Write Without Boundaries

UN?Nervous! Orang Tua atau Sang Anak?

Ketika Ujian Nasional Sudah Menghitung Hari

pic UN

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang- undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan

Manfaat pengaturan standar ujian akhir:

  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Dan yang namanya ujian apalagi ujian penentuan untuk kelulusan mekipun masih di Sekolah Dasar rasanya jadi pengalaman yang membuat Orang Tuam Murid sedikit banyak membuat  nervous juga. Ada rasa khawatir dengan kemampuan putera puteri kita bisakah menghadapi ujian dengan maksimal yang berdampak menghailkan nilai-nilai kelulusan. Hal ini tentu saja memacu juga keseriusan pihak sekolah untuk berusaha keras agar semua anak didiknya bisa lulus.

Alhamdulillah di SD tercinta kita sepertinya pihak sekolah sudah sangat membantu putera puteri kita menghadapi UN dari segi materi dan mental.

Dari wawancara beberapa OTM yang hmmm lagi nervous tapi pada titik akhirnya setelah berusaha maksimal membekali materi ujian pada akhirnya juga memasrahkan semuanya pada Allah.

SD Sabilina yang hampir enam tahun menjadi tempat putera puteri kita belajar dan sekarang waktunya menghadapi UN mengadakan program bimbingan belajar agar lebih matang pembekalan secara materi. Guru bimbingan belajar  tahun ini ada emapt  bu guru Erna, bu Tri, bu Isti dan bu Lia.

Sudah pasti beliau-beliau telah berusaha keras membimbing putera-puteri kita, semoga usaha keras bersama-sama pihak sekolah dan dukungan dari tiap keluarga OTM akan berdampak positif detik-detik menghadapi Ujian Nasional.

Tidak hanya matang secara persiapan materi tetapi, persiapan mental bersam-sama rutin melakukan doa bersama agar semua diberi kemudahan menghadapi ujian untuk kelulusan.

Himbauan puasa Senin dan Kamis yang tidak lepas agar anak-anak belajar prihatin, sholat tahajud sebagai cara bertawassul untuk  doa agar diijabah.

Interview beberapa bunda yang tengah menghadapi putera puterinya jelang-jelang UN ternyata tidak dipungkiri rasa nervous yang sesungguhnya sepertinya lebih besar pada orang tua tetapi tidak diperlihatkan terlalu berlebih karena sepertinya akan berdampak pada anak-anak ikutan nervous.

Seperti yang dilakukan bunda Ibah dan bunda Nanda menerapkan lebih banyak memantau tanpa terlalu meng push anak-anak terlalu berat melahap materi-materi ujian, masih diberi kebebasan mereka untuk sadar belajar sendiri tanpa harus dipaksa-paksa, semoga semuanya juga seiring kedewasaan semakin sadar untuk tidak selalu menunggu diperintah akan tetapi lebih pada kesadaran masing-masing karena mulai tumbuh rasa tanggung jawab. Dan tidak menunjukan sikap nervous berlebihan ini sepertinya juga efektif untuk lebih matang, tenang menghadapi UN yang tinggal menghitung hari.

Ada juga yang ikutan Bimbingan Belajar di luar sekolah tapi juga tidak terlalu membuat anak stress karena di bimbel ini mereka juga masih bermain bahkan diperbolehkan membawa slaim yang tengah booming di dunia bocah. Bagaimanapun mereka masih berhak atas dunia bermain, mungkin kita yang berhak sebagai pengontrol agar bisa seimbang. Hmmm sepertinya bukan hal yang mudah ya Moms tapi memang inilah the real world kita harus selalu mencoba, memperbaiki jika salah, belajar dari orang lain yang sudah melewati …  dan jadi orang tua memang akan belajar selamanya sampai akhir hayat seiring perkembangan anak-anak dan lingkungan yang terus berubah.

Ada juga selain bimbel di sekolahan, anak-anak yang ikut bimbingan belajar di luar, seperti bunda Ibah puterinya ikut di salah satu bimbel yang menurut beliau karena kemauan puterinya sendiri (Subhanallah… ya kakak Lala kemauan keras mempersiapkan diri sudah ada di hati) dan enjoy jadi sekali lagi bukan suatu beban dan materi lebih banyak mereview apa yang sudah dapat di sekolah. Semoga semuanya juga sudah bisa mandiri dan mengetahui takaran kemampuan masing-masing Dears…

Berbicara bersama memberi gambaran tanpa terlihat menasehati tentang ujian juga diterapkan Bunda Ibah dengan puterinya,”Bahwasannya ujian itu akan selalu ada dalam kehidupan kita, jangan dibawa stress tetap berusaha belajar maksimal dan terus berdoa, laukuan banyak kebajikan  Insya Allah… Allah juga akan memberikan hasil terbaik…”

Nah nasehat lembut spiritual sepertinya akan menenangkan hati anak-anak kita dan sejujurnya tidak langsung pada diri kita juga ya …

Diluar itu ada beberapa tips sederhana 7 obat anti takut ujian ala majalah Bobo kesukaan anak-anak juga yang membatu detik-detik ujian negara :

  1. Biasakan membaca apa yang sudah dipelajari di sekolah.
  2. Rajin membuat PR, karena berguna melatih memahami apa yang dipelajari sekolah.
  3. Membuat rangkuman agar terlihat mudah dan singkat sehingga mudah dihafal.
  4. Jaga kesehatan, perbanyak sayur dan buah juga olah raga teratur.
  5. Istirahat cukup, usahakan besok tes tidur yang cukup jangan begadang.
  6. Bersikap tenang dan jangan panik menghadapi ujian akan membuyarkan apa yang sudah dipelajari.
  7. Segala daya upaya tak ada artinya jika tidak rajin BERDOA!

Semoga semua kakak-kakak kelas Enam dipermudah dalam menghadapi Ujian Nasional dan mendapat hasil yang terbai. Bimbinglah puter puteri kami ya Allah yang Maha Baik. Aamiin …. Aamiin … Ya Rabbal alamin …

Repotase : Mom Icha 2A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s