Write Without Boundaries

Perencanaan Financial untuk Mewujudkan Impian Buah Hati

Mempersiapkan Masa Depan Pendidikan Anak

Poster Blogger BMD

Anak adalah harta berharga bagi setiap keluarga. Orang tua mana pun pasti ingin memberikan yang terbaik dan mempersiapkan bekal masa depan untuk buah hati. Selain perhatian, kesehatan, dan lingkungan, pendidikan yang baik akan menjadi bekal masa depan paling optimal. Dengan bekal masa depan ilmu yang baik, anak bisa tumbuh dan berkembang serta menjadi apa saja yang dicita-citakannya.

Sayangnya, pendidikan yang baik saat ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Seperti halnya orang tua lain, Ayah dan Bunda pasti ingin anak dididik oleh pengajar profesional yang kualitas dan pengalamannya tidak diragukan lagi dan belajar di tempat yang nyaman, aman, dan kondusif. Ayah dan Bunda juga pasti ingin anak mendapatkan sarana pembelajaran yang baik, misalnya buku-buku, alat praktik di laboratorium, komputer, dan lain-lain.

Survei yang dilakukan terhadap sejumlah sekolah swasta di kota Jakarta menggambarkan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik sebesar 7% -15% per tahun. Inflasi pendidikan ini adalah sesuatu yang nyata. Dengan demikian, mari siasati dengan cerdas dan bijak dana pendidikan yang angkanya sangat fantastis itu agar di kemudian hari, ongkos tersebut tidak menjadi beban untuk Ayah dan Bunda. Terlebih untuk dana pendidikan universitas, uang pangkal yang saat ini mungkin berjumlah Rp50.000.000 bisa berkembang menjadi Rp400.000.000 dalam waktu 15 tahun kedepan. Hal ini dapat terjadi akibat adanya tingkat kenaikan harga tersebut.

Untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, berikut langkah-langkahnya :

Pertama, Ayah dan Bunda sebaiknya sudah harus mulai mendiskusikan pendidikan anak sejak sang anak masih dalam kandungan. Lakukan survei dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada atau datang ke pameran pendidikan yang mulai banyak diselenggarakan.

Kedua, berdasarkan pilihan favorit orang tua dan anak, lakukan riset kebutuhan biaya pendidikan untuk tahun ini. Pahami bahwa biaya pendidikan tahun ini kemungkinan besar akan meningkat setiap tahunnya, sehingga saat anak masuk sekolah nilainya akan bertambah besar.

Ketiga, sesuai kebutuhan dana yang sudah dihitung, silakan periksa tabungan atau investasi yang sudah disiapkan. Apakah sudah cukup? Jika angkanya masih lebih kecil dari yang seharusnya, jujurlah pada diri sendiri bahwa sekaranglah saatnya merevisi rencana dana pendidikan.

Keempat, periksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi. Menabung dan berinvestasi akan terasa mudah dijalankan oleh keluarga yang masih produktif dan mendapatkan penghasilan. Risiko kematian di usia produktif atas pencari nafkah atau orang tua dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.

Morinaga Chil-Go! juga meyadari bahwa biaya pendidikan tidaklah murah, dan seiring berjalannya waktu biaya pendidikan akan terus naik. Sadar akan hal tersebut, Morinaga melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go! turut memfasilitasi dan membantu Ayah dan Bunda untuk mempersiapkan dana pendidikan Si Kecil sejak dini. Ayah dan Bunda dapat menghitung kisaran dana pendidikan yang dibutuhkan untuk Si Kecil melalui kalkulator financial perhitungan dana pendidikan Si Kecil yang sudah di siapkan oleh Morinaga Chil-Go!.

Kalkulator Financial tersebut dapat Ayah dan Bunda akses di (http://www.bekalmasadepan.com/articles/mempersiapkan-masa-depan-pendidikan-anak)

Melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go!, Ayah dan Bunda berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah senilai 3 Milyar Rupiah dalam bentuk dana asuransi pendidikan untuk Si Kecil. Bekal masa depan yang terbaik merupakan hak anak. Mari para orang tua persiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, agar hak anak yang menjadi tanggung jawab orang tua dapat terpenuhi dengan baik. Live a beautiful life!

Hal yang sama juga saya lakukan untuk mewujudkan impian buah hati saya Filza Azkiya tentunya saya sebagai seorang ibu yang hanya berpenghasilan sebagai shadow teacher dan penulis lepas rasanya tidaklah cuku untuk mewujudkan keinginan puteri tercinta kami yang ingin menjadi seorang dokter sekaligus guru piano anak.

Tapi saya dan suami dengan menggunakan kalkulator financial dari Morinaga Chil-Go! Memprediksi berapa banyak uang yang harus kami tabung dan dengan pendaatan kami berdua cukupkah atau bisakaha ke depannya mewujudkan impian buah hati kami.

Sekali lagi :

Kalkulator Financial tersebut dapat Ayah dan Bunda akses di (http://www.bekalmasadepan.com/articles/mempersiapkan-masa-depan-pendidikan-anak)

Maka akan kita dapatkan berapa kebutuhan dana pendidikan untuk buah hati kita, dan untuk bisa mencapai angka tersebut berapa besar investasi yang harus mulai kita persiapkan dan kita lakukan.

Ternyata bukan dana yang kecil tapi sungguh dana yang besar untuk bisa mewujudkan impian buah hati kita, tapi dengan perhitungan matang dan usaha kita sebagai orang tua semoga kita bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-cita Si Kecil.

Ilustrasi Perencanaan Dana Pendidikan Si Kecil

Dalam mempersiapkan dana pendidikan Si kecil, Ayah dan Bunda dapat melihat ilustrasi agar mempunyai gambaran lebih jelas bagaimana menghitung dana pendidikan Si Kecil sejak dini. Mari simak ilustrasi dana pendidikan di bawah ini.

Chila adalah anak berusia 1 tahun yang sangat lucu. Ayah dan Bunda Chila ingin mempersiapkan dana pendidikan untuk jenjang taman kanak-kanak hingga Universitas. Dengan asumsi tingkat inflasi pendidikan sebesar 15% per tahun untuk biaya sekolah dan biaya kuliah. Berikut perhitungan kebutuhan dana pendidikan Chila. (asumsi Ayah dan Bunda hanya mempersiapkan dana untuk membayar uang pangkal sekolah).

Coba kita lihat ilustrasi biaya pendidikan dari pakar keuangan yang bersumber dari ZAP Finance Research Division

research finance

Ayah dan Bunda dapat menghitung kisaran dana pendidikan yang dibutuhkan untuk Si Kecil melalui kalkulator financial perhitungan dana pendidikan yang sudah di siapkan oleh Morinaga Chil-Go!.

Kalkulator Financial tersebut dapat Ayah dan Bunda akses di (http://www.bekalmasadepan.com/articles/mempersiapkan-masa-depan-pendidikan-anak)

Supaya tidak salah dalam perencanaan dana pendidikan, Ayah dan Bunda sebaiknya memahami bahwa fungsi investasi adalah membantu untuk mencicil dalam jumlah kecil dan mengharapkan hasil keuntungan yang tinggi. Sehingga, dalam 10 hingga 15 tahun kedepan, saldonya terkumpul sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan, asuransi jiwa, berfungsi untuk melindungi keluarga, jika dalam perjalanan melakukan cicilan investasi, tiba-tiba terjadi kematian atas pencari nafkah utama maka penghasilan yang biasa diberikan kedalam rumah tangga dapat digantikan oleh dana tunai dari uang pertanggungan polis asuransi jiwa.

Idealnya, Ayah dan Bunda memang bisa melakukan perencanaan sendiri dengan berinvestasi dan membeli asuransi jiwa secara terpisah. Namun, berbeda dengan investasi, terkadang premi atas pembelian asuransi jiwa harus dibayarkan sekaligus. Akibatnya membuat kacau arus kas keluarga di bulan tertentu. Kendala premi minimum yang tinggi pun menghambat sebagian masyarakat untuk membeli asuransi jiwa jenis tertentu.

Salah satu produk yang dapat membantu orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan adalah asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan akan memberikan manfaat proteksi, yaitu perlindungan kepada pemegang polis hingga berusia 99 tahun (tergantung jenis produk asuransi jiwa). Sehingga, jika anak belum selesai bersekolah hingga sarjana dan terjadi risiko kematian pada orang tua, maka anak akan tetap memiliki dana untuk meneruskan pendidikannya. Sedangkan bonus manfaat investasi dari sebuah asuransi pendidikan akan diperoleh jika porsi tabungan atau dana investasi yang dikumpulkan terus berkembang dan memberikan hasil yang positif. Pahamilah bahwa investasi pasti mengandung risiko, jadi tidak seperti produk tabungan, nilai investasi tidak dijamin oleh perusahaan asuransi jiwa. Hasil keuntungan bisa jadi sesuai harapan, atau diatas harapan, atau dibawah harapan.

Salah satu teman keluarga yang memahami kebutuhan orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan adalah Morinaga. Oleh sebab itu, Morinaga Chil-Go! memfasilitasi Ayah dan Bunda dalam mempersiapkan hal tersebut dengan program Bekal Masa Depan Chil-Go!

Bekal Masa Depan Chil-Go! merupakan salah satu langkah Morinaga dalam mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa yang ditujukan kepada para orang tua untuk dapat berbagi stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan Kecerdasan Majemuk Si Kecil sehingga menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. Morinaga ChilGo! akan memilih 9 orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program berlangsung.

Hadiah utama dari Bekal Masa Depan Chil-Go! ini adalah Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :

  1. Platinum: Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,-(lima ratus juta rupiah)*
  2. Gold: Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,-(tiga ratus juta rupiah)*
  3. Silver: Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,-(dua ratus juta rupiah)*

* berdasarkan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun

Bekal masa depan yang terbaik merupakan hak anak. Mari para orang tua persiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, agar hak anak yang menjadi tanggung jawab orang tua dapat terpenuhi dengan baik. Live a beautiful life!

Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GcertFinPlanning, CFP, QWP

Perencana keuangan independen dari ZAP Finance

Penulis buku Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya

Penulis buku Make It Happen!

Nara sumber keuangan di media cetak, televisi, dan radio nasional.

APA YANG DITAWARKAN Morinaga Chil-Go!  UNTUK KESUKSESAN Si KECIL Di MASA DEPAN?

Adalah hasil dari jerih payah seorang Ayah dan Bunda yang selalu mendukung dan menstimulasi kecerdasannya sejak dini.

Di tahun 2016 ini Morinaga Chil-Go! Akan Memberikan Bekal Masa Depan atau Hadiah berupa Dana Asuransi Untuk Pendidikan Anak. Nah bagi Ayah atau Bunda yang membagikan ide terbaik berupa stimulasi untuk mendukung Si Kecil menjadi Generasi Platinum yang Multi Talenta aka nada kesempatan untuk memenangkan total hadiah lebih dari 3 miliar sebagai berikut :

  1. Mendapatkan 500 juta rupiah untuk 1 pemenang setiap 2 bulan
  2. Mendapatkan 300 juta rupiah untuk 1 pemenang setiap 2 bulan
  3. Mendapatkan 200 juta rupiah untuk 1 pemenang setiap 2 bulan
  4. Hadiah hiburan 1000 pemanang setiap 2 bulan

Hadiah utama berupa Dana Asuransi untuk Pendidikan untuk anak usia 1-12 tahun (Dana merupakan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun)

Tandai Kalender Ayah dan Bunda karena acara ini ada 3 periode:

  1. Periode pertama mulai submit ide mulai 01 Juli – 31 Agustus 2016 dan pengumuman pemenang tanggal 14 September 2016
  2. Periode kedua mulai submit ide mulai 01 September – 31 Oktober 2016 dan pengumuman 14 November 2106.
  3. Periode ketiga mulai submit ide 01 November – 31 Desember 2016 dan pengumuman 31 Januari 2016.

Ide yang terbaik akan mendapat Bekal Masa Depan dari Morinaga Chil-Go! Jadi sebagai orang tua kita jugalah yang menentukan. Ini kesempatan baik buat kita sebagai orang tua untuk mencoba kesempatan yang sungguh luar biasa dari Morinaga Chil-Go! sebagai Susu Cair Pertumbuhan mendukung pertumbuhan Si Kecil dengan sinergi nutrisi tepat antara faktor kecerdasan dan pertahanan tubuh ganda untuk menjadi Generasi Platinum Multi Talenta.

Dua puteri kesayangan saya Icha saat ini berumur 8 tahun dan Fay 6 tahun periode umur mereka merupakan Periode Emas perkembangan otak Si Kecil, terutama pada Fungsi Kognitif masih berlangsung hingga usianya 12 tahun.

Morinaga Chil-Go! menjadi pilihan untuk mendukung Periode Emas Si Kecil karena mengandung nutrisi :

  • Kolin dan Inositol : berperan menyimpan memori, berpikir1,2, berbicara, dan gerakan sadar.
  • Vitamin B Kompleks, Zat Besi dan Yodium : merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak.

Selain kecerdasan multi talenta, pertahanan tubuh ganda juga merupakan hal yang tidak kalah penting apalagi mengingat perubahan cuaca yang ekstrim akan membuat Si Kecil rentan dengan berbagai penyakit apabila daya tahan tubuhnya tidak dijaga.

Morinaga Chil-Go! dilengkapi dengan nutrisi penunjang daya tahan tubuh di antaranya :

  • Prebiotik Inulin 1000 mg: merupakan Prebiotik (makanan bagi bakteri baik) dan serat pangan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak.
  • Zinc: membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  • Tinggi Kalsium: untuk pembentukan tulang dan gigi.
  • Vitamin A,C dan E yang melindungi sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Morinaga Chil-Go! merupakan produk inovasi baru dari Kalbe & Morinaga dalam bentuk susu cair siap minum dengan inovasi keunggulan Sinergi Nutrisi Tepat antara faktor kecerdasan dan pertahanan tubuh ganda untuk Generasi Platinum Multi Talenta.

Morinaga Chil-Go! merupakan pendamping dari susu Morinaga Chil Kid atau Chil School yang dapat diminum langsung sangat praktis sebagai bekal sekolah dan bermain di luar rumah.

Dikemas dalam botol yang dibuat dari bahan dasar yang ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dengan berat bersih 140 ml, ada tiga varian rasa: coklat, stroberi dan vanila. Disajikan dingin atau tidak tetap enak dinikmati.

3D ChilGo! DEPAN

Morinaga Chil-Go! merupakan produk baru yang diluncurkan oleh Kalbe Nutrionals yang sudah tidak asing lagi di tanah air kita.  Kalbe Nutrionals sudah dirintis sejak 1982 dengan nama PT Sanghiang Perkasa yang lebih dikenal dengan Health Foods Division dari PT Kalbe Farma Tbk, sebuah perusahaan farmasi yang terkemuka di Indonesia.  Kalbe Nutrionals dibangun dengan dasar rasa kepedulian, tanggung jawab keilmuan dan antusiasme dalam bidang farmasi dan nutrisi yang terjalin menjadi sebuah komitmen. Dengan latar belakang keahlian dan reputasi tinggi di bidang farmasi, yang menjunjung tinggi kaidah-kaidah keilmuan, Kalbe Nutrionals mengembangkan produk-produk makanan kesehatan berkualitas utama untuk memenuhi  kebutuhan konsumen. Seiring berjalannya waktu kinerja perusahaan juga semakin meningkat. Beberapa produk yang dihadirkan sudah dipercaya oleh para tenaga medis maupun konsumen untuk meningkatkan taraf kesehatan. Komitemen untuk memberikan sumbangan demi kemajuan dan peningkatan kualitas kesehatan itulah yang membentuk Kalbe Nutrionals menjadi perusahaan profesional yang terpercaya dan unggul di bidangnya.

Kalbe logo

BAGAIMANA CARA KESEMPATAN MENDAPATKAN BEKAL MASA DEPAN SI KECIL

Banyak ribuan ide yang bisa kita ciptakan dengan berdasarkan 8 katagori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelelligence) menolong Ayah dan Bunda menemukan ide yang tepat menstimulasi Si Kecil. Katagori Kecerdasan Majemuk tersebut:

  1. Kecerdasan Linguistik (kecerdasan dalam berbicara, membaca maupun mengeja)
  2. Kecerdasan Logika Matematika (kecerdasan untuk menganalisa logis matematika)
  3. Kecerdasan musikal (kecerdasan Si Kecil dalam mencerna atau mengiterpretasi sebuah musik)
  4. Kecerdasa Kinestik (keahlian menggunakan anggota tubuh)
  5. Kecerdasan Visual Spasial (kecerdasan dalam bentuk kemampuan untuk memahami arah, ruang dan bentuk akhir dari sebuah benda)
  6. Kecerdasan Interpersonal (kecerdasan dalm berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain)
  7. Kecerdasan Interpersonal (kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri)
  8. Kecerdasan Naturalis (kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat katagori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungannya.

Nah untuk mengikuti acara ini Ayah dan Bunda dapat mengirim/submite ide secara on line di: www.BekalMasaDepan.com

Untuk berpartisipasi mengikuti acara bekal Masa Depan Si Kecil yang harus kita lakukan di awal adalah membeli 6 susu Chil Go bisa secara on line atau off line.

Dari struk pembelian yang harus kita informasikan ke pihak Kalbe kita akan memperoleh sebuah kode unik yang melalui sms atau e-mail yang dapat langsung registrasi di website www.BekalMasaDepan.com dan submit ide permainan Bunda di gallery BMD-nya.

Hal ini sudah saya lakukan Ayah Bunda sebagai salah satu usaha agar mendapatkan kesempatan buat Icha mendapat apa yang bisa mengantarkan Icha menjadi sosok yang kami harapkan. Yah apapun cita-cita dia harus kami dukung, dia ingin menjadi guru piano anak-anak. Dan untuk menjadi pemain piano tentu saja kita membutuhkan dana yang hars kita persiapkan dari sekarang.

Dear Bunda yang bijaksana saya mengetahui program kesempatan ini apa yang segera saya lakukan?

  1. Bergegas ke Indomaret (toko offline seperti Indomaret, Alfamart atau toko-toko yang terdaftar di website BekalMasaDepan.com ) terdekat untuk membeli Morinaga Chil-Go! sebanyak 6 botol dalam satu struk belanja.
  2. Kemudian Bunda download formulir BMD pada website BekalMasaDepan.com
  3. Lalu Bunda harus mengirimkan struk pembelanjaan asli Morinaga dan formulir yang sudah diisi ini ke alamat Bounche Indonesia dengan alamat Thamrin City Office Park AA03-AA05, Jl. Boulevard Teluk Betung – Jakarta 10240.
  4. Ayah atau Bunda akan diberikan notifikasi berisi kode unik melalui email dan sms bila bukti struk dinilai valid oleh juri
  5. Unggah ide Ayah atau Bunda dalam menstimulasi Si Kecil untuk menjadi Generasi Platinum yang Multi Talenta
  6. Bagikan ke social media Ayah atau Bunda sertakan hastag #BMDChilGo dan tag 5 teman Bunda lainnya

Nah makanya Ayah dan Bunda jangan sia-siakn kesempatan mendapatkan Bekal Buat Masa Depan Si Kecil senilai lebih dari 3 Miliar merupakan Hadiah Utama berupa Dana Asuransi untuk Pendidikan untuk anak usia 1-12 tahun.

Menjawab tantangan Gisella Ansatasya Di Instagramnya melalui akun @Gisel_la saya sudah mengupload Katagori Kecerdasan Majemuk kakak Icha yang suka sekali main piano karena cita-citanya menjadi guru piano. Apapun cita-citanya sebagai orang tua tidak hanya mendukung tapi mengupayakan biaya untuk mencapai cita-citanya.

Saya ingin sekali Ayah dan Bunda juga memberikan like dan komentar positif ide permainan musik kakak Icha di:

Kakak Icha latihan piano dimulai dengan kelas little Mozart dia mempunyai cita-cita ingin menjadi GURU PIANO ANAK. Sepintas kelihatannya tidak terlalu serius terkadang bermain tetapi sepertinya dia menikmati saja sambil tertawa-tertawa dan progress juga normal-normal saja, sesekali melakukan Home konser oleh sanggar musiknya di mall atau di gedung-gedung besar.

Dan dia sepertinya jatuh cinta dengan bu guru yang mengajarinya bermain piano sehingga dia mempunyai cita-cita ingin menjadi GURU PIANO ANAK. Rasanya harus ada yang perlu kita persiapkan selain sehari-hari menjaga kesehatan Filza dengan asupan gizi seimbang salah satunya dengan konsumsi Morinaga Chil-Go!

Dan Persiapan Masa Depan Si Kecil harus sudah kita persiapkan dari sekarang, alangkah senangnya Morinaga Chil-Go! mengadakan even Bekal Masa Depan Chil-Go! Semoga menjadi salah satu jalan buat Ayah dan Bunda mewujudkan impian Si Kecil.

Brikut video lengkap yang akan membantu kita untuk mewujudkan impian masa depan putera puteri kesayangan hati kita :

Ayah dan Bunda semoga informasi ini juga akan membuat Ayah dan Bunda termotivasi melakukan hal yang sama seperti saya, mencari jalan keluar mendapatkan Bekal Masa Depan Si Kecil.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s