapkan rasa cinta dan terima kasih pada beliau-beliau pahlawan tanpa tanda jasa.

guruku

Di sini diungkapkan guru adalah senyatanya bukan saja pribad yang menjalankan sehari-hari berprofesi sebagai seorang guru tapi sosok ibu dan ayah juga adalah guru pertama bagi putera-puteri mereka di rumah. Makanya sudah selayaknya sebagai orang tua juga bisa bersikap sebagai teladan yang bisa dicontoh dalam sikap, tindak dan tanduknya buat anak-anak.

Pada kesempatan ini dari eskul Public Speaking juga membacakan puisi sebagai rasa terima kasih kepada bapak ibu guru tercinta mereka dan tanpa terasa air mata meleleh … rasa haru … menyeruak diantara ramainya semua murid yang berkumpul di aula dan hadirnya beberapa orang tua murid, mom class dan komite.

Tak ada yang bisa membalas jasa-jasa bapak ibu guru, hanya cindera mata sederhana yang menandakan betapa kami sangat menghargai segala perjuangan beliau-beliau selama ini. Semoga apa yang dilakukan bapak ibu guru akan mendapatkan balasan terbaik semata dari Allah SWT. Aamiin…

Selamat hari guru … bapak ibu guru tercinta … teruslah berjuang demi anak-anak negeri penerus bangsa …

nice link connected :

https://mefornasabilina.wordpress.com/2015/11/30/liputan-kejutanku-untukmu-guruku/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s