Fiksi, Morinaga Chil-Go

Find Multiple Intelligence of Our Children

Apakah Bunda pernah memperhatikan bagaimana cara Si Kecil belajar atau pun saat ia berinteraksi? Apakah Si Kecil mudah beradaptasi di lingkungan baru, atau cenderung pemalu? Apakah Si Kecil membutuhkan situasi yang hening saat belajar, atau justru bisa berkonsentrasi jika diiringi alunan musik? Ciri-ciri seperti ini bisa menjadi indikator akan potensi Kecerdasan Majemuk atau MULTIPLE INTELLIGENCE yang Si Kecil miliki.

Sejak dini, Si Kecil sudah memiliki potensi kecerdasan yang dapat diidentifikasi. Ada 3 langkah yang dapat Bunda dan Ayah lakukan untuk mengenali potensi Si Kecil. Langkah-langkah ini bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Yuk, lakukan cara-cara di atas untuk mengenali potensi Si Kecil.

  1. OBSERVASI

Amati minat dan kegiatan yang disukai Si Kecil. Perkenalkan dia dengan berbagai kegiatan. Biarkan dia bebas bereksplorasi dengan tidak membatasi Si Kecil pada satu atau dua jenis kegiatan saja. Ingat minat Si Kecil blum tentu sama dengan ayah dan bunda.

  1. STIMULASI

Beri kesempatan pada Si Kecil untuk fokus pada satu atau lebih bidang tertentu, sehingga mereka bisa mempelajari lebih dalam mengenai bidang tersebut.

  1. EVALUASI

Buka kesempatan komunikasi dengan Si Kecil mengenai hal-hal yang disukai dan yang tidak disukai. Cari tahu perasaan Si Kecil saat melakukan kegiatan tertentu.

Memiliki anak yang cerdas dengan beragam Multitalenta tentunya menjadi harapan setiap orang tua, tak terkecuali Bunda, bukan? Untuk dapat menstimulasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil demi mengembangkan Multitalentanya, memang dibutuhkan perencanaan yang matang. Namun terkadang kesibukan Bunda, terutama yang bekerja di kantor membuat hal ini sulit dilakukan.

Melalui Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan), MP mencoba menjawab kebutuhan ini melalui hal yang sangat menyenangkan dan mampu menstimulasi kecerdasan Si Kecil, yaitu bermain.

Morinaga MI PlayPlan merupakan solusi tepat bagi Bunda dan Ayah yang bekerja, karena dengan Morinaga MI PlayPlan, Bunda dan Ayah dapat tetap merencanakan dan menstimulasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil dengan bantuan pengasuh.

Morinaga MI PlayPlan adalah rencana bermain serta aktivitas harian, yang dapat digunakan oleh Bunda dan Ayah untuk merencanakan, mengarahkan dan membantu menstimulasi perkembangan Multiple Intelligence (MI) Si Kecil.

Di dalamnya meliputi petunjuk atas tipe aktivitas, peranan dan kegiatan berbasis Multiple Intelligence (MI) yang akan dilakukan oleh Si Kecil dalam kegiatan kesehariannya. Dengan Morinaga MI PlayPlan, Bunda dan Ayah dapat mengasah kecerdasan Si Kecil setiap hari cukup dengan bermain menggunakan benda dan alat yang mudah ditemui di kehidupan sehari-hari.

logo MI PlayPlan

Kalbe Nutrilons dan Morinaga Chil School Platinum Mendukung Suksesnya Multiple Intelligence Si Kecil

Morinaga Chil School Platinum merupakan produk yang diluncurkan oleh Kalbe Nutrionals yang sudah tidak asing lagi di tanah air kita. Kalbe Nutrionals sudah dirintis sejak 1982 dengan nama PT Sanghiang Perkasa yang lebih dikenal dengan Health Foods Division dari PT Kalbe Farma Tbk, sebuah perusahaan farmasi yang terkemuka di Indonesia.

Kalbe Nutrionals dibangun dengan dasar rasa kepedulian, tanggung jawab keilmuan dan antusiasme dalam bidang farmasi dan nutrisi yang terjalin menjadi sebuah komitmen. Dengan latar belakang keahlian dan reputasi tinggi di bidang farmasi, yang menjunjung tinggi kaidah-kaidah keilmuan, Kalbe Nutrionals mengembangkan produk-produk makanan kesehatan berkualitas utama untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Kalbe logo

Seiring berjalannya waktu kinerja perusahaan juga semakin meningkat. Beberapa produk yang dihadirkan sudah dipercaya oleh para tenaga medis maupun konsumen untuk meningkatkan taraf kesehatan. Komitemen untuk memberikan sumbangan demi kemajuan dan peningkatan kualitas kesehatan itulah yang membentuk Kalbe Nutrionals menjadi perusahaan profesional yang terpercaya dan unggul di bidangnya.

Morinaga Chil School Platinum merupakan susu anak usia 3-12 tahun berkalori tinggi (200kkal/saji). Bermanfaat untuk mengatasi anak susah makan dan memenuhi kebutuhan gizi dan jumlah energi saat mereka beraktivitas.

Dengan Formula Moricare+ Prodiges yaitu Sinergi (gabungan) nutrisi tepat dari Faktor Kecerdasan Multitalenta, Faktor Pertahanan Tubuh Ganda dan Faktor Tumbuh Kembang Optimal.

logo moricare+ prodiges

Keunggulan Morinaga Chil School Platinum:

  1. Brain Care-Faktor Kecerdasan Multi talenta:
  • Asam Linoleat (AL), Alfa asam Linolenat (AAL) : sebagai bahan untuk pembentukan AA & DHA.
  • DHA, AA : Untuk meneruskan rangsangan antar sel syaraf sehingga mempercepat daya tangkap saat proses belajar.
  • Kolin : Untuk memperkuat penyimpanan daya ingat di otak saat berpikir, berbicara, gerakan sadar maupun rangsang sensorik sehingga anak cerdas.
  • Zat Besi : Untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar anak, terutama dalam menyimak pelajaran.

Perlu diketahui : Perkembangan otak dimulai dari awal kehamilan sampai usia anak 12 tahun.

  1. Body Defense-Faktor Pertahanan Tubuh Ganda:
  • Pertahanan di Seluruh Tubuh:

– Lactoferin : Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit seperti demam, batuk, pilek. Perlu diketahui : Lactoferin banyak terdapat dalam ASI pasca persalinan. Cara kerjanya dengan merusak dinding sel kuman sehingga kuman mati dan anak tidak mudah sakit. Karena Lactoferin merupakan bagian dari sel darah putih (Leucocyt), yang berfungsi untuk membunuh kuman.

  • Pertahanan di Saluran Cerna:

– Prebiotik (Laktulosa) yaitu Makanan untuk pertumbuhan bakteri baik sehingga pencernaan menjadi sehat, tidak mudah diare dan sembelit.

– Probiotik (Bifidobacterium BB 536& M -16V) yaitu Bakteri baik yang terdapat di saluran cerna dan menekan bakteri jahat sehingga nutrisi terserap lebih baik dan nafsu makan meningkat.

  1. Body Growth-Faktor Tumbuh Kembang Optimal

Tumbuh artinya sel organ tubuh bertambah sesuai dengan usianya. Kembang artinya peningkatan fungsi dari seluruh sel organ tubuh. Penambahan Premix (campuran) Vitamin & Mineral yang lebih berkualitas dalam susu pertumbuhan akan lebih mudah diserap tubuh untuk membantu tumbuh kembang yang optimal pada anak.

Informasi tambahan:

Cara penyajian: 7 sdk takar (46.2gr)+ 180ml Air hangat (Protein dan Probiotik akan rusak bila terkena air panas). Dapat disajikan dengan 2 cara sebagai minuman hangat dan dingin.

Anjuran : Minimal 3 gelas/hari. Banyaknya pemberian susu tergantung dari usia anak, pemberian makan dan jumlah makanan padat yang telah dikonsumsi.

Varian rasa : Vanilla, Madu, Coklat

Kemasan : Dus  400gr & 800gr.

Perhatian untuk pemakaian produk:

Segera konsumsi susu setelah dilarutkan, sisa susu harus dibuang bila lebih dari 2jam.
Habiskan isinya dalam waktu kurang dari 2 minggu.  Jangan diberikan bila terjadi perubahan yang mencolok pada aroma, rasa atau warna.

Apakah Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan)?

Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) adalah jadwal bermain dan aktivitas harian yang dapat digunakan oleh Bunda untuk merencanakan, mengarahkan dan membantu menstimulasi perkembangan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil. Di dalamnya meliputi tipe aktivitas, peranan dan kegiatan yang akan dilakukan oleh Si Kecil dalam kegiatan hariannya.

Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) merupakan solusi tepat bagi Bunda, terutama untuk yang bekerja, karena dengan rencana ini Bunda dapat tetap merencanakan dan menstimulasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil bahkan dengan bantuan pengasuh di rumah.

Tahukah Bunda bahwa Si Kecil memiliki berbagai kecerdasan yang disebut Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence)? Mari mengenal lebih jauh mengenai kecerdasan Si Kecil.

Menurut Dr. Howard Gardner, psikolog dari universitas Harvard, Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) adalah kecerdasan yang mencakup banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari, yang membuat seseorang mampu untuk belajar, memahami lingkungan dan memecahkan masalah. Untuk mengenal lebih jauh dapat dilihat dalam gambar terlampir berikut ini:

8-Kecerdasan-Majemuk

Bagaimana cara mengasah Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil dengan cara yang menyenangkan?

Ada 3 Langkah Utama untuk mengasah Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil yang dapat dilihat dalam gambar terlampir berikut ini:

  1. Lakukan Identifikasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence Si Kecil). Gunakan Alat Identifikasi MI Morinaga (Morinaga MI Identification Tool) untuk mengidentifikasi awal Kecerdasan (Majemuk Intellegence) Si Kecil. Kenali kecerdasan mana yang dominan dan mana yang tidak.
  2. Susun jadwal bermain yang akan membantu mengasah kecerdasan Majemuk (Multiple Intellegence) Si Kecil khusunya kecerdasan yang masih kurang dominan. Gunakan Rencana bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) untuk menyusun jadwal bermain Si Kecil lengkapi dengan berbagai permainan yang dapat dilih dari ide Bermain Morinaga (Morinaga Play Idea) dan Area Cetak MI Morinaga (Morinaga MI Printables).
  3. Cetak dan terapkan Rencana Main MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) dalam aktivitas sehari-hari Si Kecil.

Nah beberapa aktivitas yang sudah saya coa untuk mengidentifikasi awal Kecerdasan Majemuk Intellegence dua puteri saya Icha dan Fay yang sudah dikirim oleh Morinaga MI PlayPlan.

Nah sekarang saya mencoba berbagai aktivitas bermain Si Kecil yang terdapat di Morinaga MI PlayPlan (bisa mendaftar di www.morinagamiplanplan.com)

1.Membuat Pasir Garam Berwarna

Alat dan Bahan :

  • Sendok (untuk 1-3 tahun)
  • Pewarna makanan
  • Wadah-wadah kecil atau plastik zip lock.
  • Garam halus
  • Cetakan pasir

Hari ini saya ajak Icha dan Fay bermain pasir, tapi kali ini tidak perlu ke pantai untuk bermain pasir, kita buat pasir warna-warni dari garam.

Tujuan Pencapaian:

  1. Meningkatkan kemampuan visual.
  2. Mengasah kreativitas dalam mewarnai sesuatu.
  3. Mengasah ketrampilan tangan.

Cara Bermain :

  1. Untuk mencegah pasir garam termakan Si Kecil saat bermain, diharapkan Bunda dan Ayah memberikan arahan kepada Si Kecil untuk tidak memasukan pasir ke dalam mulutnya, serta selalu mengawasi Si Kecil saat bermain.
  2. Siapkan garam beserta wadah-wadah kecil.
  3. Mintalah Si Kecil untuk meneteskan pewarna.
  4. Lalu mintalah Si Kecil untuk mengaduknya hingga warna tercampur rata. Gunakan sendok untuk anak 1-3 tahun.
  5. Beri beberapa tetes air agar garam bisa menyatu.
  6. Minta Si Kecil untuk menuangkan garam ke dalam cetakan.
  7. Bantu Si Kecil menekan-nekan adonan garam hingga menjadi padat, lalu balikkan cetakan hingga adonan tercetak pada alas bermain.

Evaluasi :

  1. Tadi pasirnya berwarna-warni ya? Kok bisa ya?
  2. Bagaimana cara menggunakan pipet dan spray bottle?(untuk 4-6 tahun)/Bagaimana cara memegang sendok?(untuk 1-3 tahun).
  3. Bagaimana rasanya memegang pasir garam?
  4. Apa yang kamu bangun menggunakan pasir? Tadi diberikan warna apa?                            
    2. Mewarnai Bus dan Balon Udara                                                                                          Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) yang dilatih oleh Si Kecil adalah :

    1. Kecerdasan Visual Spasial karena Si Kecil diajak untuk mengenal pola dan warna dengan aktivitas mewarnai.
    2. Kecerdasan Kinestik karena Si Kecil diajak untuk melatih gerak tangannya dengan aktivitas mewarnai.
    1. 3. Mewarnai dan Gunting Gambar Chilo dan Chila Lalu Tempelkan Pada Area Bergaris Putus-putus.

      Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) yang dilatih oleh Si Kecil adalah:

      1. Kecerdasan Visual Spesial karena Si Kecil diajak untuk memahami akan warna, garis, bentuk, ukuran dan juga hubungan di antara elemen-elemen di dalam gambar dan juga mewarnai.
      2. Kecerdasan Kinestetik karena Si Kecil diajak terampil melatih gerak dan mengkoordinasikan tangannya untuk menggunting, menempel dan mewarnai.
      3. Kecerdasan Logikal Matematika karena Si Kecil diajak untuk memecahkan masalah dan mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal) untuk mencocokan potongan gambar ke area yang sudah ditentukan.                                                             4.Membuat Papan KegiatankuAlat dan Bahan :
        • Karton warna kuning atau warna lainnya
        • Velcro
        • Printable gambar kegiatan
        • Spidol
        • Gunting
        • Double tape
        • Lem UHU

        Hari ini saya ajak Icha dan Fay membuat papan kegiatan sehari-hari aktivitas yang dilakukan dengan tujuan melakukan dengan tertib dan happy. Bunda dan Ayah pernah mengalami situasi dimana Si Kecil susah makan? Tidak mau mandi? Atau tidak mau merapihkan mainannya sendiri? Jika hal tersebut terjadi, Ayah dan Bunda perlu menyisatinya dengan membuat kegiatan tersebut menjadi menarik.

        Tujuan Pencapaian:

        1. Mendorong dan memotivasi Si Kecil untuk menyelesaikan pekerjaan atau melakukan pekerjaan yang disukainya.
        2. Si Kecil merasa terapresiasi dengan apa yang sudah dikerjakan.

        Cara Membuat :

        1. Potong karton menjadi persegegi panjang.
        2. Posiskan karton dalam posisi horizontal. Lalu lipat karton menjadi dua, dari bawah ke atas (sisakan bagian atas beberapa cm).
        3. Buka kembali lipatan kemudian tempel gambar kegiatan di atas karton bagian atas (batasi 4 kegiatan agar menjadi kebiasaan).
        4. Setelah itu, tuliskan nama kegiatannya di bawah karton.
        5. Gunting karton bagian bawah sesuai dengan kegiatan.
        6. Tempelkan Velcro menggunakan lem UHU pada bagian atas gambar kegiatan dan bagian bawah nama kegiatan.
        7. Lipat kembali satu per satu bagian bawah karton ke atas, dan tulis kata “Sudah Dikerjakan” pada setiap petak kegiatan.
        8. Tempelkan papan di tempat yang mudah dijangkau oleh Si Kecil.

         

        Cara Bermain :

        1. Buatlah papan kegiatan bersama dengan Si Kecil. Ayah dan Bunda diminta untuk membantu Si Kecil dalam proses pembuatannya.
        2. Berikan penjelasan kepada Si Kecil, bahwa papan ini menjadi papan kegiatannya sehari-hari dan ketika Si Kecil berhasil menyelesaikan semua kegiatan akan mendapat hadiah.
        3. Dorong terus Si Kecil untuk melakukan kegiatannya, dan jangan lupa untuk terus memberikan pujian ketika Si Kecil berhasil melakukan kegiatannya sendiri.

         

        Evaluasi :

        1. Adik atau Kakak tiap hari harus melakukan apa saja sih?
        2. Ada yang belum dikerjakan? (Jika belum, tanyakan mengapa Si Kecil belum melakukannya)
        3. Adik atau Kakak bisa mengerjakan tugas itu sendiri Wah hebat ya…berikan pujian yang tulus pada putera puteri kita maka mereka akan merasa sangat bangga dan akan mengerjakan semuanya menjadi kebiasaan tanpa tekanan.

        5. Membuat Puzzle Jelaskan Kepada Si Kecil Tentang Siklus Air. Lalu Warnai dan Gunting Puzzle Siklus Air.

        Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) yang dilatih oleh Si Kecil adalah :

        1. Kecerdasan Visual Spesial karena Si Kecil diajak untuk memahami akan warna, garis, bentuk, ukuran dan juga hubungan di antara elemen-elemen di dalam gambar dan juga mewarnai.
        2. Kecerdasan Kinestetik karena Si Kecil diajak melatih gerak dan mengkoordinasikan tangannya untuk menggunting, mewarnai dan menyusun
        3. Kecerdasan Logikal Matematika karena Si Kecil diajak untuk memecahkan masalah dan mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logos (masuk akal) untuk menyusun puzzle siklus air dengan urutan yang benar.
        4. Kecerdasan Naturalis karena Si Kecil diajak untuk mengenali dan memahami siklus air.MI_Fay_puzzle_2MI_Fay_puzzle_1

        6. Membuat Gitar Kardus

        Alat dan Bahan :

        • Kardus susu Morinaga
        • Hiasan dari kertas warna
        • Sumpit
        • Karet gelang
        • Styrofoam untuk pegangan gitar
        • Gunting atau cutter
        • Lem UHU/double tape

        Hari ini saya ajak Icha dan Fay membuat gitar kardus dari bungkus morinaga. Bagi Si Kecil semua benda yang mengeluarkan suara selalu menarik pehatiannya apalagi kalau bendanya terbentuk seperti instrumen musik sungguhan.

        Tujuan Pencapaian:

        1. Stimulasi kemampauan menyanyi.
        2. Mengajarkan Si Kecil untuk berekspresi dan tampil percaya diri.

        .

        Cara Membuat :

        1. Ajak Si Kecil untuk menghias gitar menggunakan hiasan yang sudah dipersiapkan.
        2. Bunda atau Ayah diminta untuk memberi lubang membentuk lingkaran pada bagian tengah kardus susu Morinaga, kemudian lubangi bagian atas seukuran ganggang gitar.
        3. Minta Si Kecil untuk memasukan beberapa karet gelang ke dalam sumpit, kemudian giliran Bunda atau Ayah yang merekatkan sumpit tersebut di bagian atas lubang gitar menggunakan lem UHU.Jangan lupa untuk berhati-hati dan mengawasi Si Kecil ya Ayah Bunda saat menggunakan lem. Tunggu sampai kering.
        4. Setelah sumpit cukup kuat, masukan sumpit yang lain ke dalam karet tadi dan regangkan ke bagian bawah gitar, lalu rekatkan kembali sumpit tersebut menggunakan lem UHU.
        5. Untuk memasang ganggang gitar, masukan styrofoam ke dalam lubang dan berilah lem/doubel tape di sekitarnya agar gagang tersebut cukup kuat untuk dipegang.

         

        Cara Bermain :

        1. Tawarkan Si Kecil untuk menghias gitarnya sendiri sesuai kreasinya.
        2. Ketika gitar sudah jadi, ajak dan doronglah Si Kecil untuk bernyanyi di depan teman atau anggota keluarganya.

        Evaluasi :

        1. Adik atau Kakak suka bernyanyi?
        2. Alat musik tadi namanya apa?
        3. Apa lagu kesukaan Adik atau Kakak?
        4. Siapa yang berani bernyanyi di depan Bunda atau Ayah?

        7.Ceritakan Tentang Hewan Di Bawah ini Dan Sebutkan Makanannya. Kemudian Warnai Gambar Ini.
        Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) yang dilatih oleh Si Kecil adalah :

        Membuat Papan Kegiatanku4Membuat Papan Kegiatanku

        1. Kecerdasan Naturalis karena Si Kecil diajak untuk mengenali binatang dan makanannya.
        2. Kecerdasan Kinestik karena Si Kecil diajak untuk melatih gerak tangannya dengan aktivitas mewarnai.
        3. Kecerdasan Linguistik karena Si Kecil diajak untuk bercerita.
        4. Kecerdasan Visual Spasial karena diajak untuk mengenal pola dan warna dengan aktivitas mewarnai.MI coloring and tell made_1

      CERDAS BERSAMA MORINAGA

      Untuk kedua puteriku sebagai orang tua tentu saja kami berharap mereka menjadi generasi yang multi talenta, Icha dan Fay Si Kecil yang akan menghadapi perkembangan dunia maka kita harus memberikan dukungan terbaik termasuk pemberian nutrisi untuk membantu tumbuh kembangnya. Dengan alasan inilah aku mempercayakan pada Morinaga Chil School Platinum Prodiges untuk Mendukung Suksesnya Multiple Intelligence Si Kecil.

      Dan selama ini Chil School Platinum Prodiges banyak membantu Icha dan Fay yang sama –sama suka sekali aktivitas mewarnai meraih prestasi di bidang yang mereka sukai.

      Beberapa prestasi yang sempat Icha dan Fay raih dengan berbagai aktivitas yang menjadi hobi mereka sehari-hari.

       

       

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s